cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. garut,
Jawa barat
INDONESIA
JURNAL PETIK
ISSN : 24607363     EISSN : 26146606     DOI : -
Jurnal Pendidikan Tekologi Informasi dan Komunikasi (PETIK) adalah Jurnal yang memiliki fokus dibidang Pendidikan, Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal PETIK ber-issn : 2460-7363 dan e-ISSN : 2614-6606. Sedangkan terbitan pada Jurnal PETIK terbit sebanyak dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Maret dan September.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2018): Vol.4 No.2 Tahun 2018" : 10 Documents clear
ANALISIS APLIKASI KEPEGAWAIAN PADA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEJAKSAAN REPUBLIK INDONESIA (SIMKARI) DI KEJAKSAAN NEGERI BALE BANDUNG Rosmalina Rosmalina
JURNAL PETIK Vol 4, No 2 (2018): Vol.4 No.2 Tahun 2018
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/jpetik.v4i2.364

Abstract

Kejaksaan sebagai salah satu lembaga penegak hukum dituntut untuk lebih berperan dalam menegakkan hukum, perlindungan kepentingan umum, penegakkan hak asasi manusia, serta pemberantasan korupsi, kolusi, dan nepotisme. Penggunaan sistem informasi manajemen di KEJARI Bale Bandung serta pengembangkan perangkat lunak merupakan sebuah sistem untuk mempermudah pekerja dalam mengelola dan menghasilkan informasi. Untuk menginput dan meyimpan data tersebut dibutuhkan sebuah aplikasi yang dinamakan SIMKARI yang dapat mendukung untuk membantu pegawai dalam mengerjakan pekerjaan yang lebih baik dan efektif. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisa sebuah sistem informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) yang merupakan bagian dari Sistem Informasi Manajemen Kejaksaan Republik Indonesia (SIMKARI), sistem ini merupakan sebuah alat bantu dalam mengelola, merekam dan meng-entry data/informasi terkait administrasi kepegawaian di Kejaksaan Republik Indonesia. Fitur yang ada dalam sitem tersebut antara lain Peremajaan Data, Entry Riwayat pegawai, menampilkan Biodata Pegawai, Pengendalian, Pengankatan PNS dan Info Kepegawaian. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode PIECES (Performance, Information, Economy, Control, Effisienci, dan services). Selama proses analisis berlangsung penulis tidak melakukan analisis berdasarkan metodologi analisis, namun penulis melakukan proses interview, observasi dan studi pustaka sebagai metode pengumpulan data
Penggunaan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan nurlaela nurlaela
JURNAL PETIK Vol 4, No 2 (2018): Vol.4 No.2 Tahun 2018
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/jpetik.v4i2.362

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta di lapangan yang menunjukkan bahwa kemampuan menulis permulaan siswa Sekolah Dasar masih kurang.Siswa masih banyak melakukan kesalahan (penulisan huruf dalam kata atau kalimat masih ada kekurangan) dan siswa kurang bisa menyusun dan menulis kata menjadi kalimat.Hal ini terjadi karena guru kurang maksimal dalam menggunakan metode atau media pembelajaran.Dengan menggunakan media kartu huruf, diharapkan proses pembelajaran menulis dapat menarik siswa untuk belajar dan mempermudah siswa dalam menghafal dan meniru huruf atau kata. Subjek  dalam  penelitian  ini  adalah  siswa  kelasISDNegeriLenteng Agung 11 Kecamatan Jagakarsa JakartaSelatantahunajaran2016/2017,yang berjumlah 30 orang siswa. Berdasarkan  hasil  penelitian  yang  diperolehmenunjukkan  bahwa kemampuan  menulis  permulaan  siswa  mengalami  peningkatan.  Hal  ini dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata siswa yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, yaitu (1) pada siklus I, nilai rata-rata siswa sebesar 69,50, (2) pada siklus II, nilai rata-rata siswa sebesar 74,41, dan (3) pada siklus III, nilai rata-rata siswa adalah 83,06. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwapenggunaan media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan menulispermulaan siswa kelas I SD Negeri Lenteng Agung 11 Kecamatan Jagakarsa Jakarta Selatan
Penerapan Media Story Picture Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan ajat sudrajat
JURNAL PETIK Vol 4, No 2 (2018): Vol.4 No.2 Tahun 2018
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/jpetik.v4i2.363

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi awal di kelas VIII SMP Negeri 1 Cikoneng Kabupaten Ciamis yang memiliki beberapa masalah pada saat proses pembelajaran. Salah satunya yaitu rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn, hal tersebut terlihat kegiatan belajar mengajar siswa cenderung merasa bosan dan melakukan aktifitas di luar pembelajaran PPKn. Hal tersebut menuntut guru untuk membuat inovasi dan kreatifitas dalam pembelajaran.  Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Tujuan utama adalah mamacu guru untuk melakukan tindakan dalam menangani permasalahan dalam proses pembelajaran. Sedangkan yang menjadi subyek penelitian ialah siswa kelas VIII.  Hasil penelitian yang diperoleh adalah 1) Kondisi awal pembelajaran PPKn sebelum diterapkan media story picture, tidak ada siswa yang aktif saat pembelajaran berlangsung, serta guru masih mendominasi di kelas dengan metode ceramah. 2) pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media story picture. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media story picture dilaksanakan melalui tiga siklus, pada setiap siklus siswa dibagi kedalam beberapa kelompok kemudian setiap kelompok mendiskusikan story picture yang diberikan oleh guru dengan pertanyaan yang sudah disediakan, serta mendiskusikan pemecahan masalah yang terdapat dalam media. 3) Peningkatan motivasi belajar siswa melalui media story picture, melalui tindakan yang dilaksanakan di kelas VIII menghasilkan dampak positif, karena siswa dituntut untuk membaca dan memahami materi pelaksanaan demokrasi dalam berbagai aspek kehidupan dengan menganalisis materi tersebut siswa dapat memahami hakikat demokrasi dan macam-macam demokrasi serta memberikan contoh berbagai hal yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari mengenai materi tersebut terutama dalam kasus-kasus yang terjadi di Indonesia. Siswa lebih memahami konsep dan juga dapat mengingat kembali konsep-konsep yang telah dijelaskan oleh guru, dengan demikian siswa mampu menemukan pemahaman yang lebih mendalam melalui cerita dalam story picture   tersebut. 4) Keunggulan dan kendala serta solusi proses pembelajaran PPKn dengan menggunakan media story picture, meningkatnya motivasi, minat membaca dan rasa ingin tahu siswa terhadap pembelajaran PPKn, meningkatnya hasil belajar siswa, meningkatnya pemahaman konsep siswa, meningkatnya aktivitas siwa dalam proses pembelajaran
IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING BERBASIS MOODLE PADA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI Siti Husnul Bariyah; Kuntum An Nisa Imania
JURNAL PETIK Vol 4, No 2 (2018): Vol.4 No.2 Tahun 2018
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/jpetik.v4i2.10

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui hasil dari implementasi pembelajaran offline dengan tatap muka di kelas, (2) Mengetahui hasil dari implementasi pembelajaran online berbasis moodle. Jenis penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan distribusi frekuensi yaitu menyimpulkan berdasarkan hasil rata-rata yang didapat selama penelitian berlangsung. Subjek peneliian ini adalah 18 mahasiswa jurusan pendidikan teknologi informasi tingkat III kelas A dan 19 mahasiswa jurusan pendidikan teknologi informasi tingkat III kelas B. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Hasil implementasi pembelajaran offline dengan tatap muka di kelas, yang didapat dari keaktifan mahasiswa selama pembelajaran, partisipasi dalam diskusi dikelas, mengikuti pretest, sampai pada presentasi di kelas mendapatkan nilai rata-rata 71,79% untuk kelas A, dan 69,68% untuk kelas B. (2) Hasil implementasi pembelajaran online dengan moodle, dilihat dari aktifitas mahasiswa dalam mengakses konten yang dibuat oleh dosen dalam courses media pembelajaran ilmu komputer mendapatkan nilai rata-rata sebanyak 89,5 % untuk kelas A, dan 85,2% untuk kelas B.
SIMULASI PEMBELAJARAN CONCURRENCY PADA MATA KULIAH SISTEM OPERASI BERBASIS MULTIMEDIA Yulianto, Erwin; Maulani, Galih Abdul Fatah
JURNAL PETIK Vol 4, No 2 (2018): Vol.4 No.2 Tahun 2018
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/jpetik.v4i2.377

Abstract

Mata kuliah sistem operasi merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus diajarkan kepada mahasiswa yang mengambil jurusan / program studi teknik informatika / sistem informasi / teknologi informasi. Mata kuliah ini memperkenalkan kepada mahasiswa mengenai konsep sistem operasi, jenis-jenis sistem operasi yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, layanan-layanan umum yang dimiliki oleh sistem operasi, dan mempelajari teknik dan algoritma yang digunakan dalam penerapan / pengelolaan layanan di sistem operasi. Sistem operasi adalah suatu program yang bertindak sebagai perantara antara user, program aplikasi dan perangkat keras. Beberapa layanan umum yang dimiliki oleh sistem operasi antara lain manajemen penjadwalan proses, manajemen sumber daya (resource), manajemen memori, sistem berkas, manajenen jaringan, manajemen keamanan, manajemen penyimpanan, dan manajemen perangkat masukan-keluaran. Dalam penelitian kali ini, pembahasan akan dikerucutkan ke dalam salah satu layanan Sistem Operasi yaitu manajemen penjadwalan proses. Salah satu materi turunan dari manajemen proses yang sulit untuk dipahami oleh mahasiswa adalah Concurrency. Secara umum concurrency merupakan proses-proses (lebih dari satu proses) yang terjadi pada saat bersamaan. Beberapa algoritma yang digunakan dalam penerapan concurrency pada manajemen proses antara lain Dining Philosophers, Banker Algorithm, Producer-Consumer, dan Readers-Writers. Penjelasan terkait keempat algoritma tersebut membutuhkan logika dan tingkat keseriusan yang tinggi. Sayangnya tidak semua mahasiswa mampu untuk mempertahankan konsentrasinya dalam waktu yang lama untuk mempelajari alur logika dari keempat algoritma tersebut. Berdasarkan uraian di atas, penulis ingin merancang suatu perangkat lunak yang mampu untuk mensimulasikan keempat algoritma tersebut ke dalam bentuk media pembelajaran berbasis multimedia sehingga diharapkan akan meningkatkan daya tarik dan daya tangkap dari mahasiswa yang mempelajarinya.
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN OBAT BERBASIS WEB DI APOTEK XYZ Suryadi, Andri; Harahap, Erwin; Rachmanto, Adi
JURNAL PETIK Vol 4, No 2 (2018): Vol.4 No.2 Tahun 2018
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/jpetik.v4i2.359

Abstract

Meskipun telah memasuki abad digital yang dimana berbagai aspek ini kini telah terkomputerisasi, masih ditemukan pengelolaan data obat pada beberapa apotek yang masih dilakukan secara konvensional. Hal ini kurang efektif karena membutuhkan waktu yang cukup lama dalam pembuatan laporan dan kemungkinan buruk bisa terjadi jika data tersebut hilang atau rusak. Ruang lingkup permasalahan penelitian ini adalah bagaimana merancang sistem informasi  pada suatu Apotek yang tujuannya akan mempermudah proses pengolahan suatu data untuk sebuah informasi yang lebih akurat dan lebih tepat waktu sesuai dengan yang diharapkan dan diinginkan oleh pengguna, khususnya pegawai apotek yang bersangkutan, demi menciptakan efisiensi dan efektivitas kerja perusahaan atau instansi itu sendiri maupun dalam meningkatkan pelayanan Apotek terhadap pelanggan atau kliennya. Tujuan penelitian ini adalah merancang dan membuat sebuah sistem informasi berbasis web yang berguna dalam mengolah data obat - obatan serta informasi tentang jenis obat yang ada pada suatu apotek secara lengkap. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah SDLC (System Development Life Cycle) dan dalam pembuatan sistem ini, kami menggunakan bahasa pemrograman PHP, dan database MySQL. Hasil dari sistem yang telah selesai dibuat adalah berupa sistem informasi apotek yang dapat mengelola informasi dan data obat – obat yang tersedia.
Perencanaan Strategis Sistem Informasi pada Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia Galih Abdul Fatah Maulani; Nizar Alam Hamdani
JURNAL PETIK Vol 4, No 2 (2018): Vol.4 No.2 Tahun 2018
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/jpetik.v4i2.367

Abstract

Dalam memaksimalkan kinerjanya perguruan tinggi saat ini perlu menyesuaikan implementasi teknologi informasi pada setiap proses bisnisnya. Salah satunya adalah perlu adanya sebuah portofolio aplikasi informasi yang merupakan hasil dari analisis perencanaan strategis system informasi pada lingkungan perguruan tinggi swasta. Tujuan penelitian ini adalah untuk merumuskan rencana strategis system informasi pada lingkungan Institut Pendidikan Indonesia berupa portofolio aplikasi / system informasi untuk dimasa yang akan datang. Metode yang digunakan pada penelitian menggunakan tahapan-tahapan ward & peppard. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Institut Pendidikan Indonesia perlu mengadakan sebanyak 25 aplikasi/system infromasi yang tergambar pada 4 kuadran di portofolio aplikasi. Sehingga berdasarkan hasil tersebut, Institut Pendidikan Indonesia diharapkan memiliki keunggalan daya saing serta keunggulan proses bisnis yang berkelanjutan
SISTEM INFORMASI LEMBAGA PEMASYARAKATAN Studi Kasus : Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kota Garut dian nurdiana; Andri Suryadi
JURNAL PETIK Vol 4, No 2 (2018): Vol.4 No.2 Tahun 2018
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/jpetik.v4i2.360

Abstract

Lembaga pemasyarakatan adalah sebuah tempat untuk melakukan pembinaan terhadap narapidana di Indonesia. Pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIb Kota Garut saaat ini proses pendataan dan rekapitulasi data narapidana dilakukan secara manual. Dalam arti, pendataan data narapidana dilakukan dengan cara mencatat data narapidana ke dalam buku besar dan pendataan data cuti atau pelepasan bersyarat dicatat ke dalam buku pembinaan. Kemudian dalam melakukan rekapitulasi data narapidana, petugas harus mengelompokan data-data narapidana terlebih dahulu, setelah data selesai dikelompokkan, maka petugas akan membuat hasil rekapitulasi kedalam Microsoft Excel, kemudian data tersebut disajikan kepada pemimpin atau ditempel dipapan tulis dalam bentuk grafik. Serta untuk pendataan data pengunjung dicatat ke dalam buku daftar kunjungan, jadi untuk mengetahui informasi catatan kunjungan, petugas membutuhkan waktu yang cukup lama. Proses tersebut bisa dikatakan sebagai proses manual. Dari permasalahan-permasalahan tersebut penulis bermaksud membantu membuatkan program yang berjudul “Sistem Informasi Lembaga Pemasyarakatan Studi Kasus Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kota Garut”.
Perencanaan Strategis Sistem Informasi pada Usaha Kecil dan Menengah Nizar Alam Hamdani; Galih Abdul Fatah
JURNAL PETIK Vol 4, No 2 (2018): Vol.4 No.2 Tahun 2018
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/jpetik.v4i2.382

Abstract

Strategi Perencanaan sistem informasi diperlukan sebagai bagian dari perencanaan strategis sebuah perusahaan. Perencaan strategi sitem informasi ini disusun sebagai strategi untuk memenangkan persaingan sehingga kinerja bisnis UKM akan meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merumuskan strategi untuk menggambarkan tujuan sistem dan arsitektur teknologi yang akan diimplementasikan di UKM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode Strategic Planning Information System (SPIS) Versi John Ward dan Joe Peppard(Ward & Peppard).  Hasil dari perencanaan sistem teknologi informasi dapat bermanfaat bagi pelaku UKM untuk bagaimana mendayagunkan informasi secara baik bagi organisasinya. Berdasarkan hasil tersebut UKM harus memiliki kemampuan dalam penerapan teknologi informasi sehingga menjadi sebuah inovasi untuk mengembangkan bisnisnya.
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Pengaruh Perubahan Lingkungan Terhadap Daratan Melalui Media Kartu ade ika
JURNAL PETIK Vol 4, No 2 (2018): Vol.4 No.2 Tahun 2018
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/jpetik.v4i2.361

Abstract

Peningkatan kemampuan siswa dalam pembelajaran pengaruh perubahan lingkungan terhadap daratan perlu diupayakan sedini mungkin, sebab kemampuan ini sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini guru memiliki tanggung jawab yang paling besar, karena langsung bersentuhan dengan siswa. Oleh karena itu, guru dituntut untuk melakukan berbagai variasi dalam proses pembelajaran agar dapat menarik minat siswa. Salah satu cara meningkatkan kemampuan tersebut adalah dengan penerapan model pembelajaran dengan menggunakan media kartu. Berdasarkan survey pendahuluan oleh peneliti, metode pembelajaran yang digunakan dalam pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SD Negeri Kebagusan 02 Pagi Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan, masih didominasi metode ceramah disertai dengan penugasan. Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada pokok bahasan Pengaruh Perubahan Lingkungan Terhadap Daratan siswa kelas IV SD Negeri Kebagusan 02 Pagi Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatanuntuk tahun pelajaran 2016/2017 belum memuaskan karena rata-rata masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Oleh karena itu, maka dilakukan penelitian tindakan kelas dengan tujuan utama untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang pengaruh perubahan lingkungan terhadap daratan melalui media kartu pada siswa Kelas IV SD Negeri Kebagusan 02 Pagi Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan. Penelitian ini dilakukan terhadap 33 siswa dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research). Hasil penelitian dengan beberapa tindakan, menunjukkan adanya peningkatan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran mulai siklus pertama sampai dengan siklus kedua, dari kategori cukup menjadi baik. Pemahaman siswa tentang materi “Pengaruh Perubahan Lingkungan terhadap Daratan” di kelas IV SD Negeri Kebagusan 02 Pagi Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan mengalami peningkatan. Nilai rata-rata hasil belajar siswa yang didasarkan pada hasil evaluasi belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 diperoleh nilai rata-rata 62,73, siklus I pertemuan 2 dengan rata-rata 68,79, siklus II pertemuan 1 meningkat menjadi 74,85 dan pada siklus II Pertemuan 2 diperoleh nilai rata-rata 80,76.

Page 1 of 1 | Total Record : 10