cover
Contact Name
anyan
Contact Email
anyanright@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalvoxedukasi@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. sintang,
Kalimantan barat
INDONESIA
VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
ISSN : 20864450     EISSN : 25801058     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal ini memuat publikasi hasil pemikiran dan penelitian dibidang pendidikan, pengajaran dan evaluasi belajar, baik laporan penelitian maupun tinjauan buku yang dapat memberikan solusi permasalahan bagi perkembangan dunia pendidikan dan pengajaran secara luas dan bermanfaat serta belum pernah publikasi di media cetak maupun elektronik. Ruang lingkup bahasan meliputi: - Pendidikan dan Pengajaran - Metode/Model/Strategi Pembelajaran - Teori Pembelajaran - Penelitian Tindakan Kelas (PTK) - Evaluasi dan Hasil Belajar - Media Pembelajaran Interaktif - e-Learning - Multimedia Pendidikan - Bahan ajar - Kurikulum - Rencana Pembelajaran VOX EDUKASI terbit 2 kali per tahun pada bulan April dan Nopember.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2015): NOPEMBER" : 12 Documents clear
MANTRA UPACARA NGABATI’ PADA UPACARA PERTANIAN SUKU DAYAK KANAYATN DI DUSUN PAKBUIS DESA BANYING KECAMATAN SENGAH TEMILA KABUPATEN LANDAK KALIMANTAN BARAT Ursula Dwi Oktaviani
VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol 6, No 2 (2015): NOPEMBER
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (427.386 KB) | DOI: 10.31932/ve.v6i2.116

Abstract

Nyangahatn merupakan bentuk ucapan syukur dan terima kasih serta permohonan kepada Jubata (sebutan Tuhan bagi suku Dayak Kanayatn). Nyangahatn dilakukan oleh seorang Panyangahatn yang memahami seluk beluk adat istiadat. Tidak  semua orang bisa menjadi Panyangahatn. Nyangahatn yang diucapkan Panyangahatn berupa doa yang berbentuk mantra. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: 1) ragam panggung atau ragam pentas mantra upacara Ngabati’ pada upacara pertanian suku Dayak Kanayatn di Dusun Pakbuis Desa Banying Kecamatan Sengah Temila Kabupaten Landak, 2) penguasaan budaya lokal mantra upacara Ngabati’ pada upacara pertanian suku Dayak Kanayatn di Dusun Pakbuis Desa Banying Kecamatan Sengah Temila Kabupaten Landak, 3) penguasaan materi mantra upacara Ngabati’ pada upacara pertanian suku Dayak Kanayatn di Dusun Pakbuis Desa Banying Kecamatan Sengah Temila Kabupaten Landak, 4) penguasaan nyanyian atau tembang mantra upacara Ngabati’ pada upacara pertanian suku Dayak Kanayatn di Dusun Pakbuis Desa Banying Kecamatan Sengah Temila Kabupaten Landak, 5) makna mantra upacara Ngabati’ pada upacara pertanian suku Dayak Kanayatn di Dusun Pakbuis Desa Banying Kecamatan Sengah Temila Kabupaten Landak.Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan etnografis. Sumber data terkait subjek penelitian dari mana data diperoleh. Subjek penelitian ini yaitu adalah mantra yang diucapkan oleh Panyangahatn. Untuk sumber data primer pada penelitian ini adalah mantra upacara Ngabati’ yang diucapkan oleh Panyangahatn. Sementara data sekunder pada penelitian ini yaitu data pendukung mantra upacara Ngabati’ yang diperoleh dari Panyangahatn (informan) lain. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) ragam panggung atau ragam pentas harus memperhatikan penguasaan bahasa, sastra, vokal, tata krama, dan tata busana dalam melaksanakan upacara Ngabati’, 2). penguasaan budaya lokal yaitu penguasaan bahasa dan perlengkapan untuk upacara Ngabati’, 3) penguasaan materi yaitu Panyangahatn yang profesional harus menguasai semua bagian materi mantra upacara Ngabati’ supaya pengucapan mantra benar dan berjalan dengan lancar, 4) penguasaan nyanyian atau tembang memperhatikan lafal, intonasi dan transkripsi ala Tedlock (cara pengucapan mantra upacara Ngabati’), dan 5) makna pada mantra upacara Ngabati’ adalah makna yang terdapat pada bagian mantra upacara Ngabati’ pada Nyangahatn Manta’ dan Nyangahatn Masak. Kata Kunci: Mantra Upacara Ngabati’, etnografi, ragam panggung atau ragam pentas, penguasaan budaya lokal, penguasaan  materi, penguasaan nyanyian  atau tembang, dan  makna.
KORELASI ANTARA KEMAMPUAN MENGAJAR GURU DENGAN SIKAP, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA Evi Fitrianingrum
VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol 6, No 2 (2015): NOPEMBER
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (351.32 KB) | DOI: 10.31932/ve.v6i2.104

Abstract

Masalah umum dalam penelitian ini adalah: Apakah terdapat korelasi antara kemampuan mengajar guru dengan sikap, motivasi, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Sungai Kakap. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kejelasan secara objektif tentang korelasi antara kemampuan mengajar guru dengan sikap, motivasi, dan hasil belajar siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kemampuan mengajar guru, sikap, dan motivasi sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian adalah korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dengan sampel penelitian sebesar 30% yaitu 62 siswa. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah teknik persentase dan korelasi product moment. Berdasarkan analisis data disimpulkan; “Terdapat korelasi antara kemampuan mengajar guru dengan sikap, motivasi, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia   Kata Kunci: Kemampuan mengajar, sikap, motivasi, dan hasil belajar
KEKERASAN STRUKTURAL DAN PERSONAL DALAM NASKAH DRAMA TUMIRAH SANG MUCIKARI KARYA SENO GUMIRA AJIDARMA TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA Valentinus Ola Beding
VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol 6, No 2 (2015): NOPEMBER
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (262.45 KB) | DOI: 10.31932/ve.v6i2.117

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang kekerasan struktural dan personal dalam naskah drama Tumirah Sang Mucikari Karya Seno Gumira Ajidarma. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis unsur intrinsik yang dititikberatkan pada unsur alur dan tokoh dalam drama Tumirah Sang Mucikari untuk mengetahui kekerasan yang terjadi di dalamnya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan sosiologi sastra, yaitu pendekatan yang bertolak dari asumsi bahwa sastra merupakan cerminan kehidupan masyarakat. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Alur dalam novel Tumirah Sang Mucikari adalah alur maju. Peristiwa-peristiwa yang terjadi berjalan secara kornologis. Konflik utama dalam novel Tumirah Sang Mucikari adalah kedatangan para ninja menyusup diam-diam ketika para pelacur sedang ajojing dangdut. Para ninja mengacau, mengobrak-abrik bangunan bordil, menendang, melempar, dan membakarnya. (2) Tokoh Minah adalah pelacur yang berwatak pandai, sopan, dan penurut. Tumini berwatak genit, disukai para lelaki pembeli nafsu, sedangkan Lastri gadis cantik berwatak sombong. Watak datar adalah watak tokoh-tokoh dalam cerita drama yang bersifat statis. Tokoh Sukab, Mahmud, ninja-ninja, peronda, dan hakim adalah berwatak datar. Watak para tokoh tidak begitu dominan dipaparkan. hanya diam dan tidak bergarak. (3) Kekerasan struktural dan personal sebagai berikut. Kekerasan struktural dalam drama Tumirah Sang Mucikari didasari bentuk tindakan kekerasan yang tidak terlihat namun dapat dirasakan. Para tokoh seperti Tumirah, para pelacur, dan Sukab merupakan korban kekejaman, kejahatan, kekerasan dan kelicikan. Secara pisikologis, para tokoh mengalami ketakutan dan kebimbangan. Kemudian imbasnya para tokoh Tumirah, para pelacur, dan Sukab terganggu jiwanya. Kekerasan personal dalam drama Tumirah Sang Mucikari didasari hiruk-pikuk kekuasaan dan masih lemahnya struktur sosial sehingga masyarakat melakukan segala cara untuk mendapatkan kekuasan, yaitu dengan cara menghilangkan nyawa seseorang, mudah di provokator dan melakukan penganiayaan, pemukulan, pemerkosaan serta hukuman picis.Kata kunci: Kekerasan Struktural dan Personal drama Tumirah Sang Mucikari
KESULITAN BELAJAR IPA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR Imanuel Sairo Awang
VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol 6, No 2 (2015): NOPEMBER
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (352.467 KB) | DOI: 10.31932/ve.v6i2.106

Abstract

Pencapaian kompetensi pada suatu satuan pendidikan dilaksanakan melalui kegiatan pembelajaran. Salah satu mata pelajaran yang harus dikuasai kompetensinya pada tingkat SD adalah mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Pembelajaran IPA di SD hendaknya membuka kesempatan untuk memupuk rasa ingin tahu peserta didik secara ilmiah. Hal ini akan membantu mereka mengembangkan kemampuan bertanya dan mencari jawaban atas fenomena alam. Tetapi pada kenyataanya tidak semua peserta didik menguasai kompetensi seperti yang diharapkan. Penguasaan konsep IPA yang kurang ini disebabkan oleh kesulitan peserta didik dalam merespon pembelajaran yang diberikan oleh guru mereka. Temuan penelitian ini memberikan informasi penyebab kesulitan belajar IPA peserta didik SD pada 1) factor internal yakni aspek minat, motivasi, rasa percaya diri, kebiasaan belajar, dan cita-cita; dan 2) faktor eksternal yakni banyak  istilah  asing, materi yang terlalu  padat, siswa  terkesan mau tidak mau harus menghafal materi, terbatasnya media pembelajaran, peserta didik terkesan susah memahami materi tanpa tersedianya media, guru yang cenderung mendominasi pembelajaran, penguasaan guru akan materi lemah, dan terlalu monoton. Kata Kunci: Kesulitan Belajar, IPA
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP KOGNITIF SISWA PADA MATERI MENGENAL PENGGUNAAN UANG SESUAI DENGAN KEBUTUHAN Warkintin Warkintin
VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol 6, No 2 (2015): NOPEMBER
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (446.758 KB) | DOI: 10.31932/ve.v6i2.118

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode Examples Non Example sterhadap kognitif siswa Pada Materi Mengenal Penggunaan Uang Sesuan dengan Kebutuhan di Kelas III Sekolah Dasar Negeri No 47 Sinar Kasih. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu variabel bebas “metode pembelajaran Examples Non Examples”  dan variabel terikat “Kognitif siswa”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Bentuk penelitian yang digunakan yaitu Quasi-Eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III  Sekolah Dasar Negeri No. 47 Sinar Kasih , yang berjumlah 54 siswa. Terdiri dari 27 siswa kelas IIIA dan 27 siswa kelas IIIB. Teknik pengolahan data menggunakan Uji t-dua sampel karena jumlah siswa 27 orang kelas ekperimen dan 27 orang kelas kontrol serta data berdistribusi normal dan homogen. Hasil dari uji hipotesis diperoleh Pada hasil pretestdiketahui bahwa nilai thitung adalah -1,7  sedangkan nilai ttabel pada α = 5% dengan db (N1+N2-2 = 52) adalah 2,011. Hal ini berarti nilai thitung ˂ttabelyaitu -1,7 ˂  2,011 maka Ho diterima yang artinya tidak terdapat perbedaan  yang signifikan kognitif siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, sedangkan pada hasil posttest diketahui bahwa nilai thitung adalah 2,79  sedangkan nilai ttabel pada α = 5% dengan db (N1+N2-2 = 52) adalah 2,011. Hal ini berarti nilai thitung ˃ttabelyaitu 2,79 ˃  2,011 maka Ha diterima yang artinya  terdapat perbedaan  yang signifikan kognitif siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.Kata Kunci: Metode Pembelajaran Examples Non Examples dan  Kognitif Siswa
MEMBENTUK KARAKTER BERTANGGUNG JAWAB WARGA NEGARA MELALUI PENDIDIKAN POLITIK (Studi Kasus pada Partai Politik PDI Perjuangan Di Kabupaten Sintang) Juri Juri
VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol 6, No 2 (2015): NOPEMBER
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (343.317 KB) | DOI: 10.31932/ve.v6i2.108

Abstract

Penelitian ini bertolak dari keprihatinan mengenai suhu politik yang ada di  Kabupaten Sintang belakangan ini, berkaitan dengan aktivitas politik para politisi partai yang cenderung jauh dari nilai-nilai moral serta tanggung jawab terhadap masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk mencapai kesadaran politik, dibutuhkan pendidikan politik secara formal maupun non formal. Bentuk pendidikan politik PDI Perjuangan berupa seminar, pelatihan, diklat, dan rapat partai. PDI Perjuangan dapat berperan layaknya Pendidikan Kewarganegaraan misalnya  sebagai sumber inspirasi akademik, dan sarana perubahan perilaku untuk membangun partisipasi politik warga negara yang bertanggung jawab. Dengan adanya muatan tersebut, diharapkan PDI Perjuangan dapat berjalan beriringan dengan Pendidikan Kewargangearaan guna mencapai kehidupan yang lebih baik. PDI Perjuangan belum bisa melaksanakan pendidikan politik secara maksimal dikarenakan berbagai kendala yang dihadapi.Kata Kunci: Karakter Bertanggung Jawab, Pendidikan Politik, Partai Politik, dan PKn.
IMPLEMENTASI ALGORITMA PELATIHAN LEVENBERG MARQUARDT DAN REGULARISASI BAYES UNTUK PREDIKSI CURAH HUJAN Yasinta Lisa
VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol 6, No 2 (2015): NOPEMBER
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (466.38 KB) | DOI: 10.31932/ve.v6i2.119

Abstract

Algoritma Levenberg Marquardt digunakan untuk pelatihan feedforward neural network karena keefektifan dan kecepatan konvergensinya. Levenberg Marquardt merupakan metode optimasi nonlinier yang digunakan pada saat koreksi error backpropagation untuk menemukan bobot yang disesuaikan. Salah satu cara untuk meningkatkan performa generalisasi jaringan syaraf tiruan adalah regularisasi. Tehnik regularisasi yang sering digunakan adalah regularisasi bayes. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kinerja jaringan syaraf tiruan dengan metode pelatihan Levenberg Marquardt dengan penambahan regularisasi untuk prediksi data time series serta membandingkan dengan algoritma Levenberg Marquardt tanpa regularisasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data bulanan curah hujan, suhu rata-rata, kelembaban udara, tekanan udara di atas stasiun pengamatan dan kecepatan angin rata-rata di stasiun pengamatan Pangsuma Putussibau Kalimantan Barat dari tahun 2008-2009. Pelatihan data dilakukan pada jaringan syaraf pada satu hidden layer dengan tiga buah neuron dan satu buah neuron pada output layer. Arsitektur jaringan ditentukan dengan cara coba-coba dan melihat MSE pelatihan terbaik yang dihasilkan. Dalam kasus ini hasil penelitian menunjukan bahwa algoritma Levenberg Marquardt dengan regularisasi menjadi lebih baik. Kata kunci: Prediksi, Jaringan Syaraf Tiruan, Levenberg Marquardt, Bayes Regularisasi, Curah Hujan
DESKRIPSI ANALISIS KETERAMPILAN VARIASI MENGAJAR GURU IPA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 12 JERORA SINTANG Nelly Wedyawati
VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol 6, No 2 (2015): NOPEMBER
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.065 KB) | DOI: 10.31932/ve.v6i2.111

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui kejelasan secara objektif keterampilan mengadakan variasi mengajar guru pada pembelajaran IPA. Penelitian  menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini ialah guru-guru IPA kelas IV dan kelas V yang berjumlah lima orang. Kesimpulan yang diperoleh  bahwa para guru IPA kelas IV dan V telah melakukan ketiga komponen keterampilan variasi mengajar dengan kategori baik. Adapun yang menjadi faktor pendukung dalam mengembangkan keterampilan variasi mengajar ialah fasilitas yang tersedia di sekolah seperti media penunjang pembelajaran serta lingkungan sekolah itu sendiri.Adapun faktor penghambat dalam keterampilan variasi mengajar ialah dalam penggunaan variasi media, karna keterbatasan media yang tersedia di sekolah. Upaya yang dilakukan guru ialah menciptakan media pembelajaran dengan menggunakan benda yang ada disekitar siswa yang berkaitan dengan materi yang diajarkan, serta mengembangkan variasi mengajar dan menerapkannya dalam proses belajar mengajar sehari-hari. Kata Kunci : Keterampilan, Variasi mengajar, Guru, IPA
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KOMPETENSI DASAR MENDENGARKAN PENJELASAN TENTANG SIMBOL Yulia Suriyanti; Anna Marganingsih; Novia Apriyani Gelang
VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol 6, No 2 (2015): NOPEMBER
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (481.157 KB) | DOI: 10.31932/ve.v6i2.120

Abstract

Apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kompetensi dasar  mendengarkan penjelasan tentang simbol tahun pelajaran 2014/2015? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kompetensi dasar mendengarkan penjelasan tentang simbol. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen yang berbentuk quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalen control group design . Hal ini ditunjukkan dengan pengujian hipotesis pada hasil posttest yang memperoleh nilai  sebesar 6,002 dan perolehan nilai  pada taraf signifikan 0,05 sebesar 2,018. Pengujian hipotesis membuktikan bahwa  (6,002>2,018) yang artinya hipotesis nol (ho) ditolak.  Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dan Hasil Belajar
KORELASI MINAT DAN MOTIVASI DENGAN HASIL BELAJAR MENULIS KREATIF PUISI DI MTs ASWAJA PONTIANAK Tedi Suryadi
VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol 6, No 2 (2015): NOPEMBER
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.58 KB) | DOI: 10.31932/ve.v6i2.114

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan korelasi minat dan motivasi dengan hasil belajar menulis kreatif puisi pada siswa kelas VII di MTs ASWAJA Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi. Penelitian yang dilakukan untuk menguji hipotesis yaitu; hipotesis alternatif (Ha) Terdapat hubungan antara minat dan motivasi dengan hasil belajar menulis kreatif puisi pada siswa kelas VII di MTs Ahlussunnah Wal Jamaah  (ASWAJA) Pontianak dan hipotesis nol (H0) Tidak terdapat hubungan antara minat dan motivasi dengan hasil belajar  menulis kreatif puisi pada siswa kelas VII di MTs Ahlussunnah Wal Jamaah  (ASWAJA) Pontianak. Berdasarkan hasil penelitian menerima (H0) dan menolak (Ha). Kata kunci: minat, motivasi, hasil belajar.

Page 1 of 2 | Total Record : 12