cover
Contact Name
I Gede Agus Pertama Yudantara
Contact Email
agus_yuda126@yahoo.co.id
Phone
+6281337236096
Journal Mail Official
agus_yuda126@yahoo.co.id
Editorial Address
Jalan Udayana Nomor 11 Singaraja Bali
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Vokasi: Jurnal Riset Akuntansi
ISSN : 2337537X     EISSN : 26861941     DOI : -
Core Subject : Economy,
Vokasi : Jurnal Riset Akuntansi disseminates studies in accounting to academic and professional communities, practitioners, students, and other interested parties. It publishes articles reporting the findings of accounting research from a wide range of topics including, but not limited to: - Accounting education; - Accounting and information systems; - Auditing; - Behavioral issues in accounting; - Capital markets; - Corporate governance; - Earnings management; - Financial accounting and reporting; - International accounting; - Management accounting; - Social and environmental accounting; - Islamic accounting; - Banking and finance; - Also book reviews.
Articles 205 Documents
PROSEDUR PEMBAYARAN PERPANJANGAN STNK KENDARAAN RODA DUA PADA UPT BAPENDA PROVINSI BALI DI KABUPATEN BULELENG Laksmi, Kadek Ayu
Vokasi : Jurnal Riset Akuntansi Vol 7, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/vjra.v7i2.20745

Abstract

PROSEDUR PENCAIRAN KREDIT USAHA RAKYAT PADA PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH BALI CABANG SINGARAJA RAHAYU, LUH KETUT ASRI
Vokasi : Jurnal Riset Akuntansi Vol 8, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/vjra.v8i2.21719

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pencairan kredit pada PT. Bank Pembangunan Daerah Bali Cabang Singaraja. Subjek penelitian adalah pimpinan beserta karyawan. Adapun obyek penelitian ini adalah prosedur pencairan kredit KUR( kredit usaha rakyat) pada PT.Bank Pembangunan Daerah Bali Cabang Singaraja. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang menggunakan analisis deskriptif kualitiatif.Hasil penelitian menunjukan prosedur pencairan kredit KUR ( kredit usaha rakyat) dimulai dari pengajuan permohonan kredit,penyelidikan berkas, penilaian kelayakan usaha, wawancara pertama, penilaian ke lokasi, wawancara ke dua, keputusan kredit, berkas di bawa ke bagian HAK, penandatanganan akad kredit, teller. Dokumen yang digunakan dalam prosedur pencairan kredit adalah fotocopy KK, fotocopy surat kepemilikan jaminan, formulir permohonan kredit,surat pertanyaan kepemilikan barang dan jaminan, surat perjanjian kredit, surat kuasa menjual, kartu pinjaman,kartu angsuran pinjaman,bukti pengeluaran umum,kwitansi penerimaan pinjaman. Bagian kredit yang berperan yaitu, bagian kredit, bagian HAK  ( hukum dan administrasi kredit) dan teller.
ANALISIS LAPORAN ARUS KAS PADA KOPERASI PEGAWAI – REPUBLIK INDONESIA “SETIA BUDHI” PERIODE 2010-2012 Perdana, Ida Bagus Ary; Musmini, Lucy Sri
Vokasi : Jurnal Riset Akuntansi Vol 2, No 2 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/vjra.v2i2.1935

Abstract

ANALISIS LAPORAN ARUS KAS PADA KOPERASI PEGAWAI – REPUBLIK INDONESIA “SETIA BUDHI” PERIODE 2010-2012 Oleh : Ida Bagus Ary Perdana Jurusan Akuntansi Program Diploma, FEB Undiksha Lucy Sri Musmini Jurusan Akuntansi Program Diploma, FEB Undiksha e-mail: aryperdana_idabagus@yahoo.com Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) laporan arus kas pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia “Setia Budhi” periode 2010-2012, dan (2) analisis laporan arus kas pada Koperasi Pegawai – Republik Indonesia “Setia Budhi” periode 2010-2012. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data yang telah dikumpulkan akan diolah dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif.   Hasil penelitian menunjukkan (1) laporan arus kas tahun 2010 dan 2011 memperlihatkan pola aliran kas kegiatan operasi menghasilkan aliran kas negatif, kegiatan investasi menghasilkan aliran kas negatif dan kegiatan pendanaan menghasilkan aliran kas positif. Ini berarti koperasi melakukan kegiatan operasional dan investasi yang sebagian dibiayai dengan dana pinjaman atau penarikan modal. Untuk tahun 2012 terlihat pola aliran kas yaitu kegiatan operasi menghasilkan aliran kas positif, kegiatan investasi menghasilkan aliran kas negatif, dan kegiatan pendanaan menghasilkan aliran kas positif.Ini berarti koperasi menggunakan kas dari operasional dan pinjaman/penarikan modal untuk melakukan investasi. (2) hasil analisis perbandingan arus kas tahun 2010-2011, kas mengalami penurunan karena bertambahnya pengeluaran dari aktivitas operasi dan aktivitas investasi. Untuk hasil analisis perbandingan arus kas tahun 2011-2012, kas mengalami peningkatan karena berkurangnya pengeluaran dari aktivitas operasi akibat menurunnya pinjaman yang diberikan. Kata kunci : Analisis, Laporan Arus Kas dan Koperasi Abstract This study aimed to determine ( 1 ) the cash flow statement on Koperasi Pegawai Republic of Indonesia " Setia Budhi " 2010-2012 , and ( 2 ) analysis of the cash flow statement on Koperasi Pegawai Republic of Indonesia " Setia Budhi " 2010-2012 . Data collection methods used in this study were interviews and documentation .The data that has been collected will be analyzed using quantitative descriptive analysis . The results showed ( 1 ) cash flow statements for 2010 and 2011 show the pattern of cash flow operating activities generate negative cash flow , investing activities resulted in a negative cash flow and financing activities generate positive cash flow . This means Koperasi do operational activities and investments partially financed with a loan or withdrawal of capital . For the year 2012 the cash flow pattern that is visible operations generate positive cash flow , investing activities resulted in a negative cash flow , and financing activities generate positive cash flow. This means that koperasi use of cash from operations and loans / withdrawals of capital to invest .( 2 ) the results of comparative analysis of 2010-2011 cash flow, cash decreased due to increased expenses from operating activities and investing activities. For the results of a comparative analysis of cash flow in 2011-2012 ,cash has increased due to reduced cash expenditure from operating activities due to declining loans. Key words : Analysis , Cash Flow Statement and Cooperative
RASIO KEPATUHAN WAJIB PAJAK SEBELUM DAN SESUDAH PENERAPAN PROGRAM E-SPT DALAM MELAPORKAN SPT MASA PPN PADA KPP PRATAMA SINGARAJA TAHUN 2013-2016 Wijaksana, Made Wahya
Vokasi : Jurnal Riset Akuntansi Vol 8, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/vjra.v8i1.20752

Abstract

PENCEGAHAN KECURANGAN PADA APBDES DENGAN PENERAPAN KONSEP HUKUM KARMA PHALA Putri Maryastini, Desak Putu; Purnamawati, I Gusti Ayu; Arie Wahyuni, Made
Vokasi : Jurnal Riset Akuntansi Vol 9, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/vjra.v9i1.24825

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang, proses dan dampak Penerapan Konsep Hukum Karma Phala dalam upaya Pencegahan Kecurangan pada APBDes Sibanggede, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung. Jenis penelitian ini kualitatif. Metode pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi, studi dokumentasi dan studi kepustakaan. Metode dan teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, verifikasi dan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data ada empat kriteria, kepercayaan, keteralihan, kebergantungan dan kepastian.Hasil Penelitian menunjukkan latar belakang penerapannya yaitu pemerintah desa menyadari tugas dan tanggungjawab, selaku Pemerintah Desa bekerja karena adanya rasa pengabdian terhadap profesi dan kewajiban sosial untuk melayani. Proses Penerapan Konsep Hukum Karma Phala dalam upaya Pencegahan Kecurangan pada APBDes Sibanggede yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, pertanggungjawaban, pembinaan dan pengawasan. Dampak yang ditimbulkan daripenerapannya yaitu meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah desa dan terhindarnya dari tindakan kecurangan pada pengelolaan APBDes karena takut akan akibat buruk yang bisa terjadi kapan saja
ANALISIS KINERJA KEUANGAN PADA PT. HIKADA PUTRA KARUNA DENPASAR PERIODE 2010-2012 Septyawan, Kadek Angga
Vokasi : Jurnal Riset Akuntansi Vol 2, No 2 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/vjra.v2i2.1929

Abstract

ANALISIS KINERJA KEUANGAN PADA PT. HIKADA PUTRA KARUNA DENPASAR PERIODE 2010-2012 Oleh : Kadek Angga Septyawan Jurusan Akuntansi Program Diploma III, FEB, Undiksha ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan pada PT. Hikada Putra Karuna. Obyek penelitian adalah kinerja perusahaan yang diukur dari aspek finansialnya selama periode 2010-2012. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara,dan dokumentasi. Kemudian data yang telah dikumpulkan diolah dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kinerja perusahaan dari rasio likuiditas menunjukkan kinerja yang baik, meskipun nilai piutang istimewa yang dimiliki perusahaan terlalu besar. Dilihat dari leverage ratio yang menggunakan debt ratio menunjukkan kinerja yang baik karena kewajiban lancar mampu menanggung total asset dengan baik. Dilihat dari rasio aktivitas yang menggunakan total asset turn over (TATO) dan working capital turn over (WCTO) menunjukkan kinerja yang baik karena tingkat efisiensi penggunaan asset dan tingkat efektivitas modal kerja sudah sangat baik. Dan dilihat dari rasio profitabilitas yang menggunakan net profit margin, ROA dan gross profit margin menunjukkan kinerja yang baik karena mampu menghasilkan laba yang meningkat setiap tahunnya. Kata-kata kunci : laporan keuangan, kinerja keuangan, likuiditas dan profitabilitas. ABSTRACT This study aims to determine the financial performance of PT. Hikada Putra Karuna. The object of this reasearch is corporate performance which measured by financial aspects during the 2010-2012. Collecting data using interviews and documentation. The data that had been collected were processed using quantitative descriptive analysis . The results showed the performance of the company's using liquidity ratio shows good performance, although the value of the company's privileged accounts is too large . Judging from the leverage ratio using the debt ratio shows good performance because current liabilities are able to bear the total assets well . Judging from the activity ratio using the total asset turnover ( TATO ) and working capital turnover ( WCTO ) shows good performance due to efficient use of assets and the level of effectiveness of working capital levels has very good . Profitability ratios using net profit margin, gross profit margin and ROA shows a good performance because it can generate increased profits every year. Key words : financial statements , financial performance , liquidity and profitability.
ANALISIS MEKANISME TERHADAP PEMBIAYAAN MIKRO DENGAN AKAD MURABAHAH DI PT. BANK SYARIAH MANDIRI BRANCH OFFICE BULELENG Hairi, Rini Febriyani
Vokasi : Jurnal Riset Akuntansi Vol 6, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/vjra.v6i2.20732

Abstract

EVALUASI PELAPORAN SPT TAHUNAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI SECARA ONLINE MELALUI E-FILING PADA KPP PRATAMA SINGARAJA TAHUN 2015-2016 Widiantari, Komang Ayu
Vokasi : Jurnal Riset Akuntansi Vol 7, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/vjra.v7i1.20743

Abstract

EVALUASI PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN (PSAK) NO. 34 DALAM PENGUKURAN DAN PENGAKUAN PENDAPATAN USAHA JASA KONSTRUKSI Tunggal Putri, Melin Meisandra
Vokasi : Jurnal Riset Akuntansi Vol 8, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/vjra.v8i1.23121

Abstract

Laporan keuangan sangat penting bagi perusahaan, terutama dalam menunjukkan kualitas perusahaan itu sendiri. Salah satu bagian terpenting dari pelaporan keuangan adalah pendapatan. Pendapatan menjadi salah satu elemen terpenting untuk memaksimalkan laba dari suatu perusahaan. Pendapatan harus diukur dengan nilai wajar sehingga pendapatan yang diakui menunjukkan nilai yang tepat. Keakuratan perlakuan akuntansi dalam mengakui pendapatan sangat berpengaruh terhadap kewajaran yang dihasilkan oleh laporan keuangan. Untuk menghitung pengakuan pendapatan pada perusahaan konstruksi dibagi menjadi dua metode sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) Nomor 34, yang merupakan metode persentase penyelesaian dan metode kontrak selesai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode pendapatan yang dilakukan oleh PT. Gunung Kelabat Citra Abadi dan bagaimana kewajiban yang tepat Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) Nomor 34. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, di mana data yang dikumpulkan terdiri, dikelompokkan, ditafsirkan dan dianalisis sehingga memberikan gambaran aktual pendapatan pengakuan di PT. Gunung Kelabat Citra Abadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan menggunakan metode kontrak yang diselesaikan dengan mengakui pendapatannya pada akhir metode, laba yang dihasilkan perusahaan menunjukkan jumlah yang wajar.Kata Kunci : Penghasilan, Pengakuan Pendapatan, Metode Kontrak Selesai
Sistem Informasi Akuntansi Untuk Menunjang Pemberdayaan Pengelolaan Usaha Kecil (Studi Kasus Pada Rumah Makan Taliwang Singaraja) Sri Musmini, Lucy
Vokasi : Jurnal Riset Akuntansi Vol 2, No 1 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/vjra.v2i1.1064

Abstract

ABSTRAK Penelitian tentang bagaimana mengembangkan sistem informasi akuntansi pada usaha kecil ini sangat perlu dilakukan untuk memperoleh informasi yang akurat mengenai kondisi riil usaha kecil pada saat tertentu. Penelitian ini ingin menjawab permasalahan tentang bagaimanakah sistem informasi akuntansi untuk menunjang pemberdayaan pengelolaan usaha kecil tersebut. Pendekatan penelitian ini memakai perspektif ruang lingkup (luas dan kedalaman) topik yaitu berupa penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah Rumah Makan Taliwang Singaraja dan objek penelitiannya adalah sistem informasi akuntansi pada usaha kecil, dalam hal ini yang menjadi studi kasus adalah Rumah Makan Taliwang Singaraja. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi langsung, dan wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif yang akan menghasilkan sebuah deskripsi tentang sistem informasi akuntansi usaha kecil yang telah dikembangkan tersebut. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa: saat ini sistem informasi akuntansi yang dimiliki usaha kecil masih sangat sederhana dan belum sistematis. Manajer tidak dapat mengetahui perkembangan dan kinerja usahanya dengan baik dari informasi ataupun catatan yang dimiliki saat ini. Sistem informasi akuntansi usaha kecil perlu ditata lebih baik, sehingga dapat memberikan informasi tentang penjualan, peneriamaan kas, pengeluaran kas, persediaan, harga pokok penjualan dan laba kotor untuk setiap periode. Tahap berikutnya, jika sistem manual tersebut sudah dirancang dengan output berupa informasi yang cukup memadai, maka sistem tersebut dapat dibuat dalam bentuk sistem informasi yang berbasis komputer. Pada sistem informasi akuntansi yang berbasis komputer, karyawan hanya melakukan input, selanjutnya program akan memproses data yang dinput, selanjutnya secara otomatis diperoleh output yang dapat digunakan untuk dasar pengambilan keputusan manajer. Kata kunci: Sistem Informasi Akuntansi, Usaha Kecil, Rumah Makan. ABSTRACT A research on the development of accounting information system of small business operation was necessarily done in order to gain an accurate information as to the real condition of small business at a certain time. This research attempted to answer the problem how accounting information system supports the growth of the small business operation. The approach of this study uses uses the scope of topic covering its width and depth, which is in the form of a case study. The subject of this study was Taliwang Singaraja restaurant, and the object of the study was accounting information system of small business, that is, the restaurant itself becoming the case study. The data of this study were collected through direct observation and interview. The data that had been collected were analysed qualitatively, which resulted in a description of accounting information system of small business that had been developed. From the analysis of the data, it can be concluded that: the accounting information system possed by the small business is currently very simple and not systematic yet. Viewed from the information obtained as well as from the current documents of the small business, the manager does not know well about the development and the working system of his business. The accounting information system of the small business needs to be organised in a much better way, so that the business can provide information about the sale, cash input, cash output, supply, sale capital prize, and gross benefit for each period. Then, if the manual system has been designed with adequate information output, the computer-based system can be made. In the computer-based accounting information system, the staff is only concerned with entering the input, and then the program will process the data being entered. At last, automatically the output than can be used as the basis for decision making by the manager can be obtained. Key Words:Accounting Information Systemi, Small Business, Restaurant.

Page 1 of 21 | Total Record : 205