cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Jurusan Ilmu Keolahragaan
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Health,
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 11 No. 1 (2023): April" : 15 Documents clear
Media Video Permainan Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Tema Diriku I Wayan Aditya Kurnia Wijaya; Ni Putu Dwi Sucita Dartini
Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha Vol. 11 No. 1 (2023): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jiku.v11i1.45708

Abstract

Penggunaan media video pembelajaran pada proses pembelajaran dapat dikatakan masih terbilang belum maksimal. Hal ini dikarenakan terbatasnya media video yang dimiliki guru untuk digunakan dalam proses penbelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran permainan PJOK tema diriku berbentuk video. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model analysis, design, development, implementation dan evaluation (ADDIE). Metode pengumpulan data dengan wawancara, catatan lapangan, serta dokumentasi. Teknik analisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Teknik analisis ini digunakan untuk mengolah data yang diperoleh melalui angket dalam bentuk deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukan tanggapan dari ahli isi/materi pembelajaran memperoleh presentase 89,00% (baik), ahli desain pembelajaran memperoleh 87,00% (baik), ahli media pembelajaran memperoleh presentase 92,00% (sangat baik) dan tanggapan praktisi lapangan (guru PJOK) memperoleh presentase 94,00% (sangat baik). Hasil uji coba peserta didik dibagi menjadi dua kelompok yaitu uji coba kelompok kecil memperoleh presentase 94,00% (sangat baik) dan uji coba kelompok besar memperoleh presentase 96,00% (sangat baik). Dapat disimpulkan bahwa media video permainan PJOK tema diriku sub tema aku dan teman baru layak digunakan dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Implikasi penelitian ini diharapkan dengan adanya media video ini pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien, sehingga tujuan pembelajaran PJOK dapat tercapai.
Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Teknik Dasar Sepak Kura dalam Permainan Sepak Takraw I Dewa Kompyang Wijana Sidan; I Ketut Semarayasa; Peby Gunarto
Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha Vol. 11 No. 1 (2023): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jiku.v11i1.54208

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bentuk rancang bangun media video teknik dasar sepak kura dalam permainan sepak takraw untuk Mahasiswa Prodi Penjaskesrek, (2) tanggapan ahli isi/materi, ahli media pembelajaran, ahli desain pembelajaran, dan praktisi lapangan teknik dasar sepak kura untuk Mahasiswa Prodi Penjaskesrek, dan (3) tanggapan mahasiswa dalam uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil terhadap video yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE. Data dikumpulkan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Disimpulkan bahwa (1) bentuk rancang video tutorial terdiri dari pembukaan, judul media video tutorial dan indentitas diri peneliti, kata sambutan, indikator pembelajaran dan tujuan pembelajaran, pemaparan materi, isi dari video tutorial kesimpulan, tugas dan penutup, (2) tanggapan uji ahli isi/materi sebesar 96% dengan kualifikasi kategori sangat baik, tanggapan uji ahli media sebesar 100% dengan kualifikasi kategori sangat baik, tanggapan uji ahli desain sebesar 100% dengan kualifikasi kategori sangat baik, tanggapan dari praktisi lapangan sebesar 96% dengan kualifikasi kategori sangat baik, (3) tanggapan mahasiswa dari perorangan sebesar 92,00% dengan kualifikasi kategori sangat baik, tanggapan mahasiswa dari kelompok kecil sebesar 90,88% dengan kualifikasi kategori sangat baik. Disarankan kepada pengajar agar menjadikan pembelajaran lebih kreatif, inovatif dengan menggunakan media pembelajaran berbasis video tutorial untuk membantu mahasiswa dalam memahami materi yang disampaikan oleh pengajar.
Latihan Teknik Juggling Untuk Meningkatkan Kemampuan Kontrol Bola Pada Ekstrakurikuler Sepak Bola Hainur Rahman; Kadek Yogi Parta Lesmana
Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha Vol. 11 No. 1 (2023): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jiku.v11i1.55845

Abstract

Permasalahan saat melakukan kontrol bola terlihat jarak antara bola dan kaki masih jauh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis latihan teknik juggling terhadap kemampuan kontrol bola pada ekstrakurikuler di SMA. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest posttest control group design, populasi pada penelitian ini yaitu 55 orang pemain peserta ekstrakurikuler di SMA. yang kemudian dipilih menjadi 35 orang pemain dengan cara pengambilan sampel secara (purposive sample), dan dibagi menjadi 2 kelompok, 17 kelompok kontrol dan 18 kelompok eksperimen. Metode pengumpulan data dengan metode tes. Data yang diperoleh dilakukan analisis dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t menggunakan SPSS 16. Hasil penelitian menyimpulkan adanya pengaruh latihan teknik juggling dalam kelompok eksperimen yang diliat berdasarkan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 kurang dari 0,05, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh pemberian latihan teknik juggling teradap kemampuan kontrol bola pada ekstrakurikuler sepak bola SMA. Implikasi penelitian ini diharapkan melalui latihan juggilng dapat meningkatkan kemampuan mengontrol bola.
Minat Peserta Didik Kelas XI terhadap Ekstrakurikuler Olahraga Bola Basket I Made Ananta Kusuma; I Gede Suwiwa
Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha Vol. 11 No. 1 (2023): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jiku.v11i1.55860

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui minat peserta didikkelas XI untuk mengikuti ekstrakurikuler olahraga bola basket. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pengambilan data langsung. Populasi dari penelitian ini menggunakan peserta didik kelas XI dengan jumlah total sebanyak 430 orang. Metode pemilihan sampel menggunakan simple random sampling menggunakan undian,sehingga jumlah sampel sebanyak 85 orang.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data diskritif dengan persentase dari jawaban peserta didik. Hasil dari penelitian ini yaitu pada faktor intrinsik minat peserta didikkelas XI tehadap ekstrakurikuler olahraga bola basket memperoleh skor 72% jika dikonversikan ke dalam skala penilaian katagori termasuk dalam kategori tinggi. Sedangkan pada faktor ekstrinsik minatmemperoleh skor 66% jika dikonversikan ke dalam skala penilaian katagori termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan kedua indikator pada variabel, minat peserta didikkelas XI pada ekstrakurikuler olahraga bola basket memperoleh skor 69%. Jika dikonversikan ke dalam skala penilaian katagori tinggi, minat peserta didikkelas XI pada ekstrakurikuler olahraga bola basket termasuk dalam kategori tinggi. Adapun kesimpulan dari hasil analisis data minat peserta didik kelas XI dalam mengikuti ekstrakurikuler bola basket pada masa pandemi covid-19 berada katagori sangat tinggi.
Minat Peserta Didik terhadap Ekstrakurikuler Sepak Bola di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Suderman Zai
Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha Vol. 11 No. 1 (2023): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jiku.v11i1.56188

Abstract

Sepak bola sebagai permainan yang melibatkan orang lain, didalamnya ada hal-hal yang menjadi kesepakatan bersama. Hal ini menyebabkan aktifitas ekstrakurikuler tidak berjalan dengan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat peserta didik terhadap ekstrakurikuler sepak bola di kelas VIII SMP. Penelitian ini dirancang menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP sebanyak 11 kelas. Penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling, sehingga sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 165 peserta didik. Data penelitian dikumpulkan menggunakan kuesioner atau angket untuk mencari data persentase pelaksanaan Ekstrakurikuler sepak bola. Hasil penelitian menunjukan minat peserta didik terhadap ekstrakurikuler sepak bola pada kelas VIII SMP Negeri 3 Singaraja berada pada kategori sangat tinggi sebanyak 70 peserta didik (42,42%), berada pada kategori tinggi sebanyak 35 peserta didik (21,21%), berada pada kategori sedang sebanyak 35 peserta didik (21,21%), berada pada kategori rendah sebanyak 20 peserta didik (12,12%), dan berada pada kategori sangat rendah sebanyak 5 peserta didik (3,03%). Dapat disimpulkan bahwa minat peserta didik menunjukkan hasil dalam kategori tinggi dengan skor rata-rata sebesar 61,39%. Implikasi penelitian diharapkan semakin melengkapi saran dan prasarana agar perkembangan dan juga minat peserta didik terhadap esktrakulikuler Sepak Bola semakin meningkat.
Dukungan Orangtua dan Lingkungan Sosial Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan I Putu Nanda Narayana Subrata
Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha Vol. 11 No. 1 (2023): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jiku.v11i1.56214

Abstract

Terdapat beberapa permasalahan terkait proses pembelajaran pada mata pelajaran PJOK. Ketika pembelajaran dalam jaringan (daring) dilaksanakan, masih banyak peserta didik yang tidak mengikuti kegiatan belajar mengajar dilihat dari banyaknya peserta didik yang tidak memberikan respon pada group kelas dan tidak mengikuti instruksi yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara dukungan orangtua dan lingkungan sosial terhadap motivasi belajar dan dampaknya pada hasil belajar PJOK peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan metode korelasional. Populasi penelitian sebanyak 303 orang peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Amlapura. Sampel penelitian sebanyak 161 orang yang ditentukan menggunakan tabel Nomogram Herry King dengan taraf kesalahan 5%. Teknik pengambilan data sampel menggunakan teknik simpel random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur dengan bantuan SPSS 26.0 for Windows. Hasil penelitian dari keempat hipotesis diperoleh probabilitas (p) uji F pada analisis regresi sebesar 0,000 yaitu (p) kurang dari 0,05, maka dapa disimpulkan bahwa adanya hubungan antara dukungan orangtua dan lingkungan sosial terhadap motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik. Implikasi penelitian ini yaitu dukungan orang tua, lingkungan sosial, dan motivasi belajar sangat penting untuk meningkatkan hasil belajar PJOK.
Ketersediaan Sarana dan Prasarana Penunjang Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Tingkat SMA dan SMK I. W. Budiastawan; I. K. Sukarata Adnyana
Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha Vol. 11 No. 1 (2023): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jiku.v11i1.56292

Abstract

Banyak fasilitas olahraga yang pemakaiannya belum sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis ketersediaan sarana dan prasarana PJOK di SMA/SMK. Jenis penelitian merupakan deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan metode survey. Penelitian ini mengambil sampel dari keseluruhan jumlah populasi yaitu SMA/SMK. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung dan wawancara dengan guru PJOK di masing masing sekolah tepatnya dengan melakukan pengamatan langsung terhadap sumber data atau objek penelitian, dan mencatat data yang diperlukan menggunakan lembar observasi. Jumlah Sekolah yang akan menjadi populasi penelitian yaitu 6 sekolah, sarana kemudian yang berkondisi baik sebanyak 548 buah dengan persentase 85,1%. Selanjutnya yaitu sarana yang berkondisi rusak sebanyak 96 buah dengan persentase 14,9%. Kemudian, yang miliki sekolah sebanyak 644 sarana dengan persentase 100%, untuk yang menyewa sarana dengan persentase 0 % dari jumlah total sarana keseluruhan yaitu 644 buah serta yang berkondisi standart sebanyak 590 sarana dengan persentase 91,6 %, untuk yang modifikasi sebanyak 54 sarana dengan persentase 8,4 % dari jumlah total sarana keseluruhan yaitu 644. Jumlah fasilitas prasarana keseluruhannya yaitu 23 Prasarana dan yang berkondisi baik 23 dengan persentase 100 % berkondisi baik dan yang berkondisi rusak yaitu dengan persentase 0% artinya semua fasilitas di SMA/SMK berkondisi sangat baik.
Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Irham Habibi; I Ketut Budaya Astra
Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha Vol. 11 No. 1 (2023): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jiku.v11i1.56601

Abstract

Rendahnya motivasi belajar siswa dikarenakan penggunaan media tidak sesuai dengan karakteristik siswa dan karakteristik materinya. Peserta didik yang mengalami kesulitan dalam belajarnya, terlihat dari adanya peserta didik yang belum memahami rangkaian gerak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PJOK di kelas X MAN. Jenis penelitian adalah menggunakan jenis survey. Metode pengumpulan data yang digunakan dengan pemberian kuisioner. Populasi adalah keseluruhan peserta didik di kelas X yang berjumlah 230 orang. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling yang dilakukan secara acak sebanyak 105 orang. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PJOK pada kelas X di MAN skor rata-rata motivasi belajar sebesar 64,66. Total persentase rata-rata faktor intrinsik sebesar 81,24% dan total persentase rata-rata faktor ekstrinsik sebesar 80,40%. Dari data tersebut menunjukkan bahwa tingkat motivasi belajar sangat tinggi. Simpulan penelitian ini yaitu motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PJOK di kelas X MAN dalam kategori tinggi. Implikasi penelitian ini diharapkan agar dapat meningkatkan dan mempertahankan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PJOK.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Sepak Bola I Komang Agus Aditya Juliantara
Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha Vol. 11 No. 1 (2023): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jiku.v11i1.57214

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap peningkatan hasil belajar passing kaki bagian dalam dan kaki bagian luar sepak bola. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian the randomized pretestposttest control group the same subject design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X SMA yaitu terdiri dari 130 orang peserta didik dan dibagi menjadi 2 kelas. Pengambilan sampel dapat dilakukan secara acak berdasarkan kelas. Kelas yang terpilih menjadi sampel penelitian adalah kelas X MIPA 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X MIPA 4 sebagai kelompok kontrol. Eksperimen dilakukan sebanyak 3 kali perlakuan di luar pretest-posttest. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes objektif dan unjuk kerja. Analisis data menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS 26.0 for Windows. Rata-rata kelompok eksperimen adalah 0,505 lebih tinggi dari rata-rata kelompok kontrol adalah 0,348. Signifikansi pada uji hipotesis diperoleh melalui uji parametrik (Independent-Samples t Test) adalah 0,000 yaitu p<0,05. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap peningkatan hasil belajar passing kaki bagian dalam dan kaki bagian luar sepak bola pada peserta didik kelas X SMA. Disarankan kepada guru PJOK dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT karena terbukti berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik.
Video Tutorial Materi Teknik Dasar Dribbling Bola Basket I Kadek Mustika Jaya; I Nyoman Kanca; I Gusti Lanang Agung Parwata
Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha Vol. 11 No. 1 (2023): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jiku.v11i1.57281

Abstract

Kurangnya media pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran berpengaruh terhadap aktivitas olahraga khusunya olahraga basket. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial pada materi dribbling bola basket untuk peserta didik kelas X SMA dan untuk mengetahui validasi dari ahli materi/isi pembelajaran, desain dan media pembelajaran, ahli praktisi lapangan, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji lapangan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE, yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Berdasarkan hasil rancang bangun media pembelajaran berbasis video tutorial terdiri dari; pembukaan, perkenalan diri, penayangan cuplikan video, penayangan materi, dan penutup. Berdasarkan hasil validitas produk, didapatkan hasil dari ahli materi 91,7% berkualifikasi sangat baik, ahli desain dan media 98,7% berkualifikasi sangat baik, ahli praktisi lapangan 96,7% berkualifikasi sangat baik, uji coba perorangan 97,7% berkualifikasi sangat baik, uji coba kelompok kecil 96,3% berkualifikasi sangat baik, dan uji lapangan 98,7% berkualifikasi sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa video tutorial ini sangat layak digunakan seagai media pembelajaran.

Page 1 of 2 | Total Record : 15