cover
Contact Name
Herpin Nopiandi Khurosan
Contact Email
herpinnk@lecturer.undip.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
nusa@live.undip.ac.id
Editorial Address
Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, S.H., Tel/Fax 024-76480619 pst 34/ 024-76480619
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra
Published by Universitas Diponegoro
ISSN : 0216535X     EISSN : 25979558     DOI : -
Jurnal NUSA adalah jurnal nasional terakreditasi Sinta Kemristekdikti yang diterbitkan oleh Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro, jurnal NUSA menerima dan memuat artikel mengenai Sastra Indonesia, Kajian Bahasa, Linguistik Teoritis, Linguistik Terapan, Sastra Daerah. Dalam satu tahun Jurnal Nusa terbit 4 kali, yaitu Mei dan November.
Articles 1 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2008): volume 3, nomor 1, januari 2008" : 1 Documents clear
FUNGSI BAHASA DALAM WACANA IKLAN MEDIA CETAK sri puji astuti
Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra Vol 3, No 1 (2008): volume 3, nomor 1, januari 2008
Publisher : Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (202.179 KB) | DOI: 10.14710/nusa.3.1.%p

Abstract

Iklan merupakan sarana untuk menyampaikan pesan dari produsen kepada calon konsumen. Iklan mempunyai kekuatan yang sangat penting sebagai alat pemasaran yang membantu menjual barang atau jasa. Fungsi iklan adalah mempengaruhi khalayak agar mau membeli barang atau jasa yang dihasilkan oleh produsen,  Bahasa iklan termasuk  ragam bisnis yang  merupakan salah satu pemakaian bahasa dalam komunikasi. Fungsi komunikasi apa sajakah yang terdapat dalam wacana iklan media cetak dibahas dalam makalah ini. Data penelitian ini bersumber dari harian Suara Merdeka, Jawa Pos, dan Majalah Femina. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan enam fungsi bahasa dalam wacana iklan yaitu fungsi eksperesif, fungsi direktif, fungsi informasional, fungsi metalingual, fungsi puitik, dan fungsi imajinatif Kata Kunci: Fungsi bahasa, iklan, media cetak

Page 1 of 1 | Total Record : 1