cover
Contact Name
RUBIANTO
Contact Email
rubianto@unismuh.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
rubianto@unismuh.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
JKPD : Jurnal Kajian Pendidikan Dasar
ISSN : 2527428x     EISSN : 26225123     DOI : -
Core Subject : Education,
Tujuan dari publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan pemikiran konseptual atau ide-ide dan hasil penelitian yang telah dicapai di bidang ilmu pendidikan secara Umum dan Pendidikan Dasar secara khusus. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) (p-ISSN: 2527-418X), berfokus pada masalah utama dalam studi Pendidikan Dasar yang meliputi: 1. Matematika; 2. Sains; 3. Kewarganegaraan; 4. Ilmu Sosial; 5. Bahasa Indonesia;
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2017): (Juli 2017)" : 8 Documents clear
Pengaruh Metode Praktikum terhadap Hasil Belajar IPA Konsep Struktur Bagian Tumbuhan pada Murid Kelas IV SDN No. 166 Inpres Bontorita Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar Irmawanty Irmawanty
JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) Vol 2, No 2 (2017): (Juli 2017)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univers

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkpd.v2i2.1091

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian Eksperimen (Pre-Eksperimental) dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Praktikum terhadap Hasil Belajar IPA Konsep Struktur Bagian Tumbuhan pada Siswa Kelas IV SDN No. 166 Inpres Bontorita Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Metode Praktikum dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan variabel terikat adalah hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam murid kelas IV SDN No. 166 Inpres Bontorita Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SDN No. 166 Inpres Bontorita. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV SDN No. 166 Inpres Bontorita yang berjumlah 20 orang. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan pretest pada awal pertemuan dan posttest pada akhir pertemuan berbentuk soal uraian yang dianalisis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode praktikum pada materi konsep struktur bagian tumbuhan. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar IPA pada pretest 57,00 dengan standard deviasi 18,382 sedangkan rata-rata hasil belajar IPA pada posttest 90,00 dengan standard deviasi 10,260. Sedangkan hasil analisis statistik inferensial a=0,05 diperoleh thitungttable = 7,1833,88. Perbedaan antara hasil pretest dan posttest signifikan dan dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima.
Pengaruh Bimbingan Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Murid Kelas IV SD Inpres Bertingkat Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa Muhammad Basri
JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) Vol 2, No 2 (2017): (Juli 2017)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univers

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkpd.v2i2.1087

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada pengaruh bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar murid kelas IV SD Inpres Bertingkat Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar murid SD Inpres Bertingkat Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post Facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi disini dari kelas 1-6 yang berjumlah 282 murid dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah murid kelas IV SD Inpres Bertingkat yang berjumlah 50 murid. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik korelasi product moment dari Pearson. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rxy (hitung) = 0,83 pengaruh bimbingan orang tua  terhadap prestasi belajar murid SD Inpres Bertingkat Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa diperoleh nilai  rtabel untuk n=50 yaitu 0,2306. Nilai rhitung  rtabel berarti terdapat pengaruh bimbingan orang tuaterhadap prestasi belajar murid di SD Inpres Bertingkat Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa.
Efektifitas Penggunaan Media Gambar Seri dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Cerita Siswa Kelas III SDN 10 Parenring Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru Sitti Aida Aziz; Tjodding Tjodding
JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) Vol 2, No 2 (2017): (Juli 2017)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univers

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkpd.v2i2.1092

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan media gambar seri efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis cerita pada siswa Kelas III  SDN 10 Parenring Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas III  SDN 10 Parenring Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru.Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari satu kelas. l. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa tes hasil belajar menulis cerita siswa. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan tekhnik analisis statistika, yakni statistika deskriptif. Dari hasil analisis statistika deskriptif diperoleh nilai rata-rata sebelum perlakuan (pretest) = 58,73 dengan standar deviasi 13,970 berada dalam kategori sangat rendah dan nilai rata-rata setelah perlakuan (posttest) = 76,13 dengan standar deviasi 7,825 berada dalam kategori tinggi, maka diperoleh t0,05 = 2,045. Setelah diperoleh t hitung = 7,76 dan t tabel = 2,045, maka t hitung ≥ t tabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa media gambar seri efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis cerita pada siswa kelas III  SDN 10 Parenring Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru.
Hubungan Minat Baca dengan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia bagi Siswa Kelas VI SD Negeri 57 Bulu-Bulu Kecamatan Marusu Kabupaten Maros Andi Adam
JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) Vol 2, No 2 (2017): (Juli 2017)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univers

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkpd.v2i2.1088

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan yang signifikan antara minat baca dengan prestasi belajar Bahasa Indonesia bagi siswa kelas VI SD Negeri Bulu-bulu Kecamatan Marusu Kabupaten Maros. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana  hubungan antara minat baca dengan prestasi belajar Bahasa Indonesia bagi siswa kelas VI SD Negeri Bulu-bulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan minat baca dengan prestasi belajar Bahasa Indonesia bagi siswa kelas VI SD Negeri Bulu-bulu. Sampel dalam penelitian ini adalah murid kelas VI  SD Negeri Bulu-bulu sebanyak 37 orang murid. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar bahasa Indonesia, serta angket minat baca murid untuk mengetahui respon murid terhadap pembelajaran. Adapun hasil analisis deskriptif yang diperoleh sebagai berikut. (1) Hasil belajar yaitu, dari 37 orang murid,  terdapat 35 orang murid yang berada pada kategori tuntas dengan persentase 94,59 %,  dan 2 orang murid yang berada pada kategori tidak tuntas dengan persentase 5,40 %. Skor rata-rata yaitu, 80,14 yang berada pada kategori  tinggi. (2) Respon murid terhadap minat baca murid berada pada kategori sedang dengan rata-rata yaitu 58,08. Adapun hasil analisis inferensialnya yaitu, r hitungnya sebesar 0,738 dan r tabel sebesar 0,418. Dengan demikian 0,738 0,418. Dimana   , berarti ditolak dan  diterima. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara minat baca dengan prestasi belajar Bahasa Indonesia bagi siswa kelas VI SD Negeri 57 Bulu-bulu Kecamatan Marusu Kabupaten Maros
Efektivitas Penggunaan Media Gambar Tiga Dimensi terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas III ernawati ernawati
JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) Vol 2, No 2 (2017): (Juli 2017)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univers

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkpd.v2i2.1095

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental yang melibatkan satu kelas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar dengan menggunakan alagt peraga pada murid kelas III SD Negeri 178 Tanalle Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah siswa kelas III sebanyak 28 orang. Penelitian dilaksanakan selama 3 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional dari 28 murid terdapat 24 orang murid yang berada pada kategori tidak tuntas dengan presentase 85%,dan 4 orang murid yang berada pada kategori tuntas dengan presentase 15%. Secara klasikal belum terpenuhi karena nilai rata-rata diperoleh sebesar 38,75 sedangkan pada pembelajaran dengan menggunakan alat peraga terdapat 7 orang murid yang berada pada kategori tidak tuntas dengan presentase 25%, dan 21 orang murid yang berada pada kategori tuntas dengan presentase 75%. Ini berarti ketuntasan belajar memuaskan secara klasikal karena nilai rata-rata 78 telah mencapai KKM yang diharapkan yaitu 70. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan alat peraga matematika terhadap hasil belajar murid kelas III SD Negeri 178 Tanalle Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng mengalami peningkatan .
Pengaruh Penerapan Metode Reciprocal Teaching terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas V SD Inpres Bangkala II Kota Makassar Sulfasyah Sulfasyah; Rubianto Rubianto
JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) Vol 2, No 2 (2017): (Juli 2017)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univers

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkpd.v2i2.1089

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode reciprocal teaching terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas V SD Inpres Bangkala II Kota Makassar Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini melibatkan populasi sebanyak 68 siswa. Sampel terdiri dari 34 siswa kelas kontrol dan 34 siswa kelas eksperimen. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cara sampling jenuh, yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu jenis tru-eksperimen dengan desain posttest only control design dan tes yang dilakukan dalam bentuk posttest keterampilan menulis puisi siswa pada lembar tes unjuk kerja. Selanjutnya, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan program SPSS.22 uji t independent samples test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara nilai rata-rata siswa. Pada siswa kelas kontrol tanpa menggunakan metode reciprocal teaching memperoleh nilai rata-rata 60,88 masih jauh dari standar KKM yang sudah ditentukan. Pada siswa kelas eksperimen dengan menggunakan metode reciprocal teaching memperoleh nilai rata-rata 83,82 berarti sudah memenuhi standar KKM. Diketahui bahwa pada nilai thitung = 6,547 dengan Sig (2-tailed) = 0.000 dan nilai ttabel = 1.99656 maka, thitung = 6,547 ttabel = 1.99656 berarti H1 diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan temuan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode reciprocal teaching terhadap keterampilan menulis puisi Kelas V SD Inpres Bangkala II Kota Makassar Tahun  Pelajaran  2016/2017. Metode ini mampu membuat siswa mengembangkan kreativitas dalam diri dan mampu menumbuhkan bakat siswa secara mandiri dalam kegiatan keterampilan menulis puisi.
Efektivitas Metode Jari Tangan (Jarimatika) tehadap Hasil Belajar Matematika Konsep Penjumlahan pada Siswa Kelas I SD Negeri 76 Kasambi Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang Kristiawati Kristiawati
JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) Vol 2, No 2 (2017): (Juli 2017)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univers

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkpd.v2i2.1097

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengaktifkan hasil belajar matematika dengan menggunakan jari tangan (jarimatika) pada siswa kelas I SD Negeri 76 Kasambi Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yakni eksperimensemu (Pre-Eksperimental) yang melibatkan satu kelas Eksperimen tanpa adanya Kelas pembandingan (Kelas Kontrol), Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas I sebanyak 21 siswa .Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) skor rata–rata hasil belajar matematika pada pretes adalah 60,48,sedangkan skor rata-rata hasil belajar (2) skor rata-rata presentase siswa selama proses pembelajaran matematikaa yang dialami selama dua kali pertemuan adalah 70,71 dengan kriteria efektif ≥ 75%. (3) respon siswa terhadap pembelajaran matematika setelah diterapkan Metode Jari tangan (jarimatika) menunjukkan bahwa rata-rata persentase respon siswa adalah 95,2%. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Matematika siswa kelas I SD Negeri 76 Kasambi Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang menggunakan metode jari tangan (jarimatika) efektif digunakan dibandingkan tanpa menggunakan metode jari tangan (jarimatika).
Hubungan Antara Minat Belajar dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Murid Kelas V SDN 4 Tg Batu Kecamatan Banggae Kabupaten Majene Abdan Syakur
JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) Vol 2, No 2 (2017): (Juli 2017)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univers

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkpd.v2i2.1090

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah apakah ada Hubungan yang Signifikan antara Minat Belajar dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Murid Kelas V SDN 4 Tg Batu Kecamatan Banggae Kabupaten Majene. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar Hubungan antara Minat Belajar dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Murid Kelas V SDN 4 Tg Batu Kecamatan Banggae Kabupaten Majene, dengan memilih 32 orang murid sebagai sampel yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas Va dan Vb, sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, kuisioner, dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Hubungan Minat Belajar Bahasa Indonesia (X), dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia (Y) yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,643. Sedangkan untuk uji signifikan uji r diperoleh bahwa rhitung yang diperoleh adalah lebih besar dari rtabel (0,643 ≥ 0,361), pada taraf signifikan 5%. Sehingga terlihat bahwa nilai rhitung lebih besar dari pada nilai rtabel , maka hipotesis dalam penelitian ini “diterima” dan Terdapat Hubungan yang signifikan antara Minat Belajar dengan Hasil Belajar Murid dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Murid Kelas V SDN 4 Tg Batu Kecamatan Banggae Kabupaten Majene.

Page 1 of 1 | Total Record : 8