cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
inova.tif@uika-bogor.ac.id
Editorial Address
Department of Informatics Engineering Faculty of Engineering, Universitas Ibn Khaldun Bogor Jl. KH. Sholeh Iskandar Km. 2, Kedung Badak, Tanah Sareal , Bogor 16162 Telp: 0251 7160993, Fax: 0251 8380993
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Inovatif
ISSN : 26545535     EISSN : 26545519     DOI : http://doi.org/10.32832/inovatif
Core Subject : Science,
Perkembangan ilmu Bidang Teknologi Informasi dan Informatika sudah banyak memberikan manfaat bagi peningkatan efektifitas dan efisiensi dalam berbagai kegiatan berbagai bidang ilmu. Jurnal INOVA-TIF (Inovasi Teknologi Informasi dan Informatika) ialah jurnal yang berisi artikel-artikel ilmiah yang meliputi bidang keilmuan tersebut yang memiliki turunan dalam topik Sistem Informasi, Geo Informatika, Net Centric Computing, dan Rekayasa Perangkat lunak. Jurnal ini dikhususkan untuk mengedepankan teknologi terapan dalamnya. Diharapkan Jurnal INOVA-TIF dapat menjadi sebuah sarana diseminasi hasil penelitian yang berkaitan dengan bidang teknologi Infomasi dan Informatika.
Arjuna Subject : -
Articles 110 Documents
Rancang Bangun Sistem Informasi Pengelolaan Siswa Baru Berbasis Website (Studi Kasus di Smk Tri Dharma 1 Kota Bogor) Hadi Rosadi; Jejen Jaenudin S.kom. M.kom; Fety Fatimah S.kom M.kom
INOVA-TIF Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Department of Informatics Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (584.171 KB) | DOI: 10.32832/inova-tif.v1i1.1324

Abstract

Perkembangan Teknologi dan sistem Informasi saat ini sedang dalam tahap pembangunan yang sangat siginifikan. Dimana perkembangan teknologi mempunyai peranan penting dalam kehidupan manusia. Sejalan dengan perkembangan teknologi dan sistem informasi yang semakin pesat, khususnya lembaga pendidikan harus menerapkan sistem komputerisasi sebagai sarana yangpaling utama dalam menangani suatu masalah yang dihadapi dalam sebuah pekerjaan. Semakin tinggi tingkat ketelitian dalam pengolahan data, semakin tinggi pula tingkat keefisienan dan keefektifan informasi yang dihasilkan. SMK Tri Dharma 1 Kota Bogor merupakan sekolah menengah kejuruan, setiap tahun menerima siswa siswi baru namun selama ini pengelolaan data siswa siswi masih bersifat manual tanpa menggunakan sistem secara online dalam hal pendaftarandan penginformasian tentang sekolah di smk tri dharma 1 bogor. Maka diperlukan sebuah suatu sistem berbasis website yang terkomputerisasi untuk pengolahan siswa baru disekolah, dimana nantinya sistem dapat membantu dalam hal pengelolaan data siswa baru, data guru, informasi tentang sekolah, kegiatan sekolah serta pendaftaran.
Implementasi Augmented Reality Labs Tour Prodi TI dengan metode Marker Based Tracking berbasis Android Suprapto .; Safaruddin H. Al Ikhsan.,S.Kom, M.Kom; Fitrah Satrya Fajar Kusumah.,S.Kom, M.Kom
INOVA-TIF Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Department of Informatics Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (848.596 KB) | DOI: 10.32832/inova-tif.v1i1.1329

Abstract

Augmented Reality(AR) bertujuan untuk menggembangkan teknologi dengan penggabungan secara real-time terhadap digital content yang dibuat oleh komputer di dunia nyata.Perkembangan AR saat ini sudah sangat berkembang dalam berbagai bidang, tetapi masih saja dalam pengembangannya masih minim, karena hal tersebut didapatkanlah ide untuk membuat suatu hal yang berbeda dengan menggunakan teknologi AR tersebut. Menggabungkan sebuahkunjungan lokasi ke suatu tempat dengan teknologi AR, adalah suatu hal yang jarang ditemui karenannya akan menjadi suatu hal yang menarik. Metode yang digunakan menggunakan metode marker based traking untuk menampilkan objek gambar yang akan dikunjungi, dengan demikian jika kita orang lain ingin melakukan kunjungan lokasi kita tidak perlu langsung berkunjung ke lokasi tersebut cukup membawa marker yang sudah ada maka sudah terwakili. Dengan demikiansebuah kunjungan lokasi dapat dipermudah karena hanya cukup dengan membawa marker.
ANALISIS WEIGHTED MEAN CENTER LOKASI KANTOR DESA DI KECAMATAN AIKMAL BERBASIS WEBGIS STUDI KASUS KECAMATAN AIKMEL KABUPATEN LOMBOK TIMUR PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT Ocky .; Dr. Budi Susetyo, Ir. , M. Sc; Erwin Hermawan. M. Sc
INOVA-TIF Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Department of Informatics Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (736.369 KB) | DOI: 10.32832/inova-tif.v1i1.1325

Abstract

Bangunan Fasilitas Umum ialah Bangunan sarana dan prasarana yang disediakan oleh pemerintah yang digunakan untuk kepentingan bersama dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari. Bangunan ini dikhususkan untuk masyarakat agar dapat melakukan pelayanan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.Kebutuhan fasilitas umum sangat penting di daerah ini, dikarenakandaerah ini merupakan daerah perkotaan yang tidak lepas dari sumber daya air dari danau segara anak yang terdapat di kawah gunung rinjani. Pemerataan berkenaan fasilitas umum belum memadai sehingga peneliti bermaksud melakukan penelitian yang bersangkutan dengan bangunan fasilitas umum menggunakan metode Weighted Mean Center berbasis webgis, adapun tujuan penelitian meliputi: (1) Menganalisis sebaran bangunan Kantor Desa di kecamatan Aikmel Timur(2) Menentukan lokasi titik bangunan Kantor Desa dengan menggunakan Metode statistic Weighted Mean Center. observasi mencakup koordinat lokasi Kantor Desa yang tersebar di beberapa wilayah di Kecamatan Aikmel. Analysis Weighted Mean Center dapat melakukan deteksi lokasi titik Center Di area yang ingin dilakukan analisis tersebut. Perancangan Sistem yang digunakan ialah metode Waterfall yang meliputi Tahap Analisis, Tahap Desain, Tahap Implementasi danTesting,Tahap Pengujian Sistem, Tahap Pengoperasian dan Pemeliharaan.Kesimpulan yang di ambil dari penilitan ini adalah : (1) Sebaran Bangunan Kantor Desa terdapat 15 lokasi Titik Kantor Desa yang dapat ditemukan di berbagai daerah Di Kecamatan Aikmel Timur (2) Sistem Informasi Geografi yang dibangun menggunakan Contributor Leaflet yang bertumpang data foto udara dengan menggunakan Open Street Map,Google Earth dan Terrain. Sistem Informasi Geografis digunakan untuk Administrator, Masyarakat dan Pengguna Umum (3) Akurasi lokasi titik Bangunan Kantor Desa terdapat beberapa Varian Diantaranya sebaran Kantor Desa ada yang tidak mencangkup Buffer Jarak dari titik Point ke titik bangunan Kantor Desa yang ada di dalam Buffer adalah 900Meters/ 1.611,022462Meters
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI INVENTORY BERBASIS WEB (Studi Kasus PT. HANDAL GUNA SARANA) Indra Rukmana; Hersanto Fajri; Jejen Jaenudin
INOVA-TIF Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Department of Informatics Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (981.115 KB) | DOI: 10.32832/inova-tif.v1i1.1326

Abstract

PT. Handal Guna Sarana merupakan perusahaan logistik dan transportasi. Pada perusahaan ini sistem yang sedang berjalan hanya menggunakan buku besar dan Microsoft Excel dalam pencatatan data persediaan barang. Dengan sistem yang berjalan ini sering terjadi kesalahan Seperti tidak sesuai jumlah persediaan barang di buku besar dengan jumlah barang di gudang. maka diperlukan sebuah sistem yang terkomputerisasi dengan baik yang bisa membantu mengelola persediaan barang yang ada. Perancangan sistem akan di mulai dari staff gudang yang telah mengecek persediaan barang, jika ada barang yang akan habis maka staff gudang akan membuat surat permohonan pembelian dan staff purchasing akan membeli barangyang dibutuhkan kepada supplier. Metode perancangan yang digunakan adalah UMLyang merupakan alat bantu dalam pengembangan sistem berbasis web. Dengandemikian sistem ini memudahkan staff dalam melakukan penginputan data penggunaan, pembelian, dan pembuatan laporan persediaan barang.
APLIKASI PERENCANAAN PENGELOLAAN KEUANGAN KELUARGA BERBASIS ANDROID Adithia Hermansyah; Fety Fatimah; Dewi Primasari
INOVA-TIF Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Department of Informatics Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (598.117 KB) | DOI: 10.32832/inova-tif.v1i1.1322

Abstract

Pada hakikatnya masalah yang paling umum dihadapi saat sudah berkeluarga salah satunya adalah masalah pengelolaan keuangan keluarga. Pengelolaan keuangan keluarga sangat penting bagi kesejahteraan setiap individu dan keluarga dalam kehidupan sehari-hari. Pada dasarnya pengelolaan keuangan keluarga adalah pengelolaan dengan mengatur skala prioritas dan merencanakan anggaran pengeluaran keuangan keluarga yang berorientasi kepada kebutuhan(need) dan mendahulukan manfaat (utility) serta berusaha mengurangi keinginan yang berlebihan. Berkembangnya teknologi dan informasi dapat digunakan untuk mendukung kebijakan dalam membentuk keluarga yang sejahtera khususnya dalam mengelola keuangan secara baik dan cermat. Penelitian ini mengembangkan sebuah aplikasi perencanaan pengelolaan keuangan keluarga berbasis android yang dapat membantu dalam mengatur mengelola keuangan keluarga. Metodologi yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi ini adalah SDLC (SystemDevelopment Life Cycle) dan menggunakan pemodelan UML (Unified Modeling Language). Pada proses pembuatan aplikasi perencanaan pengelolaan keuangan keluarga dirancang dengan software menggunakan android studio dan penyimpanan data menggunakan SQLite. Hasil dari penelitian ini aplikasi perencanaan pengelolaan keuangan keluarga memiliki menu yangdibutuhkan melakukan pengelolaan keuangan keluarga diantaranya terdapat menu pemasukan, menu pengeluaran, menu anggaran pengeluaran, menu mutasi, menu laporan dan menu evaluasi.
PENGEMBANGAN APLIKASI PENCARIAN WISATA KULINER KOTA BOGOR BERBASIS RANGE HARGA DAN METODE LBS (LOCATION BASE SERVISE) PADA ANDROID Masrur Ahmad; Safaruddin Hidayat Al- Ikhsan S.Kom, M.Kom; Fitrah Satri S.Kom, M.Kom
INOVA-TIF Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Department of Informatics Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.566 KB) | DOI: 10.32832/inova-tif.v1i1.1327

Abstract

Minat penduduk terhadap kuliner kian hari semakin tinggi begitu juga dengan perkembangan aplikasi pada smartphone, sehingga muncul pengembangan aplikasi untuk mencari tempat kuliner berdasarkan harga dengan cepat dan mudah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi yang dapat mempermudah konsumen menemukan informasi tempat kuliner sesuai dengan budget dengan meggunakanteknologi GPS pada samartphone. Metode pengembangan aplikasi yang digunakan adalah waterfall yang terdiri atas analisis, observasi, implementasi dan testing. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dapat membantu konsumen menemukan informasi tempat kuliner yang sesuai dengan budget.
Rancang Bangun Sistem Informasi SMS Gateway Dengan Metode SDLC di KSPPS Baytul Ikhtiar Bogor Muhammad Aiman Fauzan
INOVA-TIF Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Department of Informatics Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (850.471 KB) | DOI: 10.32832/inova-tif.v1i1.1323

Abstract

APLIKASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PEGAWAI TERBAIK DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) R.Muhammad Abudzar Alghifari
INOVA-TIF Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : Department of Informatics Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1045.417 KB) | DOI: 10.32832/inova-tif.v1i1.1328

Abstract

Pemilihan pegawai terbaik pada suatu perusahaan merupakan suatu cara yang dapat dilakukan untuk menilai kualitas kinerja pegawai. PD.Pandji Mukti merupakan suatu perusahaan yang memproduksi bumbu masak berbahan dasar dari kacang kedelai, perusahaan ini belum menerapkan penilaian pegawai secara sistematis yang menyebabkan belum optimalnya penilaian terhadap pegawai untuk pemilihan pegawai terbaik. Oleh karena itu diperlukannya manajemen sumber daya manusia untuk pemilihan pegawai terbaik agar memacu semangat pegawai meningkatkan operasional, dedikasi dan kineranya di perusahaan tersebut sehinga menjadi lebihbaik, yaitu dengan membuat sistem pendukung keputusan dalam memilih pegawai terbaik dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP), dimana proses pengambilan keputusan dilakukan dengan menilai alternative pilihan berdasarkan kritria yang telah ditetapkan. Hasil dari perhitungan dengan metode AHP yaitu urutan tingkat kepentingan kriteria dan rekomendasi pegawai terbaik.
Rancang Bangun Sistem Inventory Data Barang Berbasis Web Dahlia Widyastoety
INOVA-TIF Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Department of Informatics Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (310.301 KB) | DOI: 10.32832/inova-tif.v2i1.2779

Abstract

PT Graha Sarana Duta established since 1981 engaged in providing office building, building maintenance and maintenance services. At present the system is still manual which causes the company's performance to be hampered and has not been able to support all the needs of the company such as a report that is long enough to report so that management waits long to get it. This study aims to analyze and design a web-based inventory system that can present the information needed by the company. Operations that run on this system are: input data for outgoing goods, input data for incoming goods, input data for supplier, work order, incoming goods report, outgoing goods report, ready stock report,work order report and goods check. The development tools used in this research are using PHP.5.2.2 as a programming language and MySQL version 5.0.41 as the database, these were all chosen because of their reliability in making a web-based system. Design and design an inventory system for PT Graha Sarana Duta. This Inventory system is web based so it is more dynamic and can be used easily. The system is used to manage data items that occur in the warehouse with various menus available.
Pemodelan Fuzzy Mamdani untuk Mengukur Kinerja Dosen Menggunakan Key Performance Indicator Berlina Wulandari; Novita Br Ginting; Gibhta Fitri Laxmi; Yuggo Affrianto
INOVA-TIF Vol 2, No 1 (2019)
Publisher : Department of Informatics Engineering

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (332.133 KB) | DOI: 10.32832/inova-tif.v2i1.2755

Abstract

The measurement of lecturer performance is done in terms of objectivity and the absence of measurable variables used, so that the assessment variables used in the measurement process are based on one's perception. Inaccuracy in measuring lecture performance can be applied with the fuzzy mamdani method so that measurements become more precise. Weighting is done for each parameter that refers to the Key Performance Indicator. To support the performance of the lecturer, the data was obtained from lecturer data in the Faculty of Engineering which was processed to get the output. The formation of fuzzy mamdani rules has 79 rulebases from experts, from the results of research that has been done, the input variables for fuzzy calculations in this system are the Education, Research, Community Service, Self-development and output variables namely the lecturer performance value. The fuzzy set used in each fuzzy variable is not good, moderate, and good. The Mamdani fuzzy method is a mathematical framework used to present uncertainty, obscurity, inaccuracy. In fuzzy mamdani done in stages (a) the formation of the fuzzy set, (b) the application of the implication function, (c) forming the rules, (d) affirmation (defuzzification). From the results of the study, obtained a comparison of measurements with KPI without fuzzy and KPI with fuzzy which produces fluctuating values, where KPI using fuzzy has better results than KPI without fuzzy. In the fuzzy mamdani method produces values that move smoothly, this difference is shown from the significance value (2-tailed) produced is smaller than α = 0.05 which is 6.09 x 10-5, so that the KPI uses fuzzy significantly different from KPI without fuzzy. 

Page 1 of 11 | Total Record : 110