cover
Contact Name
M. Rudi Irwansyah
Contact Email
rudi.irwansyah@undiksha.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
rudi.irwansyah@undiksha.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha
ISSN : 25991418     EISSN : 25991426     DOI : -
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha published by Undiksha Press managed by Department of Economic Education Universitas Pendidikan Ganesha in collaboration with Asosiasi Profesi Pendidik Ekonomi Indonesia. A blind peer-reviewed and open access journal published twice a year (June and December). Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha has an objective to help researchers publish their work for a wider audience and discover new connections. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha considers original research articles and review articles in any research areas of Economic Education.
Arjuna Subject : -
Articles 17 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 3 (2016)" : 17 Documents clear
PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KOMPENSASI TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PT SUN STAR MOTOR CABANG NEGARA TAHUN 2016 Gede Ari Setiawan .; Drs. I Nyoman Sujana,M.Si .; Drs. Anjuman Zukhri, M.Pd. .
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol. 8 No. 3 (2016)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpe.v8i3.8660

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh: (1) motivasi kerja terhadap prestasi kerja karyawan, (2) kompensasi terhadap prestasi kerja karyawan dan (3) pengaruh motivasi kerja dan kompensasi terhadap prestasi kerja karyawan PT Sun Star Motor Cabang Negara. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kausal. Subjek dalam penelitian ini adalah karyawan PT Sun Star Motor Cabang Negara yang berjumlah 30 orang, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah motivasi kerja, kompensasi, dan prestasi kerja karyawan PT Sun Star Motor Cabang Negara. Data yang dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program statistical package for social sciences (SPSS) for windows versi 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja karyawan ditunjukkan dari nilai thitung > ttabel (5.386>2.051) atau p-value < α (0.000 < 0.05), (2) kompensasi berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja karyawan ditunjukkan dari nilai thitung > ttabel (4.199 > 2.051) atau p-value < α (0.000 < 0.05), (3) motivasi kerja dan kompensasi secara simultan berpengaruh terhadap prestasi kerja karyawan ditunjukkan dari nilai Fhitung > Ftabel (31.731 > 3.354) atau p-value < α (0.000 < 0.05).Kata Kunci : motivasi kerja, kompensasi, prestasi kerja karyawan This study aimed to examining the effect of: (1) work motivation on employee performance, (2) compensation on employee performance and (3) the influence of motivation and compensation on employee performance PT Sun Star Motor Branch of the State. This study was a kind of causal research. Subjects in this study were employees of PT Sun Star Motor Branch of the State totaling 30 people, while the object of this research is the work motivation, compensation, and employee performance PT Sun Star Motor Branch of the State. Data were collected using a questionnaire and analyzed using multiple linear regression analysis with the help of the program statistical package for social sciences (SPSS) for Windows version 16. The results of this study showed that: (1) a significant effect on work motivation on employee performance is shown from tcount > ttable (5,386> 2,051) or p-value < α (0.000 ttable (4,199> 2,051) or p-value < α (0.000> 0.05) , (3) motivation and compensation simultaneously influence on employee performance is shown on the value of Fcount > Ftable (31,731> 3,354) or p-value < α (0.000
PENGARUH FAKTOR PRIBADI DAN KARAKTERISTIK ORGANISASI PEMBELI TERHADAP PENGADOPSIAN HANDPHONE ANDROID MEREK SAMSUNG DI DESA WALIDONO TAHUN 2016 Faridhotul Masruroh .; Made Ary Meitriana, S.Pd. .; Drs. I Nyoman Sujana,M.Si .
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol. 8 No. 3 (2016)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpe.v8i3.8661

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) pengaruh faktor pribadi terhadap pengadopsian, (2) pengaruh faktor karakteristik organisasi pembeli terhadap pengadopsian dan (3) pengaruh faktor pribadi dan karakteristik organisasi pembeli terhadap pengadopsian Handphone Android merek Samsung.Jenis penelitian ini merupakan penelitian kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penduduk desa Walidono yang menggunakan Handphone Android merekSamsung .Sampel berjumlah 87 orang.Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampilng.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan kuesioner, data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan analisis regresi berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh faktor pribadi terhadap pengadopsian. Hal ini dapat di lihat dari thitung > ttabelyaitu sebesar 7,856 > 1,66320. (2) Ada pengaruh faktor karakteristik organisasi pembeli terhadap pengadopsian. Hal ini dapat di lihat dari thitung > ttabel yaitu sebesar 15,455 > 1,66320. (3) Ada pengaruh faktor pribadi dan karakteristik organisasi pembeli secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap pengadopsian Handphone Android. Hal ini dapat di lihat dari Fhitung > Ftabel yaitu sebesar 129,349 > 3,11, dan besar pengaruhnya sebesar 0,749 (74,9%), sedangkan 25,1% tersebut dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.Kata Kunci : Faktor Karakteristik, Faktor Pribadi, Pengadopsian This study aims to examine (1) the influence of personal factors to the adoption, (2) the influence of organizational characteristics of the buyer to the adoption and (3) the influence of personal and organizational characteristics of the buyer to the adoption of Mobile Android brand Samsung. This research is causal research. The population in this study were all villagers Walidono that use Android Mobile brand Samsung. Samples numbered 87 people. The sampling technique used sampilng accidental. Data collection method used is the method of documentation and questionnaires, the data were analyzed by multiple regression analysis. The results of this study indicate that (1) There are personal factors influence the adoption. It can be viewed from taccount> ttable that is equal to 7.856> 1.66320. (2) There is the influence of the buyer to the adoption of organizational characteristics. It can be viewed from taccount> ttable amounting 15.455> 1.66320. (3) There is the influence of personal and organizational characteristics together buyers positive effect on the adoption of Android mobile phones. It can be viewed from Fhitung> Ftable amounting 129.349> 3.11, and the great influence of 0.749 (74.9%), while 25.1% is explained by other factors that are not included in this study.keyword : Characteristics Factors, Personal Factors, Adoption
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS-1 SMA NEGERI 3 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Ni Luh Resi Meilifa Abdi Putri .; Made Ary Meitriana, S.Pd. .; Dr. Iyus Akhmad Haris,M.Pd .
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol. 8 No. 3 (2016)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpe.v8i3.8662

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan aktivitas belajar siswa, (2) meningkatkan hasil belajar siswa, dan (3) tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran probing-prompting. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS-1 SMA Negeri 3 Singaraja berjumlah 37 siswa. Data mengenai aktivitas belajar siswa dikumpulkan dengan metode observasi, data mengenai hasil belajar siswa dikumpulkan dengan metode tes, sedangkan data mengenai tanggapan siswa dikumpulkan dengan metode kuisioner. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pada siklus I, aktivitas belajar siswa berada pada kategori cukup aktif dengan nilai rata-rata sebesar 7,84 dan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 66,62. (2) Pada siklus II, terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa. Dimana pada siklus ini diperoleh nilai rata-rata aktivitas sebesar 9,98 pada kategori aktif dan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 82,30. (3) Tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran probing-prompting diperoleh skor rata-rata tanggapan siswa sebesar 46,25 dengan kategori sangat positif. Kata Kunci : Aktivitas belajar, hasil belajar, model pembelajaran probing-prompting, dan tanggapan siswa. This research is aimed at (1) enhancing students learning activity, (2) enhancing students study result, and (3) students response toward the implementation of probing-prompting. This study was classroom action research which was done in two cycles. The subject of this study was the students in grade 11th of Social-Science 1 class with the total number of students was 37 students. The data of students learning activity were collected through observation method and the data of studdents study result were collected through test method. However, the sata of students response were collected through questioner method. The collected data were analyzed by descriptive quantitative analysis. The result of this study shows that (1) in cycle I, the students learning activity was in fairly active category with average score was 7,84 and the average score of students study result was 66,62. (2) In cycle II, there was enhancement of students learning activity where in this cycle was obtained the average score of activity was 9,98 in active category and the average score of students study result was 82,30. (3) The students response toward the implementation of probing-prompting learning model was obtained the average score of students response was 46,25 with very positive category. keyword : Learning activity, probing-prompting learning model, students response, and study result
PENERAPAN METODE BRAINSTORMING DALAM RANGKA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 SUKASADA TAHUN AJARAN 2016/2017 Nyoman Tri Wardani .; Dra. Lulup Endah Tripalupi,M.Pd .; Made Ary Meitriana, S.Pd. .
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol. 8 No. 3 (2016)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpe.v8i3.8663

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peningkatan aktivitas, dan (2) hasil belajar mata pelajaran ekonomi melalui penerapan metode pembelajaran brainstorming pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Sukasada tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan-tahapan setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Data aktivitas belajar dikumpulkan dengan metode observasi dan data hasil belajar dikumpulkan melalui metode tes. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) penerapan metode pembelajaran Brainstorming dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yang ditunjukkan dengan rata-rata skor aktivitas belajar siklus I sebesar 15,75 dengan kategori cukup aktif selanjutnya meningkat menjadi 18,75 dengan kategori aktif pada siklus II. (2) penerapan metode pembelajaran Brainstorming dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan rata-rata skor hasil belajar siklus I sebesar 72,13 dengan kategori cukup selanjutnya meningkat menjadi 81,37 dengan kategori baik pada siklus II. Kata Kunci : Aktivitas belajar, hasil belajar dan metode pembelajaran Brainstorming This research aims to know (1) raising activities, and (2) the results of learning economic subject through the implementation of brainstorming learning methods for student in XI IPS 1 class SMA negeri 1 Sukasada on academic year 2016/2017. This research is the research action class which is done in two cycle with phases of every cycle include planning, action, observation and evaluation, as well as a reflection. The activity of learning data collected with observation methods and the results of learning data collected through test methods. The data that had been collected analyzed by using a descriptive quantitative analysis. The results of the research show that (1) the implementation of brainstorming learning methods can be increasing the activity of student learning which shown with an average of the scores of learning activities first cycle is 15,75 with the category of quite active next increased to 18,75 with the category of activein second cycle. (2) the implementation of brainstorming learning methods can be increasing the student result of learning which shown with an average of the scores of learning result first cycle is 72,13 with the category of enough next increased to 81,37 with the category of good on second cycle. keyword : Learning activities, learning outcomes and brainstorming learning methods
PENGARUH CAPITAL ADEQUACY RATIO DAN LOAN TO DEPOSIT RATIO TERHADAP PROFITABILITAS PADA PT. BPR MAHA BHOGA MARGA DI KAPAL-MENGWI-BADUNG TAHUN 2013-2015 Putu Rubyana Charoline Ningrum .; Drs. I Made Nuridja, M.Pd. .; Made Ary Meitriana, S.Pd. .
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol. 8 No. 3 (2016)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpe.v8i3.8664

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh (1) Capital Adequacy Ratio terhadap profitabilitas pada PT. BPR Maha Bhoga Marga Tahun 2013-2015, (2) Loan to Deposit Ratio terhadap profitabilitas pada PT. BPR Maha Bhoga Marga Tahun 2013-2015, dan (3) Capital Adequacy Ratio dan Loan to Deposit Ratio terhadap profitabilitas pada PT. BPR Maha Bhoga Marga Tahun 2013-2015. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kausal. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah PT. BPR Maha Bhoga Marga dan objek penelitian ini adalah Capital Adequacy Ratio, Loan to Deposit Ratio dan Profitabilitas. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Capital Adequacy Ratio berpengaruh terhadap profitabilitas pada PT. BPR Maha Bhoga Marga Tahun 2013-2015. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung 3,349 > ttabel 1,69092 atau p-value = 0,002 < α = 0,05. (2) Loan to Deposit Ratio berpengaruh terhadap profitabilitas pada PT. BPR Maha Bhoga Marga Tahun 2013-2015. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung 4,536 > ttabel 1,69092 atau p-value = 0,000 < α = 0,05. (3) Capital Adequacy Ratio dan Loan to Deposit Ratio berpengaruh terhadap profitabilitas pada PT. BPR Maha Bhoga Marga Tahun 2013-2015. Hal tersebut ditunjukan dari nilai fhitung 18,722 > Ftabel 3,28 dan p-value ttable 1,69092 and p-value < α or 0,002 < 0.05. (2) Loan to Deposit Ratio affected of the profitability at PT. BPR Maha Bhoga Marga in 2013-2015. This can be seen by value of tcount 4,536 > ttable 1,69092 and p-value
EVALUASI KINERJA KEUANGAN UNIT PENGELOLA KEGIATAN PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERDESAAN (PNPM-MPD) DI KECAMATAN NEGARA KABUPATEN JEMBRANA TAHUN 2013-2015 Aini Fitri .; Kadek Rai Suwena, S.Pd., M.Pd. .; Drs. I Nyoman Sujana,M.Si .
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol. 8 No. 3 (2016)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpe.v8i3.8694

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja keuangan Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd) di Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana tahun 2013-2015 berdasarkan rasio pendapatan, rasio biaya, rasio laba, efektivitas pengelolaan dana, risiko pinjaman dan alokasi keuntungan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah pengurus Unit Pengelola Kegiatan PNPM-MPd di Kecamatan Negara. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah laporan keuangan tahunan program pinjaman bergulir PNPM-MPd Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana tahun 2013-2015. Data dikumpulkam dengan menggunakan metode dokumentasi dan data dianalisis menggunakan rasio pendapatan, rasio biaya, rasio laba, efektivitas pengelolaan dana, risiko pinjaman dan alokasi keuntungan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja keuangan UPK PNPM-MPd Kecamatan Negara dalam kondisi sehat, hal ini ditunjukkan dengan hasil tahun 2013 sebesar 93,75%, tahun 2014 sebesar 93,75% dan tahun 2015 sebesar 93,75%. Maka dapat dinyatakan bahwa kinerja keuangan UPK PNPM-MPd di kecamatan Negara sudah berjalan dengan efektif.Kata Kunci : UPK PNPM-MPd, Kinerja Keuangan, Rasio Keuangan This research aimed to evaluate the financial performance Activity Management Unit (UPK) National Program for Rural Community Empowerment (PNPM-MPD) in Negara, Jembrana years 2013 to 2015 based on the ratio of income, expense ratio, profit ratio, the effectiveness of the management of funds, the risk of loans and the allocation of profits. This study was a descriptive study using a quantitative approach. Subjects in this study is the management of Activity Management Unit PNPM-MPD in Negara. While the object of this research is the annual financial statements of revolving loan program PNPM-MPD in Negara, Jembrana years 2013-2015. Data was collected using the method of documentation and the data were analyzed using the ratio of revenue, expense ratio, profit ratio, the effectiveness of the management of funds, the risk of loans and allocation of profits. The results of this study showed that the financial performance UPK PNPM-MPD District of the state in a healthy condition, as shown by the results in 2013 amounted to 93,75%, amounting to 93.75% in 2014 and 2015 amounted to 93.75%. It can be stated that the financial performance UPK PNPM-MPD in Negara already operating effectively. keyword : UPK PNPM-MPD, Financial Performance, Financial Ratio
ANALISIS TINGKAT PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA PANTAI DI KECAMATAN JEROWARU Hakkiatul Lutpi .; Prof. Dr. Naswan Suharsono, M.Pd .; Dr. Iyus Akhmad Haris,M.Pd .
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol. 8 No. 3 (2016)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpe.v8i3.8695

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat partisipasi masyarakat dalam pengembangan pariwisata pantai, dan upaya pemerintah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengembangkan pariwisata pantai di Kecamatan Jerowaru. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah masyarakat yang memiliki keterkaitan dengan pariwisata pantai di Kecamatan Jerowaru sebanyak 12.320 jiwa Penduuk Desa Ekas Buana, Kwang Rundun, Seriwe, dan Sekaroh. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak 139 orang terdiri dari masyarakat kelompok sadar wisata, pemilik dan karyawan hotel, penyedia jasa perahu jukung, jasa transportasi (ojek), jasa pemandu wisata (guide), dan penjual makanan serta minuman. Data dikumpulkan dengan metode wawancara terstruktur dan observasi non-partisipan, dianalisis dengan menggunakan teknik analisis Rating/Peringkat dan teknis analisis indukif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat partisipasi masyarakat dalam pengembangan pariwisata pantai di Kecamatan Jerowaru masih rendah, terlihat dari nilai/skor terhadap keseluruhan dari ke-empat indikator yang digunakan yaitu sebesar 0,89. Upaya pemerintah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengembangan pariwisata pantai adalah dengan membuat program kelompok sadar wisata (pokdarwis), melakukan jambore kelompok sadar wisata (jambore pokdarwis), dan berupaya melakukan pembangunan fisik pariwisata pantai seperti sarana dan prasarana pariwisata.Kata Kunci : objek wisata, partisipasi, pariwisata This study aims to determine the level of community participation in the development of coastal tourism, and the government's efforts to increase community participation in developing coastal tourism in the district Jerowaru. This research uses descriptive research design. The research population is the community that has been linked to coastal tourism in the District Jerowaru many as 12.320 inhabitants of the village Ekas buana, Kwang Rundun, Seriwe, and Sekaroh. Samples were taken by using purposive sampling of 139 people made up of people aware group travel, owners and employees of the hotel, boat services provider, transportation services, tour guide services, and food vendors or drinks. Data collected by the method of structured interviews and non-participant observation, were analyzed using analysis techniques rating and technical analysis indukif. The results showed that the level of community participation in the development of coastal tourism in the district Jerowaru are still low, seen from the value / score to the total of the four indicators used are 0.89. The government's efforts to increase community participation in tourism development of coastal tourism is by making people aware group travel program, do jambore aware group travel, and attempting to make physical development of coastal tourism as a means of tourism infrastructure.keyword : tourism object, participation, tourism
Studi Komparatif Brand Loyalty Air Minum Dalam Kemasan Yeh Buleleng Dan Aqua Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha Tahun 2015/2016 Fevi Anggraeni .; Drs. I Nyoman Sujana,M.Si .; Kadek Rai Suwena, S.Pd., M.Pd. .
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol. 8 No. 3 (2016)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpe.v8i3.8696

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan loyalitas merek air minum dalam kemasan Yeh Buleleng dan Aqua pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Undiksha ditinjau dari dimensi Switcher Buyer (pembeli yang berpindah-pindah), dimensi Habitual Buyer (pembeli yang bersifat kebiasaan), dimensi Satisfied Buyer (pembeli yang puas dengan biaya peralihan), dimensi Liking The Brand (menyukai merek), dan dimensi Commited Buyer (pembeli yang komit). Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi yang mengkonsumsi Yeh Buleleng dan Aqua berjumlah 641. Sampel berjumlah 246 orang, dan diambil dengan teknik proportionate area random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode kuesioner, dan dianalisis menggunakan teknik analisis Independent-Sample T-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan tentang loyalitas merek air minum dalam kemasan Yeh Buleleng dan Aqua pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Undiksha ditinjau dari dimensi Switcher Buyer (pembeli yang berpindah-pindah), dimensi Habitual Buyer (pembeli yang bersifat kebiasaan), dimensi Satisfied Buyer (pembeli yang puas dengan biaya peralihan), dimensi Liking The Brand (menyukai merek), dan dimensi Commited Buyer (pembeli yang komit). Kata Kunci : Loyalitas Merek This study aims to determine differences in brand loyalty bottled water Yeh Buleleng and Aqua at the Faculty of Economics Undiksha terms of dimension Switcher Buyer (buyer nomadic), dimensions Habitual Buyer (buyer habitual), dimensions Satisfied Buyer (buyer satisfied with the transition costs), dimensions liking the brand (like the brand), and the dimensions Commited buyer (buyer commits). This type of research is a quantitative study using the comparative method. The population in this study were students of the Faculty of Economics who consume Yeh Buleleng and Aqua totaled 641. The sample was 246 people, and was taken to the area proportionate random sampling technique. Data were collected using a questionnaire and analyzed using analysis of the Independent-sample T-test. The results of this study indicate that there are significant differences on brand loyalty bottled water Yeh Buleleng and Aqua at the Faculty of Economics Undiksha terms of dimension Switcher Buyer (buyer nomadic), dimensions Habitual Buyer (buyer habitual), dimensions Satisfied buyer (buyer is satisfied with the costs of switching), dimensions liking the brand (like the brand), and the dimensions Commited buyer (buyer commits).keyword : Brand Loyalty
TINGKAT KESEHATAN KOPERASI SIMPAN PINJAM PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM MANDALA AMERTA SEDANA (KSP MAS) KELURAHAN BANJAR JAWA KECAMATAN BULELENG TAHUN 2015 Ni Km Ike Yasa Dewi .; Made Ary Meitriana, S.Pd. .; Dr. Iyus Akhmad Haris,M.Pd .
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol. 8 No. 3 (2016)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpe.v8i3.8704

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesehatan Koperasi Simpan Pinjam Mandala Amerta Sedana (KSP MAS) Kelurahan Banjar Jawa Kecamatan Buleleng Tahun 2015. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif yang berpedoman Peraturan Menteri Koperasi dan UKM Nomor: 14/Per/M.KUKM/XII/2009. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesehatan Koperasi Simpan Pinjam Mandala Amerta Sedana (KSP MAS) berada pada predikat “Kurang Sehat”. Hal ini dapat dilihat skor total yang diperoleh adalah sebesar 59,40. Berdasarkan Peraturan Menteri Koperasi dan UKM Nomor: 14/Per/M.KUKM/XII/2009, jika skor yang didapat sama dengan atau lebih kecil dari 40 sampai lebih kecil dari 60 (40 ≤ x < 60) mendapatkan predikat “Kurang Sehat”.Kata Kunci : Tingkat Kesehatan, Koperasi Simpan Pinjam This research aimed at understanding the health level of Mandala Amerta Sedana (MAS) Savings and Loan Cooperative of Banjar Jawa Village, Buleleng District in 2015. Data collection method used in this research was documentation method. The data were analyzed by using qualitative and quantitative technique which is guided by the Regulation of Cooperative Minister and Small- and Medium-scale Business Number: 14/Per/M.KUKM/XII/2009. The results of this research showed that the health level of Mandala Amerta Sedana (MAS) Savings and Loan Cooperative was in “Less Healthy” predicate. This could be seen from the obtained total score that was 59.40. According to the Regulation of Cooperative Minister and Small- and Medium-scale Business Number: 14/Per/M.KUKM/XII/2009, if the obtained score was similar with or higher than 40 until less than 60 (40 ≤ x < 60), predicated as “Less Healthy keyword : Health level, Savings and Loan Cooperative
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PARTISIPASI ALUMNI JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI DALAM MENGIKUTI PROGRAM SARJANA MENDIDIK DI DAERAH TERDEPAN, TERLUAR, DAN TERTINGGAL (SM-3T) I Nengah Suharse Rigantara .; Drs. I Made Nuridja, M.Pd. .; Made Ary Meitriana, S.Pd. .
Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha Vol. 8 No. 3 (2016)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpe.v8i3.8707

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi alumni Jurusan Pendidikan Ekonomi dalam mengikuti program SM-3T dan (2) faktor yang paling dominan mempengaruhi partisipasi alumni Jurusan Pendidikan Ekonomi dalam mengikuti program SM-3T. Jenis penelitian ini merupakan penelitian faktorial. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan analisis faktor melalui Statistical Program Social Scence (SPSS) 16.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat 6 faktor yang mempengaruhi partisipasi alumni Jurusan Pendidikan Ekonomi dalam mengikuti program SM-3T, yaitu kemauan. kemampuan, kesempatan, status sosial, program kegiatan, dan keadaan alam. Besarnya variance explained masing-masing faktor tersebut secara berturut-turut, yaitu kemauan sebesar 63,915%, kemampuan sebesar 14,756%, kesempatan sebesar 13,588%, status sosial sebesar 4,626%, kegiatan program sebesar 2,509%, dan keadaan alam sebesar 0,605%. (2) Faktor kemauan menjadi faktor yang paling dominan yang memiliki variance explained tertinggi, yaitu sebesar 63,915%, artinya total nilai variance explained dari faktor kemauan mampu menjelaskan partisipasi alumni Jurusan Pendidikan Ekonomi dalam mengikuti program SM-3T.Kata Kunci : partisipasi, Pendidikan Ekonomi, program SM-3T This study aimed to (1) know the factors affect economic education of Department alumnus participation in joining SM-3T program and (2) dominant factors affect Economic Education Department alumnus participation in joining SM-3T program. The tipe of this study was factorial study. Data collected used questionnaire, analyzed with factor analysis through Statistical Program Social Scence (SPSS) 16.0 for Windows. Results of this study show that (1) there are 6 factors that affect Economic Education of Department alumnus participation in joining SM-3T program, such as desire, ability, chance, social status, program activities and natural condition. Amount of variance explained of each factors are desire of 63,915%, ability of 14,756%, chance of 13,588%, social status of 4,626%, program activity of 2,509%, %, and natural condition of 0,650%. (2) Desire is the most dominant factor has the highest variance explained, that is 37,099%, which means total of variance explained from desire can explain Economic Education of Department alumnus participation in joining SM-3T program.keyword : participation, Economic Education, SM-3T program

Page 1 of 2 | Total Record : 17