cover
Contact Name
Les Pingon
Contact Email
lespingon21@upi.edu
Phone
+6282144647693
Journal Mail Official
hendriklempeh@gmail.com
Editorial Address
Jl. Udayana No.11, Banjar Tegal, Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali 81116
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Seni Rupa
ISSN : -     EISSN : 26139596     DOI : http://dx.doi.org/10.23887/jjpsp.v11i2.39468
Core Subject : Education, Art,
Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha is a scientific journal published by Jurusan Pendidikan Seni Rupa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Pendidikan Ganesha. This journal aims to accommodate articles of research results and the results of community service in the field of education and learning about education.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 11 No. 1 (2021)" : 5 Documents clear
Analisis Gambar Bak Truk di Bondowoso eky irfirdaus
Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha Vol. 11 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpsp.v11i1.34711

Abstract

ANALISIS GAMBAR BAK TRUK DI BONDOWSO Eky Irfirdaus1, I Ketut Sudita2, I Nyoman Rediase3    Program Studi Pendidikan Seni RupaFakultas Bahasa dan SeniUniversitas Pendidikan GaneshaSingaraja, Bali, Indonesia e_mail: kykyedhan8@gmail.com1, ketut.sudita@ymail.com2, polenkart@gmail.com3 AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bahan dan alat  yang digunakan dalam proses pembuatan, (2) makna latar belakang penciptaan tema gambar bak truk, (3) nilai estetik gambar bak truk. Jenis  penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subyek penelitian adalah adalah pemilik perusahaan yang ada di timur taman kota Bondowoso beserta karyawannya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, diskusi , dokumentasi, dan kepustakaan.Hasil penelitian ini menujukkan (1) bahan dan alat  yang digunakan dalam proses pembuatan yaitu: Sekotlet, computer, mesin cetak cutting, cutter, gunting, penggaris, rakel, sprayer, hairdrayer, dan air sampo ; (2) makna latar belakang penciptaan tema gambar bak ruk adalah pokok pikiran yang menjadikan terciptanya sebuah gambar gambar lengkap dengan synopsis, diksi ataupun sarat saji dalam pembentukannya yang meliputi pola pikir dan prasaan seniman dan pemilik truk itu sendiri; (3) nilai estetik gambar bak truk terdiri dari unsur-unsur desain. Kata kunci: gambar, bak truk Bondowoso, nilai estetis AbstrackThis study aims to describe (1) the materials and tools used in the manufacturing process, (2) the meaning of the background of the creation of the truck body image theme, (3) the aesthetic value of the truck body image. This type of research is qualitative research. The subject of the study was the owner of a company in the east of Bondowoso city park and its employees. The data collection techniques used in this study are observation, interview, discussion, documentation, and literature.The results of this study showed (1) materials and tools used in the manufacturing process, namely: Sekotlet, computer, cutting printing machine, cutter, scissors, ruler, rakel, sprayer, hairdrayer, and shampoo water; (2) the meaning of the background of the creation of the truck body image theme is the point of thought that makes the creation of an image complete with synopsis, diction or full of food in its formation which includes the mindset and pre-creation of the artist and the owner of the truck itself; (3) The aesthetic value of the truck body image consists of design elements. Keywords: image, bondowoso truck tub, aesthetic value    PENDAHULUAN  Seni merupakan salah satu unsur dalam sistem kebudayaan yang menjadi bagian dari kehidupan manusia. Hal itu bisa memicu potensi untuk menghasilkan hal-hal yang kreatif dalam segi penciptaan karya seni tersebut, salah satunya adalah penciptaan karya seni rupa. Seni rupa merupakan ungkapan gagasan dan perasaan manusia yang diwujudkan melalui pengolahan media dan penataan elemen serta prinsip-prinsip desain.Seni, berkembang mengalami perubahan sesuai situasi kotanya. Dalam perwujudannya kemudian khususnya terhadap seni urban telah menjelma menjadi sebuah tren fashion, street art (mural dan graffiti), dan bentuk perwujudan lain yang menjadikan kota sebagai latar belakang dalam segala kegiatan tersebut. Gambar ataupun objek yang digunakan untuk mempercantik bak truk jika dilihat dari unsur estetika tentu masih jauh dibanding karya-karya para seniman yang dipamerkan di galeri-galeri. Namun itu justru tidak menjadikan gambar pada bak angkutan truk bukan suatu hal yang tidak indah, meskipun sebagian orang masih ada yang beranggapan sinis dan memandang rendah, karena menampilkan kontent tanpa muatan yang berunsur pendidikan ataupun informasi penting untuk diserap.Aris Darisman (2014) dalam kutipan Bussard, Ward, dan Yee (1999) pernah menulis tentang fenomena kehidupan masyarakat kota, bahwa persoalan keseharian yang dalam esai Charles Baudelaire (1863), The Painter of Modern Life, menjadi insiprasi bagi para pelukis impresionis untuk melukis subjek-subjek modern, subjek-subjek modern dalam wujud persoalan keseharian yang terjadi di sepanjang jalan di kota Paris, jembatan, dan kafe pinggir jalan Melalui karyanya, seniman graffiti dapat menyampaikan berbagai pesan.  Pemikiran tentang menariknya seni rendah ini, dan kemudian menunjukkan bahwa gambar itu tidak selamanya berada di ruang pameran, dengan visual yang memiliki tema-tema yang tentu saja mengusik cara pandang penulis,  antara tema dengan fungsi seni yang ingin diperlihatkan gambar bak truk tersebut untuk dinikmati sebagai pemandangan visual di jalan raya. Dengan kata lain, gambar bak truk ini juga merupakan salah satu fenomena dari budaya populer yang tercipta di Indonesia menjadikan gambar ini memiliki keunikan tersendiri pada media yang digunakan. METODE PENELITIAN Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, Afiful Ikhwan (2013) mengutip pendapat Jane Richie, penelitian kualitatif adalah upaya untuk menyajikan dunia social dan perspektifnya di dalam dunia, dari segi konsep, prilaku, persepsi, dan personal tentang manusia diteliti.. penelitian ini adalah pak Amari pemilik perusahaan yang ada di timur taman kota Bondowoso beserta karyawannya atau pekerjanya. Lebih tepatnya dilaksanakan di Trans sticker alun-alun Bondowoso  Pendekatan penelitian kualitatif ini bertujuan mencari gambaran yang jelas tentang tema-tema dan fungsi proses Pengungkapan gambaran mengenai situasi dan kondisi tempat Penelitian difokuskan penelitian. Penelitian yang direncanakan dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi    Hasil dan Pembahasan Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat cutting stiker dapat dilihat pada gambar 1 (sekotlet), gambar 2 (mesin cetak cutting stiker), gambar 3 (cutter, gunting, penggaris, rakel. Speyer, hair dryer, dan air sampo).          Gambar 1                                Gambar 2                                Gambar 3 Setelah alat dan bahan diketahui, langkah awal yang dilakukan adalah proses desain gambar di computer menggunakan software coreldraw. Adapun Langkah-langkahnya sebagai berikut: Tahap desain cutting sticker  Tabel 1 Tahap desain cutting stikerNoTahap desain cutting stikerGambarDeskripsi1 Tahap Desaina.Buka software coreldraw      b.Proses desain gambar     Buka software coreldraw pada computer dan Masukan gambar yang akan di desain   Proses desain gambar dan Tahap akhir pembuatan desain gambar menggunakan software coreldrawProses desain gambar dan Tahap akhir pembuatan desain gambar menggunakan software coreldraw   Setelah tahap desain cutting sudah, langkah berikutnya ialah tahap cetak dan tempel desain cutting stiker sebagai berikut:   Tabel 2 Tahap cetak dan tempelNo Tahap cetak dan TempelGambarDeskripsi1.Tahap cetak dan tempel desain cutting sticker     a. peeling atau pengelupasan              b. tempelkan bahan                   Penempelan dan perataan                    Finising                  Setelah selesai mendesain gambar pada bak truk, selanjutnya cetak dan proses bahan menggunakan mesin cutting   Lanjut dengan tahap peeling atau pengelupasan ke bahan cutting, pilah atau seleksi yang ingin ditempel.            Selesai melakukan proses peeling, selanjutnya tempelkan bahan isolasi ke atas cutting agar nanti saat proses pelepasan perekat dasar bawah cutting, bahan cutting yang ingin di tempel masih merekat dengan isolasiatau selotip bening. Sehingga memudahkan kita untuk menempelkan ke bak truk.          Tempelkan bahan cutting yang sudah dibasahi dengan air ke bak truk yang  sesuai dengan desain gambar yang sudah ditentukan dan Ratakan cutting stiker yang sudah di tempel menggunakan rakel.               Untuk finishing, panaskan menggunakan hairdryer         Makna latar belakang konsep tema gambar bak truk Gambar-gambar pada bak truk rupanya tidak hanya sebatas memuat logo dan warna. Namun, terdapat pula tema atau pokok pikiran yang menjadikan terciptanya sebuah gambar gambar lengkap dengan synopsis, diksi ataupun sarat saji dalam pembentukannya.Gambar Tema organik, dalam lukisan di bak truk terjadi penekanan terhadap pentingnya perempuan untuk selalu tampil memikat dengan mempertegas sifat kewanitaannya secara biologis, misalnya memiliki rambut panjang dan bibir merah merekah yang ditampakkan selalu tersenyum. Pencitraan perempuan semacam ini ditekankan lagi dengan menebar isu “natural anomy”, artinya dipastikan tidak banyak yang memvisualisasikan perempuan tua.Gambar 4 Tema ketuhanan, tema yang berhubungan erat dengan kekuasaan tuhan. Seperti tulisan pada gambar “Bahagia itu tidak harus mewah, beristighfar untuk masa lalu, bersyukur untuk hari ini, berdoa untuk hari esok”, yang di visualisasikan sebagai bentuk permohonan ataupun Do’a kepada Tuhan. Do’a yang selalu diucapkan oleh sang supir sebelum berkendara ataupun do’a sang istri sebelum suaminya berangkat bekerja antara lain sebagai berikut :               Gambar 5 Adapun Tema social, tema yang berkaitan dengan hal-hal masalah social.  Antara lain, yakni tulisan dalam gambar berisi Pesan tersirat atas kegundahan sang supir maupun senimannya yang tak tersampaikan pada penguasa ataupun petinggi negara yang dituangkan dan diaplikasikan pada bak truk sebagai rasa sekaligus kecintaan dan kepedulian pada Indonesia antara lain sebagai berikut :Gambar 6   Nilai estetik pada gambar bak trukMenurut Michel foucault dalam teori pascamodern dalam buku Martin Suryajaya (2016:772-776). nilai estetik pada gambar bak truk di bondowoso ialah masalah represnasi visual dimna berkenaan dengan pengarang dan amat di warnai oleh model analisis wacana.    Gambar 7Dimana pada gambar bak truk tersebut, pengarang menampilkan sosok wanita dengan memegang rambut dengan kedua tangannya dengan tulisan “Tatapanmu seakan mengajak bercinta”. Dalam teori pacamodern seperti menurut Foucault, ekspresi dan rambut yang di pegang bukanlah sebuah rambut jika dikaitkan dengan tulisan tatapmu seakan mengajak bercinta (melainkan representasi visual) tidak bertentangan dengan gambar.Gambar 8Pada gambar bak truk di atas, menampilkan teka-teki di antara teks dan gambar. Wanita cantik dengan tulisan la awakmu seng ayune mekso golek seng soge ganteng haha ngaco. pada gambar tersebut mengandung kata-kata dan ambiguitas citra. Secara akal sehat, Bukankah impian seitap orang memiliki hal yang cukup sempurna. Namun, Bisa jadi hal yang sempurna bias didapat asal mengakui dan menerima kekurangannya. Gambar 9Pada gambar ini, secara teori pascamodern menurut Foucault hal ini menjanggal. Dimana semua seakan harus terwujud sesuai pengarang ataupun sang sopir itu sendiri. Gambar wanita tersebut cantik namun tidak pada proporsi menyanjung dan kelayakan. Bias jadi gambar tersebut hanyalah representasi visual, dimana wanita cantic tersebut adalah pesona sang supir.  Gambar 10Pada gambar di atas, kata-kata ditundukkan oleh gambar, gambar tersebut dipaka sejauh berguna untuk memperjelas wacana verbal. Yang menjajarkan secara langsung bentuk visual dan penanda liguistik tanpa ada hub hierarkis di antara keduanya. Seperti ada kesadaran bahwa representasi motif hias berarti menyatakan tentang sesuatu, seperti ada rahasia tersembunyi dalam bentuk motif. Bentuk motif seakan mewah akan kultur budaya.   Adapun unsur unsur nilai estetik pada gambar bak truk di bondowoso, antara lain: Tabel 5 Unsur-unsur nilai estetikNoUnsur Nilai estetikGambarDeskripsi1a. Unsur bentuk        b. Unsur warna         c. Unsur tema          d. Unsur motif hias        gambar tersebut memiliki jenis dua dimensi, dimana gambar pada dinding bak tergolong pada jenis dua dimensi sedang bak tersebut adalah jenis tiga dimensi. warna sebagai warna, warna sebagai representasi alam, warna sebagai lambang/simbol, dan warna sebagai simbol ekspresi. Perempuan cantik memang menjadi idola bagi para supir truk untuk memakainya dalam gambar bak kendaraannya. Hal ini lebih pada identitas seksual mereka yang sampai saat ini berjenis kelamin laki-laki. Laki-laki menjadi normal saat mereka meminta desain perempuan cantik pada bak truk.Motif hias merupakan pola atau gambar yang menjadi hiasan pada sebuah objek. Tujuan menambahkan motif hias antara lain menambah nilai keindahan atau estetika pada objek tersebut itu. PENUTUP Berdasarkan hasil penelitian mengenai Analisis Gambar Bak Truk Di Bondowoso dapat ditarik beberapa simpulan sebagai berikut: a) Alat dan bahan yang digunakan dalam proses pembuatan gambar bak truk di Bondowoso Sekotlet , Computer, mesin cetak cutting stiker, cutter, gunting, penggaris, rakel, spryaer dan hair drayer. b) Makna latar konsep tema gambar bak truk , antara lain : Tema organic, Tema ketuhanan, Tema social. c) Nilai estetik pada gambar bak truk, sebagai berikut: Secara representasi visual gambar tersebut terdiri dari representasi  visual tidak bertentangan, representasi  visual kata-kata dan ambiguitas, representasi  visual cara pandang pengarang, dan representasi  visual kata-kata ditundukkan gambar.Adapun  unsur-unsur dalam visual antara lain: unsur Bentuk, warna, tema, dan motif hias.Bagi pemilik perusahaan Trans sticker, Untuk meningkatkan kualitas gambar bak truk di daerah Bondowoso disarankan pada perajin untuk mengembangkan ide-ide kreativitasnya dengan mengeksplorasi budaya dan tradisi asli bondowoso dengan mengkemas sekreatif mungkin.Bagi peneliti lain yang akan melanjutkan penelitian dengan menggunakan metode penelitian tindakan (action research) atau penelitian lebih lanjut disarankan untuk mengaplikasikan gambar cutting stiker pada benda fungsional lainnya. Bagi peneliti yang akan melanjutkan penelitian dengan metode penelitian kualitatif atau kuantitatif disarankan meneliti dari aspek respon atau tanggapan perihal gambar cutting stiker kemungkinan dari sisi produksi dan distribusi.  DAFTAR PUSTAKA Buku: Badudu, .J.S .& .Zain .Sultan .Mohammad. .1996. .Kamus .Umum .Bahasa Indonesia. Jakarta : .Pustaka .Sinar Harapan.Suryajaya, .Martin. .2016. .Sejarah .Estetika .Era .Klasik .Sampai .Kontemporer. .Jakarta Barat: .Gang .Kabel .dan .Inde .book .corner. Jurnal: Darisman, .Aris. .2014. .Karya .Graffiti .Sebagai .Peresentasi .Persoalan .Sosial di Kota Bandung. .HUMANIORA, 5, (2).Hasnidar, Sitti. .2019. .Pendidikan .Estetika dan .Karakter .Peduli .Lingkungan Sekolah. Jurnal .Serambi .Ilmu, 20, (1), 19.Rijali, .Ahmad. .2018. .Analisis .Data .Kualitatif. . Jurnal .Alhadharah, 17, (33)Irwansyah. 2017. .Analisis .Ornamen .Interior .Pada .Ruang  .Balairung .Istana Maimoon. Medan. .Jurnal .Proporsi,  3, (1) Website: Pengertian tema, .https://www.temukanpengertian.com/2015/09/pengertian-tema.html,15/November2020.Sumber peringatan, 27 Maret 2020, Pengertian Garis, Titik dan Bidang beserta Contohnya, Diakses pada 12 Desember 2020, dari   https://www.sumberpengertian.id/pengertian-garis-titik-dan-bidang.Wikipedia, “Truk”[Internet], Truk, 30 Januari 2020, 16:47[diakses 18 Desember 2020] tersedia dari .https://id.wikipedia.org/wiki/Truk.  
KERAJINAN TIKAR MENDONG DI DESA PAOK PONDONG KECAMATAN LENEK LOMBOK TIMUR NUSA TENGGARA BARAT muhamad wira khardiansyah
Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha Vol. 11 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpsp.v11i1.35958

Abstract

Penelitian ini membahas “Kerajinan Tikar Mendong di Desa Paok Pondong Kecamatan Lenek  Lombok Timur NTB”.  Alasan penelitian ini adalah tikar mendong sebagai salah satu alternatif kerajinan rumahan yang bukan sekadar tempat alas duduk biasa tapi juga memiliki nilai artistik yaitu terletak pada motif dan warnanya. Ketertarikan peneliti untuk melakukan penelitian ini, di samping karna ukuran, motif dan warna, kerajinan ini juga masih bertahan dari dulu sampai sekarang.Penelitian ini bertujuan (1) alat dan bahan yang digunakan dalam proses pembuatan kerajinan tikar mendong, (2) cara pembuatan kerajinan tikar mendong, (3) motif seperti apakah yang ada pada kerajinan tikar mending, dan (4) cara pemasaran kerajinan tikar mendong. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil dari penelitian ini adalah (1) alat yang dibutuhkan cacak, dari alat cacak tersebut menjadi satu bagian tetapi diantara satu bagaian cacak ada beberapa nama antara lain timbangan/suri, penginjek, sisir, teropong, pejanggel, petokolan, penggulung bola, pemberat, apit/penggulung amparan,  parang, gunting, dan panci. Sedangkan, bahan yang diperlukan antara lain benang, club/pewarna dan tanaman rumput mending, (2) proses kerajinan tikar mendong dengan menyiapkan alat dan bahan agar proses pembuatannya bisa mempermudah para pengrajin. Selanjutnya, melakukan proses tikar mendong yaitu mulai pemotongan tanaman mendong, penjemuran, pewarnaan, dan mulai menenun tikar mendong, (3) motif tikar mendong antara lain motif pucuk rebong, motif tabakan, motif jamaan, motif gerintik, dan motif catur, dan  (4) cara pemasaran dalam penjualan kerajinan tikar mendong ini dilakukan dengan dijual keliling kampung dan diambil oleh pengepul untuk dipasarkan.Kata Kunci : Kerajinan, Tikar Mendong
EMOSI ESTETIS PADA LUKISAN “IBU DAN ANAK” KARYA BASOEKI ABDULLAH Nadia Firda Habibah
Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha Vol. 11 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpsp.v11i1.36724

Abstract

Basoeki Abdullah merupakan pelukis terkenal dengan aliran realisme. Salah satunya lukisan yang spesial dari karya karyanya yaitu lukisan “Ibu dan Anak” di buat pada tahun 1992. Hal ini terjadi karena dalam lukisan Basoeki Abdullah tersebut menggambarkan seorang ibu yang sedang menggendong anaknya, dan menimbulkan emosi oleh para penikmatnya. Basoeki Abdullah menciptakan lukisan tersebut mempunyai beberapa unsur lain yang terdapat pada lukisan “ “Ibu dan Anak”” sehingga memiliki bentuk makna yang mengdeksprisikan perasaan, seperti unsur garis, tekstur, dan warna pada unsur tersebut yang akan dianalis melalui pendekatan Teori Kritik Clive Bell (significant form) dimana teori tersebut ini menimbulkan emosi estetis yang mengacu pada kemanusiaan dan cinta kasih sayang seorang ibu yang menyimbolkan kasih sayang dan perjuangan seorang ibu terhadap anaknya tanpa pilih kasih dan juga berani berkorban demi kebahagiaan sang anak dengan menopang beban di punggungnya tanpa sang anak ketahui. Maka dari itu, lukisan ini menimbulkan emosi estetis yang mengacu pada kekuatan rasa antara “Ibu dan Anak”. Significant form beratikan bentuk bermakna, bentuk bermakna yang di maksud adalah bentuk karya seni sebuah objek yang memiliki bentuk significant sehingga menimbulkan Emosi estetis, dan significant form bertujuan untuk memicu emosi estetis formalistis yang ditimbulkan oleh susunan atau komposisi bentuk dari objek estetis lalu dikontribusikan ke dalam kritik seni yang akan di gunakan pada lukisan “Ibu dan Anak”. Hasilnya adalah bentuk lukisan “Ibu dan Anak” karya Basoeki Abdullah memiliki emosi estetis yang ditunjukkan melalui ekspresi, komposisi, serta hasil keseluruhan lukisan.
KERENG BENDANG LOMBOK TIMUR SEBAGAI TEMA DAN SUMBER INSPIRASI LUKISAN MIZANUL HAK Mizanul Hak
Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha Vol. 11 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpsp.v11i1.37257

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui proses dalam penciptaan karya  lukisan Mizanul Hak dengan media kain kereng bendang Lombok timur, (2) . Untuk mengetahui Makna dan Nilai Estetik yang ada pada hasil  lukisan Mizanul Hak dengan media kain kereng bendang. Subjek pada penelitian ini adalah lukisan Mizanul Hak sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kereng Bendang Bendang Lombok Timur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuslitstif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik (1) observasi, (2) wawancara, (3) diskusi, (4) dokumentasi, (5) kepustakaan. Hasil penelitian menunjukan (1) untuk mengetahui proses dalam penciptaan karya  lukisan Mizanul Hak dengan media kain kereng bendang Lombok timur, proses penciptaan lukisan Mizanul Hak dengan media kereng bendang Lombok timur dilakukan dari tahapan observasi kebudayaan Lombok timur prihal kain kereng bendang dan keadaan sosial anak-anak Lombok timur, lalu dimulai rancangan beberapa desain seperti sketch untuk memudahkan memvisualisasikan lukisan dengan media kereng bendang, setelah semua hal tersebut itu dilalukan proses penciptaan lukisan Mizanul hak dengan media kereng bendang dimulai hingga ke tahap akhir, (2) setelah proses penciptaan lukisan sudah selesai lalu dilanjutkan dengan analisis lukisan sehingga bisa diketahui Makna dan Nilai Estetik yang ada pada hasil  penciptaan lukisan Mizanul hak dengan media kain kereng bendang. Kata Kunci: Kereng bendang, Lombok timur, lukisan Mizanul hak.
KOMUNITAS SENI CUKIL OMAH LARAS Yusuf Faisal
Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha Vol. 11 No. 1 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpsp.v11i1.37415

Abstract

AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) proses berkarya komunitas seni cukil Omah Laras, (2) jenis karya komunitas seni cukil Omah Laras, dan (3) tema karya komunitas seni cukil Omah Laras. Subjek dan Objek dalam penelitian ini adalah karya-karya seni grafis dari komunitas Omah Laras. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan kepustakaan. Dari pembahasan serta proses penelitian maka dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) proses berkarya komunitas Omah Laras dapat dibagi beberapa tahapan, mulai dari tahap persiapan, inkubasi, iluminasi dan verifikasi. (2) jenis karya yang dihasilkan komunitas Omah Laras adalah karya seni grafis yang menggunakan teknik cukil kayu dan teknik stensil. (3) tema karya komunitas Omah Laras tidak jauh dari topik atau isu-isu sekitar, antara lain tema tokoh musik, tema hiburan / parodi, tema sosial dan tema yang mengangkat tokoh para pahlawan yang membela rakyat.Kata kunci : Seni Cukil, Komunitas Omah Laras Abstract The purpose of this research is to describe (1) the work process of the woodcut of Omah Laras community, (2) the types of work of the woodcut community in the art woodcut of Omah Laras community, and (3) the theme of the work of the woodcut of Omah Laras community. Subjects and objects in this study were graphic art works from the Omah Laras community. The method used in this research is a qualitative method using descriptive methods. This data collection uses observation, interview, documentation, and literature techniques. From the discussion and research process it can be concluded as follows: (1) the work process of the Omah Laras community can be divided into several stages, starting from the preparation, incubation, illumination and verification stages. (2) the type of work produced by the Omah Laras community is graphic art that uses woodcut techniques and stencil techniques. (3) the theme of the work of the Omah Laras community is not far from the topic or surrounding issues, including music themes, entertainment / parody themes, social themes and themes that raise heroes who defend the people.Keywords: Woodcut, Omah Laras Community

Page 1 of 1 | Total Record : 5