cover
Contact Name
M. Rudi Irwansyah
Contact Email
rudi.irwansyah@undiksha.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
rudi.irwansyah@undiksha.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha
ISSN : 25991418     EISSN : 25991426     DOI : -
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha published by Undiksha Press managed by Department of Economic Education Universitas Pendidikan Ganesha in collaboration with Asosiasi Profesi Pendidik Ekonomi Indonesia. A blind peer-reviewed and open access journal published twice a year (June and December). Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha has an objective to help researchers publish their work for a wider audience and discover new connections. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha considers original research articles and review articles in any research areas of Economic Education.
Arjuna Subject : -
Articles 19 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 1 (2013)" : 19 Documents clear
PENGARUH LINGKUNGAN KERJA FISIK DAN KOMUNIKASI TERHADAP SEMANGAT KERJA KARYAWAN Putu Duwita Permaningratna
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol. 1 No. 1 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpe.v1i1.387

Abstract

analisis deskriptif menunjukkan bahwa lingkungan kerja fisik berada pada kategori cukup nyaman, komunikasi berada pada kategori cukup komunikatif, serta semangat kerja berada pada kategori tidak semangat. Hasil analisis regresi ganda menunjukkan bahwa lingkungan kerja fisik dan komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap semangat kerja karyawan baik secara simultan dan parsial.   Kata Kunci: komunikasi, lingkungan kerja fisik, dan semangat kerja
ANALISIS SOSIAL-EKONOMI PENJUAL TUAK DI DESA DATAH KABUPATEN KARANGASEM TAHUN 2012 I Kadek Putra Sugandha
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol. 1 No. 1 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpe.v1i1.388

Abstract

AbstrakMasalah dalam penelitian ini adalah bagaimana sosial-ekonomi penjual tuak di Desa Datah ditinjau dari penghasilan, ditinjau dari pemilikan barang-barang berharga, ditinjau dari tingkat pendidikan, ditinjau dari keadaan rumah tinggal, dan ditinjau dari kedudukan di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sosial-ekonomi penjual tuak di Desa Datah ditinjau dari penghasilan, ditinjau dari pemilikan barang-barang berharga, ditinjau dari tingkat pendidikan, ditinjau dari keadaan rumah tinggal, dan ditinjau dari kedudukan di masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah penjual tuak di Desa Datah sedangkan objeknya adalah sosial-ekonomi penjual tuak. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sosial-ekonomi penjual tuak di Desa Datah ditinjau dari penghasilan belum baik, ditinjau dari pemilikan barang-barang berharga belum baik, ditinjau dari tingkat pendidikan belum baik, ditinjau dari keadaan rumah tinggal belum baik, dan ditinjau dari kedudukan di masyarakat belum baik.Kata kunci: Desa Datah Kabupaten Karangasem, penjual tuak, sosial-ekonomi.
PENGARUH MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN di USAHA DAGANG KALASTA DESA EKASARI KABUPATEN JEMBRANA TAHUN 2011 Maria Regina Saraswati
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol. 1 No. 1 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpe.v1i1.389

Abstract

Abstrak Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat motivasi dan kinerja karyawan serta seberapa besar pengaruh motivasi terhadap kinerja di Usaha Dagang Kalasta Dusun Parwatasari Desa Eksari Kabupaten Jembrana Tahun 2011. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi dan kinerja karyawan serta besarnya pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan di Usaha Dagang Kalasta Dusun Parwatasari, Desa Ekasari, Kabupaten Jembrana Tahun 2011. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kausalitas. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner yang kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yang dapat disimpulkan bahwa motivasi karyawan berada pada kategori cukup tinggi dengan skor 709, kinerja karyawan berada pada kategori cukup tinggi dengan skor 858, dan besar pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan di UD. Kalasta Dusun Parwatasari, Desa Ekasari, Kabupaten Jembrana sebesar 67,5% dan sisanya 32,5% dipengaruhi oleh faktor lain.     Kata-kata kunci: kinerja karyawan, motivasi kerja, Usaha Dagang Kalasta
PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN (SAK) DALAM PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN DI PT KOMUGI BALI Ni Putu Ayuk Indrayani
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol. 1 No. 1 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpe.v1i1.390

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh temuan deskriptif mengenai (1) laporan keuangan PT Komugi Bali tahun 2011, (2) laporan keuangan PT Komugi Bali pada tahun 2011 yang sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK), dan (3) perbandingan antara laporan keuangan yang telah disusun oleh PT Komugi Bali dengan laporan keuangan PT Komugi Bali yang disusun sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) pada tahun 2011. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) dokumentasi, (2) wawancara, dan (3) studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Komugi Bali telah menyusun laporan keuangan tetapi laporan keuangan yang disusun belum sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK). Laporan keuangan yang disusun oleh PT Komugi Bali hanya Laporan Laba Rugi dan Neraca, sedangkan laporan keuangan yang sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan adalah (1) Laporan Laba Rugi, (2) Laporan Laba Ditahan, (3) Neraca, dan (4) Laporan Arus Kas. Dalam perbandingan antara laporan keuangan yang disusun oleh PT Komugi Bali dengan laporan keuangan yang disusun sesuai Standar Akuntansi Keuangan (SAK) terdapat perbedaan. Perbedaan terletak pada jumlah harga pokok penjualan, jumlah biaya bensin dan oli, dan pencatatan aktiva tetap pada neraca.   Kata Kunci: Laporan Keuangan, dan Standar Akuntasi Keuangan
PENGARUH FAKTOR KEPUASAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PENDAWA MINI MARKET DI DESA BAJERA TAHUN 2011 Luh Gede Dewi Kusumasari
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol. 1 No. 1 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpe.v1i1.391

Abstract

Abstrak Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kepuasan konsumen pada Pendawa Mini Market dan berapa besar pengaruh faktor kepuasan terhadap kepuasan konsumen pada Pendawa Mini Market di Desa Bajera, Kecamatan Selemadeg, Kabupaten Tabanan, Tahun 2011. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen pada Pendawa Mini Market dan besarnya pengaruh faktor kepuasan terhadap kepuasan konsumen pada Pendawa Mini Market di Desa Bajera, Kecamatan Selemadeg, Kabupaten Tabanan, Tahun 2011. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan dokumentasi dengan Teknik penentuan sampel stratified purposive random sampling, serta teknik analisis data berupa analisis deskriptif dan regresi sederhana. Berdasarkan Hasil penelitian dapat disimpulkan kepuasan konsumen pada Pendawa Mini Market di Desa Bajera, Kecamatan Selemadeg, Kabupaten Tabanan, Tahun 2011 berada pada kategori  kurang puas, serta besarnya pengaruh faktor kepuasan terhadap kepuasan konsumen pada Pendawa Mini Market di Desa Bajera, Kecamatan Selemadeg, Kabupaten Tabanan, Tahun 2011 ditunjukkan dengan nilai R square sebesar 62,2%.   Kata-kata Kunci: faktor kepuasan konsumen, Pendawa Mini Market, kepuasan konsumen
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SAWAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013 I Made Edi Darmawan
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol. 1 No. 1 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpe.v1i1.392

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS Terpadu serta mengetahui respons siswa melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sawan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru mata pelajaran IPS Terpadu. Subjek penelitian ini adalah 26 siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sawan tahun pelajaran 2012/2013. Data aktivitas belajar siswa dikumpulkan dengan metode observasi, data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes hasil belajar, dan data mengenai respons siswa dikumpulkan melalui angket.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama, implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan perbedaan skor yang tidak signifikan yang ditunjukkan oleh hasil penelitian pada siklus I dengan rata-rata skor aktivitas sebesar 45,04 yang berada pada kategori aktif selanjutnya menjadi 46,4 yang berada pada kategori aktif pada siklus II. Kedua, implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan perbedaan nilai siswa yang tidak signifikan, yaitu pada siklus I rata-rata nilai siswa sebesar 75,9 selanjutnya meningkat menjadi 76,92 pada siklus II. Adapun respons siswa terhadap implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD berada pada kategori positif dengan skor rata-rata respons siswa sebesar 38,7.Kata Kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, model pembelajaran kooperatif, dan respons siswa.
PENGARUH MASA KERJA TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU IPS SMP NEGERI SINGARAJA TAHUN AJARAN 2011/2012 Ni Ketut Sri Indrawati
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol. 1 No. 1 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpe.v1i1.399

Abstract

keterlibatan siswa yang memiliki skor sebesar 515 berada pada kategori baik, evaluasi yang memiliki skor sebesar 341 berada pada kategori baik, penilaian proses dan hasil belajar yang memiliki skor sebesar 496 berada pada kategori baik, penggunaan bahasa yang memiliki skor sebesar 342 berada pada kategori cukup, dan penutup yang memiliki skor sebesar 180 berada pada kategori tidak baik. Secara total dapat diketahui bahwa kompetensi pedagogik guru berada pada kategori baik dengan skor 5666. Kemudian besarnya pengaruh masa kerja terhadap kompetensi pedagogik guru IPS SMP Negeri Singaraja dalam penelitian ini melalui perhitungan determinasi adalah sebesar 52,5% sedangkan sisanya sebesar 47,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian, disarankan agar Guru IPS SMP Negeri Singaraja lebih meningkatkan kemampuannya dalam perencanaan, strategi dan metode pembelajaran yang berkaitan dengan pengelolaan pembelajaran, memanfaatkan media pembelajaran, serta menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dimengerti, menyimpulkan materi ajar dan pemberian tugas sehingga proses belajar mengajar berjalan secara optimal. Kata kunci : masa kerja, kompetensi pedagogik
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X1 SMA SARASWATI SINGARAJA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI TAHUN PELAJARAN 2011/2012 Kadek Sugiarta
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol. 1 No. 1 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpe.v1i1.468

Abstract

Abstrak Penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Scramblebertujuan untuk mengetahui:   (1) peningkatan aktivitas belajar siswa, (2) peningkatan hasil belajar siswa, dan (3) respons siswa terhadap penerapan Scramble. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X1 SMA Saraswati Singaraja pada tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 24 orang siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus.Setiap Siklus terdiri dari tiga kali pertemuan yang didalamnya terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, serta refleksi.Data mengenai aktivitas belajar siswa dikumpulkan dengan metode observasi, data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes objektif pada setiap akhir siklus, dan data mengenai respons siswa dikumpulkan melalui angket.Data yang telah dikumpulkan tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif.Hasil penelitian ini menunjukkan (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipeScrambledapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh hasil penelitian terhadap aktivitas belajar siswa pada Siklus I sebesar 6,41 yang berada pada kategori cukup aktif menjadi 8,39 yang berada pada kategori cukup aktif pada Siklus II, meningkat menjadi 10,66 yang berada pada kategori aktif pada Siklus III, (2) hasil belajar pada Siklus I ketuntasan belajar diperoleh persentase 45,83%, pada Siklus II ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dengan persentase 79,17%, dan pada Siklus III ketuntasan belajar meningkat dengan persentase 100,00%, (3) respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipeScramble pada pelajaran Ekonomi mendapat respon positif dengan nilai rata-rata sebesar 38,41. Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe Scramble, aktivitas belajar, hasil belajar, dan respons siswa.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PENGGUNA JASA WARUNG INTERNET DI KOTA SINGARAJA TAHUN 2012 Luh Ratna Dewi
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol. 1 No. 1 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpe.v1i1.469

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh temuan deskritif tentang  (1) kualitas pelayanan, (2) loyalitas pelanggan serta (3) temuan eksplamatif yang teruji tentang pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pengguna jasa warung internet di Kota Singaraja.    Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif kausal. Objek penelitian ini adalah perusahaan jasa internet dan pelangganya sebagai subyek, serta kualitas pelayanan dan loyalitas pelanggan sebagai objek. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode (1) kuisioner, (2) wawancara dan (3) dokumentasi. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 pelanggan dari jumlah populasi sebanyak 1001 pelanggan. Sampel di tarik dengan menggunakan teknik sampling insidental, serta data di analisis dengan analisis regresi sederhana.    Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kualitas pelayanan berada dalam kategori baik, (2) loyalitas pelanggan berada dalan  kategori sangat loyal dan (3) ada pengaruh positif dan signifikan dari kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pengguna jasa warung internet di kota Singaraja Kata-kata kunci: kualitas pelayanan dan loyalitas pelanggan
STUDI KOMPARATIF KINERJA GURU SEBELUM DENGAN SESUDAH BERSERTIFIKASI DALAM MELAKSANAKAN PROSES PEMBELAJARAN DI SMAN 1 TABANAN Dewi Purwasih
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol. 1 No. 1 (2013)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpe.v1i1.476

Abstract

Abstrak Penelitian ini berlokasi di SMAN 1 Tabanan, yang bertujuan untuk mengetahui (1) kinerja guru sebelum bersertifikasi dalam melaksanakan proses pembelajaran, (2) kinerja guru sesudah bersertifikasi dalam melaksanakan proses pembelajaran, (3) perbedaan antara kinerja guru sebelum dengan sesudah bersertifikasi dalam melaksanakan proses pembelajaran. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif dengan analisis paired-samples t test menggunakan spss 16 for window. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) kinerja guru sebelum bersertifikasi dalam melaksanakan proses pembelajaran memiliki skor rata-rata 111,87 dan tergolong dalam kategori sangat baik, (2) kinerja guru sesudah bersertifikasi dalam melaksanakan proses pembelajaran memiliki skor rata-rata 113 dan tergolong dalam kategori sangat baik juga, (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara kinerja guru sebelum bersertifikasi dengan sesudah bersertifikasi dalam melaksanakan proses pembelajaran. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian memperoleh t hitung -4,432 dengan probabilitas 0,001 atau lebih kecil dari 0,05 sehingga Ha diterima.   Kata Kunci: kinerja guru, proses pembelajaran, sertifikasi

Page 1 of 2 | Total Record : 19