cover
Contact Name
M. Rudi Irwansyah
Contact Email
rudi.irwansyah@undiksha.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
rudi.irwansyah@undiksha.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha
ISSN : 25991418     EISSN : 25991426     DOI : -
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha published by Undiksha Press managed by Department of Economic Education Universitas Pendidikan Ganesha in collaboration with Asosiasi Profesi Pendidik Ekonomi Indonesia. A blind peer-reviewed and open access journal published twice a year (June and December). Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha has an objective to help researchers publish their work for a wider audience and discover new connections. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha considers original research articles and review articles in any research areas of Economic Education.
Arjuna Subject : -
Articles 81 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 1 (2015)" : 81 Documents clear
Efektivitas Penyaluran Kredit Pada Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Desa Tukadmungga Singaraja Tahun 2009-2013 Anak Agung Wisnu Wasista .; Dra. Lulup Endah Tripalupi,M.Pd .; Drs. Anjuman Zukhri, M.Pd. .
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol. 5 No. 1 (2015)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpe.v5i1.4665

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) efektivitas penyaluran kredit pada Lembaga Perkreditan Desa Tukadmungga Singaraja tahun 2009-2013, (2) masalah-masalah yang dialami dalam penyaluran kredit pada LPD Desa Tukadmungga, (3) solusi yang diberikan agar kredit berjalan dengan efektif. Penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif. Data kuantitatif yaitu penelitian yang menggunakan angka-angka dari laporan keuangan sebagai sumber data seperti neraca, laporan laba/rugi, dan laporan kegiatan perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan (1) efektivitas Penyaluran Kredit pada LPD Desa Tukadmungga dari tahun 2009 sampai dengan tahun 2013 belum efektif. Berdasarkan analisis ratio yang dilakukan menunjukkan bahya dari prersentase nilai loan to deposit ratio adalah tidak efektif, asset to loan ratio adalah tidak efektif, interest margin on loan ratio adalah belum begitu efektif di tahun terakhir, rate of return on loan ratio adalah tidak efektif, capital ratio adalah tidak efektif dan credit risk ratio adalah sangat efektif, (2) permasalahn yang dihadapi LPD Desa Tukadmungga dalam penyaluran kredit adalah (a) wilayah yang terbatas, (b) persaingan dengan lembaga keuangan lainnya, (c) kemampuan nasabah dalam membayar kredit, (3) solusi yang diberikan agar penyaluran kredit efektif yaitu (a) memberikan nasabah desa lain menari kredit dengan jaminan yang sesuai, (b) menyederhanakan proses penyaluran kredit, (c) memberikan kelonggaran didalam pembayaran pokok maupun bunga kredit. Kata Kunci : Efektivitas Penyaluran kredit, kredit, Lembaga Perkreditan Desa Abstract This research was aim at investigating (1) the effectiveness of credit distribution at Tukad Mungga Singaraja credit institution in the year of 2009-2013, (2) the problems which has been experienced during credit distribution at LPD Tukadmungga Village, and (3) appropriate solution to control the credit effectively. This research was used quantitative data which is using statistics from financial reports as the data collection, for instance, balance sheet, income statement, and activity report of the company. The result showed that, (1) the credit distribution at LPD Tukad Mungga Singaraja since 2009 until 2013 has not been effective. Based on the ratio analysis, it showed some ineffective cases, such as, percentage of loan value to deposit ratio, asset to loan ratio, interest margin on loan ratio, rate of return on loan ratio, capital ratio, and credit risk ratio. (2) The problems which was faced by LPD Tukadmungga village in distributing the credit are as follows; (a) limited area, (b) competition with the other financial institutions, and (c) the ability of customers to pay off the loans. (3) The solution which was given to make the credit distribution effective are as follows; (a) Allow the customers from another village to find appropriate credit guarantee. (b) Simplify the process of lending, and (c) gives leeway in principal payment and credit interest. keyword : Effectiveness of credit distribution, Credit, Lembaga Perkreditan Desa
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MASYARAKAT DI KOTA SINGARAJA MEMILIKI PROGRAM ASURANSI UNITLINK Ni Putu Veyna Maharani .; Drs. Anjuman Zukhri, M.Pd. .; Kadek Rai Suwena, S.Pd., M.Pd. .
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol. 5 No. 1 (2015)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpe.v5i1.4880

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat kota Singaraja memiliki program asuransi, (2) faktor yang dominan mempengaruhi masyarakat kota Singaraja memiliki program asuransi. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif dengan model kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah perusahaan Asuransi Unitlink di Kota Singaraja meliputi Allianz, Sun life, dan Prudential. Objek penelitian yaitu faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat Singaraja memilih Asuransi Unitlink. Data yang dikumpulkan dengan metode kuisioner dan dianalisis menggunakan metode analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan: (1) faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat kota Singaraja memiliki program Asuransi Unitlink adalah faktor penghasilan dengan nilai varian sebesar 17,475%, faktor lama promosi iklan/sales nilai varian sebesar 17,144%, faktor pekerjaan dengan nilai varian sebesar 14,17%, faktor pendidikan dengan nilai varian 12,859%, faktor usia dengan nilai varian 11,665%, faktor jenis kelamin dengan nilai varian 10,227%, faktor gaya hidup dengan nilai varian 8,370%, dan faktor sebaran penduduk dengan nilai varian 8,647%; dan (2) Faktor yang dominan mempengaruhi masyarakat kota Singaraja memiliki program Asuransi Unitlink adalah faktor penghasilan dengan nilai varimax rotation 17,475%Kata Kunci : Analisis Faktor, Memiliki, Asuransi Unitlink. This research is aimed to know (1) Factors that influencing Singaraja people to have insurance program (2) Dominan factors that influencing Singaraja people to have insurance program. This research uses descriptive design with quantitative models. Research subjects are Unitlink insurance companies in Singraja such as Allianz, Sun Life and Prudential. Research subjects are factors that make Singaraja people to choose Unitlink insurance such as income, promotion or advertisement, job, education, age, gender, life style and human density. Data is collected with quizionair method and analysis data method is factor analysis. The result show: (1) Factors that influencing Singaraja people to having Unitlink insurance program are income varian 17,475%, promotion, advertising, sales 17,144%, job 14,17%, education 12,859%, age 11,665%, gender 10,227%, life style 8,370%, human density 8,647% and (2) Dominan factors that influencing Singaraja people to having Unitlink insurance programare with varimax rotation 17,475%keyword : Factors Analysis, Having, Unitlink Insurance.
PENGARUH FAKTOR PRIBADI DAN FAKTOR PSIKOLOGIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI KENTUCKY FRIED CHICKEN (KFC) SINGARAJA Hendi Hakimi .; Drs. I Made Nuridja, M.Pd. .; Kadek Rai Suwena, S.Pd., M.Pd. .
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol. 5 No. 1 (2015)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpe.v5i1.4881

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh faktor pribadi terhadap keputusan pembelian konsumen di KFC Singaraja, (2) pengaruh faktor psikologis terhadap keputusan pembelian konsumen di KFC Singaraja, (3) pengaruh faktor pribadi dan faktor psikologis terhadap keputusan pembelian konsumen di KFC Singaraja, (4) besarnya pengaruh faktor pribadi dan faktor psikologis terhadap keputusan pembelian konsumen di KFC Singaraja. Jenis penelitian ini adalah penelitian kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang telah membeli produk KFC Singaraja dengan jumlah sampel sebanyak 96 orang. Pemilihan sampel dilakukan secara acak dengan menggunakan metode acedental sampling. Data dikumpulkan dengan mengunakan metode kuesioner yang dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS for windows 17.0 yang meliputi uji-t, uji F, dan koefesien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) faktor pribadi berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen di KFC Singaraja, hal tersebut ditunjukan dari nilai thitung = 4.501 > ttabel = 2,000 atau p-value = 0,000 < α = 0,05, (2) faktor psikologis berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen di KFC Singaraja, hal tersebut ditunjukan dari nilai thitung = 8,232 > ttabel = 2,000 atau p-value = 0,000 < α = 0,05, (3) faktor pribadi dan faktor psikologis berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen di KFC Singaraja, hal tersebut ditunjukan dari nilai Fhitung = 103,569 > Ftabel = 3,11 atau p-value = 0,000 < α = 0,05, (4) besarnya pengaruh faktor pribadi dan faktor psikologis terhadap keputusan pembelian konsumen di KFC Singaraja adalah 68,3%, hal tersebut ditunjukan dari nilai analisis koefesien determinasi yaitu 0,683 atau 68,3%.Kata Kunci : faktor pribadi, faktor psikologis, keputusan pembelian, KFC This study aimed at find (1) the effects of personal factors toward purchase decision of KFC Singaraja consumer, (2) the effects of psychological factors toward purchase decision of KFC Singaraja consumer, (3) the effects of personal and psychological factors upon the consumer's purchase decision in KFC Singaraja (4) how does personal and psychological factors affects the consumer's purchase decision in KFC Singaraja. The type of this study was causal study. The populations of this study were KFC's consumers which have been buying the KFC's products. The total number of the samples were 96 samples. The sampling was done by using acendental sampling method. The data was gained by using questionnaire method and then analyzed by using SPPS for windows 17.0 program. The analysis of the data in SPPS including t-test, f-test and coeficient determination. The result of the study showed that (1) Personal factors affects the consumer's purchase decisions in KFC Singaraja, it was proven by the value of tvalue = 4.501 > ttable = 2,000 or p-value = 0,000 < α = 0,05, (2) Psychological factor affects the consumer's purchase decision in KFC Singaraja , it was proven by the value of tvalue = 8,232 > ttable = 2,000 or p-value = 0,000 < α = 0,05, (3) Consumer's purchase decision in KFC Singaraja was affected by personal and psychological factors, it was proven by the value of Fvalue = 103,569 > Ftable = 3,11or p-value = 0,000 < α = 0,05, (4) The personal factors and psychological factors affect consumer's purchase decision of KFC Singaraja for about 68,3%, it was proven by using coeficient determination analysis, which showed value 0,683 or 68,3%.keyword : : personal factors, psychological factors, purchase decision, KFC
Analisis Risiko Operasional Dengan Metode Generalized Pareto Distibution Pada PT. Indo Bali di Tegalbadeng Barat Kabupaten Jembrana Tahun 2014 Ernawati .; Drs. I Made Nuridja, M.Pd. .; Kadek Rai Suwena, S.Pd., M.Pd. .
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol. 5 No. 1 (2015)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpe.v5i1.4882

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) risiko operasional apa sajakah yang dihadapi ditinjau dari risiko proses, risiko sumber daya manusia, risiko sistem dan risiko eksternal pada PT. Indo Bali tahun 2014, (2) besarnya risiko operasional ditinjau dari risiko proses, risiko sumber daya manusia, risiko sistem dan risiko eksternal pada PT. Indo Bali tahun 2014, (3) Upaya yang dilakukan untuk menanggulangi risiko operasional pada PT. Indo Bali di Tegalbadeng Kabupaten Jembrana tahun 2014. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Indo Bali Desa Tegalbadeng Barat Kabupaten Jembrana. Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan metode Generalized Pareto Distribution. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Risiko operasional pada PT. Indo Bali antara lain risiko proses yang disebabkan oleh pembelian bahan baku ikan, dimana pada musim-musim tertentu harga bahan baku cendrung naik, namun harga jual produk tidak mengalami kenaikan. Kemudian pada risiko sumber daya manusia yang disebabkan karyawan tidak bekerja sesuai dengan standar operasional prosedur. Selanjutnya pada risiko sistem disebabkan oleh kerusakan mesin, sedangkan pada risiko eksternal disebabkan oleh kebijakan pemerintah menaikan harga BBM, (2) Besarnya risiko operasional adalah sebanyak 10.370 satuan produk atau senilai Rp 44.891.500,- dan Generalized Pareto Distribution yang terdiri atas nilai location (µ) atau mean adalah sebesar Rp 5.611.437,5000 kemudian nilai Parameter ψ (scale) atau standar deviasi adalah sebesar Rp 3.252.743,27560. (3) Upaya yang dilakukan untuk menanggulangi risiko operasional adalah mengadakan pelatihan dan on the job training, menetapkan standar operasional prosedur, memprogramkan pemeriksaan dan perbaikan mesin secara teratur dan melakukan pengawasan.Kata Kunci : Risiko Operasional & Generalized Pareto Distribution This study aims to determine (1) what are the operational risks faced in terms of the risk process, the risk of human resources, risk systems and external risk in PT. Indo Bali in 2014, (2) the amount of operational risk in terms of the risk process, the risk of human resources, risk systems and external risk in PT. Indo Bali in 2014, (3) Efforts are being made to address operational risk at PT. Indo Bali in Tegal Badeng Jembrana 2014. This research was conducted at PT. Indo Bali, located in the village of West Tegalbadeng Jembrana. Data were collected using interviews and documentation. Data were analyzed using quantitative descriptive analysis by the method of Generalized Pareto Distribution.The results of this study show that (1) Operational Risk at PT. Indo Bali, among others, the risks caused by the purchase of raw materials fish which at a certain season-season tends to rise in raw material prices but selling prices are not increased. Then the risk of human resources caused by the employee does not work in accordance with standard operating procedures. Then the risk is caused by damage to the engine system, while at risk externally caused by government policies to raise fuel prices (2) The amount of operational risk amounted to 10 370 units of product or Rp 44.8915 million, - and the Generalized Pareto Distribution comprising location value (μ) or mean is Rp 5,611,437.5000 then the value of parameter ψ (scale) or standard deviation is Rp 3,252,743.27560. (3) Efforts are being made to address operational risk is the training, establish standard operating procedures and monitoring.keyword : Operational Risk & Generalized Pareto Distribution
PENGARUH LINGKUNGAN TOKO (STORE ENVIRONMENT) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA MINIMARKET SRINADI DI SEMARAPURA TAHUN 2014 I Putu Wisman .; Dr. Iyus Akhmad Haris,M.Pd .; Made Ary Meitriana, S.Pd. .
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol. 5 No. 1 (2015)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpe.v5i1.5062

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh (1) store planning, marchendising dan visual communication secara parsial terhadap keputusan pembelian konsumen pada Minimarket Srinadi di Semarapura Tahun 2014, dan (2) lingkungan toko (store environment) secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Minimarket Srinadi di Semarapura Tahun 2014. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Subjek penelitian ini adalah konsumen Mini Market Srinadi sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah lingkungan toko dan keputusan pembelian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, yang selanjutnya dianalisis dengan analisis regresi berganda dengan SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) secara parsial store planning, marchendising dan visual communication berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Minimarket Srinadi di Semarapura Tahun 2014, dan (2) secara simultan lingkungan toko (store environment) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Minimarket Srinadi di Semarapura Tahun 2014, hal tersebut ditunjukan dari nilai Fhitung = 45,714 > Ftabel = 2,47 atau p-value = 0.000 < α = 0,05. Kata Kunci : keputusan pembelian, lingkungan toko, store environment This study aimed to determine the effect of (1) store planning, marchendising and visual communication partially on consumer purchasing decisions on Srinadi Minimarket Semarapura in 2014, and (2) the environment of store (store environment) simultaneously on consumer purchasing decisions on Srinadi Minimarket Semarapura in 2014. This study was a quantitative descriptive research with respondents as many as 100 people. The subjects of this study were consumers of Srinadi Minimarket whereas the object of this study was the environment of store and purchasing decisions. Data collection method used was a questionnaire, which is then analyzed by multiple regression analysis with SPSS 16.0 for Windows. The results showed that (1) store planning, marchendising and visual communication significantly influence consumer purchasing decisions on Srinadi Minimarket Semarapura in 2014 partially, and (2) the environment of store (store environment) had a significant effect on consumer purchasing decisions on Srinadi Minimarket Semarapura simultanously in 2014, it is shown on the value of F = 45.714> F table = 2.47 or p-value = 0.000
ANALISIS PERATURAN DAN MEKANISME PRODUK KREDIT PADA PEGADAIAN KONVENSIONAL DAN SYARIAH TAHUN 2015 Hadiana .; Dra. Lulup Endah Tripalupi,M.Pd .; Made Ary Meitriana, S.Pd. .
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol. 5 No. 1 (2015)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpe.v5i1.5063

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peraturan dan mekanisme produk kredit pada pegadaian konvensional, (2) peraturan dan mekanisme produk kredit pada pegadaian syariah, dan (3) perbedaan pelaksanaan peraturan dan mekanisme produk kredit pada pegadaian konvensional dan syariah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif k. Data dikumpulkan dengan metode wawancara dan dokumentasi, dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) peraturan produk kredit KCA, KREASI, KRASIDA dan Mulia pada pegadaian konvensional memiliki perbedaan antara produk kredit satu dengan yang lainnya. Namun mekanisme antara produk kredit KCA dan KRASIDA memiliki kesamaan. (2) peraturan dan mekanisme produk pembiayaan Rahn, Arrum, Amanah dan Mulia pada pegadaian syariah memiliki perbedaan antara produk pembiayaan satu dan yang lain dikarenakan dari masing-masing produk pembiayaan syariah memiliki jenis dan tujuan yang berbeda. (3) perbedaan peraturan dan mekanisme dalam produk kredit yaitu (a) KCA dan Rahn terletak pada istilah formulir, perhitungan ijaroh/sewa modal, perjanjian/akad dan lembaga penerima kelebihan hasil lelang. Namun dalam mekanismenya tidak terdapat perbedaan. (b) KREASI dan Arrum terletak pada penetapan uang pinjaman, perhitungan ijaroh/sewa modal, perjanjian/akad dan lembaga penerima kelebihan hasil lelang. Namun dalam mekanismenya tidak terdapat perbedaan. (c) KRASIDA dan Amanah antara peraturan dan mekanisme terdapat perbedaan secara keseluruhan.Kata Kunci : Peraturan, Mekanisme, Produk Kredit The purposes of this research are to know (1) the rules and mechanism of product credit in conventional pawn shop, (2) the rules and mechanism of product cost in sharia pawn shop, and (3) the difference implementation of rules and mechanism for product credit in conventional and sharia pawn shop. The present research was descriptive . Data was collected by interview and documentation which was analyzed by descriptive analysis technique with qualitative approach. The research result showed that (1) the rules of credit products KCA, KREASI, KRASIDA and Mulia in conventional pawn shop is different from among one credit product to the other, but mechanism between credit product KCA and KRASIDA are similar. (2) the rules and mechanism cost product Rahn, Arrum, Amanah and Mulia in sharia pawn shop are different from because each sharia cost product has its own types and purpose. (3) the difference of rules and mechanisms in credit products are (a) KCA and Rahn lie on the form terms, ijaroh calculation/fund lending, greementt/aqad and the foundation who accept. The differences of rules and mechanisms in credit products are (a) KCA and Rahn lie on the form terms of the ijaroh calculation/fund lending, agreement/akad and the institution who accept the remainder of auction. However, there is no difference in the mechanism. (b) the difference between KREASI and Arrum lie on the decision for money lending, calculation of ijaroh/fund lending, agreement/akad and the institution who accept the remainder of auction, however, there is no difference in the implementation. (c) There are total differences between the rules and mechanism of KRASIDA dan Amanah. keyword : Rules, Mechanism, Credit Products
PENGOLAHAN BUAH AREN DAN DAMPAK TERHADAP SOSIAL-EKONOMI PETANI AREN (STUDY PADA PETANI AREN DI DUSUN SELOMBO DESA BONDALEM KECAMATAN TEJAKULA KABUPATEN BULELENG TAHUN 2013) Komang Anik Wirastini .; Dra. Lulup Endah Tripalupi,M.Pd .; Dr. Iyus Akhmad Haris,M.Pd .
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol. 5 No. 1 (2015)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpe.v5i1.5064

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) sosial-ekonomi pengolah buah aren di Dusun Selombo Desa Bondalem ditinjau dari penghasilan, (2) sosial-ekonomi pengolah buah aren di Dusun Selombo Desa Bondalem ditinjau dari pemilikan barang-barang berharga, (3) sosial-ekonomi pengolah buah aren di Dusun Selombo Desa Bondalem ditinjau dari tingkat pendidikan, (4) sosial-ekonomi pengolah buah aren di Dusun Selombo Desa Bondalem ditinjau dari keadaan rumah tinggal, (5) sosial-ekonomi pengolah buah aren di Dusun Selombo Desa Bondalem ditinjau dari kedudukan di dalam masyarakat, dan (6) dampak penghasilan pengolah buah aren terhadap sosial-ekonomi pengolah buah aren. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah pengolah buah aren di Dusun Selombo Desa Bondalem, sedangkan objeknya adalah sosial-ekonomi pengolahan buah aren dan dampak terhadap kondisi sosial-ekonomi petani aren. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode (1) wawancara, (2) dokumentasi, dan (3) observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Sosial-ekonomi pengolah buah aren ditinjau dari penghasilan sudah layak. (2) Ditinjau dari pemilikan barang-barang berharga sudah layak. (3) Ditinjau dari tingkat pendidikan belum baik. (4) Ditinjau dari keadaan rumah tinggal sudah baik. (5) Ditinjau dari kedudukan di dalam masyarakat belum baik. (6) Dampak penghasilan pengolah buah aren terhadap sosial-ekonomi pengolah buah aren sangat berpengaruh. Kata Kunci : sosial-ekonomi, petani aren, pengolah buah aren This research is aimed to know (1) socio-economic of processing palm fruit in Dusun Selombo Desa Bondalem terms of income, (2) socio-economic of processing palm fruit in Dusun Selombo Desa Bondalem terms of ownership of valuables, (3) socio-economic of processing palm fruit in Dusun Selombo Desa Bondalem terms of education level, (4) socio-economic of processing palm fruit in Dusun Selombo Desa Bondalem terms of the state of residence, (5) socio-economic of processing palm fruit in Dusun Selombo Desa Bondalem terms of position in society, and (6) impact revenue of the processing palm fruit. This research is descriptive. The subject of this research is in the palm fruit processing in Dusun Selombo Desa Bondalem, while socio-economic object is sugar palm fruit processing and the impact on the socio-economic conditions of palm farmers. Data in this research is done by: (1) interviews method, (2) documentation method, and (3) observation method. The results of this research showed: (1) Socio-economic of processing palm fruit is feasible in terms of income. (2) In terms of ownership of valuable goods is feasible. (3) In terms of the level of education is not good. (4) In view of the state of residence has been good. (5) In view of the position in society is not good. (6) The impact of income on the socioeconomic of processing palm fruit is very influential.keyword : socio-economic, palm growers, palm fruit processing
ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KEGAGALAN USAHA PENERIMA PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA (PMW) DI UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA (UNDIKSHA) TAHUN 2013 I Wayan Wartika .; Dra. Lulup Endah Tripalupi,M.Pd .; Kadek Rai Suwena, S.Pd., M.Pd. .
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol. 5 No. 1 (2015)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpe.v5i1.5067

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kegagalan usaha penerima PMW di Undiksha tahun 2013, dan faktor yang paling dominan mempengaruhi kegagalan usaha penerima program mahasiswa wirausaha di Undiksha tahun 2013. Penelitian ini dilaksanakan di Undiksha dengan jumlah responden sebanyak 30 orang. Data yang dikumpulkan dengan metode kuisioner, dianalisis dengan analisis faktor melalui Statistical Program Social Scence (SPSS) 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat delapan faktor yang mempengaruhi kegagalan usaha penerima program mahasiswa wirausaha di Undiksha tahun 2013, yaitu faktor kompeten dalam manajerial, faktor pengalaman, faktor keuangan, faktor perencanaan, faktor lokasi, faktor pengawasan, faktor sikap dan faktor peralihan/transisi. Faktor kompeten dalam manajerial, faktor pengalaman, dan faktor keuangan menjadi faktor paling dominan yang memiliki variance explained tertinggi yaitu masing-masing sebesar 28,793%, 21,459% dan 13,790%, artinya total nilai varianced explained dari ketiga faktor keseluruhan mampu mempengaruhi kegagalan usaha penerima PMW di Undiksha tahun 2013 sebesar 64,042%.Kata Kunci : Program Mahasiswa Wirausaha ( PMW ) This study aims to determine the factors that influence the failure of PMW receiver’s effort in Undiksha in year 2013, and the most dominant factor influencing student entrepreneurship program receiver’s effort failure in Undiksha in year 2013. This research was conducted in Undiksha with 30 people as the respondents. Data were collected by questionnaire method, analyzed by factor analysis through Social Science Statistical Program (SPSS) 16.0 for Windows. The results showed that there were eight factors that influence the failure of student entrepreneurship program receiver’s effort in Undiksha in year 2013, such as factors of competence in the managerial, factors of experience, factors of financial, factor of planning, factor of location, factors of surveillance, factors of attitude and factor of transition. Factors of competent in managerial, factors of experience, and factors of financial become the most dominant factor that has the highest explained variance respectively 28.793%, 21.459% and 13.790%, which means that the total value of varianced explained from the whole three factors could affect PMW receiver’s effort failure in Undiksha in year 2013 amounted to 64.042%.keyword : Students Entrepreneurship Program (PMW)
PENGARUH PROGRAM INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM) TERHADAP PENGENTASAN KEMISKINAN DI KECAMATAN BULELENG TAHUN 2011-2014 Ni Komang Meriyanti .; Dr. Iyus Akhmad Haris,M.Pd .; Drs. Made Artana, M.Pd .
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol. 5 No. 1 (2015)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpe.v5i1.5073

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) program Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng tahun 2011-2014, (2) pengentasan kemiskinan di Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng tahun 2011-2014 dan (3) pengaruh program IPM terhadap pengentasan kemiskinan di Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng tahun 2011-2014. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kausalitatif. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah formulasi yang dikembangkan Slavin diperoleh 84 responden dari 515 populasi. Data dikumpulkan dengan mengunakan metode dokumentasi, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriftif kuantitatif dan korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa program IPM berada pada kategori sangat baik sedangkan pengentasan kemiskinan berada pada kategori baik. Koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 0,594 memiliki pengaruh positif dan signifikan. Hal ini menunjukkan keeratan hubungan antara program IPM terhadap pengentasan kemiskinan tergolong sedang. Sumbangan program IPM terhadap pengentasan kemiskinan sebesar 35,2% sedangkan sisanya sebesar 64,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.Kata Kunci : pengentasan kemiskinan, program IPM This research is aimed to know (1) Human Development Indeks (HDI) program in Buleleng District, Buleleng Regency in 2011-2014, (2) Poverty reduction in Buleleng District, Buleleng Regency in 2011-2014 and (3) the effect of HDI program towards poverty reduction in Buleleng District, Buleleng Regency in 2011-2014. This research was causalitative research. Sampling technique which is used in this research is formula which is developed by Slavin which is got 84 respondents from 515 population. Data collected by documentation method, interview, and questionnaire. Analysis technique which is used are descriptive quantitative and product moment correlation. The result of the research showed that IPM program in a very good category while poverty reduction in a good category. Correlation coefficient which is got is 0,594 had positive and significant effect. It showed the relationship strength level between IPM program towards poverty reduction was in a medium category. The contribution of IPM program towards poverty reduction was 35,2% while the rest was 64,8% influenced by other factors which are not researched.keyword : poverty reduction, HDI program
EFEKTIVITAS PROGRAM BANTUAN USAHA EKONOMI PRODUKTIF (UEP) DALAM UPAYA PENINGKATAN KESEMPATAN KERJA DAN PENDAPATAN RUMAH TANGGA MISKIN (RTM) DI KECAMATAN KERAMBITAN I Made Oka Wirawan .; Drs. Anjuman Zukhri, M.Pd. .; Dra. Lulup Endah Tripalupi,M.Pd .
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol. 5 No. 1 (2015)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpe.v5i1.5075

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) efektivitas pelaksanaan program UEP ditinjau dari komponen Input, (2) efektivitas pelaksanaan program UEP ditinjau dari komponen Proses, dan (3) efektivitas pelaksanaan program UEP ditinjau dari komponen produck atau output. Penelitian ini menggunakan rancangan evaluasi model CIPP(Conte,Input,Process,dan Product). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) efektivitas pelaksanaan program bantuan UEP realisasi totalnya sebesar 15.405 atau 82,82 persen dari nilai target total sebesar 18.600 dan dapat dikategorikan cukup efektif. (2) kesempatan kerja RTM setelah menerima program bantuan UEP meningkat, ditunjukan dari 45,16 atau 42 orang menyatakan dapat meningkatkan kesempatan kerja 1 ≥ 4 jam/hari dikategorikan cukup efektif dan nilai peningkatan atau nilai thitung sebesar 14,18 > nilai ttabel yaitu 1,66. (3) pendapatan RTM setelah menerima program bantuan UEP mengalami peningkatan, ditunjukan dengan 36,56 persen atau 34 responden menyatakan dapat meningkatkan pendapatan sebesar 200.000,00 ≥ 400.000,00 dikategorikan cukup efektif dengan nilai thitung sebesar 11,27 > nilai ttabel yaitu 1,66. Kata Kunci : Program UEP, Kesempatan Kerja dan Pendapatan The purpose of this study was to (1) The effective implementation of ”UEP” program in terms of component inputs, (2) the effectiveness of the implementation of the ”UEP” program in terms of process components, and (3) the effectiveness of the implementation of the ”UEP” program in terms of components produck or output. This study design was used CIPP(Conte,Input,Process and Product) model evaluation. The results showed that: 1) the effectiveness of the implementation of the program realization ’’UEP’’ totaled 15 405 or 82.82 percent of the target value total of 18,600 and can be considered quite effective. (2) employment opportunities RTM after receiving increased UEP program, shown from 45.16 or 42 people claim to increase employment opportunities 1 ≥ 4 hours / day considered quite effective and value enhancement or tcount at 14.18> ttable value is 1.66. (3) income RTM after receiving UEP program has increased, shown by 36.56 per cent or 34 respondents said that they could increase the revenue of 200,000.00 ≥ 400.000,00- categorized quite effective with tcount 11.27> ttable value is 1, 66.keyword : UEP Program, Employment and Income.