cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Journal of Education Action Research
ISSN : 25804790     EISSN : 25493272     DOI : -
Core Subject : Education,
Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes widely available and exemplifying the variety of possible styles of reporting. It aims to establish and maintain a review of the literature of action research. It also provides a forum for dialogue on the methodological and epistemological issues, enabling different approaches to be subjected to critical reflection and analysis.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 1 (2018): February 2018" : 10 Documents clear
Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di Kelas X IPS 1 SMA Negeri 2 Singaraja Bali Yusniar, Yusniar
Journal of Education Action Research Vol 2, No 1 (2018): February 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (476.54 KB)

Abstract

Model pembelajaran dan metode mengajar sangat berperan penting dalam proses pembelajaran agar terjaidi interaksi antara guru dan peserta didik. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat mewadahi proses dan aktifitas peserta didik adalah model pembelajaran tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Dengan model Pembelajaran tipe STAD, peserta didik dapat memahami materi pembelajaran dengan mudah dan peserta didik mampu bekerja sama dengan baik.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap penerapan, tahap observasi dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMAN 2 Singaraja yang bejumlah 30 peserta didik, terdiri dari 12 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Teknik pengumpilan data berupa tes. Dari data penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktifitas peserta didik dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran tipe STAD. Pada siklus I hasil belajar peserta didik sebesar  58.1% dan mengalami peningatan pada siklus II yakni sebesar 76%. Jadi dapat disimpiulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran tipe STAD pada materi deskripsi (Tourism Destination) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.Kata Kunci: Student Teams Achievement Division (STAD), hasil belajar peserta didik
PENERAPAN TEKNIK MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PESERTA DIDIK KELAS XA AKL SMK NEGERI 1 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2017/2018 putri hartini, ni putu mandalika
Journal of Education Action Research Vol 2, No 1 (2018): February 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (490.496 KB)

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk 1) meningkatkan keterampilan menulis peserta didik kelas XA AKL di SMK N 1 Singaraja dengan penerapan teknik Mind Map dan 2) mengetahui tanggapan peserta didik terhadap penerapan teknik Mind Map untuk meningkatkan kerampilan menulis. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan kelas, yang dilaksanakan secara mandiri oleh penulis. Subjek penelitian ini adalah 34 peserta didik kelas XA AKL SMK N 1 Singaraja. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan dengan alokasi waktu untuk masing-masing pertemuan adalah 3 x 40 menit. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuisioner, wawancara dan tes. Kuisioner dan tes digunakan setiap akhir siklus. Berdasarkan hasil kuisioner tentang respon peserta didik terhadap teknik Mind Map, menyatakan bahwa peserta didik merespon positif teknik Mind Map dalam menulis. Hal ini ditunjukkan dengan data hasil respon peserta didik di siklus 1 merespon positif sebanyak 47% dan sangat positif 41% dan meningkat di siklus II menjadi 50% (merespon positif) dan 44% (merespon angat positif). Rata-rata hasil belajar menulis mengalami peningkatan, rata-rata siklus 1 yaitu 60 dan dan meningkat menjadi 74 pada siklus 2. Kata Kunci: Mind Map, respon belajar
PENINGKATAN SIKAP ILMIAH MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DI SDN 3 BANJAR JAWA Widyani, Ni luh Sadewi
Journal of Education Action Research Vol 2, No 1 (2018): February 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (558.508 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan sikap ilmiah siswa kelas IVA Semester I di SD Negeri 3 Banjar Jawa, Tahun Pelajaran 2017/2018 pada mata pelajaran Matematika setelah penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing bermediakan benda konkret. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa IVA SD Negeri 3 Banjar Jawa, sebanyak 32 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode (1) angket/kuesioner, dan (2) observasi. Data yang didapatkan dari metode angket dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada refleksi awal rata-rata persentase sikap ilmiah siswa pada mata pelajaran Matematika hanya mencapai 62,41% dan berada pada kategori kurang, meningkat pada siklus I menjadi 73,25% dan berada pada kategori cukup. Setelah dilaksanakan perbaikan tindakan pada siklus II, rata-rata persentase sikap ilmiah siswa pada mata pelajaran Matematika pada siswa semakin meningkat mencapai 84,63% dan berada pada kategori baik. Indeks peningkatan sikap ilmiah siswa pada mata pelajaran Matematika dari refleksi awal menuju siklus I yaitu 0,29 termasuk pada kategori rendah dan dari siklus I menuju siklus II meningkat menjadi 0,43 termasuk pada kategori sedang, maka peningkatan sikap ilmiah siswa pada mata pelajaran Matematika sudah mencapai predikat yang telah ditetapkan. Dengan demikian model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan bermediakan benda konkret dapat meningkatkan sikap ilmiah pada mata pelajaran Matematika siswa kelas IVA Semester I di SD Negeri 3 Banjar Jawa, Tahun Pelajaran 2017/2018.
Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri dengan Berbantuan Media Gambar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Agama Hindu Intaran, I Nyoman
Journal of Education Action Research Vol 2, No 1 (2018): February 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (664.285 KB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Tianyar di Kelas II Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017 yang prestasi belajarnya untuk mata pelajaran agama Hindu sangat rendah. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar agama Hindu siswa menggunakan model pembelajaran inkuiri berbantuan media gambar.  Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran inkuiri berbantuan media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar  agama Hindu siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya 65, pada siklus I menjadi 67,92 dan pada siklus II menjadi 72,92. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Inkuiri berbantuan Media Gambar dapat meningkatkan prestasi belajar agama Hindu siswa Kelas II Semester I SD Negeri 3 Tianyar Tahun Pelajaran 2016/2017.
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PEAR SHARE (TPS) untuk MENINGKATKAN AKTIVITAS dan HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR CHEST PASS PERMAINAN BOLA BASKET pada SISWA KELAS XI TATA NIAGA B SMK NEGERI 1 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2017/2018 pau, rilly haba
Journal of Education Action Research Vol 2, No 1 (2018): February 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (470.137 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar chest pass bola basket pada siswa kelas XI TN B SMK Negeri 1 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu guru sebagai peneliti. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI XI TN B SMK Negeri 1 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018, yang berjumlah 32 siswa dengan rincian 22 siswa putri dan 10 siswa putra. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif.Hasil analisis data hasil penelitian didapatkan aktivitas belajar teknik chest pass bola basket mengalami peningkatan 1.4% pada observasi awal ke siklus I. Kemudian meningkat sebesar 0.9%  dari siklus I ke siklus II. Dan meningkat sebesar 2.3% dari observasi awal ke siklus II. Hasil belajar teknik dasar chest pass bola basket pada aspek pengetahuan mengalami peningkatan sebesar 53,3% dari observasi awal ke siklus I. Kemudian meningkat sebesar 21.9% dari siklus I ke siklus II. Dan meningkat sebesar 75% dari observasi awal ke siklus II, Sedangkan Hasil belajar teknik dasar chest pass bola basket pada aspek keterampilan mengalami peningkatan sebesar 55.6% dari observasi awal ke siklus I. Kemudian meningkat sebesar 22.2% dari siklus I ke siklus II. Dan meningkat sebesar 77.8% dari observasi awal ke siklus II.Disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar chest pass bola basket meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada siswa kelas XI TN B SMK Negeri 1 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018. Peneliti menyarankan agar guru PJOK menggunakan  model pembelajaran tipe TPS karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar chest pass bola basket.Kata-kata kunci: Pembelajaran kooperatif tipe TPS, aktivitas belajar, hasil belajar, chest pass bola basket.
Model Pembelajaran Kuantum dengan Metode Snowball untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Sari, Ni Ketut
Journal of Education Action Research Vol 2, No 1 (2018): February 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (942.427 KB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 4 Tianyar di Kelas I Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017 yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran Matematika masih rendah. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Kuantum dengan metode Snowball dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Kuantum dengan metode Snowball dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada pada awalnya53,75 setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi57,66 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi64,22. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Kuantum dengan metode Snowball dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa SD Negeri 4 Tianyar Kelas I Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017.
Meningkatkan Kemampuan Menulis Melalui Teknik Roundtable Pada Siswa Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2017/2018 Yustika, Kadek Mika
Journal of Education Action Research Vol 2, No 1 (2018): February 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (558.917 KB)

Abstract

Abstrak Menulis merupakan salah satu keterampilan yang sangat penting yang harus dikuasai oleh siswa dalam pelajaran bahasa Inggris. Namun pada kenyataannya, disekolah-sekolah dengan jelas menunjukan bahwa menulis dalam bahasa Inggris menjadi salah permasalahan yang sangat penting yang harus segera ditemukan solusinya. Penelitian tindakan kelas ini dilakasanakan berdasarkan  hasil observasi dan pre-test yang dilakukan di kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Singaraja. Hasilnya menunjukan bahwa kemampuan mereka masih sangat lemah dalam hal menulis. Penelitian ini dilaksanakan untuk menegtahui apakah dapat atau tidaknya kemampuan menulis siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Singaraja ditingkatkan melalui teknik roundtable. Subyek yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Singaraja yang berjumlah 36 orang. Kemudian penelitian ini dilaksanakan dengan menggunkan teknik roundtable dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukan skor rata-rata pada pemberian pre-test dan post test pada setiap akhir siklus adalah 47.89, 63.08, dan 75.72. Sehingga, hasil dari post test pada setiap akhir siklus sangat jelas menunjukan adanya peningkatan yang signifikan pada kemampuan subyek dalam menulis. Selain itu, penelitian ini juga menunjukan adanya respon positif dari subyek terhadap penerapan teknik roundtable dalam meningkatkan kemampuan mereka dalam menulis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas dapat meningkatkan kemampuan menulis pada siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018 melalui teknik roundtable; selain itu subyek juga merespon positif terhadap penerapan teknik roundtable. Kata kunci:meningkatkan, kemampuan menulis, roundtable.
Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching berbantuan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Purnama Dewi, Luh Putu
Journal of Education Action Research Vol 2, No 1 (2018): February 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (525.006 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa kelas IXB semester ganjil SMP Negeri 2 Kubu setelah diterapkannya model pembelajaran quantum teaching berbantuan media konkret. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IXB SMP Negeri 2 Kubu yang terdiri dari 40 orang siswa, 22 siswa laki-laki dan 18 orang siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap Siklus terdiri dari 3 kali pertemuan yang di dalamnya terdiri atas perencanaan, tindakan, pemantauan, serta refleksi. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes tulis pada setiap akhir siklus. Data yang telah dikumpulkan tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata hasil tes siklus I sebesar 66,8 dengan tingkat ketuntasan belajar 50% dan nilai rata-rata siklus II sebesar 81,6 dengan tingkat ketuntasan belajar 87,5%
Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Dengan Menggunakan Media Audio Video Di Kelas XI MIPA-3 SMA Negeri 2 Singaraja Napitupulu, Fandy Raymond
Journal of Education Action Research Vol 2, No 1 (2018): February 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (524.811 KB)

Abstract

ABSTRAKMenulis merupakan salah satu keterampilan yang sangat penting yang harus dikuasai oleh siswa dalam pelajaran bahasa Inggris. Namun pada kenyataannya, disekolah-sekolah dengan jelas menunjukan bahwa menulis dalam bahasa Inggris menjadi salah permasalahan yang sangat penting yang harus segera ditemukan solusinya. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan berdasarkan hasil observasi dan pre-test yang dilakukan di kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 2 Singaraja. Hasilnya menunjukan bahwa kemampuan mereka masih sangat lemah dalam hal menulis. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui apakah dapat atau tidaknya kemampuan menulis siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 2 Singaraja ditingkatkan menggunakan media audio video. Subyek yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 2 Singaraja yang berjumlah 36 orang. Kemudian penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan media audio video dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukan skor rata-rata pada pemberian pre-test dan post test pada setiap akhir siklus adalah 55,3; 63,38; dan 78,08. Sehingga, hasil dari post test pada setiap akhir siklus sangat jelas menunjukan adanya peningkatan yang signifikan pada kemampuan subyek dalam menulis. Selain itu, penelitian ini juga menunjukan adanya respon positif dari subyek terhadap penggunaan media audio video dalam meningkatkan kemampuan menulis mereka. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas dapat meningkatkan kemampuan menulis pada siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 2 Singaraja menggunakan media audio video; selain itu subjek juga merespon positif terhadap penggunaan audio video. Kata kunci: meningkatkan, kemampuan menulis, audio video.
Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model STAD Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Kelas VII SMP Idayani, Ni Putu
Journal of Education Action Research Vol 2, No 1 (2018): February 2018
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (750.454 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang aktif dan rendahnya hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif model STAD dalam aktivitas pembelajaran. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan metode observasi yang dilengkapi dengan pedoman observasi terhadap keaktifan belajar siswa dan metode tes yang dilengkapi dengan instrumen berupa tes (soal) objektif. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dan menggunakan rumus statistik. Hasil pelaksanaan tindakan pada penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan keaktifan siswa. Pada refleksi awal keaktifan belajar siswa sebesar 4,87 yang tergolong kurang aktif. Pada siklus I rata-rata keaktifan belajar siswa adalah 6,27 yang tergolong cukup aktif; sedangkan pada siklus II rata-rata keaktifan belajar siswa adalah 7,57 yang tergolong aktif. (2) Penerapan model pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa . Pada refleksi awal nilai ratat-rata siswa sebesar 58,83. Hasil evaluasi pada siklus I menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa sebesar 67,67, pada siklus II nilai rata-rata siswa sebesar 79,52. Dari hasil tersebut ada perbedaan keaktifan dan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran kooferatif model STAD. Dengan demikian penerapan pembelajaran kooferatif model STAD dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 7 No 3 (2023): August 2023 Vol 7 No 2 (2023): May 2023 Vol 7 No 1 (2023): February 2023 Vol 6 No 4 (2022): November 2022 Vol 6 No 3 (2022): August 2022 Vol 6 No 2 (2022): May 2022 Vol 6, No 1 (2022): February 2022 Vol 6 No 1 (2022): February 2022 Vol 5 No 4 (2021): November 2021 Vol 5, No 4 (2021): November 2021 Vol 5, No 3 (2021): August 2021 Vol 5 No 3 (2021): August 2021 Vol 5, No 2 (2021): May 2021 Vol 5 No 2 (2021): May 2021 Vol 5, No 1 (2021): February 2021 Vol 5 No 1 (2021): February 2021 Vol 4 No 4 (2020): NOVEMBER 2020 Vol 4, No 4 (2020): NOVEMBER 2020 Vol 4, No 3 (2020): August 2020 Vol 4 No 3 (2020): August 2020 Vol 4, No 2 (2020): May 2020 Vol 4 No 2 (2020): May 2020 Vol 4, No 1 (2020): February 2020 Vol 4 No 1 (2020): February 2020 Vol 4, No 2 (2020) Vol 4, No 1 (2020) Vol 3 No 4 (2019): November 2019 Vol 3, No 4 (2019): November 2019 Vol 3 No 3 (2019): August 2019 Vol 3, No 3 (2019): August 2019 Vol 3 No 2 (2019): May 2019 Vol 3 No 1 (2019): February 2019 Vol 3, No 3 (2019) Vol 3, No 2 (2019) Vol 3, No 1 (2019) Vol 2 No 4 (2018): November 2018 Vol 2, No 4 (2018): November 2018 Vol 2, No 4 (2018): November 2018 Vol 2, No 3 (2018): August 2018 Vol 2 No 3 (2018): August 2018 Vol 2 No 2 (2018): May 2018 Vol 2, No 2 (2018): May 2018 Vol 2, No 2 (2018): May 2018 Vol 2, No 1 (2018): February 2018 Vol 2 No 1 (2018): February 2018 Vol 1, No 3 (2017): November 2017 Vol 1 No 3 (2017): November 2017 Vol 1, No 2 (2017): August 2017 Vol 1 No 2 (2017): August 2017 Vol 1, No 1 (2017): May 2017 Vol 1 No 1 (2017): May 2017 More Issue