cover
Contact Name
Danan Satriyo Wibowo
Contact Email
insight@unmuhjember.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
insight@unmuhjember.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
Insight : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi
ISSN : 18584063     EISSN : 25030949     DOI : -
Core Subject : Health,
Sejak Tanggal 9 Juli 2018 berdasarkan KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL PENGUATAN RISET DAN PENGEMBANGAN KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI NOMOR 21/E/KPT/2018 TENTANG PERINGKAT AKREDITASI JURNAL ILMIAH PERIODE I TAHUN 2018.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 12, No 2 (2016)" : 5 Documents clear
STUDI DESKRIPTIF MENGENAI PENDIDIKAN SEKS PADA ANAK USIA DINI DARI PERSPEKTIF PENDIDIK PAUD Kursistin H, Panca
INSIGHT: JURNAL PEMIKIRAN DAN PENELITIAN PSIKOLOGI Vol 12, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (559.492 KB) | DOI: 10.32528/ins.v12i2.331

Abstract

Pemahaman tentang pengetahuan dan ketersediaan keterampilan para pendidikPAUD sangat diperlukan sebagai dasar pijakan untuk memulai aplikasi pendidikan sekstersebut, sehingga urgensi ini tidak hanya datang dari para pakar pendidikan namun jugaberangkat dari kebutuhan yang dirasakan oleh pendidik PAUD sendiri.Penelitian ini bertujuan mengetahui perspektif pendidik PAUD tentangpendidikan seks anak usia dini dengan menggunakan rancangan kualitatif deskriptif.Subyek penelitian adalah 5 orang guru PAUD di lingkungan Himpaudi KabupatenJember.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan pendidik PAUD tentangpendidikan seks usia dini berkisar pada pengenalan anatomi tubuh dan cara menjagakebersihannya. Pendidikan seks dianggap sangat penting untuk diberikan di usia dini agaranak bisa menjaga dirinya, menjaga kesehatannya, mengetahui yang boleh dan tidakboleh dilakukan terkait tubuh dan peran jenisnya. Namun dampak pemberian pendidikanseks yang tidak utuh dan bersinergi dengan pihak orangtua akan menyebabkan anakmenjadi salah mengartikan yang diajarkan.Media yang efektif dalam mengajarkan pendidikan seks pada anak usia dinimenurut pendidik PAUD adalah alat peraga, gambar dan praktek terutama bila terkaitketerampilan. Media cerita dan dongeng juga cukup efektif untuk mengajarkan situasisituasiatau kejadian yang harus diantisipasi anak, termasuk nilai-nilai dan batas-batasperilaku yang diterima secara normatif. Media film dan video masih dirasa kurang efektifuntuk anak usia dini, karena anak belum memahami pesan simbolis dari film yangditayangkan dan belum mampu berkonsentrasi dalam waktu yang lama untuk mengikutitayangan. Keterlibatan dan dukungan orangtua sangat diperlukan, agar adakesinambungan antara yang diajarkan di sekolah dengan yang diajarkan di rumah.
Pengaruh Metode Multisensori Terhadap Kemampuan Mengingat Huruf Alfabet Pada Siswa Kelompok Bermain Di Sekolah Cahaya Nurani Jember Sejati, Anila Wahyu; Yumpi-R, Festa
INSIGHT: JURNAL PEMIKIRAN DAN PENELITIAN PSIKOLOGI Vol 12, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (559.492 KB) | DOI: 10.32528/ins.v12i2.332

Abstract

Mengingat huruf merupakan kemampuan pemula dalam tahapan untukmenjadi pembaca pemula, sebelum membaca pemula anak mengingat huruf,karena dengan mengingat huruf anak dapat menyerap setiap informasi yang ada dilingkungan. Selain itu ada fenomena lain yang berkaitab dengan kemampuanmengingat yaitu cara mengingat anak yang berkaitan di Sekolah Cahaya NuraniJember. Fenomena ini yang membuat peneliti tertarik untuk melakukkanpenelitian dengan “Pengaruh Metode Multisensori Terhadap KemampuanMeningat Huruf Alfabet Pada Sisiwa Kelompok Bermain Di Sekolah CahayaNurani”.Jenis penelitian yang digunakan adalah Eksperimen dengan desain pretest andposstes grup desain. Metode pengumpulan data mengunakan wawancara danobservasi serta alat yang digunakan sebagai metode multisensori. Populasipenelitian ini adalah siswa kelompok bermain besar (palaygrup). Tehnikpengambilan data menngunakan purposive sampling yaitu data yang sudah adadilapangan. Tehnik analisa menggunakan One Sampel T-Test.Berdasarkan hasil analisa yang diperoleh ada peningkat kemampuanmengingat huruf pada anak dengan nilai signifikan yang menyatakan bahwasignifikansi > p=0,05 sehingga Ho diterima maka dapat dikatakan korelasi yaituada pengarh metode multisensori terhadap kemampuan mengingat huruf padaanak.
ANALISIS PENGEMBANGAN ORGANISASI MAHASISWA IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH (IMM) DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER MENGGUNAKAN MODEL WEISBORD Dwi Saputra, Bintar Wana; Wibowo, Danan Satriyo
INSIGHT: JURNAL PEMIKIRAN DAN PENELITIAN PSIKOLOGI Vol 12, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (559.492 KB) | DOI: 10.32528/ins.v12i2.333

Abstract

Adanya kesenjangan yang terjadi di tubuh organisasi Ikatan MahasiswaMuhammadiyah UM Jember membutuhkan sebuah langkah pengembanganorganisasi agar organisasi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah UM Jember mampumenghadapi berbagai tantangan internal maupun eksternal yang ada, sehinggaperubahan yang terjadi dalam tubuh organisasi dapat berjalan sesuai yangdiharapkan dan organisasi dapat berjalan lebih efektif dan efisien. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui gambaran kondisi organisasi mahasiswa IkatanMahasiswa Muhammadiyah di UM Jember meliputi aspek tujuan, struktur, tatahubungan, penghargaan, kepemimpinan dan mekanisme tata kerja kerja yangdianalisis menggunakan model Weisbord’s.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif untukmenggambarkan kondisi organisasi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah di UMJember. Subjek penelitian adalah mahasiswa dan mahasiswi yang menjabatsebagai pimpinan komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah di UM Jember.Sampel yang digunakan sebanyak 96 orang berasal dari pimpinan komisariatIkatan Mahasiswa Muhammadiyah di UM Jember yang masih menjabat danpenentuan sampel penelitian menggunakan tekhnik Sampling Jenuh. Penelitian inimenggunakan skala Weisbord’s six box model yang disebarkan secara menyeluruhkepada seluruh responden.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukan bahwasecara umum kondisi organisasi berada pada kategori sedang dengan tingkatprosentase 71.9 % atau setara dengan 69 subjek. Katergori sedang dapat diartikanbahwa kondisi organisasi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah di UM Jembersecara umum telah berjalan namun ketercapaian organisasi terhadap enam aspekantara lain tujuan, struktur, tata hubungan, penghargaan, kepemimpinan danmekanisme tata kerja belum optimal dan belum sesuai dengan standart capaianorganisasi yang telah ditetapkan.
Gambaran Kontrol Diri Pada Mahasiswa Penjudi Di Kota Jember Septyan P, Fangky; Rahmawati, Erna Ipak
INSIGHT: JURNAL PEMIKIRAN DAN PENELITIAN PSIKOLOGI Vol 12, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (559.492 KB) | DOI: 10.32528/ins.v12i2.334

Abstract

Mimpi mendapatkan jackpot merupakan motif mahasiswa berpatisipasidalam judi togel, permainan ini memberikan kesempatan dengan modal kecil danbisa mendapatkan uang dengan jumlah yang berlipat dan besar. Mahasiswamenikmati fantasi menyenangkan dengan mendapat uang berlipat tersebut untukmemenuhi kebutuhan sekunder serta memenuhi kebutuhan akan kesenangan yangtelah ditampakan oleh lingkungan penjudi mahasiswa itu sendiri.Penelitian inibertujuan untuk mengetahui gambaran kontrol diri pada mahasiswa penjudi diKota Jember.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalampenelitian ini adalah mahasiswa yang berjenis kelamin laki-laki berusia 19-24tahun dan merupakan pemain judi online. Metode pengambilan datamenggunakan skala Guttman yang disusun berdasarkan aspek-aspek kontrol diriyang dikemukakakn oleh Averill. Sampel jenuh dengan jumlah 100 mahasiswa.Tehnik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif denganmenggunakan prosentase.Berdasrkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kontrol diri mahasiswapenjudi berada pada kategori rendah sebesar 64%. Rendahnya kontrol diri diikutipula oleh rendahnya kontrol perilaku sebesar 64%, kontrol kognitif sebesar 57%,dan kontrol keputusan 60%. Rendahnya kontrol diri menunjukkan bahwamahasiswa rendah dalam kemampuan menentukan dan mengendalikan situasiyang berasal dari luar dan dalam dirinya, tidak mampu mengambil keputusankognitif dengan tepat dan tidak mampu melihat peristiwa dengan hati-hati dantidak mampu menentukan dan menilai tindakan yang tepat.
PENGEMBANGAN KEMANDIRIAN IBU REMAJA MELALUI PENGUATAN KELOMPOK PENDUKUNG/SWA BANTU Istiqomah, Istiqomah
INSIGHT: JURNAL PEMIKIRAN DAN PENELITIAN PSIKOLOGI Vol 12, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (559.492 KB) | DOI: 10.32528/ins.v12i2.335

Abstract

Ibu remaja sejatinya masih berada dalam rentang usia menuntaskanpengembangan kemandirian sebagai seorang remaja. Namun peran baru sebagaiseorang ibu pada akhirnya memaksa mereka untuk menyegerakan proses ini.Tidak jarang proses adaptasi ini mengalami ketidakberhasilan untuk penuhi. Padaakhirnya peran sebagai ibu dialihkan kepada nenek atau keluarga besar. Hal inilahyang menjadi persoalan yang penting untuk dipahami dalam penelitian ini.Berdasarkan gambaran persoalan yang dihadapi ibu remaja terkaitkemandirian, kegiatan ini bertujuan: 1) Membantu ibu remaja mengenali levelkemandiriannya, khususnya dalam merencanakan arah pengembangan diri., 2)Membantu ibu remaja mengenali dampak kemandiriannya dalam prosespengasuhan.Pelaksanaan kelompok swa bantu pada ibu remaja ini dilakukan olehseorang konselor dan 2 (dua) orang ko-konselor. Sasaran kegiatan ini adalah ibuiburemaja di Kecamatan Kalisat yang aktif dalam kegiatan Posyandu di desamereka. Kegiatan Posyandu di Kecamatan Kalisat masih belum menyentuh aspeksosio-emosional masyarakat, mengingat kondisi latar belakang pendidikan,maraknya pernikahan dini, dan kurangnya tenaga terlatih. Kegiatan kelompok swabantu dilakukan di Posyandu Dahlia 28, Dusun Jambuan Desa Plalangan.Posyandu Dahlia 28 dpilih berdasarkan masukan dari Bidan dan kader, karenakader setempat yang masih kurang terampil dalam berkomunikasi, sehingga masihmembutuhkan pendampingan dalam memberikan informasi kepada ibu remaja.Pada akhir kegiatan ibu remaja menyampaikan bahwa mereka menjadimengerti keterkaitan antara kedekatan yang terbangun dengan anak akanmendasari pengembangan kemandirian pada kedua belah pihak, baik ibu remajamaupun anak mereka sejalan dengan tumbuh kembangnya. Sementara dari pihakbidan dan kader menyampaikan kegiatan ini penting dilakukan, mengingatpermasalahan kemandirian memang dirasakan berdampak negatif terhadap prosespenyuluhan maupun pembinaan ibu remaja dalam kegiatan Posyandu.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol 19, No 1 (2023): Insight : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi Vol 18, No 1 (2022): Insight: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi Vol 17, No 2 (2021): Insight: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi Vol 17, No 1 (2021): Insight: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi Vol 16, No 2 (2020): Insight: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi Vol 16, No 1 (2020): Insight : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi Vol 15, No 2 (2019): Insight : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi Vol 15, No 1 (2019): Insight : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi Vol 15, No 1 (2019): Insight : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi Vol 14, No 2 (2018): Insigth : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi Vol 14, No 2 (2018): Insight: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi Vol 14, No 2 (2018): Insight: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi Vol 14, No 1 (2018): Insight : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi Vol 14, No 1 (2018): Insight : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi Vol 13, No 2 (2017) Vol 13, No 2 (2017) Vol 13, No 1 (2017) Vol 13, No 1 (2017) Vol 12, No 2 (2016) Vol 12, No 2 (2016) Vol 12, No 1 (2016) Vol 12, No 1 (2016) Vol 11, No 2 (2015) Vol 11, No 2 (2015) Vol 11, No 1 (2015) Vol 11, No 1 (2015) Vol 10, No 2 (2014) Vol 10, No 2 (2014) Vol 10, No 1 (2014) Vol 10, No 1 (2014) Vol 9, No 2 (2013) Vol 9, No 2 (2013) Vol 9, No 1 (2013) Vol 9, No 1 (2013) Vol 5, No 1 (2009): Insight: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi Vol 5, No 1 (2009): Insight: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi More Issue