cover
Contact Name
Danan Satriyo Wibowo
Contact Email
insight@unmuhjember.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
insight@unmuhjember.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
Insight : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi
ISSN : 18584063     EISSN : 25030949     DOI : -
Core Subject : Health,
Sejak Tanggal 9 Juli 2018 berdasarkan KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL PENGUATAN RISET DAN PENGEMBANGAN KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI NOMOR 21/E/KPT/2018 TENTANG PERINGKAT AKREDITASI JURNAL ILMIAH PERIODE I TAHUN 2018.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 13, No 2 (2017)" : 6 Documents clear
CYBERBULLYING PADA REMAJA SMA DI BANDA ACEH Rachmatan, Risana; Ayunizar, Shella Rizky
INSIGHT: JURNAL PEMIKIRAN DAN PENELITIAN PSIKOLOGI Vol 13, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (65.539 KB) | DOI: 10.32528/ins.v13i2.811

Abstract

Remaja menggunakan internet sebagai salah satu contoh kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Efek yang muncul dengan adanya kemajuan teknologi bisa berdampak positif dan negatif, salah satu dampak negatif yang ditimbulkan adalah cyberbullying. Pengakses internet di Indonesia saat ini didominasi oleh remaja sebanyak 64%, hal ini menyebabkan semakin banyaknya perilaku cyberbullying yang terjadi di kalangan remaja Indonesia. Dalam membahas cyberbullying isu gender merupakan salah satu yang banyak dibicarakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perilaku cyberbullying ditinjau dari jenis kelamin pada remaja di kota Banda Aceh. Sampel pada penelitian ini sebanyak 364 siswa SMA yang terdiri dari 182 siswa lakilaki dan 182 siswa perempuan. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan metode probability sampling dengan teknik Multi-Stage Cluster dan Nonpropotionate Stratified Random Sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Student Needs Assessment Survey (SNAS) diajukan oleh Willard (2007). Hasil analisa menggunakan Mann-Whitney U yang menunjukkan nilai Z sebesar 0,627 (p=0,474). Hasil penelitian menyatakan tidak terdapat perbedaan perilaku cyberbullying antara remaja laki-laki dan remaja perempuan di Banda Aceh. Dengan demikian jelas bahwa laki-laki maupun perempuan memiliki kesempatan yang sama untuk melakukan cyberbullying.
GAMBARAN ASPIRASI BELAJAR SISWA SMP DENGAN ORANG TUA NELAYAN Pitaloka, Winata Rias; Istiqomah, Istiqomah; Wibowo, Danan Satriyo
INSIGHT: JURNAL PEMIKIRAN DAN PENELITIAN PSIKOLOGI Vol 13, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.502 KB) | DOI: 10.32528/ins.v13i2.816

Abstract

Aspirasi belajar adalah harapan atau keinginan yang ingin dicapai dan didasari oleh perubahan perilaku karena adanya respon terhadap stimulus untuk kearah perbaikan dalam belajar siswa agar memiliki gambaran keinginan agar belajar sebagai tujuan utama dalam pembelajaran siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran aspirasi belajar siswa SMP dengan orang tua nelayan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah mengambarkan bagaimana aspirasi belajar pada siswa SMP dengan orang tua nelayan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan bentuk deskriptif. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa-siswi MTs Muncar yang berjumlah 307, jumlah sampel yang digunakan 174. Penelitian ini menggunakanvariabel tunggal yaitu aspirasi belajar. Metode pengambilan data menggunakan skala psikologi dan instrumen penelitian. Metode pengujian alat ukur adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji deskriptif dengan menggunakan SPSS 21 for Windows.Hasil yang ditemukan bahwa gambaran aspirasi belajar siswa SMP dengan orang tua nelayan dari ketiga aspek yaitu aspek cita-cita, hasrat, dan ketetapan hati tersebut adalah kategori sedang dengan perolehan prosentase nilai 58,04% dengan 101 subyek untuk aspek cita-cita, 64,94% dengan 113 subyek untuk aspek hasrat dan 60,91% dengan 106 subyek untuk aspek ketetapan hati pada aspirasi belajar. Berdasarkan hasil analisa data yang menggunakan deskriptif memiliki kategori sedang yang artinya siswa mempunyai cita-cita namun belum tentu atau kurang untuk hasrat dan keketapan hati untuk meraih cita-cita siswa.Kata Kunci : aspirasi, belajar, orang tua nelayan
HUBUNGAN OPTIMISME MASA DEPAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA AJAR BAHASA INGGRIS MAHASISWA SEMESTER 1 PRODI DIII KEPERAWATAN RUSTIDA TAHUN AJARAN 2016-2017 Prayitno, Siswoto Hadi; Ayu, Sylene Meilita
INSIGHT: JURNAL PEMIKIRAN DAN PENELITIAN PSIKOLOGI Vol 13, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (76.703 KB) | DOI: 10.32528/ins.v13i2.812

Abstract

Masa depan merupakan masa yang menentukan dan perlu dipersiapkan dengan baik. Perasaan optimis membawa individu kepada keyakinan akan keberhasilan serta percaya pada diri sendiri dengan kemampuan yang dimiliki. Sedangkan prestasi belajar adalah kesempurnaan yang dicapai seseorang dalam berpikir dan berbuat yang dapat dilihat dari hasil evaluasi belajar. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa adakah hubungan optimisme masa depan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata ajar Bahasa Inggris mahasiswa semester 1 Prodi D III Keperawatan Rustida. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif non eksperimental. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester 1 Prodi D III Keperawatan Rustida dan diambil sampel secara acak sebanyak 51 mahasiswa. Analisis data menggunakan Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh optimisme masa depan dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar hanya 6%, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan diantara ketiganya. Kecerdasan emosi, optimisme pengajar, kepedulian pengajar, pengembangan bahan ajar dan kecerdasan kognitif (IQ) merupakan beberapa faktor yang juga mempengaruhi prestasi belajar.Kata kunci: optimisme masa depan, motivasi belajar, prestasi belajar
PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DENGAN TINGKAT AGRESIVITAS REMAJA Istiqomah, Istiqomah
INSIGHT: JURNAL PEMIKIRAN DAN PENELITIAN PSIKOLOGI Vol 13, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (72.695 KB) | DOI: 10.32528/ins.v13i2.813

Abstract

Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Media sosial membawa pada pola pikir individu (neurologis) yang akan mempengaruhi sikap dan perilaku termasuk didalamnya adalah agresisifitas. Agresifitas merupakan tingkah laku individu yang ditujukan untuk melukai atau mencelakakan individu lain yang tidak menginginkan datangnya tingkah laku tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan media sosial dengan tingkat agresifitas remaja. Metode penelitian ini adalah kuantitatif korelasional dengan alat ukur skala agresifitas dan skala penggunaan media sosial. Jumlah subjek seb anyak 85 siswa MA Muhammadiyah Malang yang diperoleh melalui metode total sampling. Hasil penelitian dengan mengunakan perhitungan product moment pearsonmenunjukkan adanya hubungan positif antara penggunaan media sosial dengan tingkat agresifitas remaja ( r = 0,975 dan p = 0.00). Hal ini berarti semakin tinggi penggunaan media sosial maka semakin tinggi tingkat agresifitas remaja.Kata kunci: media sosial, agresifitas, remaja
BURNOUT DITINJAU DARI HARDINES DAN MOTIVASI BERPRESTASI (Studi Pada Atlet Pelajar di Semarang) Akhyar, Abdan Ghifari; Priyatama, Aditya Nanda; Setyowati, Rini
INSIGHT: JURNAL PEMIKIRAN DAN PENELITIAN PSIKOLOGI Vol 13, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (92.054 KB) | DOI: 10.32528/ins.v13i2.814

Abstract

Partisipasi pelajar dalam bidang olahraga sebagai seorang atlet profesional menimbulkan tantangan dan tuntutan tinggi yang harus dipenuhi, sehingga menyebabkan atlet mengalami burnout. Salah satu tantangan yang menyebabkan burnout adalah menyeimbangkan antara tanggung jawab akademik dan partisipasi di bidang olahraga. Burnout adalah suatu kondisi kelelahan fisik atau emosi, depersonalisasi, dan menurunnya prestasi pribadi dikarenakan adanya tuntutan pekerjaan atau latihan secara terus menerus. Burnout dapat diatasi dengan hardiness dan motivasi berprestasi individu.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara hardiness dan motivasi berprestasi dengan burnout, hubungan hardiness dengan burnout, dan hubungan motivasi berprestasi dengan burnout pada atlet pelajar di Kota Semarang. Sampel pada penelitian ini adalah 91 atlet pelajar di Semarang. Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala burnout, skala hardiness, dan skala motivasi berprestasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara hardiness dan motivasi berprestasi dengan burnout (Fhitung=17,930 > Ftabel=3,10, p=0,000<0,05;r=0,538). Nilai reliabilitas pada penelitian ini adalah 0,861 (skala burnout), 0,823 (skala hardiness), dan 0,894 (skala motivasi berprestasi). Uji parsial pada penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan signifikan negatif antara hardiness dengan burnout (r= 0,285 ;p=0,007 < 0,05). Terdapat hubungan signifikan negatif antara motivasi berprestasi dengan burnout (r= 0,248; p=0,018 < 0,05). Nilai koefisien determinasi R2= 0,290 artinya hardiness dan motivasi berprestasi secara bersama-sama memberi sumbangan 29% terhadap burnout dengan sumbangan 15,78% dari hardiness dan 13,22% dari motivasi berprestasi.Kata Kunci: burnout, hardiness, motivasi berprestasi
HUBUNGAN DUKUNGAN SUAMI DENGAN TINGKAT KECEMASAN WANITA PRAMENOPAUSE DI DESA BANGSALSARI KECAMATAN BANGSALSARI JEMBER Putri, Fitriana; Asih, Susi Wahyuning; Hidayat, Dian
INSIGHT: JURNAL PEMIKIRAN DAN PENELITIAN PSIKOLOGI Vol 13, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (101.433 KB) | DOI: 10.32528/ins.v13i2.815

Abstract

Dukungan suami merupakan faktor eksternal paling baik dalam membantu istri untuk melalui masa menopause tanpa kecemasan berlebih . Penelitian inibertujuan untuk menganalisis hubungan dukungan suami dengan tingkat kecemasan wanita pramenopause di Desa bangsalsari Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. Metode dalam penelitian ini menggunakan analitik kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi sebanyak 40 wanita pramenopause usia 45-55 tahun dan sampel yang diambil sejumlah 40 responden. Tehnik sampling yang digunakan yaitu Total Sampling. Instrumen penelitian yang dipakai yakni kuesioner dukungan suami dan kuesioner baku dari HRS-A (Hamilton Rating Scale for Anxiety). Analisa data menggunakan uji Spearman Rho dengan tingkat signifikan 5% (0,05). Hasil penelitian menunjukkan dukungan suami buruk sebanyak 9 responden (22,5%), dukungan suami sedang 24 responden (60%) dan dukungan suami baik 7 responden (17,5%). Sedangkan untuk tingkat kecemasan diperoleh kecemasan berat 8 responden (20%), kecemasan sedang 12 responden (30%), kecemasan ringan 13 responden (32,5%) dan responden yang tidak mengalami kecemasan 7 responden (17,5%). Hasil uji statistik didapatkan hasil Pvalue ≤0,05 yaitu 0,000. Kesimpulan H1 diterima yaitu terdapat hubungan antara dukungan suami dengan tingkat kecemasan wanita pramenopause di Desa bangsalsari Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember.Kata Kunci: dukungan suami, tingkat kecemasan, wanita pramenopause.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 19, No 1 (2023): Insight : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi Vol 18, No 1 (2022): Insight: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi Vol 17, No 2 (2021): Insight: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi Vol 17, No 1 (2021): Insight: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi Vol 16, No 2 (2020): Insight: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi Vol 16, No 1 (2020): Insight : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi Vol 15, No 2 (2019): Insight : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi Vol 15, No 1 (2019): Insight : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi Vol 15, No 1 (2019): Insight : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi Vol 14, No 2 (2018): Insigth : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi Vol 14, No 2 (2018): Insight: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi Vol 14, No 2 (2018): Insight: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi Vol 14, No 1 (2018): Insight : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi Vol 14, No 1 (2018): Insight : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi Vol 13, No 2 (2017) Vol 13, No 2 (2017) Vol 13, No 1 (2017) Vol 13, No 1 (2017) Vol 12, No 2 (2016) Vol 12, No 2 (2016) Vol 12, No 1 (2016) Vol 12, No 1 (2016) Vol 11, No 2 (2015) Vol 11, No 2 (2015) Vol 11, No 1 (2015) Vol 11, No 1 (2015) Vol 10, No 2 (2014) Vol 10, No 2 (2014) Vol 10, No 1 (2014) Vol 10, No 1 (2014) Vol 9, No 2 (2013) Vol 9, No 2 (2013) Vol 9, No 1 (2013) Vol 9, No 1 (2013) Vol 5, No 1 (2009): Insight: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi Vol 5, No 1 (2009): Insight: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi More Issue