cover
Contact Name
RUBIANTO
Contact Email
rubianto@unismuh.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
rubianto@unismuh.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
JKPD : Jurnal Kajian Pendidikan Dasar
ISSN : 2527428x     EISSN : 26225123     DOI : -
Core Subject : Education,
Tujuan dari publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan pemikiran konseptual atau ide-ide dan hasil penelitian yang telah dicapai di bidang ilmu pendidikan secara Umum dan Pendidikan Dasar secara khusus. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) (p-ISSN: 2527-418X), berfokus pada masalah utama dalam studi Pendidikan Dasar yang meliputi: 1. Matematika; 2. Sains; 3. Kewarganegaraan; 4. Ilmu Sosial; 5. Bahasa Indonesia;
Arjuna Subject : -
Articles 145 Documents
Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Haswinda Haswinda; Sulfasyah Sulfasyah; Tasrif Akib
JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) Vol 3, No 2 (2018): Juli (2018)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univers

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkpd.v3i2.1416

Abstract

Desain penelitian ini adalah penelitian Korelasi Product Moment yang melibatkan dua variabel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui(1) Minat belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SDN 253 Padatuo Kecamatan Tonra Kabupaten Bone, (2) Prestasi Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SDN 253 Padatuo Kecamatan Tonra Kabupaten Bone,  (3) Hubungan Antara Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN 253 Padatuo Kecamatan Tonra Kabupaten Bone. Populasi penelitian ini adalah  seluruh siswa SDN 253 Padatuo Kecamatan Tonra Kabupaten Bone pada semester ganjil 2016/2017. Hasil analisis data memperlihatkan bahwa dari 30 siswa yang menjadi sampel penelitian, maka diperoleh nilai rhitung sebesar 0,531. Dari nilai rhitung yang diperoleh merupakan hasil dari analisis melalui product moment yang diambil dari pengamatan Hubungan Antara Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN 253 Padatuo Kecamatan Tonra Kabupaten Bone, sedangkan nilai rtabel dilihat pada taraf signifikan 5%  sebesar 0,361 dengan N = 30. Hal ini membuktikan bahwa nilai analisis data lebih besar dari pada nilai rtabel, maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima dan terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar Terhadap siswa kelas IV SDN 253 Padatuo kecamatan tonra Kabupaten Bone Kata Kunci :Minat belajar, Prestasi belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa indonesia.
Pengaruh Media Audiovisual terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia dalam Materi Dongeng Pada Murid Kelas V Maulidah Maulidah; Abdan Syakur
JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) Vol 3, No 1 (2018): Januari 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univers

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (837.908 KB) | DOI: 10.26618/jkpd.v3i1.1169

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh media audiovisual terhadap hasil belajar bahasa Indonesia. jenis penelitian eksperimen semu yaitu suatu penelitian dimana peneliti secara sengaja memanipulasi suatu variabel (memunculkan atau tidak memunculkan suatu variabel) kemudian memeriksa efek atau akibat yang ditimbulkannya. Desain penelitian ini menggunakan “One Group Pre test – Post test”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 146 Bontokanang dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 di SDN 146 Inpres Bontokanang, yang berjumlah 27 orang dengan jumlah laki-laki sebanyak 14 orang dan perempuan sebanyak 13 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes. Untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penelitian akan digunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media audiovisual dengan materi dongeng pada murid kelas V SDN 146 Inpres Bontokanang adalah rata-rata hasil belajar pre test yang diperoleh adalah sebesar 56,33 dengan persentase ketuntasan yaitu 37,04 % yang berada pada kategori sangat rendah. Adapun rata-rata hasil belajar post test yang diperoleh adalah sebesar 77,59 dengan peresentase ketuntasan yaitu 85,19 % yang berada pada kategori sangat tinggi. Adapun hasil akhir dari t hitung dengan menggunakan software SPSS yaitu, 7,446 dengan db = 27-1 = 26 berada pada taraf signifikansi 5 % dengan t tabel sebesar 2,056. Oleh karena thitung  ttabel pada taraf signifikansi 0,05, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Berdasarkan dari data di atas, maka dapat disimpulkan bahwa “Media Audiovisual berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia pada murid kelas V SDN 146 Inpres Bontokanang. Kata kunci : Pengaruh Media Audiovisua;, dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia
Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Pencapaian Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Takalar Amri Amal
JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) Vol 1, No 1 (2016): (Januari 2016)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univers

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkpd.v1i1.945

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Menghasilkan perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing yang berkualitas di Sekolah Dasar; (2) mengetahui hasil belajar peserta didik setelah digunakan perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing yang telah dikembangkan. Penelitian dan pengembangan ini meliputi 4 tahap yaitu: (1) tahap pendefinisian; (2) tahap perancangan; (3) tahap pengembangan; dan (4) tahap penyebaran. Instrumen penelitian ini meliputi: 1) penilaian ahli dan guru terhadap perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan; 2) soal tes, kemudian dianalisis dengan analisis data uji validasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian  adalah; (1) Perangkat pembelajaran IPA berorientasi inkuiri terbimbing yang meliputi: a) Rencana Pelaksanan Pembelajaran (RPP), b) Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Tes hasil belajar, menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran ini memenuhi kriteria sangat valid, praktis, dan efektif digunakan; (2) Pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi inkuiri terbimbing efektif digunakan dalam pembelajaran IPA. Indikator efektif dalam penelitian ini dilihat dari peningkatan hasil belajar pretest-posttest dan selisih hasil pretest-posttest.  
Peningkatan Kemampuan Menyimak Bahasa Indonesia melalui Penggunaan Media Audio pada Murid Kelas V Rubianto Rubianto
JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) Vol 2, No 1 (2017): (Januari 2017)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univers

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkpd.v2i1.1086

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan Kemampuan Menyimak Bahasa Indonesia Murid  Kelas V SD Inpres Galangan Kapal IV Makassar Melalui Penggunaan Media Audio. Subjek penelitian ini adalah murid kelas V Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan jumlah murid 31 orang. Siklus I dan Siklus II masing-masing dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan. Instrumen pengumpulan data adalah tes yang dilakukan setiap akhir siklus dan observasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pada siklus I, skor rata-rata hasil menyimak murid adalah 62,26 dari skor tertinggi yang mungkin dicapai 100, dan berada pada kategori rendah, (2) pada siklus II skor rata-rata hasil menyimak murid adalah 74,13 dari skor tertinggi yang mungkin dicapai 100, dan berada pada kategori tinggi, (3) terjadi peningkatan kehadiran murid dari siklus I ke siklus II yaitu dari 90,32 meningkat menjadi 100, (4) terjadi peningkatan keaktifan murid dalam menjawab pertanyaan yang diajukan pada saat proses menyimak berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan menyimak bahasa Indonesia murid kelas V SD Inpres Galangan Kapal IV Makassar melalui Penggunaan Media Audio.
Pengaruh Metode Bermain terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Inpres Bategulung Syamsul Wahid; Sulfasyah Sulfasyah; Rubianto Rubianto
JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) Vol 1, No 2 (2016): (Juli 2016)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univers

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkpd.v1i2.1077

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen bentuk Pre Test Post Test Design yaitu sebuah eksperimen yang dalam pelaksanaannya hanya melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen tanpa adanya kelas pembanding (kelas kontrol) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bermain terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1 SD Inpres Bategulung tahun ajaran 2016/2017. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah murid Kelas 1 sebanyak 15 orang. Penelitian dilaksanakan selama 5 kali pertemuan. Keberhasilan proses pembelajaran ditinjau dari  aspek, yaitu: ketercapaian ketuntasan hasil belajar Bahasa Indonesia murid secara klasikal, aktivitas siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Pembelajaran dikatakan berhasil jika aspek di atas terpenuhi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data skor perolehan hasil membaca permulaan siswa yang dikumpulkan dengan menggunakan tes membaca, data tentang aktivitas siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Hasil analisis statistik deskriptif penggunaan metode bermain terhadap keterampilan membaca permulaan siswa positif, keterampilan membaca permulaan siswa dengan menggunakan metode bermain menunjukkkan hasil belajar yang lebih baik dari pada sebelum diterapkan metode bermain. Hasil analisis statistik inferensial menggunakan rumus uji t, diketahui bahwa nilai t Hitung yang diperoleh adalah 7,5 dengan frekuensi db = 15–1 = 14, pada taraf signifikansi 5% diperoleh t Tabel = 2,14. Jadi, t Hitung t tabel atau  hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternative (H1) diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh dalam menerapkan metode bermain terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas 1 SD Inpres Bategulung.
Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Metode Tutor Sebaya Pada Murid Kelas Iv Sdn Topa Baubau Irsan Irsan
JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) Vol 3, No 2 (2018): Juli (2018)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univers

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkpd.v3i2.1421

Abstract

Improving the Quality of Mathematics Learning through the Application of Peer Tutor Method on Student IV of SDN Topa Baubau. Irsan. Primary teacher education. Faculty of Teacher Training and Education. University of Muhammadiyah Buton.This research is a classroom action research that aims to improve the quality of Mathematics learning through the application of Peer Tutor method to fourth grade students of SDN Topa Baubau in the even semester of academic year 2017/2018 with a total of 30 students. This research was conducted in two cycles. Each cycle has several stages: planning, execution, observation / observation, and reflection. Each cycle is held in 4 meetings. Data retrieval is done by using learning result test and observation. The collected learning result data was analyzed by using quantitative analysis and observation data was analyzed qualitatively. The results showed that the average score of students in the first cycle was 60.66, while in cycle II obtained an average score of 78. KKM standard used in schools is 65, it indicates that has been achieved student learning outcomes in class. From the results of this study can be concluded that by applying the Tutor Sebaya method of learning quality of Mathematics in fourth grade students of SDN Topa Baubau can increase. Keywords: Peer Tutor Method. Quality of Mathematics Learning. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika melalui Penerapan Metode Tutor Sebaya pada Murid Kelas IV SDN Topa Baubau. Irsan. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Buton. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas  (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Matematika melalui penerapan metode Tutor Sebaya pada murid kelas IV SDN Topa Baubau semester genap tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah murid 30 orang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tiap siklus memiliki beberapa tahapan yaitu perencanaaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Masing-masing di siklus dilaksanakan 4 kali pertemuan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Data hasil belajar yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan data hasil observasi dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata murid pada siklus I adalah 60,66, sedangkan pada siklus II diperoleh skor rata-rata  78. Standar KKM yang digunakan di sekolah adalah 65, hal ini menunjukkan bahwa telah tercapai hasil belajar murid secara klasikal. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode Tutor Sebaya kualitas pembelajaran Matematika pada murid kelas IV SDN Topa Baubau dapat meningkat. Kata kunci: Metode Tutor Sebaya. Kualitas Pembelajaran Matematika.
Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Konsep Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan Kelas IV SD Herfiani Herfiani; Syarifuddin Kune
JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) Vol 3, No 1 (2018): Januari 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univers

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (852.307 KB) | DOI: 10.26618/jkpd.v3i1.1175

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen bentuk Pre Test Post Test Design yaitu sebuah eksperimen yang dalam pelaksanaannya hanya melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen tanpa adanya kelas pembanding (kelas kontrol) yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Konsep Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan di Kelas IV SD Inpres Minasa Upa 1 Kota Makassar tahun ajaran 2016/2017. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IV sebanyak 30 orang. Penelitian dilaksanakan selama 5 kali pertemuan. Keberhasilan proses pembelajaran ditinjau dari  aspek, yaitu: ketercapaian ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal, aktivitas siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran dikatakan berhasil jika aspek di atas terpenuhi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data hasil belajar siswa yang dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar, data tentang aktivitas siswa dalam pembelajaran dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Hasil analisis statistik deskriptif terhadap Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Konsep Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan ini menunjukkkan hasil belajar yang lebih baik dari pada sebelum menggunakan pendekatan CTL. Hasil analisis statistik inferensial menggunakan rumus uji t, diketahui bahwa nilai t Hitung yang diperoleh adalah 7,75 dengan frekuensi dk = 30 –1 = 29, pada taraf signifikansi 50% diperoleh t Tabel = 2,04. Jadi, t Hitung t tabel atau  hipotesis alternative (H1) diterima. Hal ini membuktikan bahwa pendekatan CTL berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar konsep struktur dan fungsi bagian tumbuhan. Kata kunci: Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL )
Pengaruh Aktivitas dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Nurfajrianti Nurfajrianti
JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) Vol 1, No 1 (2016): (Januari 2016)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univers

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkpd.v1i1.952

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa, khususnya hasil belajar matematika. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD No 34 Bungung Katammu Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng sebanyak 25 orang yang terdiri dari 11 laki-laki dan 14 perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika, angket aktivitas belajar, dan angket gaya belajar. Hasil analisis data menunjukkan terdapat hubungan positif dan signifikan antara aktivitas belajar siswa dengan hasil belajar siswa dengan rhitung sebesar 0,419. Demikian pula terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar siswa dengan hasil belajar siswa dengan rhitung sebesar 0,407. Terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara aktivitas dan gaya belajar sebagai variabel bebas terhadap hasil belajar sebagai variabel terikat. This research is an ex-post facto research. This study aimed to determine the effect of students’ learning activities and learning style to learning achievements, particularly in mathematics subject. The respondents were 4th grade students in SD No 34 Bungung Katammu Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng. There were 25 respondents consist of 11 male and 14 female. The research instruments used in this research are mathematics achievement test, learning activities questionnaire, and learning style questionnaire. Data analysis results showed a positive and significant relationship between students’ learning activities and learning achievements by r 0,419. Similarly, there is a positive and significant relationship between students’ learning style and learning achievements by r 0,407. Thus, it can be concluded that students’ learning activities and students’ learning style effect students’ mathematics learning achievements.
Pengaruh Metode Praktikum terhadap Hasil Belajar IPA Konsep Struktur Bagian Tumbuhan pada Murid Kelas IV SDN No. 166 Inpres Bontorita Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar Irmawanty Irmawanty
JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) Vol 2, No 2 (2017): (Juli 2017)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univers

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkpd.v2i2.1091

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian Eksperimen (Pre-Eksperimental) dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Praktikum terhadap Hasil Belajar IPA Konsep Struktur Bagian Tumbuhan pada Siswa Kelas IV SDN No. 166 Inpres Bontorita Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Metode Praktikum dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan variabel terikat adalah hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam murid kelas IV SDN No. 166 Inpres Bontorita Kecamatan Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SDN No. 166 Inpres Bontorita. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV SDN No. 166 Inpres Bontorita yang berjumlah 20 orang. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan pretest pada awal pertemuan dan posttest pada akhir pertemuan berbentuk soal uraian yang dianalisis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menerapkan metode praktikum pada materi konsep struktur bagian tumbuhan. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar IPA pada pretest 57,00 dengan standard deviasi 18,382 sedangkan rata-rata hasil belajar IPA pada posttest 90,00 dengan standard deviasi 10,260. Sedangkan hasil analisis statistik inferensial a=0,05 diperoleh thitungttable = 7,1833,88. Perbedaan antara hasil pretest dan posttest signifikan dan dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima.
Perbandingan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Dua Konsep Antara Penerapan Tipe Jigsaw dengan Pembelajaran Kontekstual pada Kelas V SD Negeri 91 Panrang Kabupaten Jeneponto Widyastuti Widyastuti; Hasaruddin Hafid; Nasrun Nasrun
JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) Vol 2, No 1 (2017): (Januari 2017)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univers

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkpd.v2i1.1082

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran Tipe Jigsaw  dan Pembelajaran Kontekstual Pada murid Kelas V SD Negeri 91 Panrang Kabupaten Jeneponto. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 30 murid pada kelas V SD Negeri 91 Panrang Kabupaten Jeneponto. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan tehnik random sampling. Pengolahan data hasil penelitian untuk hasil tes belajar yang digunakan yaitu statistic deskriptif dan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbandingan hasil belajar murid antara model pembelajaran Tipe Jigsaw dan Kontekstual. Variabel yang paling dominan mempengaruhi terhadap hasil belajar adalah Tipe Jigsaw dengan nilai koefisien sebesar 85,3 sedangkan pada model pembelajaran Kontekstual nilai rata-rata kelas yaitu 62.6 artinya apabila murid Kelas V SD Negeri 91 Panrang Kabupaten Jeneponto meningkatkan model pembelajaran Tipe Jigsaw dengan baik dan tepat, maka murid akan semakin menyimpan hasil belajar dalam memory mereka karena diferensiasi tersebut. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar matematika murid kelas V SD Negeri 91 Panrang Kabupaten Jeneponto dengan menggunakan model pembelajaran Tipe Jigsaw dan Kontekstual, sehingga hipotesis H0 dinyatakan ditolak dan hipotesis H1 diterima. 

Page 1 of 15 | Total Record : 145