cover
Contact Name
Dinda Aulia Rahman
Contact Email
dinda.auliarahman@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
adetuti30@yahoo.com.au
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta pusat,
Dki jakarta
INDONESIA
LUGAS Jurnal Komunikasi
ISSN : 25808338     EISSN : 26211564     DOI : -
Core Subject : Education,
LUGAS Jurnal Komunikasi is focused on publishing the original research articles, review and case studies from academicians and researches. The main issues related to communication and media, which includes Mass Communication, Marketing Communication, Public Relation Strategy, Media Relation Strategy, Communication Strategy and Model Analysis and other related topics.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1: JUNI 2023" : 12 Documents clear
Menakar Kualitas Komunikasi CSR Eksplisit Perusahaan Bursa Efek Indonesia Dicky Irchamsyah; Effy Zalfiana Rusfian
LUGAS Jurnal Komunikasi Vol 7, No 1: JUNI 2023
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31334/lugas.v7i1.3112

Abstract

Salah satu tema penting dalam komunikasi CSR adalah bagaimana perusahaan dapat memperoleh keuntungan maksimal dengan mengkomunikasikan CSR yang mereka selenggarakan secara tepat. Berbagai studi telah menunjukkan kalau bagaimana CSR dapat berdampak positif pada perusahaan ditentukan salah satunya dengan bagaimana aktivitas tersebut dikomunikasikan secara eksplisit pada para pemangku kepentingan. Pengungkapan CSR justru akan berpengaruh negatif pada citra perusahaan jika perusahaan menjabarkan aktivitas CSR secara berlebihan walaupun hanya sedikit menyelenggarakan CSR. Penelitian ini meninjau literatur komunikasi CSR untuk merumuskan sejumlah indikator kualitas komunikasi. Selanjutnya, indikator ini diterapkan untuk menakar kualitas komunikasi CSR eksplisit yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia. Data diperoleh dari laporan tahunan perusahaan-perusahaan tersebut dan dianalisis menggunakan analisis isi. Sampel terdiri dari 43 perusahaan dari berbagai bidang. Ditemukan bahwa secara umum, perusahaan tua cenderung lebih intensif dalam menyelenggarakan CSR dan lebih antusias dalam mengungkapkannya. Perusahaan sektor keuangan, infrastruktur, dan barang konsumen primer paling banyak memvisualisasikan dan merinci CSR walaupun masih cenderung rasional ketimbang emosional. Narasi pada semua jenis perusahaan dan berapapun saham mayoritas cenderung retoris, menandakan bahwa CSR masih dianggap kurang mampu menarik perhatian investor sehingga tidak dikomunikasikan dengan serius dan bahkan dipinggirkan dalam narasi laporan tahunan. Keberadaan laporan keberlanjutan yang diwajibkan untuk disertakan tidak meningkatkan komunikasi CSR karena banyak perusahaan hanya menyelenggarakan sedikit kegiatan CSR.
Komunikasi Organisasi Sebagai Solusi Konflik Zakiah Zakiah
LUGAS Jurnal Komunikasi Vol 7, No 1: JUNI 2023
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31334/lugas.v7i1.3186

Abstract

Memberikan kepercayaan publik bukanlah hal yang mudah apalagi kondisi organisasi yang menaungi Sekolah Menengah Kejuruan Multi Media Mandiri d mengalami Konflik Internal. Banyak hambatan yang dihadapi baik dari internal maupun eksternal. Guna memberikan kepercayaan kepada publik dalam hal ini Pemerintah sebagai Lembaga yang mengatur terkait dengan regulasi operasional pendidikan maka stake holder sekolah menengah kejuruan multi media mandiri  harus melakukan Strategi Government Relations dalam konteks Lobby dan Negosiasi agar tercipta komunikasi dan hubungan yang baik yang pada akhirnya Pemerintah tetap memberikan Izin Penyelenggaraan Pendidikan kepada sekolah menengah kejuruan multi media mandiri sehingga Publik tetap percaya bahwa konflik internal yayasan tidak berdampak pada proses belajar mengajar karena masih diakui oleh pemerintah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis komunikasi kelompok stake holder sekolah menengah kejuruan multi media mandiri dalam merumuskan dan mengimplementasikan strategi lobby dan negosiasi guna memberikan kepercayaan kepada publik dengan menggunakan Metode Penelitian Studi Kasus pada sekolah menengah kejuruan multi media mandiri. Strategi dari rangkaian government relations guna Menumbuhkan kepercayaan pemerintah kepada sekolah menengah kejuruan multi media mandiri adalah dengan melakukan komunikasi secara intensif dengan pihak dinas pendidikan dimana setiap strategi yang dilakukan untuk menjalin hubungan baik dengan pemerintah adalah menerapkan fungsi management dari mulai tahapan planning (perencanaan), Organizing (pengorganisasian), Actuating (penggiatan), Controlling (pengawasan), loby negosiasi dalam rangkaian komunikasi eksternal yang harus dijalankan guna memberikan kepercayaan kepada pemerintah bahwa kondisi konflik internal organisasi tidak akan berdampak pada kualitas pembelajaran dan mutu pendidikan sehingga publik tetap percaya kepada sekolah menengah kejuruan multi media mandiri.
Gaya Komunikasi Kepemimpinan Situasional Dalam Mengembangkan Kreatifitas Program Acara Di Televisi (Studi Pada GM Production RTV) Nono Koswara; Wenny Maya Arlena; Toni Ahmad
LUGAS Jurnal Komunikasi Vol 7, No 1: JUNI 2023
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31334/lugas.v7i1.2383

Abstract

Leadership style is how a leader carries out his duties, functions and responsibilities and how the leader is seen and assessed by the employees he leads, or a group that has observed him indirectly. A leader is able to admit his mistakes to correct them, is of service, enthusiasm to continue learning, able to evaluate an event that has been carried out and provide motivation to all employees. Leadership communication in organizations can be illustrated in ways specific in building innovation within the organization. That being said, because a change or new ways are required a specific way too for subordinates, so that subordinates want to work in a new way by new Hope. So it's not just delivering a message, but invites, obeys, to carry out what is desired leader. These specific communication skills in communication organization is called the communication style. The situational leadership theory developed by Paul Harsey and Kenneth H. Blanchard, the emerging leadership style can take four forms, namely: 1. Telling, 2. "Selling", 3. Inviting subordinates to participate, and 4. Delegating. This study uses a qualitative research type, meaning that it uses data that is conveyed verbally and the classification is theoretical. The data taken to test the hypothesis is not processed through mathematical calculations or by various statistical formulas, but the data processing is carried out rationally by way of thinking according to law and logic. The results of research and discussion of how a person leads will depend a lot on the situation at hand at the time it takes place, as well as several other factors that contribute to completing the job, such as the nature of the group of employees or the type of task. Situational leadership theory understands that the needs of organizations are different and that each person has different competencies and commitments. Ideally situational leadership is not only able to consider the type of work or task at hand, but also considers the readiness and emotional maturity of each team member, this needs to be taken into account.
Motif Penggunaan Channel YouTube Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UHAMKA sebagai Media Informasi Mukhlish Muhammad Maududi
LUGAS Jurnal Komunikasi Vol 7, No 1: JUNI 2023
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31334/lugas.v7i1.3038

Abstract

Information channels at this time are very diverse with the development of information and communication technology, as well as in the information  dissemination process carried out by the University of Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) who uses YouTube as a medium to socialize new student registration information, which is also charged with entertainment to attract the number of visitors. This research was designed with the  aim of determining the motives of the audience of the  Uhamka New Student Admissions (PMB) vlog channel. This research uses a descriptive qualitative research method with data collection techniques in the form of literature and documentation of interview fibers for 6 (six) Uhamka students. Vlog channel PMB Uhamka is the research subject chosen by the researcher. This study uses McQuail's motive theory, namely: information motives, personal identity motives, social interaction motives, and entertainment motives. The results showed that the audience freely chooses what media to choose to get information, its users have control over what they want to know and what media is chosen. Media users have the ability to choose what  to consume to satisfy needs through the media. From the results of the interviews, it is also known that information motives and entertainment motives are the dominant motives.
Pengaruh Kredibilitas Karin Novilda sebagai Celebrity Influencer Produk Liquid Vape “CANDU” terhadap Minat Beli Followers Instagram Mutiara Nur Alam; Ika Yuliasari
LUGAS Jurnal Komunikasi Vol 7, No 1: JUNI 2023
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31334/lugas.v7i1.2808

Abstract

Since the last few years, many business people have started to switch their market into digital and use technology to promote their products. They started to use social media influencers as a part of promotion. An influencer can be seen for their credibility from how high their followers buy interest.  Karin Novilda is a celebrity endorser on Instagram or commonly known as Awkarin. Currently, the number of Awkarin's followers is 7.9 million people. With the large number of her followers and current popularity, this is certainly considered very possible to influence her followers' buying interest in the "CANDU" liquid vape product. This study aims to know the effect and how much the effect of the credibility of Karin Novilda as a Celebrity Endorser of “CANDU” liquid vape to her followers' buying interest. This study supports the theory of Source Credibility. This theory itself discusses that one's credibility has an important role in persuading the audience to determine their views. After using quantitative method research, it’s found that  Karin Novilda's credibility as a celebrity endorser has an influence of 27.6% on her followers' buying interest.
Konflik Subkultur Komunitas Seni Grafiti di Indonesia Andri Saleh; Annisa Shafa Kinanti; Azis Husaini
LUGAS Jurnal Komunikasi Vol 7, No 1: JUNI 2023
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31334/lugas.v7i1.3031

Abstract

Seni grafiti adalah salah satu seni visual jalanan yang akhir-akhir ini digandrungi oleh anak-anak muda. Dalam perkembangannya, anak-anak muda tersebut membentuk komunitas seni grafiti di wilayahnya masing-masing sebagai wadah dalam menyalurkan kreativitas, aktualisasi diri, dan eksistensi diri. Seiring berjalannya waktu, komunitas seni grafiti ini semakin bertambah banyak sedangkan ruang publik untuk memajang karya seni visual mereka sangat terbatas. Hal ini justru memicu konflik internal di antara mereka. Masing-masing komunitas membuat wilayah teritorial mereka sendiri dan mengklaimnya sebagai wilayah kekuasaan mereka. Kondisi seperti ini membuat mereka saling merebut wilayah teritorial tersebut. Akhirnya, konflik ini berujung pada insiden penusukan salah satu anggota komunitas seni grafiti yang sedang berselisih dan masuk dalam ranah pidana. Penelitian ini membahas latar belakang konflik antar komunitas seni grafiti dan bagaimana penyelesaian dari konflik tersebut ditinjau dari sudut pandang ilmu komunikasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus intrinsik. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah melalui in-depth interview terhadap tujuh orang anggota komunitas seni grafiti, observasi lapangan, dan pengumpulan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa insiden penusukan terhadap salah satu anggota komunitas seni grafiti yang sedang berkonflik itu disebabkan oleh motif eksistensi kelompok. Mereka ingin menunjukkan jati diri, kekuasaan daerah teritorial, sekaligus mendapatkan pengakuan dari sesama komunitas seni grafiti dalam berkarya seni.
Pengaruh Brand Ambassador Boyband Exo terhadap Keputusan Pembelian Skincare Nature Republic dikalangan Penggemar Exo (Exo-L) Daerah Jakarta Selatan Santya Peresa; Ika Yuliasari
LUGAS Jurnal Komunikasi Vol 7, No 1: JUNI 2023
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31334/lugas.v7i1.2809

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand ambassador boyband exo terhadap keputusan pembelian skincare nature republic dikalangan penggemar EXO (Exo-L) daerah jakarta selatan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis koefisien regresi diperoleh persamaan Y = -3.682 + 0.919X. Dari persamaan regresi tersebut dapat diketahui bahwa Konstanta (a) sebesar -3.682 menyatakan bahwa jika Brand Ambassador Skincare Nature Republic nilainya adalah 0 (tidak mengalami peningkatan), maka Keputusan Pembelian skincare Nature Republic pada Penggemar Exo Daerah Jakarta nilainya mengalami penurunan sebesar -3.682. Koefisien regresi Brand Ambassador Skincare Nature Republic sebesar 0.919, artinya jika Brand Ambassador Skincare Nature Republic mengalami peningkatan 1 satuan, maka Keputusan Pembelian skincare Nature Republic pada Penggemar Exo Daerah Jakarta mengalami peningkatan sebesar 0.919. Berdasarkan analisis korelasi diperoleh hasil sebesar sebesar 0.703, hal ini berarti hubungan Brand Ambassador Skincare Nature Republic dengan Keputusan Pembelian skincare Nature Republic pada Penggemar Exo Daerah Jakarta kuat dan positif.
Dampak Konten Podcast Deddy Corbuzier dalam Membuat Penonton Berpikir Kritis Alphatihatul Hayatd
LUGAS Jurnal Komunikasi Vol 7, No 1: JUNI 2023
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31334/lugas.v7i1.3107

Abstract

Deddy Corbuzier adalah salah satu podcaster terkenal yang ada di YouTube dan konten podcast Deddy Corbuzier seringkali menjadi trending peringkat atas, disetiap podcastnya Deddy Corbuzier menghadirkan narasumber yang berbeda dan mengobrol suatu hal atau topik tertentu dengan durasi dengan rentang 30 menit – 1 jam, melihat cakupan dari penonton yang bisa dijangkau, maka diharapkan podcast Deddy Corbuzier bisa dalam membangun penonton yang berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat pengaruh dari konten Podcast Deddy Corbuzier terhadap kemampuan berpikir kritis penonton. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode analisis statistik deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah convenience sampling melalui teknik non-probability sampling dan melalui kuesioner online didapatkan sampel sebesar 35 responden. Pada variabel konten podcast terdapat 6 indikator, sedangkan pada variabel berpikir kritis terdapat 3 indikator. Hasil dari penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,777 dan signifikansi 0,000, koefisien determinasi sebesar 60,3% dan sisanya 39,7% dipengaruhi oleh variabel diluar penelitian. Berdasarkan uji regresi linear sederhana didapatkan perumusan yaitu  dan melalui uji hipotesis t didapatkan hasilnya Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh konten podcast Deddy Corbuzier terhadap kemampuan berpikir kritis penonton.
Efektivitas Komunikasi Organisasi dalam Mencapai Keterbukaan Informasi (Studi Kasus Komunikasi Organisasi di PT. Lipwih Synergylab Estetika) Dessy Andamisari; Geofakta Razali; Eka Risky Kurniasih
LUGAS Jurnal Komunikasi Vol 7, No 1: JUNI 2023
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31334/lugas.v7i1.2627

Abstract

PT Lipwih Synergylab Estetika memberikan wadah bagi para karyawannya untuk memberikan pendapat serta apa yang ingin disampaikan mengenai pekerjaannya melalui komunikasi langsung secara dua arah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas komunikasi organisasi dalam mencapai keterbukaan informasi, mengetahui hambatan-hambatan serta memberikan solusi dari hambatan-hambatan komunikasi organisasi. Berdasarkan efektivitas komunikasi organisasi dalam mencapai keterbukaan informasi di PT Lipwih Synergylab Estetika pada penelitian ini terdapat tiga rumusan masalah yaitu bagaimana efektivitas komunikasi, hambatan- hambatan serta solusi dari hambatan-hambatan komunikasi organisasi dalam mencapai keterbukaan informasi. Penelitian ini menggunakan konsep dari Effendy (2011:122) yaitu komunikasi internal upward communication, downward communication dan horizontal communication. Metode yang diambil dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah komunikasi organisasi yang diterapkan di PT Lipwih Synergylab Estetika terutama pada internal perusahaan yaitu komunikasi secara terbuka dan secara dua arah dalam mencapai keterbukaan informasi serta keefektivitasannya dalam berkomunikasi antara atasan dengan bawahan begitupun sebaliknya.Kata Kunci: Manajemen Komunikasi, Komunikasi Organisasi, Efektivitas, Keterbukaan informasi.
Persepsi Masyarakat Badui terhadap Pandemi Covid-19 Yuyun Andriani; Made Wilantara; Novianty Elizabeth
LUGAS Jurnal Komunikasi Vol 7, No 1: JUNI 2023
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31334/lugas.v7i1.2907

Abstract

Communication is the main factor influencing the success of mitigating the Covid-19 pandemic in remote Baduy tribe areas. Traditional lifestyle practices in daily activities reflect the life of the Baduy tribe who are always guided by the tribe's cultural norms (pikukuh). It was found that there were no positive cases of Covid-19 in the Baduy tribe community. The aim of the study was to find out the communication strategy that the Puun (the highest cultural leader in Baduy Tribe) and the Jaro Pamarentah (Head of the village) emphasized in order to shape the social perceptions of the Baduy Tribe to avoid transmission of Covid-19. The research was conducted using qualitative methods with constructivism paradigm. This research shows that the perception of the Baduy Tribe is formed through the central role of the Puun and the Jaro Pamarentah through a cultural approach by giving an appeal that the Covid-19 outbreak is very dangerous based on the reality that is happening to the surrounding community. By implementing pikukuh in carrying out their daily life it is suggested that it protected them from the threat of the Covid-19 outbreak.

Page 1 of 2 | Total Record : 12