cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Journal of Education Technology
ISSN : 25494856     EISSN : 25498290     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Journal of Education Technology p-ISSN : 2549-4856, e-ISSN : 2549-8290 is a publication of research results and scientific thoughts in the fields of education, learning, evaluation, innovation including the development and implementation of new technologies in education and learning.
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 4 (2019)" : 14 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP PENGUASAAN KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA Tasya Dhevi, Ni Putu Melinda Pramesti; Putra, I Made; Darsana, I Wayan
Journal of Education Technology Vol 3, No 4 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (574.656 KB) | DOI: 10.23887/jet.v3i4.22360

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan terhadap penguasaan kompetensi pengetahuan IPA antara siswa yang menggunakan model pembelajaran TSTS dan siswayangmenggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V semester II di SD Negeri Gugus Mohammad Hatta. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Negeri Gugus Mohammad HattaTahun Pelajaran 2018/2019 yang  berjumlah 106 siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas V SD Negeri 3 Panjer yang berjumlah 44 siswa dan siswa kelas V SD Negeri 6 Panjer yang berjumlah 31 siswa. Metode dalam pengumpulan data dilakukan dengan metode tes  yaitu  dengan  tes  obyektif.  Data  yang  diperoleh   dianalisis  dengan uji-t. Hasil  penelitian  ini  menunjukkan perbedaan yang signifikan bahwa  terdapat  perbedaan penguasaan kompetensi pengetahuan IPA yang menggunakan model pembelajaran TSTS dan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan thitung=10,704>ttabel=2,000 adanya perbedaan yang signifikan. Berdasarkan hasil analisis data model pembelajaran TSTS berpengaruh terhadap penguasaan kompetensi pengetahuan IPA. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa yang menggunakan model pembelajaran TSTS yaitu 80,45 dan nilai rata-rata siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu 55,48. Perbaikan dilakukan dalam proses pembelajaran IPA dengan menggunakan modelpembelajaran TSTS terhadap penguasaan kompetensi pengetahuan IPA yang mampu mengatasi kendala-kendala dalam proses pembelajaran dikelas.
PENGARUH KARTU KUARTET DALAM MODEL PEMBELAJARAN STAD TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA ., Istikholah; Roshayati, Fenny; Priyanto, Wawan
Journal of Education Technology Vol 3, No 4 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.564 KB) | DOI: 10.23887/jet.v3i4.22361

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah hasil belajar dari 40 siswa  dengan nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70, ada 14 siswa yang mendapatkan nilai lebih dari atau sama dengan 70, sedangkan yang belum mencapai nilai KKM sebanyak 26 siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah pengaruh media kartu kuartet dalam model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar siswa tema Udara Bersih Bagi Kesehatan Subtema Pentingnya Udara Bersih Bagi Kesehatan kelas V SD Negeri 04 Petarukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganilisis pengaruh Media kartu kuartet dalam model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar siswa tema lingkungan sahabat kita subtema manusia dan lingkungankelas V SDNegeri04 Petarukan. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimental design dengan model one grouppretest-posttest design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 04 Petarukan. Sampel yang diambil adalah semua siswa kelas V SDN 04 Petarukan yang berjumlah 40 siswa. Semua anggota populasi menggunakan sampling total (Sensus). Data dalam penelitian ini diperoleh dengan wawancara, tes, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung>ttabel yaitu 7,718>2,020 sehingga Ho ditolak dan Ha artinya ada perbedaan rata-rata yang signifikan hasil belajar kognitif siswa pada pretest dan posttest. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh gain 0,47 artinya siswa mengalami peningkatan hasil belajar dengan kategori sedang. Hasil belajar pretest-posttes siswa menunjukkan kenaikan ketuntasan belajar sebesar 50%. Berdasarkan hasil belajar nilai rata-rata posttest 77,3 dengan siswa yang mencapai ketuntasan berjumlah 31 siswa atau 77,5% sedangkan nilai rata-rata pretest 57,90 dengan siswa yang mencapai ketuntasan berjumlah 11 siswa atau 27,5.
PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS ASESMEN PROJEK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA Setiawan, I M Dedy; Arnawa, I N
Journal of Education Technology Vol 3, No 4 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (431.06 KB) | DOI: 10.23887/jet.v3i4.22363

Abstract

Salah satu cara mewujudkan tamatan yang berkualitas dimulai dengan mewujudkan proses pembelajaran yang berkualitas yaitu dengan mengimplementasikan pendekatan pembelajaran inovatif. Akan tetapi, selama ini pembelajaran matematika di kelas belum memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan kompetensinya, sementara dari segi penilaian pembelajaran masih bersifat konvensional hanya melalui tes di akhir pembelajaran, sehingga proses dalam pembelajaran kurang diperhatikan. Oleh karena itu, perlu diupayakan suatu inovasi dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu alternatifnya adalah menerapkan pendekatan saintifik berbasis asesmen projek. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh pendekatan saintifik berbasis asesmen projek terhadap hasil belajar matematika mahasiswa STMIK STIKOM Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan non equivalent control group design. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan saintifik berbasis asesmen projek terhadap hasil belajar matematika mahasiswa STMIK STIKOM Indonesia.
PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERMUATAN REFLEKTIF PADA MATA KULIAH PENULISAN KARYA ILMIAH Gilis, Nosa Ilvan; Winarta, I Ketut Ada
Journal of Education Technology Vol 3, No 4 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (485.516 KB) | DOI: 10.23887/jet.v3i4.22365

Abstract

Penelitian ini didasari atas temuan bahwa mata kuliah penulisan karya ilmiah belum optimal, baik dari sisi konten dan kurang mampu mengembangkan daya nalar mahasiswa yang mampu menghasilkan produk berupa karya tulis. Oleh karena itu, secara spesifik tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar project based learning bermuatan reflektif pada mata kuliah penulisan karya ilmiah. Penelitian ini dikembangkan dengan model ASSURE, dengan melihat aspek konten, bahasa dan desain selanjutnya akan di ujicoba terbatas pada mahasiswa STKIP Citra Bakti. Hasil penelitian menunjukkan aspek konten, desain dan bahasa dengan kategori sangat baik, serta penilaian mahasiswa dengan kategori sangat baik. Oleh karena itu,bahan ajar yang telah dikembangkan siap di implementasikan.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBASIS PENILAIAN KINERJA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA Rodykara, I K.; Dibia, I Kt.; Renda, N. T.
Journal of Education Technology Vol 3, No 4 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (393.782 KB) | DOI: 10.23887/jet.v3i4.22362

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran snowball throwing berbasis penilaian kinerja terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di SD Gugus VI Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah experimen semu dengan rancangan non equivalent post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V semester II di SD Gugus VI Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 192 orang siswa. Sampel penelitian ini ditentukan dengan tehnik random sampling dan diperoleh Sekolah Dasar Negeri  2 Tegalinggah sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 32 orang siswa dan Sekolah Dasar Negeri 1 Panji Anom sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 32 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar IPA dengan tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dalam dua tahap yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial (uji-t sparated varians). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai thitung  sebesar 3,29 dan ttabel sebesar 2,004 dengan taraf signifikansi 5% dan db = 62. Dilihat dari hasil perhitungan rata-rata hasil belajar IPA kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing berbasis penilaian kinerja adalah 18,94 lebih besar dari rata-rata hasil belajar IPA kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran snowball throwing berbasis penilaian kinerja yaitu 16,31. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran snowball throwing berbasis penilaian kinerja berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di SD Gugus VI Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2018/2019. Saran untuk penelitian selanjutnya, untuk melakukan penelitian tentang model pembelajaran snowball throwing pada mata pelajaran IPA maupun mata pelajaran lain dengan memperhatikan kendala-kendala yang dialami  dalam penelitian sebagai bahan pertimbangan untuk perbaikan dan penyempurnaan  dalam penelitian selanjutnya.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS BAHASA INDONESIA Krismasari Dewi, Ni Nyoman; Kristiantari, M.G Rini; Ganing, Ni Nyoman
Journal of Education Technology Vol 3, No 4 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (400.856 KB) | DOI: 10.23887/jet.v3i4.22364

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran picture and picture berbantuan media visual terhadap keterampilan menulis siswa kelas III SD Gugus V Mengwi Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan eksperimen semu dengan desain penelitian non-equivalent control grup desain. Populasi penelitian ini siswa kelas III di SD Gugus V Mengwi tahun ajaran 2018/2019. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Sampel penelitian siswa kelas III SD No 2 Abianbase sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas III SD No 3 Abianbase sebagai kelompok kontrol. Data hasil keterampilan menulis dikumpulkan dengan instrument berupa tes uraian berjumlah 1 butir tes yang telah divalidasi. Data keterampilan menulis dianalisis dengan uji-t polled varian. Rata- rata keterampilan menulis siswa kelompok eksperimen? = 0,37 rata-rata keterampilan menulis siswa kelompok kontrol? = 0,21. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan menulis kelompo ksiswa yang dibelajarkan menggunkaan model pembelajaran picture and picture berbantuan media visual dengan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas III SD Gugus V Mengwi Tahun Ajaran 2018/2019. Hal tersebut dibuktikan dengan hasilthitung = 6,225 pada taraf signifikansi 5% dengan dk = (34+32)-2 = 64 diperoleh ttabel= 2,000. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran picture and picture berbantuan media visual berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis siswa kelas III SD Gugus V Mengwi TahunAjaran 2018/2019.
PENGARUH KARTU MISTERI DALAM MODEL PEMBELAJARAN TGT TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA Zahara, Risfi Aulia; Roshayanti, Fenny; Priyanto, Wawan
Journal of Education Technology Vol 3, No 4 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (488.29 KB) | DOI: 10.23887/jet.v3i4.22357

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM yang ditetapkan oleh sekolah. Guru masih menggunakan model konvensional dan belum menggunakan media. Kurangnya kesesuaian strategi pembelajaran yang digunakan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Pengaruh Media Kartu Misteri dalam Model Pembelajaran TGT Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kartu misteri dalam model pembelajaran teams games tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 04 Petarukan Pemalang. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-experimental design dengan model one group pre-test post-test design yang digunakan dalam satu kelompok subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 04 Petarukan Pemalang. Sampel yang diambil adalah semua siswa yang berjumlah 20 siswa SDN 04 Petarukan Pemalang. Semua anggota populasi menggunakan teknik sampling jenuh. Data penelitian diperoleh melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil tersebut diperkuat dengan hasil analisis akhir yang telah dilakukan dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung = 8,862. Dari data distribusi t dengan db = 20-1 = 19, dengan taraf signifikan ? = 5%  diperoleh ttabel = 1,729. Karena thitung > ttabel maka HO ditolaj dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ?Ada Pengaruh Kartu Misteri Dalam Model Pembelajaran TGT Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV?. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang disimpulkan adalah media kartu misteri dapat digunakan sebagai media modifikasi guru dalam pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa yang meningkat dan menciptakan suasana kelas menjadi aktif dan menyenangkan.
PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING BERBANTUAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS Sari, Ni Putu Elfira; Putra, I Ketut Adnyana; Kristiantari, Rini
Journal of Education Technology Vol 3, No 4 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (294.988 KB) | DOI: 10.23887/jet.v3i4.22359

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan keterampilan menulis antara kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan model quantum teaching berbantuan multimedia interaktif dan siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen semu dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian meliputi seluruh kelas V SDN Gugus V Jenderal Sudirman Kecamatan Denpasar Selatan pada semester genap sebanyak 331 siswa. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VA SDN 6 Sesetan sebanyak 45 siswa  sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SDN 2 Serangan sebanyak 38 siswa sebagai kelompok kontrol. Data penelitian dikumpulkan dengan metode tes isian. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji-t. Hasil analisis data pada taraf signifikansi 5% (dk=81 dengan thitung = 3,70 dan ttabel = 2,00) yaitu Ho ditolak, dan rata-rata nilai siswa yang belajar dengan menggunakan model quantum teaching berbantuan multimedia interaktif, yaitu 80,24 dan siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional, yaitu 74,84. Maka terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan menulis antara kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan model quantum teaching berbantuan multimedia interaktif dan siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan model quantum teaching berbantuan multimedia interaktif berpengaruh terhadap keterampilan menulis siswa kelas V SDN Gugus V Jenderal Sudirman Kecamatan Denpasar Selatan tahun ajaran 2018/2019.
IMPLEMENTASI PROGRAM PENUGASAN DOSEN DI SEKOLAH (PDS) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MAHASISWA CALON GURU SD DALAM PERKULIAHAN IPA BERVISI SETS BERBANTUAN APS Atmojo, Setyo Eko
Journal of Education Technology Vol 3, No 4 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jet.v3i4.22555

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa calon guru SD melalui pembelajaran IPA bervisi SETS berbantuan Alat Peraga Sederhana (APS). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UPY kelas A7-17 sebanyak 38 orang mahasiswa. Objek penelitian ini adalah kreativitas mahasiswa selama kegiatan perkuliahan IPA 2. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, sementara analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kreativitas mahasiswa melalui pembelajaran bervisi SETS berbantuan alat peraga sederhana juga mangalami peningkatan dari pra siklus sebesar 54% meningkat menjadi 67% pada siklus satu dan meningkat menjadi 91% pada siklus dua dengan kategori tinggi. Sedangkan jika dari keenam indicator kreativitas mahasiswa pada pra siklus memiliki rata rata 2,23 meningkat menjadi 2,48 pada siklus 1 dan meningkat menjadi 3,2 pada siklus 2. Hal tersebut menunjukkan bahwa penguasaan indicator kreativitas mahasiswa telah mencapai 80,83 % yang termasuk pada kriteria tinggi.
MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA Widiana, I Wayan; Parera, Ni P. Gita; Yuda Sukmana, Adrianus I Wayan Ilia
Journal of Education Technology Vol 3, No 4 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jet.v3i4.22556

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun pengembangan media (2) mengetahui validitas hasil pengembangan media, (3) mengetahui efektivitas pengembangan media. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Metode yang digunakan yaitu wawancara, kuesioner, tes dan pencatatan dokumen. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif, dan statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan: (1) Media permainan ular tangga dikembangkan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. (2) Hasil validitas media dinyatakan valid dilihat  dari review para ahli dan siswa dengan persentase ahli isi mata pelajaran 92,86%, ahli media pembelajaran 82,86%, ahli desain pembelajaran 96,66%, uji coba perorangan 95,39%, uji coba kelompok kecil 93,59%, dan uji coba lapangan 94,50%. (3) Uji efektivitas media permainan ular tangga menunjukkan bahwa hasil thitung (9,6) > ttabel (2,144). Ini berarti terdapat efektivitas media permainan ular tangga untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada kompetensi pengetahuan IPA.

Page 1 of 2 | Total Record : 14