cover
Contact Name
Ni Luh Made Mahendrawati
Contact Email
made.mahendrawati@gmail.com
Phone
+628123961868
Journal Mail Official
made.mahendrawati@gmail.com
Editorial Address
Jl. Udayana Kampus Tengah Singaraja, Bali, Indonesia 81116
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
International Journal of Community Service Learning
ISSN : 25797166     EISSN : 25496417     DOI : https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i3.37047
Core Subject : Economy, Social,
International Journal of Community Service Learning is a scientific journal Community Service published by Universitas Pendidikan Ganesha. This journal is published 4 times a year, ie in February, May, August, and November. The article was published on the results of community service related to education, science, technology, socio-economics, and entrepreneurship.
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 2 (2017): August 2017" : 8 Documents clear
PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN BERKELANJUTAN BERBASIS POTENSI DESA DI DESA BINAAN TEMBOK KECAMATAN TEJAKULA Wesnawa, I Gede Astra; Christiawan, Putu Indra; Sulindawati, Luh Gede Erni
International Journal of Community Service Learning Vol 1, No 2 (2017): August 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (117.129 KB) | DOI: 10.23887/ijcsl.v1i2.12089

Abstract

Program Desa Binaan di Desa Tembok ini bertujuan untuk (1) meningkatkan kualitassumber daya manusia melalui pelatihan dan pendampingan keaksaraaan usaha mandiri, (2) meningkatkan kesadaran masyarakat akan potensi alam dan lingkungan melalui kegiatan pembibitan dan penghijauan untuk mewujudkan lingkungan yang lestari, (3) Mendorong tumbuhnya kreativitas, motivasi dan inovasi masyarakat dalam mengatasi permasalahan melalui pelatihan dan pendampingan pengembangan usaha ekonomi kreatif, seperti kreasi produk ingke dan pembuatan VCO, (4) Peningkatan kesadaran masyarakat untuk mendorong terwujudnya kemandirian, kenyamanan dan kesejahteraan masyarakat desa dalam bidang adat dan agama. Program ini dilaksanakan melalui: Partisipatory Rural Appraisal (PRA), Entrepreneurship Capacity Building (ECB), Technology Transfer (TT), dan Information Technology (IT), dalam berbagai bentuk kegiatan seperti pelatihan, pendampingan, penyuluhan, dan penghijauan. Hasil kegiatan adalah (1) meningkatnya keterampilan masyarakat sesuai minatnya sambil mereka belajar membaca dan berhitung; (2) meningkatnya pengetahuan masyarakat tentang pentingnya penghijauan baik sebagai kelestarian lingkungan maupun investasi jangka panjang, cara pembibitan, dan menanam bibit kelapa gading dan papaya California, (3) meningkatnya pengetahuan dan keterampilan ibu-ibu rumah tangga masyarakat dalam bidang industri rumahan, seperti ingke, minyak kelapa, dan (4) meningkatnya pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam pembuatan alat upakara adat Hindu.
PENYULUHAN MENGENAI PENGGUNAAN PESTISIDA YANG BAIK DAN BENAR DI DESA JURUG KECAMATAN SOOKO KABUPATEN PONOROGO Phuspa, Sisca Mayang; Rosanti, Eka
International Journal of Community Service Learning Vol 1, No 2 (2017): August 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.467 KB) | DOI: 10.23887/ijcsl.v1i2.12095

Abstract

Desa Jurug Kecamatan Sookomerupakan daerah dengan85% penduduknya bermata pencaharian sebagai petani.Pestisida merupakan salah satu unsur yang sulit dipisahkan dengan kegiatan pertanian.Berdasarkan hasil pengamatan dan kuesioner, petani di Desa Jurug belum mengetahui bagaimana bahaya pestisda untuk kesehatan. Berdasarkan referensi, pestisida yang terkandung dalam darah dapat menyebabkan efek toksik dalam menghambat enzim kolinesterase yang dapat mengganggu sistem saraf. Masyarakat petani Desa Sooko belum pernah mendapatkan penyuluhan dari Puskesmas terdekat tentang kesehatan kerja khususnya pada petani yang terkait dengan penggunaan pestisida. Selain itu kesadaran petani akan kesehatan juga masih rendah, terlihat dari hasil kuesioner pretest belum diperhatikannya cara menggunakan pestisida yang baik dan benar serta pemakaian APD sebagai upaya preventif terhadap terjadinya penyakit akibat kerja dari penggunaan pestisida belum maksimal. Berdasarkan hasil penyuluhan, terdapat peningkatan skor kuesioner (post-test) sebesar 50%. Hal ini menunjukkan peningkatan pemahaman peserta dalam pemakaian pestisida dan bahaya pestisida.Hal ini baik untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya petani untuk menggunakan pestisida yang aman bagi kesehatan.Peningkatan kesehatan petani diharapkan menjadi awal dari peningkatan produktifitas di bidang pertanian.
PELATIHAN DAN PEDAMPINGAN PENULISAN ARTIKEL HASIL KAJIAN PUSTAKA BAGI PARA PUSTAKAWAN DI PROPINSI BALI Artana, I Ketut; Sukayana, I Putu; Hariprawani, Made Mas
International Journal of Community Service Learning Vol 1, No 2 (2017): August 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1172.221 KB) | DOI: 10.23887/ijcsl.v1i2.12090

Abstract

Banyak orang menyadari bahwa betapa pentingnya memiliki keterampilan menulis artikel bagi pustakawan sebagai pejabat fungsional di bidang perpustakaan. Namun, pada sisi lain, berbagai kendala atau persoalan masih menyelimuti pustakawan ketika melakukan aktivitas menulis, khususnya menulis artikel hasil kajian pustaka, seperti bagaimana menggali atau mendapatkan masalah/topik tulisan yang baik dan bagaimana menuangkannya menjadi sebuah tulisan yang baik. Berdasarkan hal itu, masalah yang diangkat dalam pelaksanaan P2M ini adalah bagaimana meningkatkan pengetahuan dan kemampuan para pustakawan di propinsi Bali dalam menulis artikel hasil kajian pustaka bidang perpustakaan. Dalam kegiatan pelatihan dan pedampingan ini, digunakan beberapa buah metode, yaitu metode ceramah, disertai dengan tanya jawab, yang digunakan untuk menyampaikan pengethuan tentang kaidah penulisan artikel kajian pustaka, metode pemberian tugas, yang digunakan untuk praktek langsung menulis artikel kajian pustaka berdasarkan teori yang telah dijelaskan sebelumnya yang disertai dengan kegiatan melatih dan medampingi untuk menulis atikel hasil kajian pustaka yang baik dan benar
MODEL PEMBERDAYAAN KELOMPOK REMAJA PENGGIAT LITERASI MEDIA MELALUI EDUKASI DAN FASILITASI TEKNOLOGI Setyaningsih, Rila; Abdullah, Abdullah; Asy’ari, Nur Aini Shofiya
International Journal of Community Service Learning Vol 1, No 2 (2017): August 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.499 KB) | DOI: 10.23887/ijcsl.v1i2.12096

Abstract

Kegiatan literasi media yang lebih massif sangatlah penting dilakukan. Berdasarkan pengamatan di lapangan oleh tim pengabdian, kegiatan literasi media masih menemui beberapa kendala terkait minimnya pengetahuan dan pemahaman mengenai pelaksanaan literasi media itu sendiri. Di sisi lain perlu adanya penggiat literasi media yang mampu membuat sebuah sistem sehingga kegiatan literasi media dapat dilaksanakan dengan lebih mudah dan berkelanjutan. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, tim pengabdian telah merancang strategi dengan membentuk kelompok remaja penggiat literasi media yang terdiri dari para mahasiswa di Karesidenan Madiun (Pacitan, Ngawi, Magetan, Madiun, Ponorogo). Langkah selanjutnya berupa edukasi tentang literasi media dalam bentuk TOT (training of trainers) dan fasilitasi teknologi. Dengan terbentuknya kelompok tersebut, diharapkan kegiatan literasi media dapat berjalan lebih massif, berkelanjutan, dan terkontrol. Tujuan dari kegiatan ini adalah (1) terbentuknya kelompok penggiat literasi media, (2) Literasi media lebih dikenal oleh masyarakat sehingga masyarakat semakin cerdas dalam bermedia. Hasil dari kegiatan ini berupa terbentuknya kelompok remaja penggiat literasi media di Karesidenan Madiun yang kegiatannya melakukan sosialisasi literasi media di berbagai sekolah dan kelompok masyarakat.
PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN IMPLEMENTASI ACTIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK KKG GUGUS II KECAMATAN SERIRIT Tristiantari, Ni Ketut Desia; Riastini, Ni Putu Nanci; Yudiana, Kadek
International Journal of Community Service Learning Vol 1, No 2 (2017): August 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (98.67 KB) | DOI: 10.23887/ijcsl.v1i2.12091

Abstract

Tujuan dari pelaksanaan P2M ini adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru-guru Gugus II Kecamatan Seririt dalam pelaksanaan Active Learning. Permasalahan yang telah dirumuskan pada uraian sebelumnya dipecahkan secara strategis dengan memberikan pelatihan bagi KKG Gugus II Kecamatan Seririt untuk menyusun dan mengimplementasikan perangkat active learning. Dengan demikian, bentuk kegiatan pengabdian yang dilakukan adalah sebagai berikut. 1. Workshop mengenai perangkat pembelajaran berorientasi active learning dengan melibatkan guru kelas IV, V, dan VI serta kepala sekolah dari sekolah yang ada di Gugus II Kecamatan Seririt. Pada kegiatan ini juga melibatkan 2 mahasiswa Jurusan PGSD. 2. Simulasi implementasi perangkat pembelajaran berorientasi active learning dengan melibatkan guru kelas IV, V, dan VI dan kepala sekolah dari sekolah yang ada di Gugus II Kecamatan Seririt dan 2 mahasiswa Jurusan PGSD. 3. Kegiatan pendampingan active learning. Kegiatan P2M ini telah berjalan dengan lancar sesuai dengan tujuan dari pelaksanaan P2M ini yaitu untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru-guru Gugus II Kecamatan Seririt dalam pelaksanaan Active Learning. Keberhasilan dari pelaksanaan P2M ini nampak pada RPP yang dihasilkan oleh peserta pelatihan.
PELATIHAN PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS KARAKTER BERDASARKAN KURIKULUM 2013 BAGI GURU- GURU BAHASA INGGRIS SMP, SMA, DAN SMK SE KABUPATEN MANGGARAI BARAT Artini, Luh Putu; Padmadewi, Ni Nyoman
International Journal of Community Service Learning Vol 1, No 2 (2017): August 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (378.248 KB) | DOI: 10.23887/ijcsl.v1i2.12116

Abstract

Kegiatan Pengabdian pada masyarakat ini memiliki tujuan agar guru-guru bahasa Inggris SMP, SMA dan SMK  se Kabupaten Manggarai Barat agar memiliki:  1. pengetahuan konsep pembelajaran inovatif sesuai dengan Kurikulum 2013 yang menyasar pencapaian kognitif dan pendidikan karakter, 2. kemampuan menggunakan ragam strategi inovatif yang sesuai dengan konteks dan kondisi pembelajaran di sekolah masing-masing, 3. kemampuan mengembangkan RPP menggunakan pengalaman belajar yang sesuai dengan kaidah pembelajaran inovatif  dan pendidikan karakter berdasarkan kurikulum 2013. Bentuk aktivitas (modes of activitiy) dirancang menggunakan strategi pelatihan (training) dalam bentuk ‘pelatihan, mengingat para calon peserta sedikit tidaknya telah memiliki pengetahuan dan pengalaman di bidang pembelajaran bahasa Inggris dan strategi pembelajaran bahasa Inggris untuk siswa SMP, SMA dan SMK. Tahapan-tahapan aktivitas secara umum menggunakan strategi pembelajaran Information Processing Theory, yaitu: penyemaian informasi (encoding), pengintegrasian informasi menjadi suatu pemahaman (decoding), perekaman informasi (storing), pelatihan informasi (rehearsal), dan pembelajaran informasi (learning). Pengabdian pada Masyarakat  yang dilakukan di Ruteng,  Flores, tergolong sukses karena tujuan yang direncanaan bisa tercapai. Dari hasil evaluasi, pencapaian ini dikonfirmasi dari wawancara dengan guru. Pada dasarnya para guru merasa telah belajar sesuatu yang penting dari kegiatan pelatihan dan berharap bahwa kegiatan semacam ini bisa dilakuan lagi di masa yang akan datang.
PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU SD DI KECAMATAN BULELENG Rapi, Ni Ketut; Suswandi, Iwan; Wahyuni, I. G. A. Nyoman Sri
International Journal of Community Service Learning Vol 1, No 2 (2017): August 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.147 KB) | DOI: 10.23887/ijcsl.v1i2.12092

Abstract

Guru Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan tentang penelitian tindakan kelas (PTK) bagi guru-guru SD di Kecamatan Buleleng. Sasaran kegiatan ini adalah guru-guru SD yang ada di Kecamatan Buleleng sebanyak 20 orang. Metode kegiatan dilakukan dengan memberikan ceramah, tanya jawab, pelatihan membuat proposal PTK, dan pendampingan di Sekolah. Kegiatan bertempat di ruang PPG Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Undiksha. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa secara umum pelaksanaan kegiatan berjalan dengan baik. Kegiatan pelatihan dapat meningkatkan pengetahuan para peserta tentang PTK hal ini didasarkan pada draf proposal yang dihasilkan oleh peserta. Respon peserta sangat positif, guru-guru sangat antusias mengikuti pelatihan. Para peserta sangat mengharapkan kegiatan ini berkelanjutan.
PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA SD BERBASIS EKSPERIMEN BAGI GURU GURU SD GUGUS VIII KECAMATAN KUBUTAMBAHAN Adnyana, Putu Budi; Citrawathi, Desak Made; Artawan, Putu
International Journal of Community Service Learning Vol 1, No 2 (2017): August 2017
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1397.489 KB) | DOI: 10.23887/ijcsl.v1i2.12094

Abstract

Guru-guru Sekolah Dasar (SD) sekolah mitra, yang tergabung dalam gugus VIII Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng yang terdiri dari lima SD, yaitu: SD 1 Pakisan 1, SD 2 Kelandis, SD 3 Pakisan 3, SD 4 Pakisan 2 dan SD 5 Mengandang mengalami permasalahan dalam pembelajaran IPA berbasis eksperimen sesuai dengan tuntutan stándar proses dan kurikulum. Berdasarkan hasil refleksi dan kajian mendalam terhadap permasalahan dan akar permasalahan bersama dengan guru mitra dan kepala sekolah, maka disepakati pemecahan masalah berupa kegiatan pelatihan dengan tujuan: (1) mengembangkan media pembelajaran IPA berbasis eksperimen yang dilengkapi perangkat pembelajaran seperti Lembar Kerja Siswa (LKS), pembuatan media pembelajan dan pedoman cara menggunakan media pembelajaran IPA SD yang dibuat, (2) meningkatkan keterampilan guru membuat media IPA berbasis eksperimen dan mengimplementasikannyadalam pembelajaran IPA. Target luaran pada kegiatan ini adalah: (1) Perangkat pendukung pembelajaran (RPP dan LKS) yang dilengkapi dengan media pembelajaran IPA SD berbasis eksperimen serta pedomannya untuk mendukung pembelajaran IPA SD, (3) Artikel pengembangan media pembelajaran IPA berbasis eksperimen.Untuk mencapai tujuan dan target tersebut, pendekatan yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan. Kegiatan pelatihan dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru mitra dalam merancang dan membuat media pembelajaran IPA SD berbasis eksperimen. Kegiatan pendampingan dilakukan untuk membantu guru menyelesaikan produk yang menjadi target kegiatan ini dan dapat mengimplementasikannya di kelas. Kegiatan pelatihan dan pendampingan dilakukan secara bertahap dan terintegrasi.Produkutama dari kegiatan P2M ini adalah media pembelajaran IPA SD berupa LKS eksperimen sederhana berbasis pertanyaan. Hasil evaluasi pelaksanaan P2M ini menunjukkan bahwa P2M ini bermanfaat untuk menunjang proses pembelajaran IPA di SD.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol. 7 No. 2 (2023): May 2023 Vol. 7 No. 1 (2023): February 2023 Vol. 7 No. 4 (2023): November Vol. 7 No. 3 (2023): Agustus Vol. 6 No. 4 (2022): November 2022 Vol. 6 No. 3 (2022): August 2022 Vol. 6 No. 2 (2022): May 2022 Vol. 6 No. 1 (2022): February 2022 Vol 6, No 1 (2022): February 2022 Vol 5, No 4 (2021): November 2021 Vol. 5 No. 4 (2021): November 2021 Vol. 5 No. 3 (2021): August 2021 Vol. 5 No. 2 (2021): May 2021 Vol 5, No 1 (2021): February 2021 Vol. 5 No. 1 (2021): February 2021 Vol 5, No 3 (2021): Agustus Vol 5, No 2 (2021): May Vol. 4 No. 4 (2020): November 2020 Vol 4, No 4 (2020): November 2020 Vol 4, No 3 (2020): August 2020 Vol. 4 No. 3 (2020): August 2020 Vol 4, No 2 (2020): May 2020 Vol. 4 No. 2 (2020): May 2020 Vol. 4 No. 1 (2020): February 2020 Vol 4, No 1 (2020): February 2020 Vol. 3 No. 4 (2019): November 2019 Vol 3, No 4 (2019): November 2019 Vol 3, No 3 (2019): August 2019 Vol. 3 No. 3 (2019): August 2019 Vol. 3 No. 2 (2019): May 2019 Vol 3, No 1 (2019): February 2019 Vol. 3 No. 1 (2019): February 2019 Vol 3, No 2 (2019) Vol. 2 No. 4 (2018): November 2018 Vol 2, No 4 (2018): November 2018 Vol. 2 No. 3 (2018): August 2018 Vol 2, No 3 (2018): August 2018 Vol. 2 No. 2 (2018): May 2018 Vol 2, No 2 (2018): May 2018 Vol. 2 No. 1 (2018): February 2018 Vol 2, No 1 (2018): February 2018 Vol 1, No 3 (2017): November 2017 Vol. 1 No. 3 (2017): November 2017 Vol. 1 No. 2 (2017): August 2017 Vol 1, No 2 (2017): August 2017 Vol 1, No 1 (2017): May 2017 Vol. 1 No. 1 (2017): May 2017 More Issue