cover
Contact Name
M. Rudi Irwansyah
Contact Email
rudi.irwansyah@undiksha.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
rudi.irwansyah@undiksha.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha
ISSN : 25991418     EISSN : 25991426     DOI : -
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha published by Undiksha Press managed by Department of Economic Education Universitas Pendidikan Ganesha in collaboration with Asosiasi Profesi Pendidik Ekonomi Indonesia. A blind peer-reviewed and open access journal published twice a year (June and December). Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha has an objective to help researchers publish their work for a wider audience and discover new connections. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha considers original research articles and review articles in any research areas of Economic Education.
Arjuna Subject : -
Articles 1,132 Documents
ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KECIL SATE LILIT IKAN LAUT DI DESA LEBIH KABUPATEN GIANYAR Karisna, Ni Wayan
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol 3, No 1 (2013): Agustus
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpe.v3i1.1167

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  kondisi internal, kondisi eksternal, dan  strategi berdasarkan analisis SWOT. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa  kondisi lingkungan internal yang menyangkut kekuatan menunjukan bahwa: produk berkualitas tinggi, harga terjangkau, promosi optimal, kepuasan kerja karyawan cukup tinggi, dan kondisi kerja kondusif adapun kelemahan usaha kecil sate lilit adalah produk kurang bervariasi, ada perbedaan harga diantara usaha sejenis,  tidak memiliki cabang usaha, pengelolaan keuangan dan tenaga kerja kurang baik. Kondisi lingkungan eksternal yang menyangkut peluang yang dimiliki yaitu dapat meningkatkan kesempatan kerja, pemanfaatan teknologi produksi secara baik, sedangkan ancaman bagi usaha kecil sate lilit adalah kebijakan perekonomian, pesaing.  Oleh  sebab itu strategi yang harus ditetapkan usaha kecil ini adalah integrasi horisontal, diversivikasi konsentrik, dan joint venture. Kata kunci: faktor eksternal, faktor internal, strategi pengembangan
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBANTUAN LKS TERSTRUKTUR Wiguna, Agus Adi
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol 3, No 1 (2013): Agustus
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpe.v3i1.1236

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan LKS terstruktur pada siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Sukasada tahun pelajaran 2012/2013. Data dikumpulkan dengan metode observasi dan tes. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi atau evaluasi, dan refleksi. Hasil penelitian terhadap keaktifan siswa pada siklus I sebesar 14.64 (cukup aktif), meningkat menjadi 16.70 (aktif) pada sikus II, meningkat menjadi 18.39 (aktif) pada siklus III. Persentase hasil belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 71.74% (cukup baik), meningkat menjadi 75.65% (baik) pada siklus II, meningkat menjadi 79.57% (baik) pada siklus III. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar ekonomi meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan LKS terstruktur.Kata kunci : aktivitas, hasil belajar, kooperatif tipe STAD, LKS terstruktur
PERSEPSI SISWA SMP KELAS IX TENTANG SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS IX SMPN1 SUKAWATI DAN SMPN1 BLAHBATUH) Saputri, Ni Luh Eka Eka
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol 3, No 1 (2013): Agustus
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpe.v3i1.1240

Abstract

AbstrakPenelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui (1) persepsi siswa kelas IX Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sukawati tentang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), (2) persepsi siswa kelas IX Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Blahbatuh tentang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, dokumentasi, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) persepsi siswa kelas IX Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Sukawati tentang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tergolong dalam kategori baik dengan perolehan skor sebesar 12.483; (2) persepsi siswa kelas IX Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Blahbatuh tentang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tergolong dalam kategori baik dengan perolehan skor sebesar 16.736.Kata Kunci : Persepsi, Sekolah Menengah Kejuruan, Siswa SMP Kelas IX
IDENTIFIKASI EFISIENSI SALURAN DISTRIBUSI PEMASARAN KOPI BUBUK PADA PERUSAHAAN MUTIARA SUPERMINI, NI LUH GEDE
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol 3, No 1 (2013): Agustus
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpe.v3i1.1241

Abstract

AbstractPenelitian ini bertujuan untuk memperoleh temuan deskriptif mengenai pola salurandistribusi, tingkat efisiensi saluran distribusi, dan saluran yang paling efisien dalampemasaran Kopi Bubuk pada Perusahaan Mutiara. Penelitian ini menggunakan desainpenelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah produsen, pedagang besar, pengecer,produsen dan objeknya adalah efisiensi saluran distribusi pemasaran. Data dikumpuldengan menggunakan metode dokumentasi, wawancara dan observasi serta dianalisissecara deskriptif. Hasil menunjukkan bahwa (1) ada tiga pola saluran distribusi pemasaranyang diterapkan, yaitu saluran pola (a) I (produsen – konsumen), (b) II (produsen –pengecer – konsumen) dan (c) III (produsen – pedagang besar – pengecer – konsumen); (2)tingkat efisiensi saluran distribusi pemasaran pola I berada pada kategori sangat efisien,sedangkan pola II berada pada kategori efisien dan III berada pada kategori kurang efisien,dan (3) saluran yang paling efisien adalah saluran pola I (produsen – konsumen).Kata Kunci: efisiensi saluran distribusi pemasaran
PENGARUH STRATEGI DIFERENSIASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA ATAU YAMAHA Yanti, Putu Yusli
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol 3, No 1 (2013): Agustus
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpe.v3i1.1242

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh strategi diferensiasi secara simultan, (2)pengaruh strategi diferensiasi secara parsial, (3) variabel yang memiliki sumbangan paling besar, dan(4) ada atau tidaknya strategi diferensiasi menjadi bahan pertimbangan terhadap keputusankonsumen Kabupaten Buleleng pada pembelian sepeda motor Honda atau Yamaha tahun 2012. Datadikumpulkan dengan metode kuisioner dan dokumentasi, dianalisis dengan analisis deskriptifkuantitatif dan Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi diferensiasiberpengaruh secara simultan terhadap keputusan konsumen sebesar 71%. Strategi diferensiasi yangterdiri dari produk, pelayanan, citra, harga dan promosi mempunyai pengaruh secara parsial terhadapkeputusan pembelian. Produk adalah variabel bebas yang memiliki sumbangan paling besar terhadapkeputusan pembelian. Strategi diferensiasi menjadi bahan pertimbangan terhadap keputusankonsumen Kabupaten Buleleng pada pembelian sepeda motor Honda atau Yamaha tahun 2012.Kata Kunci: keputusan pembelian, perilaku konsumen, strategi diferensiasai
ANALISIS UPAH PADA PERUSAHAAN KERAJINAN TANGAN MARTALOKA DI DESA BANJAR TAHUN 2012 Marini, Made Dwi
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol 3, No 1 (2013): Agustus
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpe.v3i1.1243

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan upah, (2) biaya upah tenagakerja, (3) biaya produksi perunit dan (4) tingkat ketercapaian volume produksi. Datadikumpulkan dengan dokumentasi dan wawancara, dianalisis dengan analisis deskriptifkuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perusahaan Martaloka menerapkantiga sistem upah yaitu upah borongan, upah harian dan upah lembur. Upah boronganditerapkan pada proses produksi tahap pertama, upah harian diterapkan pada tahap keduadan upah lembur diterapkan pada waktu tertentu, saat perusahaan tidak mampumencapai target produksi (2) biaya tenaga kerja upah borongan sebesar Rp15.302.366,67/bulan, biaya tenaga kerja upah harian sebesar Rp 17.157.187,50/bulan. (3)biaya produksi perunit dengan sistem upah borongan Rp 2.071,24/unit, biaya produksiperunit dengan sistem upah harian Rp 2.324,13/unit dan, (4) dengan diterapkan upahborongan tingkat pencapaian volume produksi meningkat sebesar 28,56%.Kata Kunci: Upah Borongan, Upah Harian dan Volume Produksi
KERUSAKAN PERALATAN DALAM KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA AREA PELAKSANA PEMELIHARAAN BALI 2012 Belinda, 1Ni Luh Jeshika
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol 3, No 1 (2013): Agustus
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpe.v3i1.1245

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerjasesuai Standard Operating Procedure perusahaan, (2) sesuai standar internasional, (3) adanya alatpengontrol otomatis untuk mengetahui kondisi Pemutus Tenaga di Perusahaan Listrik Negara AreaPelaksana Pemeliharaan Bali tahun 2012. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, kuesioner dandianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaanKeselamatan dan Kesehatan Kerja sudah sesuai dengan Standard Operating Procedure perusahaandan sudah sesuai dengan standar internasional namun perusahaan belum memiliki alat pengontrolotomatis untuk mengetahui kondisi Pemutus Tenaga. Dalam hal ini perusahaan belum memiliki alatpengentrol otomatis untuk mengetahui kondisi mekanik penggerak yang ada di dalam Pemutus Tenaga.Kata Kunci: analisis K3, kondisi yang aman dan kondisi tidak aman
ANALISIS BALANCED SCORECARD SEBAGAI MEDIA PENILAIAN KINERJA PADA RUMAH SAKIT UMUM SHANTI GRAHA TAHUN 2012 Suwandewi, Kd. Sri
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol 3, No 1 (2013): Agustus
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpe.v3i1.1246

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Rumah Sakit Umum Shanti Graha berdasarkanbalanced scorecard yang terdiri atas empat perspektif, yaitu (1) perspektif keuangan, (2) perspektifpelanggan, (3) perspektif proses bisnis internal, (4) perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Penelitianini merupakan penelitian deskriptif. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, dokumentasi, dankuesioner. Data yang diperoleh dengan metode wawancara dianalisis dengan teknik kualitatif,sedangkan data yang diperoleh dari dokumentasi dan kuesioner dianalisis dengan teknik kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan perspektif keuangan, ditinjau dari Return On Investmentkinerja Rumah Sakit Umum Shanti Graha tergolong cukup baik, ditinjau dari Current Ratio tergolongkurang baik, dan ditinjau dari Rasio Solvabilitas tergolong sangat baik. Berdasarkan perspektif pelanggandan perspektif proses bisnis internal kinerja Rumah Sakit Umum Shanti Graha tergolong baik, sedangkanuntuk perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, kinerja rumah sakit ditinjau dari tingkat kepuasankaryawan tergolong cukup baik, dan retensi karyawan tergolong kurang baik.Kata kunci : balanced scorecard, penilaian kinerja, rumah sakit.
PENGARUH SKOR HASIL PENILAIAN REKRUTMEN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA HOTEL PURI BAGUS VILLA & RESORT CANDIDASA DI KARANGASEM Asih, Ketut Intan Ratna Intan Ratna
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol 3, No 1 (2013): Agustus
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpe.v3i1.1253

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)skor hasil penilaian rekrutmen karyawan, (2)kinerja karyawan, (3) besar pengaruh skor hasil penilaian rekrutmen terhadap kinerja karyawandi Hotel Puri Bagus Villa & Resort Candidasa.Subjek penelitian ini adalah karyawan Hotel PuriBagus Villa & Resort Candidasa sedangkan yang menjadi objek dari penelitian ini adalah skorhasil penilaian rekrutmen dan kinerja karyawan.Pengumpulan data dalam penelitian inidilakukan dengan dokumentasi dan wawancara.Teknik analisis data yang digunakan adalahanalisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan (1) Skorhasil penilaian rekrutmen melalui tes kepribadian, tes prestasi, tes minat, tes keterampilan, teskecerdasan terdapat 4,3% dengan nilai sangat tinggi, 54,3% dengan nilai tinggi, 35,7% dengannilai cukup tinggi, dan 5,7% dengan nilai rendah. (2) Kinerja karyawan pada Hotel Puri BagusVilla & Resort Candidasa di Karangasem dilihat dari pencapaian target karyawan bahwa 22,9%dengan nilai sangat tinggi, 37,1% dengan nilai tinggi, 40% dengan nilai cukup tinggi. (3) Adapengaruh skor hasil penilaian rekrutmen terhadap kinerja karyawan sebesar 17,9%.Kata Kunci: hotel, kinerja karyawan, skor hasil penilaian rekrutmen
PENGARUH KOMPENSASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN PT. COLUMBUS MEGAH SARANA CABANG DENPASAR TAHUN 2012 Pebriyanti, Ni Kadek Sri
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol 3, No 1 (2013): Agustus
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpe.v3i1.1254

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kompensasi yang diberikan PT. Columbus Megah Saranacabang Denpasar, (2) kepuasan kerja karyawan PT. Columbus Megah Sarana cabang Denpasar, (3)besarnya pengaruh kompensasi terhadap kepuasan kerja karyawan PT. Columbus Megah Saranacabang Denpasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner yang diberi skor denganmengacu pada skala likert. Dalam penelitian ini analisis deskriptif dengan pendekatan kausal digunakansebagai metode analisis data. Hasil penelitian yang menunjukan bahwa (1) kompensasi yang diberikanoleh PT. Columbus Megah Sarana cabang Denpasar sebesar 2,31 yang termasuk dalam kategori cukupmemuaskan namun masih perlu ditingkatkan, (2) kepuasan kerja pada PT. Columbus Megah Saranacabang Denpasar sebesar 2,32 termasuk dalam kategori kurang sesuai, sehingga masih perluditingkatkan, (3) kompensasi berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja hal ini ditunjukkan darisignifikansi kompensasi terhadap kepuasan kerja karyawan 0,000 < 0,05 atau nilai t-hitung > t-tabel yaitu5,073 > 1,6634 dengan persentase pengaruhnya sebesar 23,7%.Kata kunci: kepuasan kerja, kompensasi, manajemen sumber daya manusia

Page 1 of 114 | Total Record : 1132