cover
Contact Name
Les Pingon
Contact Email
lespingon21@upi.edu
Phone
+6282144647693
Journal Mail Official
hendriklempeh@gmail.com
Editorial Address
Jl. Udayana No.11, Banjar Tegal, Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali 81116
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Seni Rupa
ISSN : -     EISSN : 26139596     DOI : http://dx.doi.org/10.23887/jjpsp.v11i2.39468
Core Subject : Education, Art,
Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha is a scientific journal published by Jurusan Pendidikan Seni Rupa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Pendidikan Ganesha. This journal aims to accommodate articles of research results and the results of community service in the field of education and learning about education.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 2 (2021)" : 8 Documents clear
PERANCANGAN MEDIA PROMOSI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL RUMAH MAKAN WARUNG AYU KALIBUKBUK LOVINA wijaya, kadek ary angga
Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha Vol 11, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (690.143 KB) | DOI: 10.23887/jjpsp.v11i2.37345

Abstract

Abstrak  Perancangan media Desain Komunikasi Visual promosi dilakukan di rumah makan Warung Ayu yang terletak di desa Kalibukbuk, Lovina. Rumah makan Warung Ayu ini sudah berdiri sejak tahun 2011 dengan menyediakan berbagai macam makanan mulai dari makanan khas Indonesia, Eropa, dan juga makanan khas Bali. Namun, kekurangan dari rumah makan Warung Ayu ini adalah pada bidang promosi. Media promosi yang mendukung rumah makan Warung Ayu ini hanya menggunakan papan nama, banner, dan kartu nama. Pada penelitian ini, peneliti merancang karya Desain Komunikasi Visual media promosi yang dapat mendukung kebutuhan promosi dari rumah makan Warung Ayu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempromosikan rumah makan Warung Ayu dengan menggunakan media-media Desain Komunikasi Visual agar bisa menarik pelanggan dan juga terlihat inovatif. Media utama dari penelitian ini adalah video promosi dan juga media – media promosi pendukung lainnya yang dirancang oleh peneliti adalah X-Banner, brosur, totebag, menu makanan, logo, poster, dan papan nama.  Kata Kunci: Desain Komunikasi Visual, promosi, rumah makan.  Abstract The design of the promotional Visual Communication Design media was carried out at the Warung Ayu restaurant located in Kalibukbuk village, Lovina. Warung Ayu restaurant has been established since 2011 by providing various kinds of food ranging from Indonesian, European, and Balinese specialties. However, the drawback of this Warung Ayu restaurant is in the field of promotion. The promotional media that supports the Warung Ayu restaurant only uses nameplates, banners, and business cards. In this study, researchers design the work of Visual Communication Design for promotional media that can support the promotional needs of the Warung Ayu restaurant. The purpose of this research is to promote the Warung Ayu restaurant by using Visual Communication Design media in order to attract customers and also look innovative. The main media of this research are promotional videos and also other supporting promotional media that designed by researchers are X-Banners, brochures, tote bags, food menus, logos, posters, and name boards.Keywords: Visual Communication Design, promotion, restaurant
KERAJINAN KETAK DI DESA PENGADANG KECAMATAN PRAYA TENGAH KABUPATEN LOMBOK TENGAH Ghani, Khawarizmi Abdul
Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha Vol 11, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (686.244 KB) | DOI: 10.23887/jjpsp.v11i2.39345

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang (1) Untuk mengetahui perlakuan alat terhadap bahan baku ketak dalam kerajinan anyaman ketak di Desa Pengadang. (2) Untuk menganalisis kerajinan anyaman ketak di Desa Pengadang. (3) Untuk mengetahui varian produk kerajinan ketak di Desa Pengadang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriftif kualitatif. Objek penelitian ini adalah kerajinan anyaman ketak di Desa Pengadang, Kecamatan Praya Tengah, Kabupaten Lombok Tengah. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan keperpustakaan.  Hasil penelitian menunjukkan, (1) perlakuan alat terhadap bahan baku ketak tergantung kondisi bahan baku. (2) proses analisis pembuatan kerajinan ketak yaitu mulai dari proses persiapan bahan baku, alat pendukung kerajina, penganyaman, perakitan, dan terakhir adalah finishing (3) terdapat beberapa varian produk kerajinan di desa Pengadang mulai produk setengah jadi maupun jadi yang terbuat dari bahan baku ketak serta bahan baku lainya seperti rotan, sintetis, kayu dan bambu, adapun produk yang di hasilkan seperti tas, keranjang, nampan, piring, dan lain-lain.Kata-kata kunci: kerajinan, anyaman, ketak Abstract This study aims to find out about (1) To find out the treatment of tools for ketak raw materials in the craft of woven ketak in Pengadang Village. (2) To analyze the craft of woven ketak in Pengadang Village. (3) To find out the variants of ketak handicraft products in Pengadang Village. The type of research used is descriptive qualitative research. The object of this research is the craft of woven ketak in Pengadang Village, Central Praya District, Central Lombok Regency. The method of data collection is done by using the methods of observation, interviews, documentation, and libraries            The results showed, (1) the treatment of the tool on the raw material of the raw material depends on the condition of the raw material. (2) the analysis process of making ketak handicrafts, starting from the process of preparing raw materials, supporting tools for crafts, weaving, assembling, and finally finishing (3) there are several variants of handicraft products in Pengadang village ranging from semi-finished and finished products made from raw materials ketak and other raw materials such as rattan, synthetics, wood and bamboo, as for the products produced such as bags, baskets, trays, plates, and others.Keywords: craft, woven, ketak
ANALISIS KARYA PATUNG HARIMAU BERBAHAN LIMBAH BESI Pingon, Les
Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha Vol 11, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.642 KB) | DOI: 10.23887/jjpsp.v11i2.39468

Abstract

Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan ciri dari kemajuan zaman atau peradaban, yang diimplementasikan dalam pembangunan dan penciptaan sebuah benda. Salah satu bahan utama dalam penciptaan suatu benda yakni besi atau logam yang tingkat penggunaannya semakin meningkat. Dari pemnaafatan besi atau logam yang cukup tinggi, maka muncul permasalahan baru dengan lahirnya limbah besi yang akan berdampak pada keberlanjutan lingkungan hidup. Maka dari itu, perlu adanya penanganan khusus untuk mengatasi hal tersebut, yakni dengan mendaur ulang limbah besi yang dapat dimanfaatkan menjadi bahan pembuatan karya seni kriya dalam bentuk patung dengan objek harimau. Pada penelitian ini, penulis melakukan analisis pada hasil karya patung harimau berbahan limbah besi untuk memberikan sejumlah informasi yang dapat dijadikan role model pengembangan karyakarya patung lainnya. Adapun hasil anasilis patung mengenai sketsa karya, bentuk visual karya, analisis konseptual karya dan analisis visual estetis karya. Ide gagasan pembuatan karya patung tersebut diciptakan dengan menggunakan teknik assembling atau perakitan dengan berbantuan alat las listrik sebagai perekatnya. Adapun pengembangan konsep pembuatan karya patung ini diawali dengan pengamatan ojek harimau dari berbagai jenis gambar, pembuatan sketsa awal, pencarian bahan limbah besi, persiapan alat, proses perakitan dan proses finishing. Karya patung ini memberikan gambaran pemodelan pemanfaatan limbah besi yang dapat memberikan hasil karya seni yang menarik.
PEMBELAJARAN DARING SENI BUDAYA DI KELAS VIII A4 SMP NEGERI 1 SINGARAJA Amelia, Indana Zulfa
Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha Vol 11, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpsp.v11i2.40125

Abstract

Artikel ini memuat bagian dari skripsi yang berjudul “Sistem Pembelajaran Seni Budaya Berbasis Daring di SMP Negeri 1 Singaraja” yang di dalamnya memuat tentang pembelajaran daring seni budaya di kelas VIII A4 secara daring. Alasan penelitian ini adalah sebagai salah satu referensi bagaimana sistem pendidikan berjalan di tengah masa pandemic COVID-19. Penelitian ini memiliki beberapa tujuan yaitu (1) proses pembelajaran seni budaya di kelas VIII A4 SMP Negeri 1 Singaraja, (2) aplikasi yang digunakan dalam menunjang pembelajaran seni budaya di kelas VIII A4 secara daring di SMP Negeri 1 Singaraja, (3) dampak positif dan negatif yang dirasakan siswa saat melaksanakan pembelajaran seni budaya secara daring. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Adapun metode penelelitian yang digunakan yaitu observasi, wawancara tertulis, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) siswa kelas VIII A4 memulai pembelajaran seni budaya pada pukul 07:40 WITA dengan menggunakan link google meet yang sudah dibagikan 10 menit sebelum guru seni budaya memulai pembelajaran, (2) aplikasi yang digunakan untuk menunjang pembelajaran seni budaya secara daring yaitu Google Meet untuk melakukan tatap muka melalui video. WhatsApp yang digunakan untuk melakukan presensi, group kelas, pengumpulan tugas dan menyebarkan informasi. Aplikasi khusus BEE (Buleleng Education Expose) yang digunakan untuk mengumpulkan tugas, mengunduh materi pembelajaran, UTS dan UAS. Google Drive sebagai pengganti dalam mengumpulkan tugas gambar, video maupun dokumen jika aplikasi BEE (Buleleng Education Expose) sedang mengalami gangguan, (3) kendala yang paling dirasakan siswa adalah kurangnya jaringan internet dan kendala kuota belajar.Kata Kunci : Pembelajaran, Daring, Seni Budaya.
GERABAH DI DESA BANYUMULEK KECAMATAN KEDIRI KABUPATEN LOMBOK BARAT ria, wayan nanda
Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha Vol 11, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (723.196 KB) | DOI: 10.23887/jjpsp.v11i2.40264

Abstract

AbstrakPembuatan gerabah yang di dalamnya terkandung unsur seni terapan  dipelajari bukan hanya sebagai seni tradisi yang diturunkan oleh nenek moyang, melainkan juga sebagai upaya untuk memahami keberadaan  gerabah dalam tata kehidupan budaya masyarakat di daerah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk:  (1) Mendiskripsikan jenis dan bentuk gerabah Desa Banyumulek, Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat Nusa Tenggara Barat .(2). Mendiskripsikan   jenis dan dekorasi Gerabah Banyumulek kecamatan Kediri     kabupaten Lombok Barat Nusa Tenggara Barat.  Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriftif kualitatif. Objek penelitian ini adalah Kerajinan Gerabah di Desa Banyumulek, Kecamatan Kediri, Lombok Barat. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Jenis dan bentuk Gerabah awal dibagi dalam bentuk kebutuhan makan dan minum bagi masyarakat Banyumulek (2) jenis gerabah pertengahan adalah merupakan jenis gerabah peralatan rumah tangga, (3) jenis dan bentuk gerabah modern adalah merupakan cindera mata atau souvenir bagi tamu yang datang ke Banyumulek.(4) jenis dan dekorasi gerabah Banyumulek diprose pada bentuk dan jenis gerabah gentong, botol , kendi , kerotok , spanyol, selao,  dan pot hiasan meja.Kata kunci: Gerabah,  Banyumulek, Lombok BaratAbstractPottery contained elemen  of applied art is learned not only as at a traditional  art, passed down by  the ancestors ut also as an effort to understand  This research aims to (1) describing the types and forms of pottery at Banyumulek Village, Kediri District, West Lombok, (2) describing the types and  decoration pottery at Banyumulek Village, Kediri District, West Lombok. The type of research used is descriptive qualitative research. object of  pottery craft at Banyumulek Village, Kediri District, West Lombok. Data collection method is to use the method of observation, interview, and documentation.The results of research showed that (1) types and forms of early pottery devide into the form of food and drink needs for Banyumulek people  (2) medieval types and pottery are is a type of household utensil pottery , (3) types of forms modern pottery are is a souvenir for guests who come to Banyumulek, (4). Types and decoration of Banyumulek pottery processed in the  form of on the type of pottery , barrel jug,bottle jug, spanis,  purslane and table decoration pots. Key words : Art Crafts, Banyumulek, West Lombok
ANALISIS PROSES DAN HASIL PEMBELAJARAN BATIK JUMPUTAN DI SMA NEGERI 1 GENTENG Nataza, Cindra
Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha Vol 11, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (354.855 KB) | DOI: 10.23887/jjpsp.v11i2.42026

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran batik jumputan secara daring di kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Genteng, (2) Untuk mendeskripsikan bagaimana karya batik jumputan yang dihasilkan siswa kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Genteng, (3) Untuk menganalisis nilai estetis serta motif yang ada pada karya batik jumputan siswa kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Genteng. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk memahami kondisi suatu konteks yang mengarah pada pendeskripsian secara rinci dan mendalam mengenai kondisi suatu konteks secara alami dan apa adanya. Sasaran penelitian ini adalah (1) Proses pembelajaran batik jumputan yang dilaksanakan secara daring di kelas XI MIPA 5 SMAN Negeri 1 Genteng, (2) Siswa kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Genteng serta karya batik jumputan yang di hasilkan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) proses pembelajaran batik jumputan di SMA Negeri 1 Genteng berdasarkan hasil wawancara dengan guru seni budaya serta observasi yang dilakukan oleh penulis dapat mengetahui (a) Aplikasi serta platform yang digunakan, (b) pemilihan materi batik jumputan, (c) sistematika pembelajaran dan pengumpulan tugas (2) karya batik jumputan siswa kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Genteng berdasarkan pengamatan penulis dapat diketahui (a) penugasan Karya Batik Jumputan, (b) pengerjaan batik jumputan oleh siswa, (c) Kesimpulan karya batik jumputan siswa (3) analisis estetik karya batik jumputan siswa kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Genteng berdasarkan analisis yang dilakukan penulis dapat di ketahui (a) Estetika pada karya batik jumputan siswa, (b) pengaruh proses lipatan, ikatan, dan pewarnaan pain pada motif yang dihasilkan, (c) Warna yang dihasilkan oleh siswa pada karya batik jumputan.  Kata- kata kunci: pembelajaran, batik, estetika 
Kerajinan Perhiasan Emas Di Desa Tegak, Klungkung Suarpradana K, I Made
Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha Vol 11, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (509.673 KB) | DOI: 10.23887/jjpsp.v11i2.42325

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang (1) Untuk mengetahui bahan dan alat yang digunakan dalam proses pembuatan perhiasan emas oleh pengrajin di desa Tegak, Klungkung. (2) Untuk mengetahui bagaimana proses pembuatan perhiasan emas di desa Tegak, Klungkung. (3) Untuk mengetahui jenis-jenis produk yang di hasilkan oleh pengrajin emas di desa Tegak, Klungkung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriftif kualitatif. Objek penelitian ini adalah kerajinan emas di dea Tegak, Klungkung. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan keperpustakaan.  Hasil penelitian menunjukkan, (1) terdapat bahan dan alat yang dipergunakan, untuk bahannya adalah emas, biji tembaga, Hcl (asam klorida), tawas, pijer (boraks), sendawa, garam, dan buah lerak. Alat yang dipergunakan untuk mendukung proses pembuatan perhiasan emas antara lain pengaudan, penglindesan, sikat, pembaringan, palu, pahat (tatah), tusuk bungkung(cincin), tang, gunting emas, gunting plat, kikir, gesik sangling, leter, bor tangan, nomor ukuran cincin, penyemplongan (penyetakan emas), gergaji emas, selaksakan, dodokan, pacal, pengeplakan cincin, catokan, blander kompor, tempat penyepuhan, kuas, dan jangka/paser. Sedangkan alat mesin yang di gunakan yaitu, dinamo pemolisan, timbangan digital, dan  bor listrik. (2) proses analisis pembuatan perhiasan emas yang pertama yaitu mulai dari pembuatan desain sampai dengan proses penyepuhan (finishing) (3) untuk produk perhiasan yang dihasilkan berupa kalung, cincin, gelang, bros, dan anting. Kata-kata kunci: kerajinan, emas AbstractThis study aims to find out about (1) To find out the materials and tools used in the process of making gold jewelry by craftsmen in the village of Tegak, Klungkung. (2) To find out how the process of making gold jewelry in the village of Tegak, Klungkung. (3) To find out the types of products produced by gold craftsmen in the village of Tegak, Klungkung. The type of research used is descriptive qualitative research. The object of this research is gold craft in the village of Tegak, Klungkung. Methods of data collection is done by using the method of observation, interviews, documentation, and libraries.The results showed, (1) there were materials and tools used, for the ingredients were gold, copper ore, Hcl (hydrochloric acid), alum, pijer (borax), saltpeter, salt, and lerak fruit. Tools used to support the process of making gold jewelry include grinding, grinding, brush, laying, hammer, chisel (inlay), bungkung (ring), pliers, gold shears, plate scissors, file, gesik sangling, leter, hand drill, ring size number, pememplongan (gold insertion), gold saw, selaksakan, dodokan, pacal, ring packing, straightener, stove blander, gilding holder, brush, and compass/paser. Meanwhile, the machine tools used are polishing dynamos, digital scales, and electric drills. (2) the analysis process of the first gold jewelry making, starting from the design to the finishing process (3) for the jewelry products produced in the form of necklaces, rings, bracelets, brooches, and earrings. Keywords: craft, gold
Kerajinan Gitar Ukir Indah Ukir Di Desa Tukad Mungga,Buleleng Saputra, Putu Wahyu
Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha Vol 11, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.112 KB) | DOI: 10.23887/jjpsp.v11i2.42319

Abstract

Artikel ini merupakan bagian dari penelitian dari “Kerajinan Gitar Ukir Indah Ukir Di Desa Tukad Mungga, Buleleng ”. Artikel ini bertujuam untuk mendiskripsikan: 1) sejarah berdirinya kerajinan gitar ukir Indah Ukir Di Desa Tukad Mungga, Buleleng. 2) bahan dan alat dalam pembuatan gitar ukir Indah Ukir Di Desa Tukad Mungga, Buleleng. 3) proses pengukiran pada body gitar di usaha Indah Ukir di Desa Tukad Mungga Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng. 4) motif apa saja yang digunakan pada kerajinan gitar ukir Indah Ukir Di Desa Tukad Mungga, Buleleng. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara,dokumentasi, dan kepustakaan. Hasil penelitian sebagai berikut (1) sejarah berdirinya kerajinan gitar ukir pada usaha Indah Ukir di Desa Tukad Mungga Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng 2) Bahan yang digunakan yaitu Kayu Mahoni, Kayu sonokeling , Lem Epoxy dan Lem G., Amplas , Senar gitar , Tunning machine, Nut , Spul , Dempul Kayu atau Wood Fille, Cat Warna dan Clear Gloss Mowilex. 3) Alat yang digunakan terdiri Pahat. Pahat terbagi menjadi lima macam yaitu pahat lengkung atau penguku, pahat lurus, pahat penyisir, pahat penyekong serta pahat penatar kemudian Pengotok , Mal ukiran , Alat cetakan tabung gitar , Mesin Gergaji Pembelah , Mesin serut, Mesin gergaji jigshow, Bor tangan listrik , Gerinda, mesin router , Klem, yang teridri dari klem catok, klem F dan klem press, Kompresor dan Kapi. Kata-kata Kunci: kerajinan, gitar ukir, Tukad MungggaAbstract This article is part of a research from "Guitar Carving Crafts in Beautiful Carving Business in Tukad Mungga Village, Buleleng District, Buleleng Regency". This article aims to describe: 1) the history of the founding of the carved guitar at the Indah Carving business in Tukad Mungga Village, Buleleng District, Buleleng Regency. 2) materials and tools in the manufacture of carved guitars at the Indah Carving business in Tukad Mungga Village, Buleleng District, Buleleng Regency. 3) the process of engraving on the guitar body at the Indah Carving business in Tukad Mungga Village, Buleleng District, Buleleng Regency. 4) What motifs are used in the carving guitar at the Indah Carving business in Tukad Mungga Village, Buleleng District, Buleleng Regency. Data collection techniques used in this study were observation, interviews, documentation, and literature. The results of the study are as follows (1) the history of the establishment of the carving guitar at the Indah Carving business in Tukad Mungga Village, Buleleng District, Buleleng Regency 2) The materials used are Mahogany wood, Sonokeling wood, Epoxy glue and G glue, Sandpaper, guitar strings, Tunning machine , Nut , Spool , Wood Putty or Wood Fille, Color Paint and Mowilex Clear Gloss. 3) The tool used consists of a chisel. Chisels are divided into five types, namely curved or curved chisels, straight chisels, combing chisels, supporting chisels and upgrading chisels then Pengotok, engraving malls, guitar tube molds, cleaver saws, shaver machines, jigshow saws, electric hand drills, grinders, router machine, Klem, which consists of vise clamps, F clamps and press clamps, Compressors and Kapi. Keywords: craft, carved guitar, Tukad Muggga

Page 1 of 1 | Total Record : 8