cover
Contact Name
Rahmad Fauzi
Contact Email
udauzi@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
udauzi@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. tapanuli selatan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
ISSN : 25274295     EISSN : 26146061     DOI : -
Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan penelitian dalam peningkatan dan pengembangan secara berkesinambungan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas. Selain itu, dapat meningkatkan pengetahuan dan keilmuan. Jurnal Education And Development Terakreditasi Sesuai Dengan Keputusan Direktur Jendral Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia SK. Nomor 21/E/KPT/2018 Tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode I Tahun 2018, Jurnal Education and Development Berada Pada Peringkat 6 (Enam) Dengan Nomor Urut 15 (Lima Belas), Masa Berlaku Akreditasi selama 5 (lima) Tahun dan Akan Berakhir pada Tanggal 9 Juli 2023.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 7 No 1 (2017): Vol.7 No.1 Nopember 2017" : 8 Documents clear
PENGARUH EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN, MOTIVASI DAN DISIPLIN DALAM MENINGKATKAN KINERJA DOSEN PADA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TAPANULI SELATAN, PADANGSIDIMPUAN Studi pada Dosen di Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan Tanjung, Abdi
JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT Vol 7 No 1 (2017): Vol.7 No.1 Nopember 2017
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1441.355 KB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Efektivitas Kepemimpinan, Motivasi dan Disiplin dalam Meningkatkan Kinerja Dosen Pada Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan Padangsidimpuan 2016, dan  Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Pengaruh Efektivitas kepemimpinan,Motivasi dan Disiplin secara bersama dalam meningkatkan Kinerja Dosen. Untuk mengetahui Pengaruh Efektivitas Kepemimpinan, Motivasi dan Disiplin kerja secara parsial dalam meningkatkan Kinerja dosen. Penelitian ini di laksanakan di Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan dengan menggunakan sampel sebanyak 40 orang. Analisis data dengan mengginakan Regresi berganda dengan bantuan program SPSS Persi 20.
UPAYA PERLUASAN LAPANGAN KERJA MELALUI PENGKAJIAN KONSEP PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB) DI KOTA PADANGSIDIMPUAN SIREGAR, ENNI SARI
JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT Vol 7 No 1 (2017): Vol.7 No.1 Nopember 2017
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1441.339 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) terhadap perluasan atau penyerapan tenaga kerja di Kota Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kepustakaan. Sedangkan jenis data adalah data dokumenter, sumber data adalah data sekunder serta data berbentuk time series dari tahun 2001- 2016. Dari hasil penelitian menyimpulkan bahwa nilai thitung sebesar 5,995. Dengan menggunakan tingkat keyakinan 95% α = 0,05 dibandingkan dengan nilai sig yang diperoleh sebesar 0,000 maka nilai sig lebih kecil dari α atau 0,00 < 0,05. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh positif yang signifikan antara Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) terhadap jumlah penyerapan tenaga kerja serta hal ini mengindikasi bahwa jumlah penyerapan tenaga kerja  di Kota Padangsidimpuan ditentukan oleh Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dengan arah yang bersamaan. Selanjutnya nilai R Square dalam penelitian adalah 0,720 menunjukkan  bahwa Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) memiliki pengaruh sebesar 72 persen terhadap penyerapan tenaga kerja dan sisanya 28 persen dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
MENGENALKAN RANGKAIAN LISTRIK AC MELALUI POKOK BAHASAN FUNGSI EKSPONEN KOMPLEKS DI SEMESTER VII STKIP TAPANULI SELATAN siregar, yulia pratiwi
JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT Vol 7 No 1 (2017): Vol.7 No.1 Nopember 2017
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1441.355 KB)

Abstract

Memahami sinergi antara dua bidang ilmu bukan hanya sekedar memiliki pemahaman mengenai bagaimana cara menyelesaikan soalnya saja, tetapi ada dampak positif yang dapat diperoleh oleh setiap peserta didik. Memahami sinergi tersebut berarti mengajarkan setiap peserta didik untuk memiliki wawasan yang luas, serta memiliki sumber daya manusia yang berkualitas. Ilmu pengetahuan dan teknologi terus berkembang sepanjang waktu, untuk mengembangkan IPTEK tersebut tentunya dibutuhkan tenaga-tenaga ahli yang berkualitas dan mampu berpikir luas kedepan. Apa jadinya jika sarjana kita tidak mampu bersaing di dunia kerja? Jawaban dari pertanyaan tersebut tentunya akan mengarah kepada pengangguran. Bisa kita bayangkan bagaimana meningkatnya sarjana pengangguran akibat rendahnya ilmu yang dia miliki, serta wawasan yang dimilikinya tidak luas. Oleh sebab itu, pentingnya mengarahkan mereka kepada pemahaman mengenai sinergi antara dua bidang ilmu agar pola pemikiran yang mereka miliki dapat berkembang. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan penelitian dilakukan dalam 2 siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Pada siklus 1 diperoleh kesimpulan bahwa 20 dari 39 orang memiliki persentase < 60% dengan kata lain mahasiswa tersebut belum mencapai ketuntasan belajar yang optimal. Pada siklus tersebut kurang dari 50% mahasiswa belum tuntas sehingga dilakukan sklus ke 2, pada siklus ini diperoleh kesimpulan bahwa 15 dari 39 orang belum tuntas sedangkan 24 orang mahasiswa sudah dapat dikategorikan tuntas karena persentase yang dicapai > 60%. Siklus hanya dilakukan pada siklus 2 karena pada siklus tersebut > 50% mahasiswa sudah dikategorikan tuntas dalam belajar. Selanjutnya dilakukan analisis terhadap data pengaruh penguasaan fungsi eksponen kompleks terhadap perhitungan rangkaian listrik AC, berdasarkan analisis tersebut diperoleh nilai sig. > 0,05 yaitu 0,045 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa  penguasaan fungsi eksponen kompleks memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perhitungan rangkaian listrik AC atau dengan kata lain terdapat sinergi antara fungsi eksponen kompleks dengan perhitungan rangkaian listrik AC.
PENINGKATAN PROFESIONAL INSTRUKTUR/TUTOR PAUD MELALUI MODEL PEMBELAJARAN REFLEKTIF M.Pd, Dr. ZULFADLI
JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT Vol 7 No 1 (2017): Vol.7 No.1 Nopember 2017
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1484.234 KB)

Abstract

Kemampuan profesional instruktur/tutor PAUD bersifat kompleks sehingga diperlukan program pembelajaran yang sitematis dan relatif panjang bagi penguasaannya. Pada dasarnya kemampuan profesional instruktur/tutor yang berbentuk pendidikan prajabatan dan dalam jabatan itu memiliki dua sisi yang saling menunjang yaitu kemampuan untuk melaksanakan tugas dan mengenal batas-batas kemampuan serta kesiapan dan menemukan sumber yang dapat membantu mengatasi keterbatasan kemampuan melaksanakan tugas tersebut. Model pengajaran refletif merupakan salah satu cara untuk penerapan dalam mencapai tujuan tersebut. Model pengajaran reflektif merupakan pendekatan alternatif dalam upaya untuk meningkatkan keterampilan dasar mengajar sebagai wujud dari upaya-upaya menumbuhkan profesionalisme instruktur/tutor atau pendidik pada umumnya. Mengajar merupakan pekerjaan yang memerlukan aktifitas berpikir, kreatif dan seni bukan hanya pekerjaan secara teknik mekanis yang menjalakan tugas mengajar sebagi aktivitas rutin saja tetapi yang memerlukan yang memerlukan kompetensi secara utuh meliputi aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap sebagai landasan membetuk sosok profesionalisme.
KEMAMPUAN BERPIKIR FORMAL DAPAT MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR Rozi Nasution, Sari Wahyuni
JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT Vol 7 No 1 (2017): Vol.7 No.1 Nopember 2017
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1441.363 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir formal dapat meningkatkan kreativitas belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif. Rendahnya kreativitas belajar siswa menyebabkan hasil belajar yang mereka peroleh juga rendah. Desain yang digunakan adalah kuasi eksperimen “non-equivalent groups pretest-posttest design”. Implementasi pembelajaran kelas eksperimen dibelajarkan dengan kemampuan berpikir formal, kelas kontrol dengan model pembelajaran direct instruction. Data kemampuan berpikir formal diperoleh melalui tes kemampuan berpikir formal. Kemampuan berpikir formal dapat meningkatkan kreativitas belajar ditentukan berdasarkan rerata skor gain yang dinormalisasi dengan statistik uji beda rerata, uji t. Hasil penelitian ditemukan bahwa pembelajaran dengan model inquiry training lebih efektif dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran direct instruction. Persentase N-gain kreativitas belajar untuk siswa kelas eksperimen untuk indikator berpikir hipotesis deduktif, berpikir kombinasi dan refleksi berada pada kategori sedang, berpikir proporsional pada kategori tinggi. Untuk siswa kelas kontrol perentase N-gain rata-rata untuk berpikir hipotesis deduktif berada pada kategori rendah, sementara berpikir proporsional, berpikir kombinasi dan berpikir refl eksi berada pada kategori sedang.
THE EFFECT OF USING RAFT (ROLE, AUDIENCE, FORMAT, TOPIC) MODEL ON STUDENTS’ ABILITY IN WRITING POETRY M.Pd, kamisah S.Pd
JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT Vol 7 No 1 (2017): Vol.7 No.1 Nopember 2017
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1441.349 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan hasil aplikasi model RAFT didalam menulis puisi, untuk mengetahui apakah ada efek yang signifikan dari model RAFT pada kemampuan menulis puisi dan melihat apakah setelah menggunakan model RAFT kemampuan menulis puisi siswa lebih baik daripada sebelumnya pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tukka. Dalam melaksanakan penelitian ini peneliti menggunakan metode experiment. Dalam menganalisis data yang diperoleh peneliti melihat hubungan sebab dan akibat antara kedua variable. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tukka yang berjumlah 154 siswa. Sampel yang diambil dari populasi menggunakan cluster sampel dengan jumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi dan tes. Setelah mengumpulkan data diperoleh nilai rata-rata siswa dalam menulis puisi sebelum menggunakan  model RAFT adalah 64,50 kategori “cukup”. Sedangkan setelah menggunakan RAFT diperoleh nilai rata-rata 77, 32 kategori “bagus”. Setelah melakukan uji  ttest   dan ttable, nilai keduanya dibandingkan  dan diketahui  bahwa ttest lebih tinggi daripada ttable (ttest > ttable = 10,32 > 2,03). hal ini menunjukkan adanya efek yang signifikan dari penggunaan model RAFT pada kemampuan menulis puisi siswa pada kelas XI SMA Negeri 1 Tukka. Jadi hipotesis penelitian ini diterima
DAMPAK PENGGUNAAN AKRONIM DI KALANGAN MAHASISWA TERHADAP MASYARAKAT UMUM: KAJIAN MORFOLOGI lubis, ilham sahdi
JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT Vol 7 No 1 (2017): Vol.7 No.1 Nopember 2017
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1441.377 KB)

Abstract

Akronim tidak hanya berlaku pada sebuah percakapan ataupun tulisan resmi saja, tidak puladigunakan dalam institusi atau dalam bahasa-bahasa formal semata, akronim juga berlaku di kalanganmahasiswa. Akan tetapi kebanyakan dari akronim mahasiswa merupakan akronim plesetan, yaitu akronim yangdirubah dari makna aslinya ke dalam makna yang sedikit konyol untuk membuat kelucuan dalam maknanya.Tujuan dari penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan mengenai penggunaan dan bentuk-bentukakronim bahasa Indonesia. Selain itu, penelitian ini dapat mengembangkan ilmu-ilmu bahasa khususnyamengenai akronim bahasa Indonesia. Target khusus yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah memberikanpengetahuan tentang penggunaan akronim di kalangan mahasiswa sehingga dijadikan pengetahuan tambahanbagi penulis sebagai bahan latihan dalam mempelajari bentuk-bentuk akronim bahasa Indonesia. Selain itu, gurumenggunakan penelitian ini sebagai referensi bahan ajar dalam bab akronim bahasa Indonesia, sementara bagipeneliti lain menjadi sumber informasi mengenai akronim bahasa Indonesia dan diharapkan penelitian inimenjadi sumber ilmu pengetahuan bagi masyarakat supaya bisa mengetahui gejolak bahasa terutama akronimyang muncul di masyarakat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptifkualitatif. Pendekatan deskriptif kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupakata-kata tertulis atau lisan tentang sifat-sifat individu, keadaan gejala dari kelompok tertentu yang diamati.Pendekatan ini digunakan karena adanya kata-kata tertulis yang bersifat deskriptif, sehingga data dianalisis dananalisisnya berbentuk deskriptif fenomena. Dalam penelitian ini penulis berusaha mendeskripsikan akronim- akronim yang degunakan di kalangan mahasiswa semester tujuh Prodi Bahasa Inggris Sekolah Tinggi BahasaAsing Harapan Medan. Penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk menggambarkan keadaansaat penelitian ini dilakukan. Berdasarkan penelitian di lapangan maka diperoleh hasil penelitian data berupaakronim yang terbentuk melalui beberapa proses, akan tetapi dalam penelitian ini hanya dideskripsikan 13proses. Proses tersebut diperoleh melalui diagram yang dibuat untuk mengetahui ada berapa banyak proses yangterdapat pada akronim tersebut.
KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DI SMK NEGERI 1 ANGKOLA TIMUR HARAHAP, FITRIANI
JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT Vol 7 No 1 (2017): Vol.7 No.1 Nopember 2017
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1441.355 KB)

Abstract

This study aimed to determine the interpersonal communication of the teachers at State Vocational School of Angkola Timur.The teachers at State Vocational School of Angkola Timur, South Tapanuli become the respondents to interviewed. Interview, observation and documentation are the tools used for this research.The results showed that good interpersonal communication can improve the productivity and organizational citizenship behavior (OCB) of teachers. In this case, the existence of good interpersonal communication among teachers will increase the productivity and organizational citizenship behavior (OCB) of teachers to their work. Teachers arouse volunteerism to help co-workers despite their work duties, maintain good relationships with fellow workers, and accept any policies and procedures established by the organization, this is proving to have an impact on their organizational citizenship behavior (OCB). Teachers have extra behavior toward their organizations because teachers are dedicated to completing their tasks prematurely, reporting to superiors or co-workers first when not in work, and increasing teachers sense of responsibility to comply with school rules and regulations even in the absence of a person who are watching, care about the development and changes that occur in the organization and participate in various activities organized by the school.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 12 No 1 (2024): Vol 12 No 1 Januari 2024 Vol 11 No 3 (2023): Vol. 11 No.3.2023 Vol 11 No 2 (2023): Vol.11 No.2.2023 Vol 11 No 1 (2023): Vol.11 No.1. 2023 Vol 10 No 3 (2022): Vol.10. No.3 2022 Vol 10 No 2 (2022): Vol. 10 No. 2. 2022 Vol 10 No 1 (2022): Vol.10. No.1 2022 Vol 9 No 4 (2021): Vol.9 No.4 2021 Vol 9 No 3 (2021): Vol.9.No.3.2021 Vol 9 No 2 (2021): Vol.9.No.2.2021 Vol 9 No 1 (2021): Vol.9.No.1.2021 Vol 8 No 4 (2020): Vol.8.No.4.2020 Vol 8 No 3 (2020): Vol.8.No.3.2020 Vol 8 No 2 (2020): Vol.8.No.2.2020 Vol 8 No 1 (2020): Vol.8.No.1.2020 Vol 7 No 4 (2019): Vol.7.No.4.2019 Vol 7 No 3 (2019): Vol.7.No.3.2019 Vol 7 No 2 (2019): Vol.7.No.2.2019 Vol 7 No 1 (2019): Vol.7.No.1.2019 Vol 6 No 3 (2018): Vol.6.No.3.2018 Vol 6 No 2 (2018): Vol. 6. No.2 Oktober 2018 Vol 6 No 2 (2018): Vol.6.No.2.2018 Vol 6 No 1 (2018): Vol.6.No.1.2018 Vol 6 No 1 (2018): Vol. 6. No.1 Oktober 2018 Vol 5 No 2 (2018): Vol.5.No.2.2018 Vol 5 No 2 (2018): Vol.5. No. 2 Juli 2018 Vol 5 No 1 (2018): Vol.5.No.1.2018 Vol 5 No 1 (2018): Vol.5. No.1 Juli 2018 Vol 4 No 2 (2018): Vol.4.No.2.2018 Vol 4 No 2 (2018): Vol. 4 No. 2 April 2018 Vol 4 No 1 (2018): Vol.4. No.1. April 2018 Vol 4 No 1 (2018): Vol.4.No.1.2018 Vol 3 No 2 (2018): Vol.3 No.2 Januari 2018 Vol 3 No 2 (2018): Vol.3.No.2.2018 Vol 3 No 1 (2018): Vol.3.No.1.2018 Vol 3 No 1 (2018): Vol.3. No. 1. Januari 2018 Vol 7 No 5 (2017): Vol.7. No. 5. Nopember 2017 Vol 7 No 5 (2017): Vol.7. No. 5. Nopember 2017 Vol 7 No 1 (2017): Vol.7 No.1 Nopember 2017 Vol 7 No 1 (2017): Vol.7 No.1 Nopember 2017 Vol 6 No 5 (2017): Vol.6. No. 5. Agustus 2017 Vol 6 No 5 (2017): Vol.6. No. 5. Agustus 2017 Vol 6 No 4 (2017): Vol.6. No. 4. Mei 2017 Vol 6 No 4 (2017): Vol.6. No. 4. Mei 2017 Vol 6 No 3 (2017): Vol.6. No. 3. Agustus 2017 Vol 6 No 3 (2017): Vol.6. No. 3. Agustus 2017 Vol 6 No 2 (2017): Vol. 6 No. 2 Agustus 2017 Vol 6 No 2 (2017): Vol. 6 No. 2 Agustus 2017 Vol 6 No 1 (2017): Vol.6. No. 1. Agustus 2017 Vol 6 No 1 (2017): Vol.6. No. 1. Agustus 2017 Vol 5 No 3 (2017): Vol.5 No.3 April 2017 Vol 5 No 3 (2017): Vol.5 No.3 April 2017 Vol 5 No 2 (2017): Vol. 5 No. 2 April 2017 Vol 5 No 2 (2017): Vol. 5 No. 2 April 2017 Vol 4 No 5 (2017): Vol.4. No. 5. Januari 2017 Vol 4 No 5 (2017): Vol.4. No. 5. Januari 2017 Vol 4 No 4 (2017): Vol. 4 No. 4 Januari 2017 Vol 4 No 3 (2017): Vol.4 No.3. Januari 2017 Vol 4 No 3 (2017): Vol.4 No.3. Januari 2017 Vol 3 No 5 (2016): Vol.3. No.5. Nopember 2016 Vol 3 No 5 (2016): Vol.3. No.5. Nopember 2016 Vol 3 No 4 (2016): Vol. 3 No. 4 Nopember 2016 Vol 3 No 3 (2016): Vol.3. No. 3. Nopember 2016 Vol 3 No 3 (2016): Vol.3. No. 3. Nopember 2016 Vol 3 No 1 (2016): Vol.3 No. 1 Nopember 2016 Vol 3 No 1 (2016): Vol.3 No. 1 Nopember 2016 Vol 2 No 7 (2016): Vol. 2 No. 7 Agustus 2016 Vol 2 No 6 (2016): Vol.2. No. 6. Mei 2016 Vol 2 No 6 (2016): Vol.2. No. 6. Mei 2016 Vol 2 No 5 (2016): Vol.2. No. 5. Agustus 2016 Vol 2 No 5 (2016): Vol.2. No. 5. Agustus 2016 Vol 2 No 2 (2016): Vol.2. No. 2. Agustus 2016 Vol 2 No 2 (2016): Vol.2. No. 2. Agustus 2016 Vol 2 No 1 (2016): Vol. 2. No. 1 Agustus 2016 Vol 2 No 1 (2016): Vol. 2. No. 1 Agustus 2016 Vol 1 No 6 (2016): Vol.1 No.6. Mei 2016 Vol 1 No 6 (2016): Vol.1 No.6. Mei 2016 Vol 1 No 4 (2016): Vol.1. No. 4. Mei 2016 Vol 1 No 4 (2016): Vol.1. No. 4. Mei 2016 Vol 1 No 2 (2016): Vol.1. No. 2. Mei 2016 Vol 1 No 2 (2016): Vol.1. No. 2. Mei 2016 Vol 1 No 1 (2016): Volume 1 No.1 Mei 2016 Vol 1 No 1 (2016): Volume 1 No.1 Mei 2016 More Issue