cover
Contact Name
Irfan Habibie Martanegara
Contact Email
irfanhabibie@uika-bogor.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.tadibuna@uika-bogor.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam
ISSN : 22525793     EISSN : 26227215     DOI : -
Core Subject : Education,
Ta'dibuna : Jurnal Pendidikan Islam, ISSN: 2252-5793 (Print) 2622-7215 (Electronic) is a journal of Islamic education published twice a year (April-October) on Islamic education with the scope of study are fundamental of Islamic education (philosophy, history and the nature of Islamic education), development of Islamic educational institutions (development of Islamic education curriculum, Islamic learning method and Islamic education teacher and others) as well as studies of the concept of Islamic education (Islamic educational leading figure, Quran sunnah text, and others).
Arjuna Subject : -
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2017)" : 4 Documents clear
Pengembangan Materi Pembelajaran Gramatika Bahasa Arab (Nahwu) di Pesantren Bayt Tamyiz Indramayu Aca Syathybie; Sofyan Sauri
TA`DIBUNA Vol 6, No 2 (2017)
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (448.715 KB) | DOI: 10.32832/tadibuna.v6i2.1061

Abstract

Studi Kasus Model Sistem Pembelajaran Siswa Berbasis Pondok Pesantren di PP Daar El Ihsan Kota Serang M. Sari; Didin Saepudin
TA`DIBUNA Vol 6, No 2 (2017)
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (631.054 KB) | DOI: 10.32832/tadibuna.v6i2.1173

Abstract

Fokus penelitian ini: (1) Mengidentifikasi kebijakan Pimpinan PP terhadap pelaksanaan sistem pembelajaran siswa berbasis pondok pesantren (PP). (2) Mengidentifikasi keberhasilan pembelajaran siswa berbasis pondok pesantren. (3) Mengidentifikasi hambatan dan solusi dalam pelaksanaan sistem pembelajaran siswa berbasis Pondok Pesantren di Pesantren Daar El-Ihsan. Melalui rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana kebijakan Pimpinan PP Daar El Ihsan terhadap pelaksanaan sistem pembelajaran siswa yang berbasis Pondok Pesantren? (2) Bagaimana keberhasilan pembelajaran siswa berbasis pondok pesantren? (3) Apa hambatan dan solusi dalam pelaksanaan sistem pembelajaran siswa berbasis Pondok Pesantren di PP Daar El Ihsan? Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif deskriptif, Proses pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dalam bentuk pertanyaan dan pernyataan yang diberikan kepada Pimpinan PP Daar El Ihsan, dan kepala sekolah sebagai responden untuk memperoleh data mengenai keberadaan siswa dan guru serta sistem pembelajaran di Sekolah, yakni di PP Daar El Ihsan. Dari hasil penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa: (1) Sistem pembelajaran siswa berbasis Pondok Pesantren ini. menggunakan pendekatan Sistem Kasih Sayang (SKS). (2) Keberhasilan dari sistem pembelajaran berbasis pondok pesantren ini ternyata dapat membentuk siswa yang taat terhadap aturan dan peraturan yang diterapkan oleh sekolah dan siswa-siswi dari lulusan sekolah ini dapat menyesuaikan diri dengan kehidupan di luar pondok pesantren ini. (3) Adapun hambatan yang ditemukan dalam melaksanakan sistem pembelajaran berbasis pondok pesantren ini adalah kurangnya fasilitas dan sarana prasarana pembelajaran, sehingga tidak dapat menampung siswa yang cukup banyak.Kata Kunci: Sistem, Pembelajaran, Pondok pesantren
Pesantren Salafiyah dan Responnya di Era Globalisasi Hasbi Indra
TA`DIBUNA Vol 6, No 2 (2017)
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (277.292 KB) | DOI: 10.32832/tadibuna.v6i2.1081

Abstract

Penelitian ini bersifat kualitatif yang bersumber pada pemikiran para ahli melalui buku, jurnal dan lainnya melalui pendekatan normatif, filosofis dan sosiologis. Penelitian ini hendak menggambarkan bagaimana pesantren yang memiliki santri 1.800.00 lebih menyiapkan diri di era globalisasi yang penuh dinamika dan tantangan. Pesantren salafiyah lahir di era Walisongo di masa penjajahan Belnda. Lembaga ini didirikan oleh masyarakat yang saat ini sudah menyebar ke seluruh pelosok Indonesia. Dari jumlah santri 29.000 dari jenis kombinasi, modern dan salafiyah, jumlah 18.232 pesantren salafiyah dengan santri 1.8 juta lebih dari 3.800.000 lebih. Di pesantren ini santri hanya belajar ilmu agama melalui kitab-kitab ulama klasik (kitab kuning) tidak mempelajari sains seperti MIFA. Pesantren ini sedang menghadapi fenomena globalisasi. Globalisasi ditandai oleh hubungan manusia yang tidak terbatas, melalui faksimil,, manusia mendapat informasi dari tempat yang sangat jauh baik informasi yang menyedihkan seperti perang tentara amerika dengan tentara Irak serta tentara ISIS yang membumihanguskan peninggalan bersejrah masa keemasan Islam. Majunya teknologi di era globalisasi menjadi tantangan pendidikan pesantren. Produks pesantren salafiyah harus menyiapkan dirinya dengan ilmu agama, non agama dan skill dan sudah mengenal alat-alat teknologi pembelajaran di pendidikannya, dengan demikian santrinya siap berkompetsi di era globalisasi ini, untuk itu lembaga ini harus dikelola secara profesional.Kata kunci: Pesantren Salafiyah, Globalisasi, IPTEK
Model Pendidikan Agama Islam Menggunakan Pembelajaran Active Learning Tingkat Sekolah Dasar Sukron Muhammad Toha
TA`DIBUNA Vol 6, No 2 (2017)
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.542 KB) | DOI: 10.32832/tadibuna.v6i2.1344

Abstract

Page 1 of 1 | Total Record : 4