cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. garut,
Jawa barat
INDONESIA
JURNAL PETIK
ISSN : 24607363     EISSN : 26146606     DOI : -
Jurnal Pendidikan Tekologi Informasi dan Komunikasi (PETIK) adalah Jurnal yang memiliki fokus dibidang Pendidikan, Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal PETIK ber-issn : 2460-7363 dan e-ISSN : 2614-6606. Sedangkan terbitan pada Jurnal PETIK terbit sebanyak dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Maret dan September.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2016): PETIK Vol 2 No. 1 Tahun 2016" : 6 Documents clear
PENINGKATAN TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI PADA LAYANAN INFRASTRUKTUR JARINGAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 4.1 DI SINERGI FOUNDATION Andri Suryadi
JURNAL PETIK Vol 2, No 1 (2016): PETIK Vol 2 No. 1 Tahun 2016
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/jpetik.v2i1.64

Abstract

Infrastruktur jaringan sangat mempengaruhikeberlangsungan operasional di Sinergi Foundation oleh karenaitu layanan infrastruktur jaringan sangat penting untukdiperhatikan. Idealnya layanan infrastruktur jaringan di SinergiFoundation dapat memenuhi kebutuhan setiap aktivitas yang ada,namun masih jauh dari harapan sehingga banyak masalah munculakibat belum sesuainya layanan infrastruktur jaringan tersebut.Sesuai dengan adanya masalah tersebut maka harus ada tatakelola untuk dapat mengukur dan meningkatkan layananinfrastruktur jaringan di Sinergi Foundation. Oleh karena itupenelitian ini akan mengukur dan meningkatkan layananinfrastrktur jaringan di Sinergi Foundation menggunakanFramework Cobit 4.1 dan dan maturity level sebagai alat ukurnya.Hasil yang diharapkan dari penelitian yang telah dilakukan iniadalah adanya rekomendasi untuk dapat meningkatkan layananinfrastruktur jaringan yang telah berjalan. Dengan adanyapeningkatan tersebut maka diharapkan masalah – masalah yangterjadi dapat teratasi dan layanan infrastruktur jaringan dapatberjalan sesuai dengan yang diharapkan
MENINGKATKAN KAPABILITAS PROSES PADA SISTEM PENDUKUNG PENGAMBILAN KEPUTUSAN (DSS) MENGGUNAKAN COBIT 4.1 Dian Nurdiana
JURNAL PETIK Vol 2, No 1 (2016): PETIK Vol 2 No. 1 Tahun 2016
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/jpetik.v2i1.65

Abstract

Decision support system (DSS) merupakan sebuah sistem yangberfungsi untuk memberikan rekomendasi dalam pengambilankeputusan, oleh karena itu kemampuan atau kapabilitas dari sistemharus bisa mendukung terhadap kebutuhan bisnis. UNIVERSITAS Xmerupakan universitas yang sudah menggunakan sistem ini dalampengelolaan proses bisnis yang ada diorganisasi, namun dalampengelolaanya terdapat beberapa permasalahan yang dapetmengganggu kinierja dari DSS tersebut. Oleh karena itu butuh sebuahmodel yang bisa meningkatkan kapabilitas IT sehingga bisameningkatkan kinerja dari DSS tersebut. Model pengukuran COBIT 4.1menggunakan metode Process Assessment Model merupakan salahsatu model yang digunakan untuk meningkatkan kapabilitas proses IT,model ini mendukung penilaian kapabilitas kinerja tata kelolateknologi informasi dengan menyediakan indikator sebagai pedomandalam interpretasi tujuan proses dan keluaran yang didefinisikandalam COBIT 4.1 dan atribut proses yang didefinisikan dalam ISO/IEC15504 dengan pengukuran kapabilitas didasarkan pada sembilanatribut proses, kesembilan atribut di atas terdapat dalam level-levelkapabilitas proses dan harus dipenuhi untuk mencapai suatu level.Dari hasil penelitian ini didapatkan tingkat pencapain kapabilitasproses pada DSS di UNIVERSITAS X, kemudian memberikanrekomendasi untuk bisa menyelesaikan permasalahan yang sedangdihadapi dan rekomendasi untuk meningkatkan level kapabilitasproses berdasarkan COBIT 4.1 menggunakan metode ProcessAssessment Model.
PERGESERAN PARADIGMA PEMBELAJARAN PADA PENDIDIKAN TINGGI Dian Rahadian
JURNAL PETIK Vol 2, No 1 (2016): PETIK Vol 2 No. 1 Tahun 2016
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/jpetik.v2i1.60

Abstract

Terdapat tiga fungsi pendidikan tinggi menurutUndang-undang no.12 pasal 4 tahun 2012 tentang pendidikantinggi, yaitu (1) Mengembangkan kemampuan dan membentukwatak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangkamencerdaskan kehidupan bangsa; (2) Mengembangkan SivitasAkademika yang inovatif, responsif, kreatif, terampil, berdayasaing, dan kooperatif melalui pelaksanaan Tridharma; dan (3)Mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi denganmemperhatikan dan menerapkan nilai Humaniora. Untukmenjalankan ketiga fungsi tersebut di atas, perguruan tinggi harusmampu menyelenggarakan pembelajaran yang sangatmendukung terhadap pengembangan potensi setiap peserta didikdan pengajaran yang efektif. Perubahan paradigma pembelajaranterjadi dari paradigma berfokus pada guru/dosen menjadipembelajaran berfokus pada peserta didik atau mahasiswa. Padapendidikan tinggi dikenal Student-Centered Learning sebagaipembelajaran yang berfokus pada mahasiswa. Keterpaduanlembaga pendidikan dalam menghasilkan pembelajaran yangberkualitas yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa menjadibentuk yang utuh dalam pendekatan ini
ANALISIS KORELASI PENERASI PENGGUNAAN INTERNET DI BEBERAPA NEGARA DENGAN KUALITAS SDM DAN PENDAPATAN PERKAPITA NEGARA Irwanto, Bpk
JURNAL PETIK Vol 2, No 1 (2016): PETIK Vol 2 No. 1 Tahun 2016
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/jpetik.v2i1.61

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubunganantara besar penetrasi penggunaan internet di beberapa negaradengan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan pendapatanperkapita negara. Hal ini untuk memberikan informasi bahwakemajuan suatu negara tidak lepas dari peran teknologi informasisalah satunya internet dalam memberikan kontribusi padaterciptanya SDM yang berkualitas sehingga kemudian akanmampu meningkatkan pendapatan perkapita negara. Penelitianini merupakan jenis penelitian ex-post facto dengan menggunakanmetode survey melalui pendekatan desain penelitian korelasionalkuantitatif. Subyek penelitian ini adalah 20 negara yang terdiridari 11 negara anggota ASEAN, Amerika Serikat, Jepang, China,Korea Selatan, India, Inggris, Francis, Mesir, dan Afrika Selatan.Dengan taraf signifikansi 0,05, hasil penelitian menunjukkanadanya hubungan yang signifikan antara penetrasi penggunaaninternet dengan kualitas SDM negara dengan angka korelasi 0,924dan dengan kontribusi signifikansi (R Square) sebesar 84,7%.Persamaan regresi yang terbentuk Y= 0,58 + 0,004X. Hasilpenelitian juga menunjukkan adanya hubungan yang signifikanantara penetrasi penggunaan internet negara dengan pendapatanperkapita negara dengan nilai koefisien korelasi Pearsonmenunjukkan angka 0,92 dan dengan kontribusi signifikansi (RSquare) sebesar 83,8%. Hasil penelitian juga mengatakan bahwapersamaan garis regresi yang terbentuk adalah Y= 151,688-1,616X
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN DIGITAL BOOK INTERACTIVE DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATAKULIAH FISIOLOGI HEWAN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI STKIP GARUT Hudiana Hernawan
JURNAL PETIK Vol 2, No 1 (2016): PETIK Vol 2 No. 1 Tahun 2016
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/jpetik.v2i1.62

Abstract

Rendahnya mutu pendidikan di Indonesia salahsatu penyebabnya adalah minimnya sumber bahan ajar yang dapatdimanfaatkan yang saat ini masih konvensional dan belum dapatmeningkatkan minat dan motivasi mahasiswa untukmempelajarinya. Salah satu alternatif pemecahan masalah iniadalah dengan diproduksi menjadi Digital Book Interactive.Produk ini dapat mengintegrasikan antara teknologi komputerdengan pembelajaran, tidak hanya tekstual tapi juga audiovisual.Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan model Digital BookInteractive yang dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa.Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengandesain penelitian yang digunakan adalah Non-equivalent controlgroup pre-test and post-test design, yaitu penelitian yangdilaksanakan pada dua kelas, yaitu satu kelas eksperimen yangmenggunakan bahan ajar Fisiologi Hewan dalam bentuk DigitalBook Interactive dan satu kelas kontrol yang menggunakan bahanajar Fisiologi Hewan dalam bentuk buku cetak. Instrumen angketdigunakan untuk menjaring data motivasi belajar mahasiswasebelum dan setelah mendapatkan pembelajaran. Hasil penelitiandiperoleh, motivasi belajar akhir mahasiswa yang menggunakanDigital Book Interactive (85,88) nyata lebih besar dibandingkandengan mahasiswa yang menggunakan buku cetak (69,08).Selanjutnya, peningkatan motivasi belajar mahasiswa yangmenggunakan Digital Book Interactive (0,7184) nyata lebih besardibandingkan dengan peningkatan motivasi belajar siswa yangmenggunakan buku cetak (0,3576). Kesimpulan dari penelitian ini,Digital Book Interactive efektif dalam meningkatkan motivasibelajar siswa dalam matakuliah Fisiologi Hewan di Program StudiPendidikan Biologi STKIP Garut
PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARYA ILMIAH MAHASISWA Kuntum An Nisa
JURNAL PETIK Vol 2, No 1 (2016): PETIK Vol 2 No. 1 Tahun 2016
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/jpetik.v2i1.63

Abstract

Masalah pokok dalam tulisan ini difokuskan padaupaya untuk meningkatkan kemampuan menulis mahasiswadengan metode problem based learning.Mengingat bahwa untuk menghasilkan sebuah karyailmiah seperti buku atau jurnal memerlukan sebuah prosespanjang seperti menggali ide, menemukan referensi, melakukanpenelitian atau menganalisa, maka hambatan dan permasalahansering tidak terhindarkan.Pembelajaran berdasarkan masalah merupakanpendekatan yang efektif untuk pengajaran proses berfikir tingkattinggi. Pembelajaran ini membantu peserta didik untukmemproses informasi yang sudah jadi dalam benaknya danmenyusun pengetahuan mereka sendiri tentang dunia sosial dansekitarnya. Pembelajaran ini cocok untuk mengembangkanpengetahuan dasar maupun kompleks.Tujuan dari pembelajaran berbasis masalahdikembangkan untuk membantu peserta didik mengembangkankemampuan berpikir, mengembangkan kemampuan memecahanmasalah, keterampilan intelektual, dan menjadi peserta didik yangmandiri. Metode pembelajaran berbasis masalah terdiri atas 8tahap yaitu menemukan masalah, mendefinisikan masalah,mengumpulkan fakta, menyusun hipotesis,melakukanpenyelidikan, menyempurnakan permasalahan yang telahdidefinisikan, menyimpulkan alternatif pemecahan masalahsecara kolaboratif, dan melakukan pengujian hasil (solusi)pemecahan masalah.Berbagai problematika yang menjadi kendalamahasiswa dalam menulis karya ilmiah adalah (a) tidak berbakat,(b) kurangnya motivasi dan tidak percaya diri, (c) tidak fokus /kesulitan untuk memulai, (d) wawasan yang sempit, (e) kendalakebahasaan, (f) faktor eksternal dari mahasiswa.Untuk memecahkan persoalannya seyogianya diarahkankepada upaya peningkatan kemampuan menulis dan kualitaskarya tulis ilmiah, yaitu : (a) perlu dibentuk tim pembimbing, (b)perlu dibentuk forum pengkajian karya tulis ilmiah mahasiswa disetiap perguruan tinggi, (c) perlu dilakukan presentasi terlebihdahulu, (d) perlu diintensifkan lomba karya tulis ilmiah untukmahasiswa, (e) perlu dilakukan workshop, (f) perlu dilakukanpembenahan dan penyempurnaan sarana sumber informasi untukmahasiswa

Page 1 of 1 | Total Record : 6