cover
Contact Name
anyan
Contact Email
anyanright@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalvoxedukasi@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. sintang,
Kalimantan barat
INDONESIA
VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan
ISSN : 20864450     EISSN : 25801058     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal ini memuat publikasi hasil pemikiran dan penelitian dibidang pendidikan, pengajaran dan evaluasi belajar, baik laporan penelitian maupun tinjauan buku yang dapat memberikan solusi permasalahan bagi perkembangan dunia pendidikan dan pengajaran secara luas dan bermanfaat serta belum pernah publikasi di media cetak maupun elektronik. Ruang lingkup bahasan meliputi: - Pendidikan dan Pengajaran - Metode/Model/Strategi Pembelajaran - Teori Pembelajaran - Penelitian Tindakan Kelas (PTK) - Evaluasi dan Hasil Belajar - Media Pembelajaran Interaktif - e-Learning - Multimedia Pendidikan - Bahan ajar - Kurikulum - Rencana Pembelajaran VOX EDUKASI terbit 2 kali per tahun pada bulan April dan Nopember.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2016): NOPEMBER" : 12 Documents clear
PEMILIHAN KEPALA DAERAH SECARA LANGSUNG DITINJAU DARI PERSPEKTIF MASYAKARAT PEDESAAN Mardawani Mardawani; Dimas Suryadi
VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol 7, No 2 (2016): NOPEMBER
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (284.82 KB) | DOI: 10.31932/ve.v7i2.76

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada Masyarakat Desa Mandiri Jaya Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang, dengan judul: “Pemilihan Kepala Daerah Secara Langsung Ditinjau Dari Perspektif Masyakarat Pedesaan (Studi Fenomenologis Pada Masyarakat Desa Mandiri Jaya Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang)”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan bentuk penelitian studi fenomenologis. Data yang dikumpulkan diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil pengolahan data ditemukan bahwa terdapat beberapa perspektif masayarakat pedesaan terhadap pelaksanaan proses demokrasi langsung (Pilkada Langsung) yang dilaksanakan di Indonesia, yakni: (1).  Masyarakat menanggapi secara positif sebagai hak konstitusional dan secara negatif sebagai kepentingan elit politik. (2). Sosialisasi politik diperoleh masyarakat pemerintah (KPU), para elit politik (tim sukses calon) dan perangkat desa setempat. (3).  Alasan keikutsertaan masyarakat memilih calon yang paling dominan adalah karena faktor kedekatan kekerabatan sosialisasi yang dilakukan oleh calon (kampanye), kemampuan meyakinkan masyarakat dalam wujud kontrak politik. Kata Kunci: Pemilihan Kepala Daerah Langsung, Masyarakat Pedesaan
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA EDUKATIF (APE) Cici Nilawati; Warkintin Warkintin; Avelius Dominggus Sore
VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol 7, No 2 (2016): NOPEMBER
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (381.134 KB) | DOI: 10.31932/ve.v7i2.71

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan Penggunaan Alat Peraga Edukatif (APE) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi peran sebagai anggota keluarga pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan sosial (IPS) Kelas II Sekolah Dasar Negeri 23 Lundang Baru Tahun Pelajaran 2015/2016. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif bentuk penelitian tindakan kelas. Hasil Penelitian diperoleh Alat Peraga Edukatif (APE) dapat meningkatkan hasil belajar IPS Siswa materi peranan sebagai anggota kelurga berkategori sangat baik, siswa dapat berperan aktif. Peningkatan hasil belajar IPS dengan Alat Peraga Edukatif (APE) pada siklus I diperoleh hasil siswa rata-rata sebesar 62% dan meningkat pada siklus II mencapai 81% sehingga terjadi peningkatan hasil belajar 19%. Tingkat ketuntasan klasikal pada siklus I adalah 47% dari 8 orang siswa tidak tuntas dan 7 orang siswa yang tuntas. Pada siklus II sebanyak 14 siswa yang tuntas dan 1 orang tidak tuntas dan ketuntasan klasikal mencapai 94%. Respon siswa terhadap penggunaan Alat Peraga Edukatif (APE)  menunjukan respon positif. Hal ini bahwa penggunaaan Alat Peraga Edukatif (APE) dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                             Kata Kunci : Alat Peraga Edukatif (APE), Hasil Belajar Siswa
MENGEMBANGKAN PERAN MATEMATIKA SEBAGAI ALAT BERPIKIR ILMIAH MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS LESSON STUDY Melinda Rismawati
VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol 7, No 2 (2016): NOPEMBER
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (424.241 KB) | DOI: 10.31932/ve.v7i2.77

Abstract

Matematika adalah bahasa yang melambangkan serangkaian makna dari pernyataan yang ingin kita sampaikan. Selain sebagai bahasa, matematika juga berfungsi sebagai alat berpikir ilmiah. Pada artikel ini akan dibahas mengenai pembelajaran yang mengembangkan peran matematika sebagi alat berfikir ilmiah pada materi grafik fungsi piecewice. Kesimpuan yang didapat adalah dengan mengembangkan peran matematika sebagai alat berfikir ilmiah, mahasiswa mampu untuk mengembangkan pemikiran matematis mereka sehingga mahasiswa mendapat pengetahuan yang bermakna dan mendalam.     Kata kunci: Peran Matematika, alat berfikir ilmiah, Lesson Study
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PROYEK RESPON KREATIF DI KELAS VIII Dara Juia; Dwi Cahyadi Wibowo; Emilia Dewiwati Pelipa
VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol 7, No 2 (2016): NOPEMBER
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (409.966 KB) | DOI: 10.31932/ve.v7i2.72

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan memahami kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan di Indonesia melalui model proyek respon kreatif  di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Kayan Hilir tahun pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dan bentuk penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pada siklus I nilai maksimal 85, nilai minimal 40, nilai rata-rata 59,76 dan ketuntasan klasikal 61,90%. Pada siklus II nilai maksimal 90, nilai minimal 50, nilai rata-rata 68,1 dan ketuntasan klasikal 85,71%. Hasil peneitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan dalam prestasi belajar siswa melalui proyek respon kreatif di kelas VIII, hal ditunjukkan pada persentase peningkatan prestasi belajar pada: (1) pra-siklus dan siklus 1 sebesar 9,52%; (2) pada siklus 1 dan 2 sebesar 23,81%; (3) pada pra-siklus hingga siklus 2 sebesar 33,33%. Dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model proyek respon kreatif mampu meningkatkan aktifitas dan respon belajar siswa, sehingga prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn meningkat pula. Kata Kunci:   Prestasi Belajar, Model Proyek Respon Kreatif
UPAYA PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA KELAS V SDN 26 SINTANG TERHADAP MATERI AZAN DAN IQOMAH MELALUI PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI Samsudin Samsudin
VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol 7, No 2 (2016): NOPEMBER
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (438.267 KB) | DOI: 10.31932/ve.v7i2.78

Abstract

Azan dan Iqomah merupakan ketrampilan relijius yang penting bagi siswa beragama Islam sebab akan sangat berguna di masyarakat. namun mengajarkan adzan dan iqamah bukanlah perihal mudah sebab tidak dapat diteorikan begitu saja, harus ada percontohan yang nyata. Oleh karena itu, metode pembelajaran yang tepat salah satunya adalah dengan metode demonstrasi. Dalam pelaksanaan metode demonstrasi seluruh siswa memperhatikan dan mengamati terhadap objek yang akan didemonstrasikan. Guru harus mempersiapkan alat – alat yang digunakan dalam demonstrasi tersebut. Prosedur metode demonstrasi yang harus dilakukan dalam pembelajaran adalah mempersiapkan alat bantu yang akan digunakan dalam pembelajaran, memberikan penjelasan tentang topik yang akan didemonstrasikan, pelaksanaan demonstrsi bersamaan dengan perhatian dan peniruan dari siswa, penguatan (diskusi, tanya jawab, dan atau latihan) terhadap hasil demonstrasi dan kesimpulan. Metode tersebuut terbukti berhasil dalam penelitian tindakan kelas ini dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan siswa dalam azan dan iqomah. Kata Kunci: Azan, Iqomah, Metode Demonstrasi
SURVEY KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA SD NEGERI 18 UPT IV SILAT HILIR SEBAGAI DASAR IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK JENJANG SEKOLAH DASAR Eliana Yunitha Seran
VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol 7, No 2 (2016): NOPEMBER
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (368.773 KB) | DOI: 10.31932/ve.v7i2.73

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat kecerdasan interpersonal siswa di SD Negeri 18 UPT IV Silat Hilir sebagai dasar impelementasi model pembelajaran kooperatif. Populasi siswa berjumlah 330 orang, sedangkan sampel 170 orang yang terdiri dari siswa kelas IV, V, dan VI. Analisa data menggunakan uji t dengan one tail test. Hasil penelitian menunjukkan persentase kecerdasan interpersonal siswa sebesar 72,03%. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis tersebut diperoleh harga t hitung lebih besar dari harga t tabel yaitu 13,75 >1,65, maka Ho diterima dan Ha ditolak yang artinya kecerdasan interpersonal siswa SD Negeri 18 UPT IV Silat Hilir dalam upaya mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif untuk jenjang Sekolah Dasar lebih dari sama dengan 75% dari yang diharapkan. Kata Kunci: kecerdasan interpersonal, impelementasi model pembelajaran kooperatif SD.
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 27 SINTANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Andri Andri; Kusandi Kusandi
VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol 7, No 2 (2016): NOPEMBER
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.922 KB) | DOI: 10.31932/ve.v7i2.68

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV SDN 27 Sintang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi seluruh siswa kelas IV SDN 27 Sintang yaitu Kelas IVA dan IVB sejumlah 56 dengan sampel kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan IVB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yaitu teknik observasi langsung, pengkuran, komunikasi tidak langsung dan dokumenter, alat pengumpul data berupa lembar observasi, soal tes, lembar angket dan dokumentasi.  Setelah dilakukan penelitian penggunaan metode pembelajaran inkuiri terbimbing masuk kriteria baik dengan rata-rata 90,45%, hasil pretest siswa kelas eksprimen adalah 38,75 dan rata-rata posttest 79,46 sedangkan rata-rata pretest kelas kontrol 36,25 dan rata-rata posttest 70,53. Teknik pengolahan data menggunakan rumus uji t dua sampel. Berdasarkan  pengujian hipotesis nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai thitung ˃ ttabel yaitu 2,9375 ˃ 2,011 maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh metode pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Hasil angket respon siswa diperoleh rata-rata nilai 85,57% dengan kategori sangat kuat.  Kata kunci: Inkuiri Terbimbing, Pemecahan Masalah, Matematika
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS V SDN 4 SINTANG TERHADAP HUKUM BACAAN ALIF LAM SYAMSIAH DAN ALIF LAM QOMARIAH DALAM BACAAN SURAT AL QUR’AN DENGAN BENAR MELALUI METODE LATIHAN (DRILL) Siti Masdiyah
VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol 7, No 2 (2016): NOPEMBER
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (593.881 KB) | DOI: 10.31932/ve.v7i2.79

Abstract

Bahasa Arab dan Huruf Hijaiyah merupakan unsur penting dalam pendidikan agama Islam. Penguasaan keduanya juga turut menentukan keberlangsungan pembelajaran Agama Islam baik di lingkungan pendidikan maupun di masyarakat. Oleh karena itu, penguasaan terhadap Bacaan tulisan Arab sangat penting untuk dikuasai siswa Muslim. Salah satu unsur bacaan yang seringkali problematis adalah bacaan alif lam baik yang bersifat Syamsiah maupun yang qomariah. Siswa sering kesulitan mengidentifikasi kedua jenis tersebut dan juga sering menemui kesulitan ketika melafazkan bacaannya. Oleh karena itu diperlukan metode yang tepat agar siswa semakin menguasai alif lam syamsiyah dan qomariah. Metode yang diajukan dalam penelitian ini adalah metode drill atau latihan. Drill adalah suatu cara mengajar dengan memberikan latihan-latihan terhadap apa yang telah dipelajari siswa sehingga memperoleh suatu keterampilan tertentu. Cara tersebut diprkatikkan dalam penelitian ini dan memberikan hasil yang signifikan. melalui dua kali siklus tindakan, penelitian tindakan kelas ini membuktikan bahwa teknik drill dapat membantu siswa lebih menguasai bacaan alif laam syamsiah dan qomariah. Kata Kunci: Agama Islam, Bacaan, Alif lam, Syamsiah, Qomariah, Drill
PENERAPAN MODEL TEAM GAME TOURNAMENT TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI BILANGAN ROMAWI DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 03 RANYAI HILIR TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Ericko Lestranda Putra Manalu; Hilarius Jago Duda; Andri Andri
VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol 7, No 2 (2016): NOPEMBER
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (320.938 KB) | DOI: 10.31932/ve.v7i2.74

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan Quasi eksperimental design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Ranyai Hilir dengan jumlah siswa 36 orang. Sampel penelitian ini dipilih dengan teknik sampling jenuh. Siswa kelas IVa berjumlah 18 orang sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IVb berjumlah 18 orang sebagai kelompok kontrol. Data dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian pada pengukuran awal kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu thitung = 0,138   ttabel = 2,032, artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol di pengukuran awal. Pada pengukuran akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu thitung = 2,970 ttabel = 2,032, artinya analisis uji hipotesis pengukuran akhir pada kelas eksperimen dan kontrol dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kognitif siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.  Kata Kunci : Team Game Tournament, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar.
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP Anita Sri Rejeki Hutagaol
VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Vol 7, No 2 (2016): NOPEMBER
Publisher : STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (443.925 KB) | DOI: 10.31932/ve.v7i2.69

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui efektifitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui model Pembelajaran Berbasis  Masalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan disposisi matematis siswa dalam penelitian ini. 2) mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran melalui model Pembelajaran Berbasis  Masalah. 3) mengetahui peningkatan kemampuan disposisi matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran melalui model Pembelajaran Berbasis  Masalah. Dari hasil uji pengembangan diperoleh hal-hal berikut: 1) perangkat pembelajaran yang praktis berdasakan hasil revisi dari tim ahli dan hasil wawancara, 2) memenuhi kriteria keefektifan berdasarkan hasil pengamatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran sebesar 3,53 kategori cukup baik, pencapaian persentase waktu ideal memenuhi kriteria batas toleransi 5%, hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis memenuhi ketuntasan klasikal sebesar 89,71, dan dari hasil angket respon siswa lebih besar dari 80% dengan kriteria sangat positif, 3) kemampuan disposisi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada kemampuan disposisi siswa sebelum  menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah. Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, PBM, Model Pengembangan 4-D, Kemampuan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis.

Page 1 of 2 | Total Record : 12