cover
Contact Name
Tuti Kurnia
Contact Email
jurnal.syarikah@unida.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
tuti.kurnia@unida.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
JURNAL SYARIKAH : JURNAL EKONOMI ISLAM
ISSN : 24424420     EISSN : 25286935     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam is a scientific journal published to support the development of Islamic economy. Jurnal Syarikah : Jurnal Ekonomi Islam will include articles related to the study of Islamic economics in both theoretical and practical studies. The editors receive contributions of articles, scientific papers from the scientific enthusiasts of economic studies and Islamic finance. The editing process is necessary without changing the intent and content of the writing. The Journal is published twice a year on Juny and December.
Arjuna Subject : -
Articles 150 Documents
PENGARUH BRAND IMAGE, LOKASI DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA MINIMARKET “KEDAI YATIM” Fikri, Muhammad Zainul; Mulazid, Ade Sofyan
JURNAL SYARIKAH : JURNAL EKONOMI ISLAM Vol 4, No 1 (2018): JURNAL SYARIKAH
Publisher : Program Studi Ekonomi Islam FEI UNIDA Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (595.678 KB) | DOI: 10.30997/jsei.v4i1.1066

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh brand image, lokasi dan store atmosphere terhadap proses keputusan pembelian konsumen pada minimarket "Kedai Yatim". Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Sumber data penelitian ini merupakan data primer yang berasal dari sampel yaitu konsumen minimarket "Kedai Yatim". Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden. Penelitian ini menggunakan metode analisis Regresi Berganda. Hasil temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) brand image berpengaruh secara signifikan terhadap proses keputusan pembelian konsumen pada minimarket "Kedai Yatim" (2) lokasi berpengaruh secara signifikan terhadap proses keputusan pembelian konsumen pada minimarket "Kedai Yatim" (3) store atmosphere berpengaruh secara signifikan terhadap proses keputusan pembelian konsumen pada minimarket "Kedai Yatim", dan (4) brand image, lokasi dan store atmosphere berpengaruh secara signifikan terhadap proses keputusan pembelian konsumen pada minimarket "Kedai Yatim".Kata Kunci : Brand Image, Lokasi, Store Atmosphere, Proses Keputusan Pembelian
FAKTOR-FAKTOR RISIKO YANG MEMPENGARUHI PILIHAN KEBIJAKAN UNDERWRITING PADA ASURANSI MIKRO Achmad, Basuki; Hadi, Kuncoro
JURNAL SYARIKAH : JURNAL EKONOMI ISLAM Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Syarikah
Publisher : Program Studi Ekonomi Islam FEI UNIDA Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (456.986 KB) | DOI: 10.30997/jsei.v1i2.258

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor risiko underwriting yang akan mempengaruhi pengambilan keputusan melanjutkan atau merubah kebijakan underwriting pada nasabah Lembaga Keuangan Mikro (LKM), model yang dibentuk dan dianalisis menggunakan teknik binomial logistic. Penelitian ini dilakukan di BRIngin Life Syariah, data yang dianalisis adalah data peserta asuransi jiwa pembiayaan, yakni produk asuransi syariah yang dirancang khusus untuk melindungi LKM dari risiko kegagalan melunasi kredit/pembiayaan akibat peserta meninggal dunia. Periode pengumpulan data antara tahun Januari 2004 sampai dengan Desember 2013. Hasil analisis menunjukkan bahwa LKM dengan karakteristik data seperti: memiliki rata-rata usia nasabah pembiayaan diatas 40 tahun, berbadan hukum selain BPR atau Koperasi, rata-rata besarnya pembiayaan lebih dari Rp. 50.000.000,- (lima puluh juta rupiah), berdomisili di pulau Sumatera, dengan rata-rata masa pembiayaan lebih dari 2 tahun dan tidak menerapkan prinsip syariah, maka peluang manajemen merubah kebijakan underwriting adalah 16%. Berdasarkan metode binomial logistic ini, faktor-faktor tersebut sebagian besar mempengaruhi secara signifikan, kecuali letak geografis, penerapan syariah dan LKM yang berbadan hukum BPR.Kata kunci : Binomial Logistik, underwriting, Asuransi syariah, Manajemen risiko, Lembaga Keuangan Mikro
PERAN INOVASI PRODUK DAN LAYANAN DALAM MENINGKATKAN DAYA TARIK NASABAH MENABUNG DI BMT MUALLIMIN Firdaus, Siti Anisa
JURNAL SYARIKAH : JURNAL EKONOMI ISLAM Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Syarikah
Publisher : Program Studi Ekonomi Islam FEI UNIDA Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (673.523 KB) | DOI: 10.30997/jsei.v3i2.807

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran inovasi produk dan inovasi layanan dalam meningkatkan daya tarik nasabah menabung di BMT Mu’allimin. Jenis penelitiannya menggunakan deskriptif kuantitatif disertai sistem pengumpulan data kuesioner dan wawancara. Populasi penelitian seluruh nasabah BMT Mu’allimin dengan sampel penelitian yang ditetapkan melalui rumus slovin sebanyak 128 responden. Teknik analisis data  melalui teknik analisis deskriptif dan dianalisa menggunakan distribusi frekuensi relatif. Hasil penelitian dari judul ini ialah inovasi produk dan inovasi layanan BMT Mu’allimin cukup berperan dalam meningkatkan daya tarik nasabah untuk menabung, terutama inovasi layanan yang dimiliki BMT Mu’allimin yaitu mesin EDC dan SMS Banking.
EFEKTIFITAS PROGRAM PENDISTRIBUSIAN DANA ZAKAT DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KOTA BOGOR Fadilah, Arief; Sukma, Ating
JURNAL SYARIKAH : JURNAL EKONOMI ISLAM Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Syarikah
Publisher : Program Studi Ekonomi Islam FEI UNIDA Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (180.327 KB) | DOI: 10.30997/jsei.v2i2.273

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas program pendistribusian dana zakat di BAZNAS Kota Bogor. Dari program-program yang terdapat di BAZNAS Kota Bogor, program Bogor Cerdas merupakan program pendistribusian yang memiliki eksistensi program paling tinggi. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 30 responden dengan menggunakan teknik Convenience Sampling. Hasil dari penelitian sudah efektif berdasarkan dari hasil olah data dengan menggunakan metode analisis Customer Statisfaction Index (CSI) dan diperoleh hasil sebesar 75,63.Kata kunci: Efektifitas, Zakat
EFEKTIVITAS PENGELOLAAN WAKAF TUNAI DI BADAN WAKAF INDONESIA Lestari, Wiji; Thantawi, Rifqy
JURNAL SYARIKAH : JURNAL EKONOMI ISLAM Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Syarikah
Publisher : Program Studi Ekonomi Islam FEI UNIDA Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1114.9 KB) | DOI: 10.30997/jsei.v2i1.291

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan wakaf tunai di Badan Wakaf Indonesia dan keefektifan dari pengelolaan wakaf tunai tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Importance Performance Analysis (IPA). Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah pengelolaan wakaf tunai di Badan Wakaf Indonesia telah dilaksanakan secara efektif dengan persentase 54 persen namun secara tradisional, yaitu pengelolaan wakaf tunai hanya dilakukan untuk kepentingan sarana sosial. Sedangkan pengelolaan secara produktif seperti investasi pada sektor riil atau investasi pada sektor financial berdasarkan pada instrumen syariah belum dilaksanakan.Kata kunci: Efektivitas, Pengelolaan
KESAN KUALITAS DAN LOYALITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI PRODUK ZOYA Riyanti, Sarah
JURNAL SYARIKAH : JURNAL EKONOMI ISLAM Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Syarikah
Publisher : Program Studi Ekonomi Islam FEI UNIDA Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (609.996 KB) | DOI: 10.30997/jsei.v3i2.817

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesan kualitas dan loyalitas merek pada konsumen yang membeli produk Zoya. Jenis penelitian menggunakan deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan dianalisis menggunakan distribusi frekuensi relatif. Populasi penelitian seluruh konsumen yang menggunakan produk Zoya, sampel berjumlah 40 responden melalui teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesan kuallitas mempunyai nilai 57% dan loyalitas merek sebesar 54%. Kedua hal tersebut mampu menjadi salah satu faktor keputusan konsumen dalam membeli produk Zoya.
MEKANISME PENGELOLAAN DANA ZAKAT, INFAQ DAN SHADAQAH DI BANK SYARIAH SEBAGAI IMPLEMENTASI FUNGSI SOSIAL BANK Nasution, Ali Yusuf; Qomaruddin, Qomaruddin
JURNAL SYARIKAH : JURNAL EKONOMI ISLAM Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Syarikah
Publisher : Program Studi Ekonomi Islam FEI UNIDA Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (392.269 KB) | DOI: 10.30997/jsei.v1i1.264

Abstract

Zakat yang dikelola dengan sistem dan pengaturan yang dapat dipercaya, professional dan integral bisa menjadi pemicu untuk pergerakan ekonomi di masyarakat. Selain pengelolaan ZIS dilakukan oleh LPZ dan BAZ pengelolaan lembaga zakat juga dapat dikelola oleh bank syariah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan mekanisme penggalangan dana ZIS di BPR Syariah Amanah Ummah dan mengetahui bagaimana mekanisme distribusi ZIS di BPR Syariah Amanah Ummah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan dana ZIS difokuskan pada pengumpulan dan distribusi. Dana ZIS yang terkumpul di BPR Syariah Amanah Ummah bersumber dari bank/perusahaan, dana zakat dari luar bank (termasuk pelanggan zakat), karyawan dan administrator. Pendistribusian zakat disalurkan melalui bank atau melalui lembaga lain yang menganut system produktif dan konsumtif. Kompensasi yaitu konsumtif kompensasi yang diterima langsung mustahik untuk kebutuhan mereka, sambil mendapatkan kompensasi dilakukan melalui program modal ventura.Kata kunci: Zakat, Infak, fungsi sosial bank
WAKAF SAHAM DITINJAU DARI HUKUM ISLAM DAN PERATURANPERUNDANG-UNDANGAN SETELAH BERLAKUNYA UNDANG-UNDANG NOMOR 41 TAHUN 2004 TENTANG WAKAF Havita, Gusva; Hakim, Gestivia
JURNAL SYARIKAH : JURNAL EKONOMI ISLAM Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Syarikah
Publisher : Program Studi Ekonomi Islam FEI UNIDA Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2843.798 KB) | DOI: 10.30997/jsei.v3i1.720

Abstract

Wakaf as a religious institution, in addition to functioning as a means of worship also has a social function. And over the course of time and the birth of modern Islamic society, the waqf also experienced a dynamic development as well. One of the issues of contemporary waqf in the study of jurisprudence of wakaf is about the extension of wakaf coverage which includes moving objects, one of which is stock. The transfer of shares for the purpose of wakaf is called the stock wakaf. To obtain a comprehensive analysis of the stock wakaf, the authors analyzed two main issues concerning the reasons for endowments of shares allowed under Islamic law, and Islamic laws review of the provisions of shares as an object of wakaf in the legislation after the enactment of Law No. 41 of 2004 on Wakaf . In analyzing the two main issues, the author uses descriptive method to produce descriptive analytical thesis. This study yields the conclusion that Islamic jurisprudence expert and Islamic Law Compilation, wakaf share is allowed to remember shares have conservation benefit that is in the form of dividend that can be picked up as long as the issuer company runs its business well and get profit, while the principal value of stock is maintained. Similarly, the MUI Fatwa dated May 11, 2002 on Waqf of money also permits the wakaf of shares because it sees the similarity between money and stocks, which has great potential benefits when it is represented. The review of Islamic law on shares as an object of wakaf in the legislation after the enactment of Law No. 41 of 2004 on Waqf, the conclusion that Sharia and conventional shares of halal / mubah companies may be used as wakaf objects. The permissibility of the conventional stock of the halal / mubah company to be the object of wakaf needs further regulation on the detail of the criteria and procedures for the validation so that the wakaf is still valid and provide legal certainty in the community.Key words: Stock Wakaf, Islamic Law, Legislation
STRATEGI PENGHIMPUNAN DANA ZAKAT LIMA LEMBAGA PENGELOLA ZAKAT DI INDONESIA Azis, Abdul; Sukma, Ating
JURNAL SYARIKAH : JURNAL EKONOMI ISLAM Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Syarikah
Publisher : Program Studi Ekonomi Islam FEI UNIDA Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (197.411 KB) | DOI: 10.30997/jsei.v2i1.269

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penghimpunan dana zakat di lima lembaga pengelola zakat di Indonesia. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis jaring laba-laba (Spyder web analisyst). Berdasarkan hasil analisis strategi penghimpunan dana zakat yang paling optimal dilakukan oleh Dompet Dhuafa yaitu dengan membuka kantor cabang di luar negeri dan menggunakan sistem ATL (Above The Line) dan BTL (Below The Line).Kata kunci: Strategi, Penghimpunan, Dana Zakat.
AGRICULTURE AND PLANTATION MANAGEMENT TO SUPPORT THE EMPOWERMENT OF RURAL ISLAMIC BOARDING SCHOOL (CASE STUDY IN ISLAMIC BOARDING SCHOOL ABDUSSALAM) Alhifni, Anas; Ahwarumi, Biyati
JURNAL SYARIKAH : JURNAL EKONOMI ISLAM Vol 4, No 1 (2018): JURNAL SYARIKAH
Publisher : Program Studi Ekonomi Islam FEI UNIDA Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (502.367 KB) | DOI: 10.30997/jsei.v4i1.1220

Abstract

Islamic Boarding School Abdussalam is located in rural areas of West Kalimantan and has agriculture and plantation sectors. The purpose of this study is to find out how the agricultural management system implemented by Islamic Boarding School. This research uses qualitative approach with phenomenology analysis technique. The results show that agricultural and plantation conditions in Islamic Boarding School Abdussalam have been empowered and have given economic independence to Islamic Boarding School although only managed by traditional system, from both sectors of agriculture sector have bigger result than plantation sector. The proposed agriculture and plantation management design resulting from this research is modern management based on solving the main problems faced by both sectors, such as weakness of governance system, lack of profersional human resources, limited infrastructure and capital, through cooperation with some related institutions such as government, universities, and companies that are directly related to the agricultural and plantation sectors in Islamic Boarding School Abdussalam. Originality of research, such a study has never been done before because in this study described the management system and level of empowerment of agriculture and plantation Islamic Boarding School Abdussalam.Keywords: Islamic Boarding School Abdussalam, Empowerment, Agriculture and Plantation

Page 1 of 15 | Total Record : 150