cover
Contact Name
M. Rudi Irwansyah
Contact Email
rudi.irwansyah@undiksha.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
rudi.irwansyah@undiksha.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha
ISSN : 25991418     EISSN : 25991426     DOI : -
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha published by Undiksha Press managed by Department of Economic Education Universitas Pendidikan Ganesha in collaboration with Asosiasi Profesi Pendidik Ekonomi Indonesia. A blind peer-reviewed and open access journal published twice a year (June and December). Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha has an objective to help researchers publish their work for a wider audience and discover new connections. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha considers original research articles and review articles in any research areas of Economic Education.
Arjuna Subject : -
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2013)" : 16 Documents clear
ANALISIS REALISASI PROGRAM BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH (BAPPEDA) KABUPATEN BULELENG MELALUI PENGUKURAN VALUE FOR MONEY Sudiarsa, Ketut
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpe.v1i1.478

Abstract

Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui realisasi program Bappeda Kabupaten Buleleng tahun 2009-2011 ditinjau dari (1) sudut ekonomis, (2) sudut efisiensi, dan (3) sudut efektivitas. Subjek penelitian ini adalah Kepala Bappeda dan objeknya adalah kinerja keuangan. Data dalam penelitian ini merupakan data sekunder kuantitatif dan sekunder kualitatif yang diperoleh dengan metode dokumentasi dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pengukuran value for money. Dari hasil analisis dapat ditarik simpulan bahwa (1) realisasi program Bappeda dari sudut ekonomis yaitu 10 program tergolong sangat ekonomis, 17 program tergolong ekonomis, 4 program tergolong cukup ekonomis, 3 program tergolong kurang ekonomis, dan 1 program tergolong tidak ekonomis. (2) Realisasi program Bappeda dari sudut efisiensi yaitu 2 program tergolong efisien, 9 program tergolong cukup efisien, dan 25 program tergolong kurang efisien. (3) Keseluruhan realisasi program Bappeda dari sudut efektivitas tergolong efektif.   Kata Kunci: Realisasi program, value for money
PENGARUH MASA KERJA TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU IPS SMP NEGERI SINGARAJA TAHUN AJARAN 2011/2012 Indrawati, Ni Ketut Sri
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpe.v1i1.399

Abstract

keterlibatan siswa yang memiliki skor sebesar 515 berada pada kategori baik, evaluasi yang memiliki skor sebesar 341 berada pada kategori baik, penilaian proses dan hasil belajar yang memiliki skor sebesar 496 berada pada kategori baik, penggunaan bahasa yang memiliki skor sebesar 342 berada pada kategori cukup, dan penutup yang memiliki skor sebesar 180 berada pada kategori tidak baik. Secara total dapat diketahui bahwa kompetensi pedagogik guru berada pada kategori baik dengan skor 5666. Kemudian besarnya pengaruh masa kerja terhadap kompetensi pedagogik guru IPS SMP Negeri Singaraja dalam penelitian ini melalui perhitungan determinasi adalah sebesar 52,5% sedangkan sisanya sebesar 47,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian, disarankan agar Guru IPS SMP Negeri Singaraja lebih meningkatkan kemampuannya dalam perencanaan, strategi dan metode pembelajaran yang berkaitan dengan pengelolaan pembelajaran, memanfaatkan media pembelajaran, serta menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dimengerti, menyimpulkan materi ajar dan pemberian tugas sehingga proses belajar mengajar berjalan secara optimal. Kata kunci : masa kerja, kompetensi pedagogik
ANALISIS SOSIAL-EKONOMI PENJUAL TUAK DI DESA DATAH KABUPATEN KARANGASEM TAHUN 2012 Sugandha, I Kadek Putra
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpe.v1i1.388

Abstract

AbstrakMasalah dalam penelitian ini adalah bagaimana sosial-ekonomi penjual tuak di Desa Datah ditinjau dari penghasilan, ditinjau dari pemilikan barang-barang berharga, ditinjau dari tingkat pendidikan, ditinjau dari keadaan rumah tinggal, dan ditinjau dari kedudukan di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sosial-ekonomi penjual tuak di Desa Datah ditinjau dari penghasilan, ditinjau dari pemilikan barang-barang berharga, ditinjau dari tingkat pendidikan, ditinjau dari keadaan rumah tinggal, dan ditinjau dari kedudukan di masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah penjual tuak di Desa Datah sedangkan objeknya adalah sosial-ekonomi penjual tuak. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sosial-ekonomi penjual tuak di Desa Datah ditinjau dari penghasilan belum baik, ditinjau dari pemilikan barang-barang berharga belum baik, ditinjau dari tingkat pendidikan belum baik, ditinjau dari keadaan rumah tinggal belum baik, dan ditinjau dari kedudukan di masyarakat belum baik.Kata kunci: Desa Datah Kabupaten Karangasem, penjual tuak, sosial-ekonomi.
PENGARUH KOMPETENSI EMOSIONAL DAN STRES KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN COLLECTOR Andriani, Ni Kadek Siti
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpe.v1i1.499

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh temuan eksplanasi teruji tentang: (1) pengaruh total kompetensi emosional dan stres kerja terhadap kinerja, (2) pengaruh kompetensi emosional terhadap stres kerja, (3) pengaruh langsung dan tidak langsung dari kompetensi emosional terhadap kinerja, dan (4) pengaruh langsung stres kerja terhadap kinerja. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kausal dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah karyawan collector pada perusahaan dan objeknya adalah kompetensi emosional, stres kerja, dan kinerja karyawan. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode kuisioner dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi emosional dan stres kerja berpengaruh total terhadap kinerja, kompetensi emosional berpengaruh terhadap stres kerja, kompetensi emosional berpengaruh langsung dan tidak langsung terhadap kinerja, dan stres kerja berpengaruh langsung terhadap kinerja karyawan collector.   Kata Kunci: kompetensi emosional, stres kerja, dan kinerja karyawan
PENGARUH LINGKUNGAN KERJA FISIK DAN KOMUNIKASI TERHADAP SEMANGAT KERJA KARYAWAN Permaningratna, Putu Duwita
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpe.v1i1.387

Abstract

analisis deskriptif menunjukkan bahwa lingkungan kerja fisik berada pada kategori cukup nyaman, komunikasi berada pada kategori cukup komunikatif, serta semangat kerja berada pada kategori tidak semangat. Hasil analisis regresi ganda menunjukkan bahwa lingkungan kerja fisik dan komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap semangat kerja karyawan baik secara simultan dan parsial.   Kata Kunci: komunikasi, lingkungan kerja fisik, dan semangat kerja
PENGARUH USAHA KELOMPOK WANITA TANI “MEKAR USAHA” TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA DI BANJAR DINAS SAREN KAUH, DESA BUDAKELING, KECAMATAN BEBANDEM, KABUPATEN KARANGASEM TAHUN 2011 Dewi, Ni Luh Ayu Fitri Meira
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpe.v1i1.481

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) keberadaan usaha kelompok wanita tani “Mekar Usaha” dalam rangka meningkatkan pendapatan keluarga di Banjar Dinas Saren Kauh, Desa Budakeling, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem, (2) besarnya pengaruh usaha kelompok wanita tani “Mekar Usaha” terhadap pendapatan keluarga Tahun 2011. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kausalitas. Subjek penelitian adalah seluruh anggota kelompok wanita tani yang berjumlah 25 orang, dan objeknya adalah pengaruh usaha kelompok wanita tani, dan pendapatan keluarga. Data dikumpulkan dengan kuisioner, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan regresi linier sederhana. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa keberadaan usaha kelompok wanita tani “Mekar Usaha” dapat meningkatkan pendapatan keluarga di Banjar Dinas Saren Kauh, Desa Budakeling, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem dengan kategori baik dan besarnya pengaruh usaha kelompok wanita “Mekar Usaha” terhadap pendapatan keluarga di Banjar Dinas Saren Kauh, Desa Budakeling, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem ditunjukkan dengan nilai R square adalah sebesar 0,649 dengan regresi Y= 124589,482+4105,736X.   Kata-kata Kunci: pengaruh, usaha kelompok wanita tani, pendapatan keluarga
STUDI KOMPARATIF KINERJA GURU SEBELUM DENGAN SESUDAH BERSERTIFIKASI DALAM MELAKSANAKAN PROSES PEMBELAJARAN DI SMAN 1 TABANAN Purwasih, Dewi
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpe.v1i1.476

Abstract

Abstrak Penelitian ini berlokasi di SMAN 1 Tabanan, yang bertujuan untuk mengetahui (1) kinerja guru sebelum bersertifikasi dalam melaksanakan proses pembelajaran, (2) kinerja guru sesudah bersertifikasi dalam melaksanakan proses pembelajaran, (3) perbedaan antara kinerja guru sebelum dengan sesudah bersertifikasi dalam melaksanakan proses pembelajaran. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif dengan analisis paired-samples t test menggunakan spss 16 for window. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) kinerja guru sebelum bersertifikasi dalam melaksanakan proses pembelajaran memiliki skor rata-rata 111,87 dan tergolong dalam kategori sangat baik, (2) kinerja guru sesudah bersertifikasi dalam melaksanakan proses pembelajaran memiliki skor rata-rata 113 dan tergolong dalam kategori sangat baik juga, (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara kinerja guru sebelum bersertifikasi dengan sesudah bersertifikasi dalam melaksanakan proses pembelajaran. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian memperoleh t hitung -4,432 dengan probabilitas 0,001 atau lebih kecil dari 0,05 sehingga Ha diterima.   Kata Kunci: kinerja guru, proses pembelajaran, sertifikasi
PENGARUH FUNGSI KEPEMIMPINAN TERHADAP SEMANGAT KERJA KARYAWAN BAGIAN DEPARTEMEN PERSONALIA PADA HOTEL PURI BAGUS CANDIDASA KARANGASEM Suriastini, Ni Ketut
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpe.v1i1.477

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh fungsi kepemimpinan terhadap semangat kerja karyawan bagian Departemen Personalia pada Hotel Puri Bagus Candidasa Karangasem, (2) besarnya pengaruh fungsi kepemimpinan terhadap semangat kerja karyawan bagian Departemen Personalia pada Hotel Puri Bagus Candidasa Karangasem. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dan kausal. Subjek penelitian adalah karyawan bagian Departemen Personalia pada Hotel Puri Bagus Candidasa Karangasem yang berjumlah 30 orang, dan objeknya adalah fungsi kepemimpinan, dan semangat kerja karyawan. Data dikumpul dengan menggunakan kuisioner, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis ttes dan regresi linier sederhana. Hasil analisis ttes menunjukkan 0,322 dengan p-value 0,000 lebih kecil dari alpha 0,05 hal ini menunjukan ada pengaruh fungsi kepemimpinan terhadap semangat kerja karyawan, dan besar pengaruh dari fungsi kepemimpinan terhadap semangat kerja karyawan sebesar 63,90%, hal ini ditunjukan dengan hasil R Square 0,639 dengan regresi Y= -0,663+ 0,239X. Kata Kunci: pengaruh, fungsi kepemimpinan, semangat kerja
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SAWAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013 Darmawan, I Made Edi
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpe.v1i1.392

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS Terpadu serta mengetahui respons siswa melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sawan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru mata pelajaran IPS Terpadu. Subjek penelitian ini adalah 26 siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sawan tahun pelajaran 2012/2013. Data aktivitas belajar siswa dikumpulkan dengan metode observasi, data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes hasil belajar, dan data mengenai respons siswa dikumpulkan melalui angket.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama, implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan perbedaan skor yang tidak signifikan yang ditunjukkan oleh hasil penelitian pada siklus I dengan rata-rata skor aktivitas sebesar 45,04 yang berada pada kategori aktif selanjutnya menjadi 46,4 yang berada pada kategori aktif pada siklus II. Kedua, implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan perbedaan nilai siswa yang tidak signifikan, yaitu pada siklus I rata-rata nilai siswa sebesar 75,9 selanjutnya meningkat menjadi 76,92 pada siklus II. Adapun respons siswa terhadap implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD berada pada kategori positif dengan skor rata-rata respons siswa sebesar 38,7.Kata Kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, model pembelajaran kooperatif, dan respons siswa.
PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN (SAK) DALAM PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN DI PT KOMUGI BALI Indrayani, Ni Putu Ayuk
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol 1, No 1 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpe.v1i1.390

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh temuan deskriptif mengenai (1) laporan keuangan PT Komugi Bali tahun 2011, (2) laporan keuangan PT Komugi Bali pada tahun 2011 yang sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK), dan (3) perbandingan antara laporan keuangan yang telah disusun oleh PT Komugi Bali dengan laporan keuangan PT Komugi Bali yang disusun sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) pada tahun 2011. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) dokumentasi, (2) wawancara, dan (3) studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Komugi Bali telah menyusun laporan keuangan tetapi laporan keuangan yang disusun belum sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK). Laporan keuangan yang disusun oleh PT Komugi Bali hanya Laporan Laba Rugi dan Neraca, sedangkan laporan keuangan yang sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan adalah (1) Laporan Laba Rugi, (2) Laporan Laba Ditahan, (3) Neraca, dan (4) Laporan Arus Kas. Dalam perbandingan antara laporan keuangan yang disusun oleh PT Komugi Bali dengan laporan keuangan yang disusun sesuai Standar Akuntansi Keuangan (SAK) terdapat perbedaan. Perbedaan terletak pada jumlah harga pokok penjualan, jumlah biaya bensin dan oli, dan pencatatan aktiva tetap pada neraca.   Kata Kunci: Laporan Keuangan, dan Standar Akuntasi Keuangan

Page 1 of 2 | Total Record : 16