cover
Contact Name
Rahmad Fauzi
Contact Email
udauzi@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
udauzi@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. tapanuli selatan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
ISSN : 25274295     EISSN : 26146061     DOI : -
Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan penelitian dalam peningkatan dan pengembangan secara berkesinambungan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas. Selain itu, dapat meningkatkan pengetahuan dan keilmuan. Jurnal Education And Development Terakreditasi Sesuai Dengan Keputusan Direktur Jendral Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia SK. Nomor 21/E/KPT/2018 Tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode I Tahun 2018, Jurnal Education and Development Berada Pada Peringkat 6 (Enam) Dengan Nomor Urut 15 (Lima Belas), Masa Berlaku Akreditasi selama 5 (lima) Tahun dan Akan Berakhir pada Tanggal 9 Juli 2023.
Arjuna Subject : -
Articles 3 Documents
Search results for , issue " Vol 6 No 5 (2017): Vol.6. No. 5. Agustus 2017" : 3 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP TO GROUP EXCHANGE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA-BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MAZINO TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017 zega, ujianhati
JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT Vol 6 No 5 (2017): Vol.6. No. 5. Agustus 2017
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (144.031 KB)

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan di kelas VIII SMP Negeri 1 Mazino, diperoleh informasi bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPA-Biologi masih rendah yaitu 62,55 sedangkan KKM  mata pelajaran IPA-Biologi adalah 65. Kondisi ini disebabkan oleh guru menyampaikan materi pembelajaran secara verbal (ceramah) dan biasanya materi pelajaran yang disampaikan adalah materi yang sudah jadi, seperti data dan fakta, serta konsep-konsep tertentu yang harus di hafal sehingga siswa tidak berpikir aktif. Siswa cenderung pasif, tidak berani mengungkapkan pendapat atau pertanyaan.Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group to Group Exchangeterhadap hasil belajar IPA-Biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mazino Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metodequasi eksperimen. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-A dengan jumlah siswa 26 orang dan kelas VIII-B dengan jumlah siswa 28 orang. Instrumen yang digunakan adalah, tes hasil belajar yang terbagi atas dua yaitu tes awal dan tes akhir dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dilaksanakan dan perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 4,07 dan ttabel = 1,67. Hal tersebut menunjukkan nilai thitung  ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima maka dapat disimpulkan bahwa Ada Pengaruh Model Pembelajaran Group to Group Exchange sebuah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas VIII SMP Negeri 1 Mazino Tahun Pembelajaran 2016/2017. Beberapa saran yaitu: (1) hendaknya guru mata pelajaran IPA-Biologi menerapkan Model Pembelajaran Group to Group Exchange sebuahsesuai dengan landasan teori untuk melaksanakan proses pembelajaran; (2) bagi peserta didik diharapkan untuk lebih aktif dalam belajar sehingga memperoleh hasil yang sangat memuaskan; (3) hendaknya hasil penelitian ini menjadi bahan perbandingan kepada peneliti selanjutnya.
HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XI JURUSAN TKJ SMK NEGERI 1 TOMA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. TELAUMBANUA, KAMINUDIN
JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT Vol 6 No 5 (2017): Vol.6. No. 5. Agustus 2017
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (153.824 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar dan bingungnya siswa kelas XI jurusan TKJ SMK Negeri 1 Toma Tahun Pelajaran 2016/2017 dalam perencanaan karir mereka dimasa yang akan datang. Tujuan penelitian adalah (1) Mendeskripsikan minat belajar siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Toma Tahun Pelajaran 2016/2017, (2) Mendeskripsikan perencanaan karir siswa kelas XI Jurusan TKJ SMK Negeri 1 Toma Tahun Pelajaran 2016/2017, dan (3) Menguji hubungan antara minat belajar dengan perencanaan karir siswa XI TKJ SMK Negeri 1 Toma Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional.Populasi dan sampel penelitian seluruh Kelas XI SMK Negeri 1 Toma yang berjumlah 27 orang siswa.Instrumen yang digunakan adalah angket.Saran yang diajukan peneliti adalah hendaknya sekolah menyelenggarakan kegiatan ekstrakulikuler dan pengembangan minat antar setiap jurusan agar dapat memiliki banyak pilihan sesuai dengan minat yang dimiliki, dan hendaknya siswa lebih giat untuk belajar dan mengembangkan minat yang dimiliki.
ANALISIS PUTUSAN JUDEX FACTI TENTANG HAK CIPTA (Studi Putusan Nomor 05/HKI.Hak Cipta/2016/PN Niaga.Sby) TELAUMBANUA, DALINAMA
JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT Vol 6 No 5 (2017): Vol.6. No. 5. Agustus 2017
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.85 KB)

Abstract

Hak cipta merupakan salah satu karya intelektual. Hak cipta melahirkan hak moral dan hak ekonomi bagi pencipta oleh karena itu ada beberapa sengketa yang timbul terkait hak cipta ini. Salah satu sengketa mengenai hak cipta yang telah diperiksa dan diputus oleh Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Surabaya nomor 05/HKI.Hak Cipta/2016/PN Niaga.Sby tentang hak cipta antara PT Inter Sport Marketing (penggugat) dan PT Puri Santrian (tergugat). Jenis penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini, yaitu penelitian hukum normatif. Jenis pendekatan penelitian yang digunakan adalahpendekatan peraturan perundang-undangan, pendekatan kasus, dan pendekatan analitis.Teknik pengumpulan data dilakukan berdasarkan bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier.Data yang telah diperoleh dianalisis secara kualitatif. Analisis secara kualitatif dilakukan dengan cara disusun secara deskriptif,logis, dan  sistematis, serta penarikan kesimpulan dilakukan dengan mempergunakan metode induktif dan deduktif. Kesimpulan dalam penulisan ini yaitu 1) putusan hakim yang menyatakan bahwa perjanjian lisensi antara PT Inter Sports Marketing (penggugat) dengan FIFA adalah sah hanya saja majelis hakim tidak menguraikan alasan-alasan yang logis terkait dengan sah atau tidaknya lisensi itu secara hukum. 2) Putusan hakim yang menyatakan bahwa PT Inter Sports Marketing (penggugat) adalah satu-satunya penerima lisensi dari FIFA untuk media rights menyiarkan tayangan 2014 FIFA World Cup Brazil di seluruh wilayah RI sangat tepat karena memenuhi Pasal 1340 KUHPerdata. 3) Putusan hakim yang menyatakan bahwa tergugat telah melakukan perbuatan melawan hukum dengan menayangkan 2014 FIFA World Cup Brazil di areal komersial ini tidak tepat karena majelis hakim tidak menguraikan secara terperinci mengenai perbuatan apa yang dilanggar oleh PT Puri Santrian (tergugat). 4) Perbuatan yang diduga dilanggar oleh PT Puri Santrian (tergugat) termasuk perbuatan melawan hukum. Menurut penulis tidak tepat karena yang dilanggar adalah perjanjian lisensi, dan perjanjian lisensi hanya mengikat para pihak. Oleh karena itu sengketa yang timbul adalah sengketa perjanjian lisensi. 5) Unsur penggunaan secara komersial tidak terurai secara lengkap dalam putusan majelis hakim tersebut

Page 1 of 1 | Total Record : 3


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 12 No 1 (2024): Vol 12 No 1 Januari 2024 Vol 11 No 3 (2023): Vol. 11 No.3.2023 Vol 11 No 2 (2023): Vol.11 No.2.2023 Vol 11 No 1 (2023): Vol.11 No.1. 2023 Vol 10 No 3 (2022): Vol.10. No.3 2022 Vol 10 No 2 (2022): Vol. 10 No. 2. 2022 Vol 10 No 1 (2022): Vol.10. No.1 2022 Vol 9 No 4 (2021): Vol.9 No.4 2021 Vol 9 No 3 (2021): Vol.9.No.3.2021 Vol 9 No 2 (2021): Vol.9.No.2.2021 Vol 9 No 1 (2021): Vol.9.No.1.2021 Vol 8 No 4 (2020): Vol.8.No.4.2020 Vol 8 No 3 (2020): Vol.8.No.3.2020 Vol 8 No 2 (2020): Vol.8.No.2.2020 Vol 8 No 1 (2020): Vol.8.No.1.2020 Vol 7 No 4 (2019): Vol.7.No.4.2019 Vol 7 No 3 (2019): Vol.7.No.3.2019 Vol 7 No 2 (2019): Vol.7.No.2.2019 Vol 7 No 1 (2019): Vol.7.No.1.2019 Vol 6 No 3 (2018): Vol.6.No.3.2018 Vol 6 No 2 (2018): Vol. 6. No.2 Oktober 2018 Vol 6 No 2 (2018): Vol.6.No.2.2018 Vol 6 No 1 (2018): Vol.6.No.1.2018 Vol 6 No 1 (2018): Vol. 6. No.1 Oktober 2018 Vol 5 No 2 (2018): Vol.5.No.2.2018 Vol 5 No 2 (2018): Vol.5. No. 2 Juli 2018 Vol 5 No 1 (2018): Vol.5.No.1.2018 Vol 5 No 1 (2018): Vol.5. No.1 Juli 2018 Vol 4 No 2 (2018): Vol.4.No.2.2018 Vol 4 No 2 (2018): Vol. 4 No. 2 April 2018 Vol 4 No 1 (2018): Vol.4. No.1. April 2018 Vol 4 No 1 (2018): Vol.4.No.1.2018 Vol 3 No 2 (2018): Vol.3 No.2 Januari 2018 Vol 3 No 2 (2018): Vol.3.No.2.2018 Vol 3 No 1 (2018): Vol.3.No.1.2018 Vol 3 No 1 (2018): Vol.3. No. 1. Januari 2018 Vol 7 No 5 (2017): Vol.7. No. 5. Nopember 2017 Vol 7 No 5 (2017): Vol.7. No. 5. Nopember 2017 Vol 7 No 1 (2017): Vol.7 No.1 Nopember 2017 Vol 7 No 1 (2017): Vol.7 No.1 Nopember 2017 Vol 6 No 5 (2017): Vol.6. No. 5. Agustus 2017 Vol 6 No 5 (2017): Vol.6. No. 5. Agustus 2017 Vol 6 No 4 (2017): Vol.6. No. 4. Mei 2017 Vol 6 No 4 (2017): Vol.6. No. 4. Mei 2017 Vol 6 No 3 (2017): Vol.6. No. 3. Agustus 2017 Vol 6 No 3 (2017): Vol.6. No. 3. Agustus 2017 Vol 6 No 2 (2017): Vol. 6 No. 2 Agustus 2017 Vol 6 No 2 (2017): Vol. 6 No. 2 Agustus 2017 Vol 6 No 1 (2017): Vol.6. No. 1. Agustus 2017 Vol 6 No 1 (2017): Vol.6. No. 1. Agustus 2017 Vol 5 No 3 (2017): Vol.5 No.3 April 2017 Vol 5 No 3 (2017): Vol.5 No.3 April 2017 Vol 5 No 2 (2017): Vol. 5 No. 2 April 2017 Vol 5 No 2 (2017): Vol. 5 No. 2 April 2017 Vol 4 No 5 (2017): Vol.4. No. 5. Januari 2017 Vol 4 No 5 (2017): Vol.4. No. 5. Januari 2017 Vol 4 No 4 (2017): Vol. 4 No. 4 Januari 2017 Vol 4 No 3 (2017): Vol.4 No.3. Januari 2017 Vol 4 No 3 (2017): Vol.4 No.3. Januari 2017 Vol 3 No 5 (2016): Vol.3. No.5. Nopember 2016 Vol 3 No 5 (2016): Vol.3. No.5. Nopember 2016 Vol 3 No 4 (2016): Vol. 3 No. 4 Nopember 2016 Vol 3 No 3 (2016): Vol.3. No. 3. Nopember 2016 Vol 3 No 3 (2016): Vol.3. No. 3. Nopember 2016 Vol 3 No 1 (2016): Vol.3 No. 1 Nopember 2016 Vol 3 No 1 (2016): Vol.3 No. 1 Nopember 2016 Vol 2 No 7 (2016): Vol. 2 No. 7 Agustus 2016 Vol 2 No 6 (2016): Vol.2. No. 6. Mei 2016 Vol 2 No 6 (2016): Vol.2. No. 6. Mei 2016 Vol 2 No 5 (2016): Vol.2. No. 5. Agustus 2016 Vol 2 No 5 (2016): Vol.2. No. 5. Agustus 2016 Vol 2 No 2 (2016): Vol.2. No. 2. Agustus 2016 Vol 2 No 2 (2016): Vol.2. No. 2. Agustus 2016 Vol 2 No 1 (2016): Vol. 2. No. 1 Agustus 2016 Vol 2 No 1 (2016): Vol. 2. No. 1 Agustus 2016 Vol 1 No 6 (2016): Vol.1 No.6. Mei 2016 Vol 1 No 6 (2016): Vol.1 No.6. Mei 2016 Vol 1 No 4 (2016): Vol.1. No. 4. Mei 2016 Vol 1 No 4 (2016): Vol.1. No. 4. Mei 2016 Vol 1 No 2 (2016): Vol.1. No. 2. Mei 2016 Vol 1 No 2 (2016): Vol.1. No. 2. Mei 2016 Vol 1 No 1 (2016): Volume 1 No.1 Mei 2016 Vol 1 No 1 (2016): Volume 1 No.1 Mei 2016 More Issue