cover
Contact Name
RUBIANTO
Contact Email
rubianto@unismuh.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
rubianto@unismuh.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
JKPD : Jurnal Kajian Pendidikan Dasar
ISSN : 2527428x     EISSN : 26225123     DOI : -
Core Subject : Education,
Tujuan dari publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan pemikiran konseptual atau ide-ide dan hasil penelitian yang telah dicapai di bidang ilmu pendidikan secara Umum dan Pendidikan Dasar secara khusus. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) (p-ISSN: 2527-418X), berfokus pada masalah utama dalam studi Pendidikan Dasar yang meliputi: 1. Matematika; 2. Sains; 3. Kewarganegaraan; 4. Ilmu Sosial; 5. Bahasa Indonesia;
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2019)" : 8 Documents clear
Improving Natural Science Learning Activities Through Auditory, Intellectually, Repetition (Air) Learning Model to the Fifth Grade Students of SD Satriawati Satriawati; Irwan R
JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) Vol 4, No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univers

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (802.145 KB) | DOI: 10.26618/jkpd.v4i2.2371

Abstract

The problem in this research is the low natural science learning activities to the fifth grade students of SD Inpres Borong Jambu II Makassar City. This research aimed to find out the Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) learning model in improving natural science learning activities at the fifth grade students of SD Inpres Borong Jambu II Makassar City by using a quantitative approach.This research is a classroom action research (CAR) with a cycle system, each cycle was carried out by four stages, they are: planning, acting, observing / data collection, and reflecting. The subject was the fifth grade student of SD Borong Jambu II Makassar City.  The students were active in 2019 with total numbers were 30 students that consisting of 12 male students and 18 female students. Data collection techniques were carried out by using observation sheets. Data showed that students learning activities got a significant increasing to each cycle and it was enough in the first cycle and then increasing in the second cycle to achieve good qualification. Based on the results obtained, it was concluded that there is a significant increasing to natural science learning activities of the fifth grade students of SD Inpres Borong Jambu II Makassar City through Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) learning model. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar IPA siswa kelas V SD Inpres Borong Jambu II Kota Makassar. Tujuan dilaksanakan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui model pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR) dalam meningkatkan aktivitas belajar IPA pada siswa kelas V SD Inpres Borong Jambu II Kota Makassar dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan sistem siklus, setiap siklus penelitian tindakan kelas dilakukan melalui empat (4) tahapan yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/pengumpulan data, dan refleksi. . Subjeknya adalah siswa kelas V SD Borong Jambu II Kota Makassar yang aktif tahun 2019 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang yang terdiri dari 12 orang siswa laki-laki dan 18 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi. Paparan data hasil menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan pada tiap siklus yang ditandai cukup pada siklus I kemudian meningkat pada siklus II hingga mencapai kualifikasi baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh, disimpulkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan aktivitas belajar IPA siswa kelas V SD Inpres Borong Jambu II Kota Makassar melalui model pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition (AIR).
Persepsi Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Unismuh Makassar terhadap Penggunaan Alat Peraga Manipulatif Hamdana Hadaming; Andi Ardhila Wahyudi
JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) Vol 4, No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univers

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (693.2 KB) | DOI: 10.26618/jkpd.v4i2.2367

Abstract

Alat peraga manipulatif  adalah alat bantu pelajaran yang digunakan oleh guru dalam menerangkan materi pelajaran dan berkomunikasi dengan siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi mahasiswa PGSD Unismuh Makassar tentang penggunaan alat peraga manipulatif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mendeskripsikan persepsi mahasiswa PGSD calon guru SD terhadap aspek keefektifan alat peraga, aspek materi, aspek siswa, aspek strategi pembelajaran, aspek keaktifan, aspek pemahaman materi dan aspek ketertarikan materi. Dari ketujuh aspek tersebut diperoleh hasil penelitian  bahwa mahasiswa calon guru SD percaya bahwa alat peraga manipulatif efektif dalam membantu siswa memahami konsep matematika untuk aspek materi sekitar 40,9% atau ada 18 orang yang sangat setuju dan 45,5% yang setuju atau 20 orang yang memilih bahwa setiap materi matematika perlu menggunakan alat peraga dalam proses pembelajaran di kelas. Kemudian 45,5% siswa percaya bahwa semua siswa memerlukan alat peraga manipulatif untuk menjembatani pola pikir konkret ke abstrak. ini sejalan dengan aspek keempat, dapat dilihat dari 54,5% sangat setuju bahwa seorang guru perlu memiliki strategi khusus dalam membelajarkan matematika menggunakan alat peraga agar ilmu yang di transfer ke siswa dapat dengan mudah dipahami dan dimengerti. Begitupun pada aspek yang kelima 65,9% yang sangat setuju atau 29 siswa dan 34,1% atau 15 siswa yang setuju bahwa dengan menggunakan alat peraga manipulatif siswa lebih aktif dan tingkat pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika lebih cepat dibanding dengan tidak menggunakan alat peraga. Persepsi Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Unismuh Makassar terhadap Penggunaan Alat Peraga Manipulatif 
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA DONGENG SISWA KELAS III SD Munirah Munirah; Aliem Bahri; Fatmawati Fatmawati
JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) Vol 4, No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univers

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (725.314 KB) | DOI: 10.26618/jkpd.v4i2.2372

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu apakah penggunaan media gambar seri berpengaruh terhadap keterampilan menulis cerita dongeng siswa kelas III SD Negeri 37 Pa’rasangang Beru Kabupaten Bantaeng ? Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan desain “One Group Pretest Posttest Design”.Berdasarkan hasil analisis data, terlihat bahwa nilai pengaruh penggunaan media gambar seri terhadap keterampilan menulis cerita dongeng siswa kelas III SD Negeri 37 Pa’rasangang Beru sebesar 2,889. Berdasarkan nilai t hitung tersebut dapat dibandingkan dengan nilai t tabel db = N-1 = 35 – 1 = 34. Jadi, db 35 – 1 = 34 dan t = 0,05 ( tabel terlampir). Sementara, t hitung = 2,889 dan t tabel = 1,690. Dengan demikian, t hitung t tabel. Perbandingan hasil kemampuan pretes dan posttes menunjukkan bahwa nilai t hitung sebanyak 2,889 nilai t tabel 1,690. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian yang diajukan diterima.Hipotesis diuji dengan statistik uji t, yaitu media gambar seri berpengaruh digunakan dalam keterampilan menulis cerita dongeng siswa kelas III SD Negeri 37 Pa’rasangang Beru Kabupaten Bantaeng.
Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui Metode Inquiri pada Murid Kelas V Muh Khaedar; Syamsul Alam
JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) Vol 4, No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univers

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (653.543 KB) | DOI: 10.26618/jkpd.v4i2.2368

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan menggunakan metode inquiri pada murid kelas V. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif yang didesain melalui penelitian tindakan kelas (class room action research). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, tiap siklus dilaksanakan 4 kali pertemuan. Hasil yang dicapai secara kuantitatif yaitu: (1) Pada siklus pertama diperoleh nilai rata-rata hasil belajar murid kelas V SDN. No 38 Janna-Jannaya Kec. Sinoa Kab. Bantaeng yaitu 61,15 (2) Pada siklus kedua diperoleh nilai rata-rata hasil belajar murid kelas V SDN. No 38 Janna-Jannaya Kec. Sinoa Kab. Bantaeng lebih tinggi yang mencapai 80,03 sehingga dapat disimpulkan peningkatannya mencapai 18,88. Terutama pada perubahan sikap, motivasi, antusias, dan hasil belajar murid dalam memahami materi. Jadi, penggunaan metode inquiri pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) murid kelas V SDN. No 38 Janna-Jannaya mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa metode inquiri dapat mengubah pola belajar murid dari kurang aktif menjadi lebih aktif dan lebih termotivasi dalam mempelajari IPA.
Pengaruh Penggunaan Metode Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Murid Kelas V SDN no. 166 Inpres Bontorita Kabupaten Takalar Ade Irma Suryani; Syahribulan K; Magfirah Mursalam
JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) Vol 4, No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univers

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (683.011 KB) | DOI: 10.26618/jkpd.v4i2.2373

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode mind mapping terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial murid kelas V SDN No. 166 Inpres Bontorita Kabupaten Takalar tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Subyek dalam penelitian ini adalah murid kelas V SDN No. 166 Inpres Bontorita Kabupaten Takalar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas V sebelum digunakan metode mind mapping adalah 66.8 dan hasil belajar setelah digunakan metode mind mapping adalah 81,2. Angka tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode mind mapping terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial murid kelas V SDN No. 166 Inpres Bontorita Kabupaten Takalar dan hasil uji hipotesis (t-tes) menunjukkan angka signifikansi 0,000 dengan demikian hipotesis h1 dalam penelitian ini diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan ada pengaruh penggunaan metode mind mapping terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial murid kelas V SDN No. 166 Inpres Bontorita Kabupaten Takalar.
Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPS Di SD Bellona Mardhatillah Sabillah; R. Supardi; Muh. Indrabudiman
JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) Vol 4, No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univers

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (738.444 KB) | DOI: 10.26618/jkpd.v4i2.2369

Abstract

Learning outcomes are affected by various factors, one of them is that the student's own factor and other supporting factors that determine the continuation of effective and creative learning processes. Using media in teaching and learning activities still uses simple media such as images and text resulted on not optimum students' absorption of the material delivered by the teacher. Multimedia learning presents information that is fun, interesting, easy to understand, and clear. Information will be understood easily becauseit involved most senses like ears and eyes that are used to absorb that information. This study aimed at describing  the use of multimedia learning, determining the social studies learning outcomes, andtesting the effect of multimedia learning on social studies learning outcomes in SD InpresToddopuli Makassar. This research was conducted in SD InpresToddopuliMakassar from April to July 2019. This is Experimental Research with Pre Experimental types which aimed at examining the effect and revealing the use of multimedia for students' social studies learning outcome.The result of this study can be presented in forms of mandatorypublication and additional publication. Mandatory publication will be in form of national journal that is not accredited and additional publications will be in form of proceedings and textbooks with ISBN. The results of the research are expected to be part of information and contributions for government or parties related to the support of learning improvement for SD InpresToddopuli Makassar. Ketercapaian hasil belajar sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya yaitu faktor siswa itu sendiri dan faktor pendukung lainnya yang menentukan berlangsungnya rangkaian proses pembelajaran secara efektif dan kreatif. Penggunaan media dalam kegiatan belajar mengajar masih menggunakan media sederhana seperti gambar dan teks, sehingga kurangnya daya serap siswa terhadap materi yang disampaikan guru. Multimedia pembelajaran menyajikan informasi dalam bentuk yang menyenangkan, menarik, mudah dimengerti, dan jelas. Informasi akan mudah dimengerti karena sebanyak mungkin indera terlibat, terutama telinga dan mata, digunakan untuk menyerap informasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk gambaran penggunaan multimedia pembelajaran, untuk mengetahui gambaran hasil belajar IPS, serta menguji pengaruh penggunaan multimedia pembelajaran terhadap hasil belajar IPS siswa SD Inpres Unggulan Toddopuli Kota Makassar. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Unggulan Toddopuli Kota Makassar, dengan waktu penelitian mulai dari April sampai dengan Juli 2019. Penelitian yang digunakan adalah Eksperimental Research dengan jenis Pre Eksperimental, yang mengkaji pengaruh dan mengungkap penggunaan multimedia pembelajaran terhadap hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini dapat memberikan keluaran wajib dan keluaran tambahan, dimana pada keluaran wajib berupa jurnal nasional yang tidak terakreditasi dan keluaran tambahan berupa prosiding dan buku ajar ber ISBN. Hasil penelitian nantinya diharapkan dapat menjadi bagian informasi dan sumbangan pemikiran terhadap arah kebijaksanaan yang akan ditempuh oleh pemerintah atau instansi terkait sehubungan dengan upaya peningkatan prestasi belajar siswa SD Inpres Unggulan Toddopuli Kota Makassar.
Pengaruh Penggunaan Metode Permainan Pesan Berantai Terhadap Keterampilan Menyimak Murid dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Murid Kelas IV SD Sulfasyah Sulfasyah; Abdan Syakur; Nur Amaliah
JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) Vol 4, No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univers

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (729.943 KB) | DOI: 10.26618/jkpd.v4i2.2374

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode permainan pesan berantai terhadap keterampilan menyimak pantun murid kelas IV SDN 280 Ongkoe. Jenis penelitian yang digunakan dalampenelitian ini adalah pre-Eksperimen one group pretest- post test design.            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode permainan pesan berantai terhadap keterampilan menyimak dalam mata pelajaran bahasa indonesia pada murid kelas IV SDN 280 Ongkoe. Hal ini tampak pada nilai hasil pretest sebelum menerapkan metode permainan nilai rata-rata yang diperoleh siswa mencapai 71,03. Dibandingkan dengan nilai rata-rata siswa setelah menggunakan metode permainan pesan berantai mencapai nilai 84,72 hal ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa meningkat  setelah menggunakan metode permaina pesan berantai.Berdasarkan hasil data statistik inferensial dengan menggunakan uji-t diketahui bahwa nilai thitung  yang diperoleh adalah 12,785 dengan derajat kebebasan (dk) = N -1 = 18 - 1 = 17 nilai tTabel = 1,740. Jadi nilai thitung  nilai       t Tabel atau 12,785 1,740 maka Hipotesis nol (HO) ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa metode permainan pesan berantai berpengaruh terhadap keterampilan menyimak dalam pembelajaran bahasa indonesia pada murid kelas IV SDN 280 Ongkoe kecamatan Belawa Kabupaten Wajo.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVATION EXPLAIN (POE) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA RAKYAT MURID KELAS V SD Nur Fitrah S
JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) Vol 4, No 2 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univers

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (717.37 KB) | DOI: 10.26618/jkpd.v4i2.2370

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran predict observation explain terhadap keterampilan menulis cerita rakyat murid kelas V SD Inpres Bontobu’ne Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Pre-eksperimen menggunakan desain bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini adalah murid kelas V SD Inpres Bontobu’ne Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa yang berjumlah 23 murid. Data yang dikumpulkan menggunakan tes dan observasi, sedangkan data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan uji t. Berdasarkan rata-rata hasil posttest diperoleh rata-rata posttest hasil keterampilan menulis cerita rakyat setelah diterapkan model predict observation explain lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil pretest sebelum diterapkan model predict observation explain . Rata-rata pretest yang diperoleh sebelum diterapkan model predict observation explain yaitu 63,69. Setelah dilakukan tindakan dengan perlakuan model pembelajaran predict observation explain, maka diperoleh rata-rata nilai posttest yaitu 76,43. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran predict observation explain yang diterapkan pada pembelajaran bahasa indonesia berpengaruh terhadap keterampilan menulis cerita rakyat pada murid kelas V SD Inpres Bontobu’ne Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa.

Page 1 of 1 | Total Record : 8