cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
info.ejournal@undiksha.ac.id
Editorial Address
Jl. Udayana Kampus Tengah Singaraja, Bali, Indonesia
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha
ISSN : 26139669     EISSN : 26139650     DOI : 10.23887/paud
Core Subject : Humanities, Art,
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha is an open access peer-reviewed scientific journal published by Jurusan Pendidikan Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. The journal publishes different kinds of scientific articles based on the field research and program in the area of early childhood education. We received only articles relating to early childhood education fields, and can be written using quantitative or qualitative approaches. Articles can be made in a variety of research designs, such as action research, experiments, and case studies. This journal was published since 2012, and from 2016 we published articles three times a year (April, August, and December).
Arjuna Subject : -
Articles 66 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2013): Juli" : 66 Documents clear
PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI NICE NICE
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol. 1 No. 1 (2013): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v1i1.221

Abstract

DGHDFGFD
PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI nice nice
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol. 1 No. 1 (2013): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v1i1.227

Abstract

BBBBBBB
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF Desak Putu Reza Maylita
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol. 1 No. 1 (2013): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v1i1.979

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak setelah diterapkan model pembelajaran make a match berbantuan media kartu huruf pada kelompok B3 semester II di taman Kanak-Kanak Kumara Jaya Denpasar Selatan tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 14 orang Anak Taman Kanak-Kanak Kelompok B Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan kemampuan kognitif pada siklus I sebesar 61,56% (rendah), pada siklus II kemampuan kognitif menjadi 88,39% (aktif). Hasil penelitian ini menunjukan peningkatan kemampuan kognitif dengan penerapan model pembelajaran make a match dan media kartu huruf sebesar 26,83%.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF Desak Putu Reza Maylita
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol. 1 No. 1 (2013): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v1i1.984

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak setelah diterapkan model pembelajaran make a match berbantuan media kartu huruf pada kelompok B3 semester II di taman Kanak-Kanak Kumara Jaya Denpasar Selatan tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 14 orang Anak Taman Kanak-Kanak Kelompok B Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan kemampuan kognitif pada siklus I sebesar 61,56% (rendah), pada siklus II kemampuan kognitif menjadi 88,39% (aktif). Hasil penelitian ini menunjukan peningkatan kemampuan kognitif dengan penerapan model pembelajaran make a match dan media kartu huruf sebesar 26,83%.
PENERAPAN METODE MUELLER DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGENALAN HURUF Fatia Dwi Febrianti
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol. 1 No. 1 (2013): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v1i1.985

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pengenalan huruf dengan menggunakan metode Mueller pada anak kelompok B di Taman Kanak-kanak Waturenggong  Denpasar Barat semester II tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus.Subjek penelitian adalah 18 orang anak Taman Kanak-kanak pada kelompok B semester II tahun pelajaran 2012/2013. Data penelitian tentang perkembangan bahasa dikumpulkan dengan metode observasi dengan instrumen berupa lembar format. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif dan analisis deskritif kuantitatif diperoleh rata-rata persentase kemampuan pengenalan huruf anak kelompok B semester II di Taman Kanak-kanak Waturenggong pada siklus I sebesar 51,55  % dan rata-rata persentase kemampuan pengenalan huruf pada pada siklus II sebesar 89,55%. Data ini menunjukkan adanya peningkatan rata-rata pada persentase kemampuan dalam kegiatan pengenalan huruf pada anak dari siklus I ke siklus II sebesar 38% dan berada pada kategori sangat aktif.
PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA Ida Ayu Made Widiyarini
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol. 1 No. 1 (2013): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v1i1.986

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan di Taman Kanak-kanak Insan Prestasi School Denpasar pada semester genap memfokuskan tentang kemampuan berbahasa dalam menirukan huruf pada anak kelompok A. Dari hasil observasi awal, kelemahan dalam pembelajaran sangat jelas, sehingga  pembelajaran perlu ditingkatkan. Permasalahan yang dapat diamati, antara lain: penggunaan  metode yang statis, kurangnya media yang digunakan, guru lebih mendominasi dalam kegiatan pembelajaran (Teacher Center). Tujuan yang diharapkan dari penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbahasa dalam menirukan huruf. Jenis penelitian yang diterapkan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus dan bersifat reflektif di dalam kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah metode observasi dengan instrumen berupa lembar observasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis statistik kuantitatif. Hasil analisis data menunjukan terjadi peningkatan kemampuan berbahasa dalam menirukan huruf setelah menerapkan metode pemberian tugas berbantuan media gambar. Ini dapat dilihat dari analisis data pada siklus I sebesar 57, 25% yang berada pada kategori rendah, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 84,62% berada pada kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan secara signifikan sebesar 27,37% kemampuan berbahasa dalam menirukan huruf pada anak kelompok A di Taman Kanak-kanak Insan Prestasi School Denpasar.
PENERAPAN METODA MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA KARTU GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA Made Pratiwi Indriyani
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol. 1 No. 1 (2013): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v1i1.994

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan bahasa melalui penerapan metode pembelajaran mind mapping berbantuan kartu gambar pada anak kelompok A semester II di Taman Kanak - kanak Hindu Widya Kerthi Denpasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus.  Subjek penelitian ini adalah anak Taman Kanak - kanak Hindu Widya Kerthi Denpasar pada kelompok A Semester II Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 10  dengan 9 orang anak laki-laki dan 1 anak perempuan. Data penelitian tentang perkembangan kemampuan bahasa dikumpulkan dengan metode observasi dengan instrumen berupa lembar format observasi.  Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis deskritiptif  kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan perkembangan kemampuan bahasa dengan penerapan  model pembelajaran mind mapping berbantuan kartu gambar. Dari siklus I  ditemukan bahwa kemampuan bahasa sebesar 52,30% yang berada pada kategori sangat rendah dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 91,10% tergolong pada kategori sangat baik.  Jadi terjadi peningkatan perkembangan kemampuan bahasa sebesar 38,80%.
PENERAPAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION MELALUI KEGIATAN BERMAIN WARNA UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS Ni Kadek Hari Yulia
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol. 1 No. 1 (2013): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v1i1.995

Abstract

Anak usia dini merupakan fase kehidupan yang unik dengan karakteristik khas, baik secara fisik, psikis, sosial dan moral. Motorik halus merupakan salah satu perkembangan pada anak yang harus mendapat stimulasi agar dapat berkembang optimal. Permasalahan yang ditemukan pada kelompok Bermain Gayatri, yaitu masih sangat rendahnya perkembangan motorik halus yang menyebabkan pencapaian perkembangan anak belum berjalan maksimal. Perlu dilakukan strategis dengan penerapan model-model pembelajaran. Dalam penelitian ini model pembelajaran explicit instruction sangat cocok diterapkan di Kelompok Bermain melalui kegiatan bermain warna yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan perkembangan motorik halus anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dan melibatkan 15 orang anak Kelompok Bermain Gayatri Denpasar Utara pada Semester II Tahun pelajaran 2012/2013. Data dikumpulkan melalui metode observasi dengan instrumen berupa format observasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis statistik kuantitatif. Hasil analisis data menunjukan bahwa terjadi peningkatan perkembangan motorik halus pada anak setelah diterapkannya model pembelajaran explicit instruction melalui kegiatan bermain warna. Pada siklus I perkembangan motorik halus sebesar 55,44 % yang berada pada kriteria rendah mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 88,75 % tergolong kriteria tinggi.
PENERAPAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION MELALUI KEGIATAN BERMAIN WARNA UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS Ni Kadek Hari Yulia
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol. 1 No. 1 (2013): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v1i1.996

Abstract

Anak usia dini merupakan fase kehidupan yang unik dengan karakteristik khas, baik secara fisik, psikis, sosial dan moral. Motorik halus merupakan salah satu perkembangan pada anak yang harus mendapat stimulasi agar dapat berkembang optimal. Permasalahan yang ditemukan pada kelompok Bermain Gayatri, yaitu masih sangat rendahnya perkembangan motorik halus yang menyebabkan pencapaian perkembangan anak belum berjalan maksimal. Perlu dilakukan strategis dengan penerapan model-model pembelajaran. Dalam penelitian ini model pembelajaran explicit instruction sangat cocok diterapkan di Kelompok Bermain melalui kegiatan bermain warna yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan perkembangan motorik halus anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dan melibatkan 15 orang anak Kelompok Bermain Gayatri Denpasar Utara pada Semester II Tahun pelajaran 2012/2013. Data dikumpulkan melalui metode observasi dengan instrumen berupa format observasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis statistik kuantitatif. Hasil analisis data menunjukan bahwa terjadi peningkatan perkembangan motorik halus pada anak setelah diterapkannya model pembelajaran explicit instruction melalui kegiatan bermain warna. Pada siklus I perkembangan motorik halus sebesar 55,44 % yang berada pada kriteria rendah mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 88,75 % tergolong kriteria tinggi.
PENERAPAN METODE DEMONSTRASI MELALUI KEGIATAN SENI TARI BERBANTUAN MEDIA AUDIO CASSETTE TAPE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR ANAK Ni Ketut Astini
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol. 1 No. 1 (2013): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v1i1.997

Abstract

Keterampilan motorik kasar merupakan salah satu aspek perkembangan di Taman Kanak-Kanak. Keterampilan motorik kasar merupakan keterampilan gerak tubuh secara harmonis dan sangat berperan untuk mencapai keseimbangan yang menunjang gerak anak. Salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar anak adalah seni tari. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan motorik kasar anak Taman Kanak-kanak pada kelompok B setelah penerapan metode demonstrasi melalui kegiatan seni tari berbantuan media audio cassette tape pada semester II di Taman Kanak-kanak Titi Dharma Denpasar Kecamatan Denpasar Utara Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Penelitian ini melibatkan 20 orang anak Taman Kanak-kanak Titi Dharma Denpasar, yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Data penelitian tindakan kelas dikumpulkan dengan metode observasi dengan instrumen lembar format observasi. Hasil data dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik  deskriptif dan metode analisis statistik kuantitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan motorik kasar dengan penerapan metode demonstrasi melalui kegiatan seni tari.  Pada siklus I keterampilan motorik kasar sebesar 62,05% yang berada pada kategori rendah dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 90,25% tergolong pada kategori sangat tinggi. Dari data hasil penelitian siklus I ke siklus II peningkatan keterampilan motorik kasar anak sebesar 27,75%.  

Filter by Year

2013 2013


Filter By Issues
All Issue Vol. 11 No. 2 (2023): Agustus Vol. 11 No. 1 (2023): April Vol. 10 No. 3 (2022): Desember Vol. 10 No. 2 (2022): Agustus Vol. 10 No. 1 (2022): April Vol 9, No 3 (2021): Desember Vol. 9 No. 3 (2021): Desember Vol. 9 No. 2 (2021): Agustus Vol 9, No 2 (2021): Agustus Vol 9, No 1 (2021): April Vol. 9 No. 1 (2021): April Vol 8, No 3 (2020): Desember Vol 8, No 3 (2020) Vol. 8 No. 3 (2020): Desember Vol 8, No 2 (2020): Agustus Vol. 8 No. 2 (2020): Agustus Vol 8, No 2 (2020) Vol. 8 No. 1 (2020): April Vol 8, No 1 (2020) Vol 8, No 1 (2020): April Vol 7, No 3 (2019): Desember Vol 7, No 3 (2019) Vol. 7 No. 3 (2019): Desember Vol 7, No 2 (2019): Agustus Vol 7, No 2 (2019) Vol. 7 No. 2 (2019): Agustus Vol 7, No 1 (2019): April Vol. 7 No. 1 (2019): April Vol 7, No 1 (2019) Vol 6, No 3 (2018) Vol. 6 No. 3 (2018): Desember Vol 6, No 3 (2018): Desember Vol 6, No 2 (2018) Vol 6, No 2 (2018): Agustus Vol. 6 No. 2 (2018): Agustus Vol 6, No 1 (2018): April Vol 6, No 1 (2018) Vol. 6 No. 1 (2018): April Vol. 5 No. 3 (2017): Desember Vol 5, No 3 (2017) Vol 5, No 3 (2017): Desember Vol. 5 No. 2 (2017): Agustus Vol 5, No 2 (2017): Agustus Vol 5, No 2 (2017): Vol 5, No 1 (2017): April Vol 5, No 1 (2017): Vol. 5 No. 1 (2017): April Vol 4, No 3 (2016): Desember Vol 4, No 3 (2016): Vol. 4 No. 3 (2016): Desember Vol 4, No 2 (2016): Vol. 4 No. 2 (2016): Agutus Vol 4, No 2 (2016): Agutus Vol 4, No 1 (2016): April Vol. 4 No. 1 (2016): April Vol 4, No 1 (2016): Vol 3, No 1 (2015): Vol. 3 No. 1 (2015): Juli Vol 3, No 1 (2015): Juli Vol 2, No 1 (2014): Vol 2, No 1 (2014): Juli Vol. 2 No. 1 (2014): Juli Vol. 1 No. 1 (2013): Juli Vol 1, No 1 (2013): EDISI PERDANA Vol 1, No 1 (2013): Juli More Issue