cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
info.ejournal@undiksha.ac.id
Editorial Address
Jl. Udayana Kampus Tengah Singaraja, Bali, Indonesia
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha
ISSN : 26139669     EISSN : 26139650     DOI : 10.23887/paud
Core Subject : Humanities, Art,
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha is an open access peer-reviewed scientific journal published by Jurusan Pendidikan Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. The journal publishes different kinds of scientific articles based on the field research and program in the area of early childhood education. We received only articles relating to early childhood education fields, and can be written using quantitative or qualitative approaches. Articles can be made in a variety of research designs, such as action research, experiments, and case studies. This journal was published since 2012, and from 2016 we published articles three times a year (April, August, and December).
Arjuna Subject : -
Articles 1,248 Documents
PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS BERBANTUAN MEDIA BALOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK ., Ni Nyoman Ayu Sukreni; ., Dra. Made Sulastri, M.Pd.; ., Mutiara Magta, S.Pd.
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol 2, No 1 (2014): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v2i1.4221

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan perkembangan kognitif anak setelah diterapkan metode pemberian tugas berbantuan media balok di TK widya Sesana Sangsit.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 12 orang Anak TK pada Kelompok B Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014. Data penelitian tentang perkembangan kognitif dikumpulkan dengan metode observasi dengan instrumen berupa lembar format observasi dan metode wawancara dengan instrumen berupa lembar format percakapan. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis statistik kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan terjadinya peningkatan kognitif siswa kelompok B TK. Widya Sesana Sangsit setelah diterapkan metode pemberian tugas melalui kegiatan bermain balok sebesar 23,50%. Ini terlihat dari peningkatan rata-rata persentase kognitif siswa pada siklus pada siklus I adalah 54,11% yang berada pada kategori rendah dan rerata kemampuan kognitif anak pada siklus II sebesar 83,67% berada pada kategori tinggi.Kata Kunci : metode pemberian tugas, media balok, kemampuan kognitif This study aims to determine the increase in cognitive development of children after the applied method of assignment aided beam in kindergarten widya media Sesana Sangsit.Jenis this study is action research conducted in two cycles . Subjects were 12 kindergarten Children in Group B Second Semester Academic Year 2013/2014 . Data collected research on cognitive development with the method of observation with the instrument in the form of sheets of format observation and interviews with the instrument in the form of a conversation format sheet . The data were analyzed using descriptive statistical analysis and quantitative statistical analysis methods . The results of the analysis of the data showed an increase in cognitive group B kindergarten students . Widya Sesana Sangsit after application of the method of administration tasks through play activities beam of 23.50 % . This is evident from the increase in the average percentage of students in the cognitive cycle in the first cycle is 54.11 % which is at the low category and the average cognitive abilities of children in the second cycle of 83.67 % in the high category keyword : methods of duty , blocks , cognitive abilities
PENERAPAN METODE BERCERITA BERBANTUAN MEDIA PANGGUNG BONEKA UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK KELOMPOK B TK GANESA SINGARAJA ., Ni Luh Putu Jesi Agustini; ., Dr. I Made Tegeh, S.Pd., M.Pd.; ., I Kadek Suartama, S.Pd.
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol 2, No 1 (2014): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v2i1.3033

Abstract

Masalah yang menjadi dasar dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan bahasa pada anak dalam kemampuan berbicara dan menyimak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan perkembangan bahasa setelah penerapan metode bercerita berbantuan media panggung boneka pada anak Kelompok B Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014 Di TK Ganesa Singaraja. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah Anak Kelompok B Semeseter II Tahun Pelajaran 2013/2014 TK Ganesa Singaraja, sebanyak 13 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi dan instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan bahasa setelah penerapan metode bercerita berbantuan media panggung boneka pada anak Kelompok B Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014 Di TK Ganesa Singaraja sebesar 13,34%. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata persentase kemampuan bahasa anak pada siklus I sebesar 67,66% dengan kriteria sedang menjadi sebesar 81,00% pada siklus II yang ada pada kriteria tinggi. Dengan demikian Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Panggung Boneka mampu meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Kelompok B Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014 Di TK Ganesa Singaraja. Kata Kunci : bercerita, panggung boneka, perkembangan bahasa The problems is the basis for this research is the lack of language skills in children in the ability of speaking and listening. This research is aimed to know the increase of language development through the implementation of story telling method by using doll scaffolding in group B students of TK Ganesa Singaraja in academic year 2013/2014. This research is action based research that was done in two cycles. The subject is group B students of TK Ganesa Singaraja in academic year 2013/2014, that consist of 13 students. The collecting data was done by using observation method and the instrument used is the observation sheet. This research used statistik descriptive analysis and statistik descriptive analysis method. The result of this research shows that increasing of the language development after the implementation of story telling method by using doll scaffolding in group B students of TK Ganesa Singaraja in academic year 2013/2014 is 13,34%. It can be seen based on the average percentage of the students languge skill in cycle I is 67,66% with fair criteria increase 81,00% in cycle II with high criteria. Therefore, the implementation of this method is able to increase the language development of group B students of TK Ganesa Singaraja in academic year 2013/2014. keyword : storytelling, doll scaffolding, language development.
PENGARUH MODEL LINGUISTIK TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK ., Desak Made Evha Sukma Wathi; ., Dr. Desak Putu Parmiti,MS; ., Dr. Putu Aditya Antara, S.Pd.,M.Pd
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol 5, No 2 (2017): Agustus
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v5i2.11660

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kemampuan berbicara anak antara kelompok anak yang dibelajarkan dengan model linguistik dengan kelompok anak yang dibelajarkan dengan model konvensional pada anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Gugus II Kecamatan Buleleng Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017. Rancangan penelitian ini adalah Quasi Eksperimen, dengan desain post-test only control group design. Sampel penelitian ini berjumlah 55 orang yang diambil secara undian. Data hasil kemampuan berbicara dikumpulkan dengan menggunakan instrumen observasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial Anava Satu Jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berbicara antara kelompok anak yang dibelajarkan dengan model linguistik dengan kelompok anak yang dibelajarkan dengan model konvensional. Perbedaan tersebut dilihat dari skor hasil kemampuan berbicara anak diperoleh hasil thitung sebesar 73,497, sedangkan, ttabel sebesar 1,671. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel (73,497>1,671). Adanya perbedaan yang signifikan menunjukkan bahwa model linguistik berpengaruh positif terhadap hasil kemampuan berbicara anak dibandingkan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan model linguistik dapat digunakan untuk memecahkan masalah dalam pengembangan kemampuan berbicara. Kata Kunci : Anak, Kemampuan Berbicara, Model Linguistik This study aimed to examine the difference between a child’s ability that learned speaking with the linguistic model and the children that learned with the conventional model were children attending the group B in kindergarten Cluster II at Buleleng districts in even semester of the 2016/2017 academic year. The design of this study was quasi experiment, with post-test only control group design. The sample of this study amounted to 55 people taken by lot. The data of speaking ability was collected by using the observation instrument. This study uses descriptive statistical analysis techniques and inferential statistics Anava One Stripe. The results showed there were differences of speaking ability between groups of children who were taught by linguistic model with the group of children who were taught by conventional model. The difference was seen from the score of children's speaking ability obtained tcount of 73.497, whereas, ttable of 1.671. The calculation results show that tcount is bigger than ttable (73,497> 1,671). The existence of significant differences indicates that linguistic model has a positive effect on children's speaking ability compared to conventional learning model. Based on the results of this study can be suggested linguistic model can be used to solve problems development of speaking ability.keyword : Children, Linguistic Model, Speaking ability
PENERAPAN METODE BERMAIN BERBANTUAN MEDIA PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL PADA ANAK ., Ni Luh Tika Kristina Dewi; ., Dr. I G. A. Agung Sri Asri,M.Pd; ., Drs. Made Putra, M.Pd
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol 4, No 1 (2016): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v4i1.7533

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan sosial, setelah penerapan metode bermain berbantuan media puzzle pada anak kelompok B1 Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016 di TK Kumara Jaya Denpasar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah Anak Kelompok B1 Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016 TK Kumara Jaya Denpasar, sebanyak 18 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi. Setelah data terkumpul kemudian di analisis dengan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan sosial setelah penerapan metode bermain berbantuan media puzzle pada anak Kelompok B1 Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016 di TK Kumara Jaya Denpasar sebesar 16,5%. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata persentase kemampuan sosial anak pada siklus I sebesar 69,43% dengan kriteria sedang menjadi sebesar 85,93% pada siklus II yang ada pada kriteria tinggi. Dengan demikian disimpulkan penerapan metode bermain berbantuan media puzzle dapat meningkatkan kemampuan sosial pada anak kelompok B1 semester II tahun pelajaran 2015/2016 di TK Kumara Jaya Denpasar. Kata Kunci : metode bermain, media puzzle, kemampuan sosial This study aims to determine the increase in social skills, after application of media-assisted method of playing puzzle in children group B1 Semester II Academic Year 2015/2016 in kindergarten Kumara Jaya Denpasar. This research is a classroom action research (PTK) is conducted in two cycles. The subject of research is the Son Group B1 Semester II Academic Year 2015/2016 TK Kumara Jaya Denpasar, about 18 people. Collecting data in this study conducted by the method of observation and data collection instruments used were observation sheet. After the data collected then analyzed with descriptive statistical analysis and quantitative descriptive analysis method. The results showed that an increase in social skills after the application of media-aided method of playing puzzle for children Group B1 Semester II Academic Year 2015/2016 in kindergarten Kumara Jaya Denpasar 16.5%. It can be seen from the increase in the average percentage of social skills of children in the first cycle of 69.43% with moderate criteria amounted to 85.93% in the second cycle which is on high criteria. Thus concluded the application of media-aided method of playing puzzle can enhance social skills in children group B1 the second semester of academic year 2015/2016 in kindergarten Kumara Jaya Denpasar.keyword : playing method, media puzzle, social skills
Penerapan Metode Bermain Peran Berbantuan Media Wayang untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Kelompok B2 TK Kumara Jaya Denpasar Tahun Pelajaran 2014/2015 ., Maratus Shaleha; ., Drs. Ida Bagus Surya Manuaba,S.Pd., M.Fo; ., Drs. I Ketut Adnyana Putra,M.Pd
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol 3, No 1 (2015): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v3i1.4970

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional anak melalui penerapan metode bermain peran berbantuan media wayang pada kelompok B2 TK Kumara Jaya Denpasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah 20 orang anak kelompok B2 TK Kumara Jaya Denpasar. Data penelitian tentang perkembangan sosial emosional anak dikumpulkan menggunakan metode observasi dengan instrumen lembar observasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan analisis deskriptif kuantitatif.Hasil analisis data menunjukkan bahwa skor rata-rata persentase perkembangan sosial emosional pada siklus I sebesar 56,2% yang berada pada kreteria rendah dan pada siklus II menjadi 82,7% tergolong kriteria tinggi. Dengan demikian terjadi peningkatan di dalam perkembangan sosial emosional anak sebesar 26,5%. Simpulannya penerapan metode bermain peran berbantuan media wayang dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional anak kelompok B2 TK Kumara Jaya Denpasar Tahun Pelajaran 2014/2015.Kata Kunci : Kata-kata kunci: bermain peran, wayang, sosial emosional. This research aims to improve the social emotional development of childrens through applying role play method assisted media puppets on group’s B2 TK Kumara Jaya Denpasar. The type of this research is classroom action research. Conducted in 2 cycles. Research subject is 20 childrens of group’s B2 TK Kumara Jaya Denpasar. Research data on the social emotional development childrens collected using observation method with observation sheet instrument. Data were analyzed using descriptive statistical analysis method and quantitative descriptive analysis. Data analysis showed that the mean score percentage development of social emotional in cycle I at 56,2% which is at the low criteria and the cycle II becomes 82,7% relatively high criteria. This an increase in the development of social emotional childrens at 26,5%. The application of role play method assisted media puppets can improve the development of social emotional childrens group’s B2 TK Kumara Jaya Denpasar in academic year 2014/2015.keyword : Keywords: role play, puppets, social emotional
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) BERBANTUAN MEDIA SENI MELIPAT KERTAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK TK SHANTI KUMARA III SEMPIDI ., Desak Putu Mariati; ., Drs. Gede Raga, M.Si; ., Drs. Ketut Pudjawan,M.Pd
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol 2, No 1 (2014): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v2i1.3076

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Kemampuan Motorik Halus B setelah menerapkan model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) dengan media seni melipat kertas pada anak kelompok B TK Shanti Kumara III Sempidi, semester I Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 32 anak TK pada Kelompok B Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015. Data tentang kemampuan motorik halus dikumpulkan menggunakan metode observasi. Data hasil penelitian selanjutnya dianalisis menggunakan metode analisis statistik deskriftif dan metode analisis deskriftif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukan bahwa terjadi peningkatan Kemampuan Motorik Halus anak kelompok B dengan media seni melipat kertas pada siklus I sebesar 65,83% pada kategori sedang dan pada siklus II meningkat menjadi sebesar 86,41% berada pada kategori tinggi. Jadi terjadi peningkatan Kemampuan Motorik Halus dengan media seni melipat kertas sebesar 20,58%. Kata Kunci : model pembelajaran langsung (Direct Instruction), kemampuan motorik halus, media seni melipat kertas This study aims to determine the improvement of fine motor skills learning model B after applying the Direct Instruction with media art of paper folding in kindergarten children in group B III Sempidi Shanti Kumara, the first semester of academic year 2014/2015. This research is an action research conducted in two cycles. Subjects were 32 kindergarten children in Group B Second Semester Academic Year 2014/2015. Data on fine motor skills were collected using observational methods. The data were then analyzed using descriptive statistical analysis and quantitative descriptive analysis method. The results of the data analysis showed that an increase in the fine motor skills of children in group B with media art of paper folding at the first cycle of 65.83 % in the medium category and the second cycle increased to 86.41 % in the high category . So an increase in fine motor skills with the art of paper folding medium of 20.58 %keyword : direct instructional model, fine motor skills, media art of paper folding
*Pengaruh Cerita Pendek Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Kemampuan Empati Anak Kelompok B PAUD Gugus Anggrek Kecamatan Kuta Utara Tahun Pelajaran 2017/2018 ., Ni Kadek Dwi Ari Safitri; ., Luh Ayu Tirtayani, S.Psi.,M.Psi.; ., DB.KT.NGR. Semara Putra,S.Pd., M.For.
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol 6, No 1 (2018): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v6i1.15093

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cerita pendek berbasis kearifan lokal terhadap kemampuan empati anak kelompok B PAUD Gugus Anggrek Kecamatan Kuta Utara Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini berjumlah 457 anak. Pengambilan sampel dilakukan secara random. Sampel penelitian ini adalah anak kelompok B3 TK Pradnyandari II berjumlah 18 anak sebagai kelompok eksperimen dan anak kelompok B1 TK Widya Maha Gangga berjumlah 16 anak sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan dengan teknik observasi dan selanjutnya dianalisi dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung = 4,39, sedangkan pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 32 diperoleh nilai ttabel = 2,042 sehingga thitung = 4,39 > ttabel = 2,042. Berdasarkan kriteria pengujian, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Adapun nilai rata-rata kemampuan empati pada kelompok eksperimen adalah = 81,39 , sedangkan pada kelompok kontrol adalah = 67,69. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh cerita pendek berbasis kearifan lokal yang diterapkan selama proses pembelajaran terhadap kemampuan empati anak kelompok B PAUD Gugus Anggrek Kecamatan Kuta Utara Tahun Pelajaran 2017/2018.Kata Kunci : Kemampuan Empati, Cerita Pendek, Berbasis Kearifan Lokal, Metode Bercerita *This study aims to determine the effect of short stories based on local wisdom on the ability of children's empathy group B PAUD Anggrek Cluster Kecamatan Kuta Utara Lesson Year 2017/2018. This research is a quasi experiment (Quasi Experiment) with Nonequivalent Control Group Design. The population of this study amounted to 457 children. Sampling is done randomly. The sample of this research is children of B3 TK Pradnyandari II group of 18 children as experiment group and children of B1 TK Widya Maha Gangga group of 16 children as control group. Data were collected by observation technique and then analyzed by t-test. Based on the results of data analysis obtained t count = 4.39, while at the level of significance of 5% with dk = 32 obtained ttable = 2,042 so thitung = 4.39> ttable = 2.042. Based on the testing criteria, Ho is rejected and Ha accepted. The mean value of empathy ability in the experimental group is = 81.39, while in the control group is = 67,69. Based on the results of this study can be concluded that there is the influence of short stories based on local wisdom that is applied during the learning process of the ability of children's empathy group B PAUD Anggrek Cluster Kecamatan Kuta Utara Lesson Year 2017/2018keyword : *Empathy Capabilities, Short Stories, Local Wisdom-Based, Storytelling Method
PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI BERMAIN OUTDOOR PADA ANAK KELOMPOK B ., Ni Gusti Putu Wahyu Suryastuti; ., Dr. Desak Putu Parmiti,MS; ., Mutiara Magta, S.Pd.
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol 4, No 2 (2016): Agutus
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v4i2.7637

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif setelah diterapkan bermain outdoor pada anak kelompok B semester II tahun pelajaran 2015/2016 di TK Purwa Widya Dhikrama Nagasepaha, Buleleng-Bali. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah anak kelompok B semester II tahun pelajaran 2015/2016 di TK Purwa Widya Dhikrama yang berjumlah 20 orang anak. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Data penelitian tindakan kelas ini dikumpulkan melalui metode observasi menggunakan lembar observasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata persentase peningkatan kemampuan kognitif dalam memecahkan masalah dan mengenal konsep bentuk, warna, dan ukuran pada anak setelah diterapkan bermain outdoor. Pada siklus I rata-rata persentase kemampuan kognitif sebesar 66,25% berada pada kategori sedang, sedangkan terjadi peningkatan pada siklus II sebesar 87% yang berada pada kategori tinggi. Jadi penerapan bermain outdoor dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok B semester II tahun pelajaran 2015/2016 di TK Purwa Widya Dhikrama Nagasepaha, Buleleng-Bali.Kata Kunci : bermain outdoor, kemampuan kognitif, kelompok B. This study aims to determine the increase in cognitive ability after being applied on children's outdoor play group B the second semester of 2015/2016 academic year in kindergarten Purwa Widya Dhikrama Nagasepaha, Buleleng, Bali. This research is a classroom action research (PTK). The subject of this study is children in group B the second semester of 2015/2016 academic year in kindergarten Purwa Widya Dhikrama totaling 20 children. The study was conducted in two cycles. This class action research data were collected through observation using the observation sheet. Analyzed using descriptive statistics and statistical analysis of quantitative descriptive. The result showed that an increase in the average percentage increase in cognitive abilities in solving the problem and recognize the concept of form, color, and size of the child after application of outdoor play. In the first cycle the average percentage of 66.25% of cognitive abilities in middle category, while there was an increase in the second cycle of 87% is at the high category. So the application of outdoor play can enhance cognitive abilities of children in group B the second semester of 2015/2016 academic year in kindergarten Purwa Widya Dhikrama Nagasepaha, Buleleng, Bali.keyword : outdoor play, cognitive ability, group B.
Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Lotto Warna dan Bentuk untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Kelompok B3 Semester II TK Kumara Adi I Denpasar Tahun Ajaran 2014/2015 ., I Gusti Ayu Arista Dewi; ., Dr. M.G. Rini Kristiantari,M.Pd; ., Drs. I Made Suara, M.Pd
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol 3, No 1 (2015): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v3i1.5194

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan perkembangan kognitif mengenal warna dan bentuk setelah diterapkan model pembelajaran think pair share berbantuan media lotto warna dan bentuk pada anak kelompok B3 semester II di TK Kumara Adi I Denpasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah 18 anak yang terdiri dari 6 laki-laki dan 12 perempuan. Data penelitian perkembangan kognitif dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi dengan instrumen berupa lembar observasi. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif, metode analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan perkembangan kognitif dengan penerapan model pembelajaran think pair share berbantuan media lotto warna dan bentuk yang ditunjukkan pada hasil siklus I sebesar 60,17% pada kriteria rendah mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 85,56% pada kriteria tinggi. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan persentase rata-rata anak dari siklus I ke siklus II sebesar 25,86%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran think pair share berbantuan media lotto warna dan bentuk dapat meningkatkan perkembangan kognitif pada anak kelompok B3 TK Kumara Adi I Denpasar. Kata Kunci : model pembelajaran think pair share, media lotto warna dan bentuk, perkembangan kognitif This study aims to determine the increase in cognitive development recognize colors and shapes as applied learning model Think Pair share media aided lotto color and shape in the second half B3 group of children in kindergarten Kumara Adi I Denpasar. This research is a classroom action research (PTK) carried out in two cycles. Subjects were 18 children consisting of 6 men and 12 women. Cognitive development research data in this study were collected by using observation method with instruments such as observation sheet. Data from this study were analyzed using descriptive statistical analysis, descriptive analysis method qualitative and quantitative descriptive analysis. The result showed that an increase in cognitive development with application of learning models think pair share media aided lotto colors and shapes shown in the results of the first cycle of 60.17% on low criteria increased in the second cycle into 85.56% in the high criteria. This shows an increase in the average percentage of children from the first cycle to the second cycle of 25.86%. It can be concluded that the application of learning models think pair share media aided lotto colors and shapes can enhance cognitive development in children Kumara kindergarten group B3 Adi I Denpasar.keyword : Think Pair Share learning model, colored lotto and shapes media, cognitive development
PENERAPAN METODE BERMAIN BERBANTUAN MEDIA KUBUS MULTIGUNA UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ., Luh Meryati; ., Prof. Dr. Anak Agung Gede Agung,M.Pd; ., Nice Maylani Asril, S.Psi.,M.Psi.
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol 2, No 1 (2014): Juli
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v2i1.3137

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan perkembangan kognitif anak dalam pengenalan lambang bilangan setelah diterapkan metode bermain berbantuan media kubus multiguna pada anak kelompok A2 semester II Tahun Pelajaran 2013/2014 di TK Laboratorium Undiksha Singaraja. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dan subjek sebanyak 20 orang anak. Data penelitian tentang perkembangan kognitif dalam pengenalan lambang bilangan dikumpulkan dengan metode observasi dengan instrument berupa lembar format observasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan perkembangan kognitif dalam pengenalan lambang bilangan dengan penerapan metode bermain berbantuan media kubus multiguna pada siklus I sebesar 67,50% yang berada pada kategori sedang ternyata mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 83,50% yang tergolong pada kategori tinggi. Jadi, terdapat peningkatan perkembangan kognitif dalam pengenalan lambang bilangan pada anak sebesar 16%. Pada peningkatan perkembangan kognitif dalam pengenalan lambang bilangan berbantuan media kubus multiguna.Kata Kunci : metode bermain, media kubus multiguna, perkembangan kognitif The purpose of this research was to study the improvement within child cognitive development in the introduction of numbers after the application of the playing method using the multi-function cube media to the A2 group children during the second semester or the academic year 2013/2014 in TK Laboratorium Undiksha Singaraja. This type of study is a classroom action-based research which was carried out in two cycles with 20 children as the subjects. The data on the cognitive development in the introduction of numbers were collected by observation method with observation forms as the instrument. The data in this study were analyzed using descriptive statistical analysis method and quantitative descriptive analysis method. The result of the data analysis shows that there was 67.50% improvement for the cognitive development in the introduction of numbers with the application of the playing method using multi-function cube media in the first cycle, which can be categorized as average. An improvement into 83.50% was also found in the second cycle which can be categorized as high. Therefore, there was 16% improvement for the cognitive development in the introduction of numbers using the multi-function cube media.keyword : playing method, multi-function cube media, cognitive development

Page 1 of 125 | Total Record : 1248


Filter by Year

2013 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 11 No. 2 (2023): Agustus Vol. 11 No. 1 (2023): April Vol. 10 No. 3 (2022): Desember Vol. 10 No. 2 (2022): Agustus Vol. 10 No. 1 (2022): April Vol 9, No 3 (2021): Desember Vol. 9 No. 3 (2021): Desember Vol 9, No 2 (2021): Agustus Vol. 9 No. 2 (2021): Agustus Vol 9, No 1 (2021): April Vol. 9 No. 1 (2021): April Vol. 8 No. 3 (2020): Desember Vol 8, No 3 (2020): Desember Vol 8, No 3 (2020) Vol 8, No 2 (2020) Vol 8, No 2 (2020): Agustus Vol. 8 No. 2 (2020): Agustus Vol 8, No 1 (2020) Vol. 8 No. 1 (2020): April Vol 8, No 1 (2020): April Vol 7, No 3 (2019): Desember Vol 7, No 3 (2019) Vol. 7 No. 3 (2019): Desember Vol. 7 No. 2 (2019): Agustus Vol 7, No 2 (2019): Agustus Vol 7, No 2 (2019) Vol 7, No 1 (2019) Vol 7, No 1 (2019): April Vol. 7 No. 1 (2019): April Vol 6, No 3 (2018) Vol. 6 No. 3 (2018): Desember Vol 6, No 3 (2018): Desember Vol 6, No 2 (2018) Vol 6, No 2 (2018): Agustus Vol. 6 No. 2 (2018): Agustus Vol 6, No 1 (2018) Vol. 6 No. 1 (2018): April Vol 6, No 1 (2018): April Vol 5, No 3 (2017) Vol 5, No 3 (2017): Desember Vol. 5 No. 3 (2017): Desember Vol. 5 No. 2 (2017): Agustus Vol 5, No 2 (2017): Agustus Vol 5, No 2 (2017): Vol 5, No 1 (2017): Vol. 5 No. 1 (2017): April Vol 5, No 1 (2017): April Vol 4, No 3 (2016): Desember Vol 4, No 3 (2016): Vol. 4 No. 3 (2016): Desember Vol 4, No 2 (2016): Agutus Vol 4, No 2 (2016): Vol. 4 No. 2 (2016): Agutus Vol 4, No 1 (2016): April Vol. 4 No. 1 (2016): April Vol 4, No 1 (2016): Vol 3, No 1 (2015): Vol. 3 No. 1 (2015): Juli Vol 3, No 1 (2015): Juli Vol 2, No 1 (2014): Juli Vol. 2 No. 1 (2014): Juli Vol 2, No 1 (2014): Vol 1, No 1 (2013): Juli Vol. 1 No. 1 (2013): Juli Vol 1, No 1 (2013): EDISI PERDANA More Issue