cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Bio-Lectura
ISSN : 2339241X     EISSN : 25982427     DOI : -
Bio-Lectura is a scientific journal containing research articles in Biology education scope. Bio-Lectura is published twice a year (April and October) by Faculty of Teachers Training and Education University of Lancang Kuning. The editor receives posts that have not been published in other print media. aim and foccus this journal are all about Biology, and Biology Education.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2015)" : 7 Documents clear
PENGARUH SERBUK CANGKANG KERANG DARAH (Anadara granosa) TERHADAP KEJERNIHAN AIR LAHAN GAMBUT DI BAGAN SIAPIAPI Mariana Mariana
Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 2 No. 2 (2015)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/bl.v2i2.320

Abstract

ABSTRAK : Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh serbuk cangkang kerang darah (Anadara granosa) terhadap kejernihan air lahan gambut di Bagan Siapiapi. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Pendidikan Biologi FKIP UNILAK pada bulan Juni 2014. Penelitian ini adalah true experiment, dengan desain Rancangan Acak Lengkap yang terdiri dari empat perlakuan dan satu kontrol dengan lima ulangan. Analisis data menggunakan uji ANOVA One–Way, karena data berdistribusi normal dan homogen, dan uji Duncan ditaraf signifikan 1%. Hasil yang didapat pada penelitian ini yaitu tingkat kejernihan tertinggi pada A4 (60g/250ml) dengan rerata tingkat kekeruhan 1,5 NTU dan dilanjutkan dengan A3 (45g/250ml) dengan rerata tingkat kekeruhan 2,4 NTU, A2 (30g/250ml) dengan rerata tingkat kekeruhan 3,5 NTU dan A1 (15g/250ml) dengan rerata tingkat kekeruhan 4,4 NTU. Hasil uji ANOVA dan uji Duncan menunjukkan data berbeda signifikan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh serbuk cangkang kerang darah (Anadara granosa) terhadap kejernihan air lahan gambut.
ANALISIS MISKONSEPSI MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI PADA KONSEP MORFOLOGI DAUN DAN BUNGA DI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LANCANG KUNING PEKANBARU Jumiati Jumiati; Hafirah Hijratul Hamid
Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 2 No. 2 (2015)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/bl.v2i2.321

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi mahasiswa calon guru Biologi pada konsep morfologi daun dan bunga di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lancang Kuning, Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei2014. Subyek penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester II Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lancang Kuning yang berjumlah 47 orang. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Instrumen penelitian ini berupa tes diagnostik yang terdiri dari 25 butir soal pilihan ganda yang dilengkapi indeks keyakinan mahasiswa (CRI) terhadap jawaban tes. Untuk mengetahui penyebab terjadinya miskonsepsi dilakukan wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara kuantitatif dan kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan miskonsepsi yang terjadi pada konsep morfologi daun memiliki miskonsepsi lebih tinggi yaitu sebanyak 12,46% dan miskonsepsi pada konsep morfologi bunga sebanyak 12,17% dan miskonsepsi secara keseluruhan sebanyak 12,34%. Tingkat pemahaman mahasiswa yang tergolong sangat baik, tingkat pemahaman yang baik 40,42%, tingkat pemahaman cukup 46,80% dan10,63% tergolong memiliki pemahaman yang kurang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami miskonsepsi baik pada konsep morfologi daun dan morfologi bunga.
PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI KELAS XI IPA SMA NURUL FALAH PEKANBARU Raudhah Awal; Noni Yulianti
Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 2 No. 2 (2015)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/bl.v2i2.322

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Learning Cycle terhadap penguasaan konsep siswa pada materi sistem ekskresi di kelas XI IPA SMA Nurul Falah Pekanbaru. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2014. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen The Matching only Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA1 dan XI IPA2, dengan teknik pengambilan total sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa t-test. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest dan observasi. Rerata N-Gain kelas eksperimen 0,60 kategori sedang, sedangkan kelas kontrol 0,49 kategori sedang. Dari hasil Uji-t terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rerata aktivitas guru kelas eksperimen pertemuan I dan II 100% kelas kontrol pertemuan I dan II 100%. Rerata aktivitas siswa kelas ekperimen pertemuan I 96,40%, II 98,20% dan kelas kontrol pertemuan I 80% II 70%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Learning Cycle terhadap peningkatan penguasaan konsep siswa serta dapat meningkatkan aktivitas belajar guru dan siswa pada materi sistem ekskresi di kelas XI IPA SMA Nurul Falah Pekanbaru Tahun Ajaran 2013/2014
PENGARUH JENIS MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN VEGETATIF TANAMAN CABAI RAWIT (Capsicum frutescens L.) Ermina Sari; Dika Fantashe
Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 2 No. 2 (2015)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/bl.v2i2.323

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis media tanam terhadap pertumbuhan vegetatif tanaman cabai rawit (Capsicum frutescens L.). Penelitian ini dilaksanakan di rumah kaca Fakultas Pertanian Universitas Lancang Kuning pada bulan Maret – April 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 4 perlakuan yaitu: M0 (tanah:pupuk kandang) dengan perbandingan 5:1, M1 (tanah:sekam padi:pupuk kandang) dengan perbandingan 3:2:1, M2 (tanah:serbuk gergaji:pupuk kandang) dengan perbandingan 3:2:1, M3 (tanah:sabut kelapa:pupuk kandang) dengan perbandingan 3:2:1.Data dianalisa dengan menggunakan uji Analysisof Varians(ANOVA) One-Waydengan taraf signifikan (α) = 0,01. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan jenis media tanam terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, berat basah dan berat kering kecuali panjang akar tanaman cabai rawit (Capsicum frutescens L.). Hasil yang terbaik terdapat pada media M3 (tanah:sabut kelapa:pupuk kandang) dengan rerata tinggi tanaman 12,17 cm, jumlah daun 7 helai, berat basah 1,5 g, dan berat kering 0,19 g.
IDENTIFIKASI SERANGGA DEKOMPOSER DI PERMUKAAN TANAH HUTAN TROPIS DATARAN RENDAH (Studi Kasus di Arboretum dan Komplek Kampus UNILAK dengan Luas 9,2 Ha) Martala Sari
Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 2 No. 2 (2015)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/bl.v2i2.324

Abstract

ABSTRAK: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keanekaragaman serangga dekomposer permukaan tanah hutan tropis dataran rendah di Arboretum dan komplek kampus UNILAK dengan luas 9,2 Ha. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Maret – Juli 2014 di Hutan Arboretum dan Kawasan Kampus UNILAK Pekanbaru. Metode Penelitian dengan menggunakan pitfall trap atau perangkap jebakan yang diletakkan di hutan homogen (kawasan kampus) dan hutan heterogen (Arboretum). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan purposive sampling. Sampel serangga yang diperolehi diidentifikasi dan Data Analisis di Laboratorium pendidikan Biologi. Hasil yang diperolehi hasil pengamatan dapat disimpulkan bahwasanya terdapat sebanyak 6 ordo yaitu Formicidae, Vespidaceae, Gryllinae, Coleoptera, Siphonoptera, Diptera. Kelompok ordo yang tertinggi jumlah individu yang ditemukan adalah pada ordo Formicidae dengan jumlah 114 individu pada hutan heterogen sedangkan 16 pada hutan homogen. Sedangkan Keanekaragamannya pada hutan heterogen tergolong tinggi sedangkan hutan homogeny tergolong rendah.
IDENTIFIKASI SPESIES IKAN DI WADUK CIRATA, JAWA BARAT Arlian Firda
Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 2 No. 2 (2015)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/bl.v2i2.325

Abstract

ABSTRAKS: Ikan menempati berbagai bentuk ekosistem perairan seperti laut, payau dan air tawar. Sekitar 43% dari jumlah total dari semua jenis ikan, menempati air tawar. Konstruksi Reservoir menyebabkan perubahan topografi dan hidrologi air alami. Altaration topografi berhubungan dengan keragaman spesies. Waduk Cirata merupakan waduk utama di Indonesia, terbentuk dari pembendungan Sungai Citarum. Jumlah spesies ikan asli di sungai Citarum sebelum pembendungan lebih dari 20 spesies. Studi ini menemukan 16 spesies ikan, dengan sembilan spesies asli, adalah; Barbonymus balleroides, Rasbora argyrotaenia, Osteochilus vittatus, Mystacoleucus marginatus, Hampala macrolepidota, Hemibagrus nemurus, Mystus nigriceps, Oxyleotris marmorata, Parambasis siamensis, serta tujuh spesies non-pribumi adalah; Cyprinus carpio, Oreochromis niloticus, Hemichromis elongatus, Amphilopus citrinellus, Chanos chanos, bawal, Hypostomus plecostomus. Spesies ikan asli yang tidak ditemukan dalam penelitian sebelumnya adalah Barbonymus gonionotus, Puntius binotatus, dan Chana striata.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUT SIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA Rikizaputra Rikizaputra; Neneng Ariyani
Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi Vol. 2 No. 2 (2015)
Publisher : Universitas Lancang Kuning

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31849/bl.v2i2.326

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe IOC terhadap penguasaan konsep siswa pada materi sistem ekskresi manusia. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPA SMAN 1 Bunga Raya pada bulan Maret 2014. Penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen nonequivalent Groups Pretest Posttest Design. Sampel penelitian siswa kelas XI IPA1 dan XI IPA2 dengan teknik pengambilan Total Sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui pretest, posttest dan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini berupa t-test. Rerata N-gain kelas eksperimen 0.56 (sedang) sedangkan kelas kontrol 0.31 (sedang). Dari hasil uji-t terdapat perbedaan yang singnifikan antara kelas kontrol dan eksperimen. Rerata aktifitas siswa kelas eksperimen pertemuan I 91,53%, II 96,92% dan kelas kontrol pertemuan I 65,38%, II 80%. Rerata aktifitas guru kelas eksperimen dan kontrol pertemuan I 100%, II 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe IOC berpengaruh terhadap penguasaan konsep siswa pada materi sistem ekskresi manusia dikelas XI IPA SMAN 1 Bunga Raya Kabupaten Siak tahun ajaran 2013/2014.

Page 1 of 1 | Total Record : 7