cover
Contact Name
JURNAL KOMUNIKATIO
Contact Email
jurnal.komunikasi@unida.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.komunikasi@unida.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
JURNAL KOMUNIKATIO
ISSN : 24423882     EISSN : 25498002     DOI : -
Core Subject : Education,
JURNAL KOMUNIKATIO (p-ISSN: 2442-3882 dan e-ISSN 2549-8002) adalah jurnal ilmiah yang memuat aspek-aspek Ilmu Komunikasi dalam Konteks Teori dan Praktik. Terbit dua kali dalam satu tahun (April dan Oktober).
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Komunikatio" : 5 Documents clear
HUBUNGAN PAMERAN PENELITIAN DENGAN MOTIVASI PENELITI DALAM MENINGKATKAN POTENSI MENELITI DI BIDANG PERTANIAN Fridani, G.M; Sukarelawati, Sukarelawati; Kusumadinata, Ali Alamsyah
JURNAL KOMUNIKATIO Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Komunikatio
Publisher : FISIP Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (755.375 KB) | DOI: 10.30997/jk.v1i1.133

Abstract

Pameran merupakan suatu media promosi dan iklan yang bertujuan memperkenalkan suatu produk atau jasa kepada masyarakat dengan harapan mereka tertarik dan kemudian membelinya. Penelitian ini dilakukan di Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan Pertanian yang beralamat di Jalan Tentara Pelajar No.12 Cimanggu Bogor. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Mei 2014 sampai dengan Juni 2014. Analisa variabel dalam penelitian ini digunakan analisa kuantitiatif, yaitu dengan statistik. Setelah data terkumpul dengan lengkap, langkah selanjutnya adalah menganalisis data. Adapun hasil penelitian menunjukkan faktor komunikator, proses komunikasi, kegiatan demo pameran, mempengaruhi kegiatan aktivitas pameran. Hal ini mempengaruhi proses dan demo pameran dalam memenuhi kebutuhan biologis dan psikologis peneliti.Keyword : Pameren, Peneliti, Komunikator, Proses Komunikasi.
CITIZEN JOURNALISM SEBAGAI AKTIVITAS BARU WARGA DI KABUPATEN BREBES Lutfhie, Muhammad
JURNAL KOMUNIKATIO Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Komunikatio
Publisher : FISIP Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (550.372 KB) | DOI: 10.30997/jk.v1i1.148

Abstract

Jurnalisme warga (citizen jurnalism) mulai berkembang di Indonesia pada tahun 2004. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mengetahui bagaimana perkembangan jurnalisme warga di Kabupaten Brebes 2. Mengetahui peristiwa atau kejadian apa saja yang menjadi materi berita jurnalisme warga. 3. Mengetahui bagaimana pengaruh jurnalisme warga terhadap partisipasi warga lainnya dalam produkdi pemberitaan. Intensifnya pemberitaan citizen journalism berpengaruh pada semakin intensifnya partisipasi warga dalam jurnalisme warga. Citizen Journalism telah mendorong warga berpartisipasi dalam pengelolaan informasi. Pengaruh citizen journalism tersebut antara lain mendorong perubahan kultur warga dalam berkomunikasi, mendorong warga untuk berpikir dan bersikap kritis, mempercepat pertukaran informasi antarwarga, dan memudahkan mengumpulkan informasi. Perkembangan teknologi informasi telah meningkatkan tingkat partisipasi warga dalam pengelolaan informasi di mana citizen journalism merupakan salah satu pemicunya. Jurnalisme warga telah melahirkan aktifitas baru bagi warga, yakni sebagai pewarta.katakunci: Jurnalisme warga, teknologi informasi, berita.
HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN KREDIBILITAS KOMUNIKATOR DALAM KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN KEPUASAN PELANGGAN DI RANCAMAYA GOLF DAN COUNTRY CLUB DI KABUPATEN BOGOR Nuraeni, N; Sukarelawati, Sukarelawati; Fitriah, Maria
JURNAL KOMUNIKATIO Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Komunikatio
Publisher : FISIP Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (804.639 KB) | DOI: 10.30997/jk.v1i1.117

Abstract

Penelitian ini memusatkan perhatian pada hubungan komunikasi interpersonal petugas reservasi golf dengan pelanggan pada saat melakukan reservasi. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui kekuatan kredibilitas petugas reservasi golf di Rancamaya Golf and Country Club, (2) untuk mengetahui kepuasan pelanggan di Rancamaya Golf and Country Club, dan (3) untuk mengetahui hubungan kredibilitas petugas reservasi dengan kepuasan pelanggan Rancamay Golf and Country Club. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Kekuatan kredibilitas petugas reservasi dalam komunikasi interpersonal untuk kategori ethos, pathos, logos, dan kompetensi termasuk kategori sangat baik. (2) Kepuasan Pelanggan dinilai berdasarkan keandalan, empati, dan daya tanggap dinilai sangat baik. (3) Kekuatan kredibilitas petugas reservasi dalam komunikasi interpersonal berhubungan positifdan signifikasi dengan kepuasan pelanggan Rancamaya Golf and Country Club dengan korelasi sebesar 0,79211, termasuk dalam kategori kuat. Kata Kunci: Kekuatan Kredibilitas Komunikator, Kepuasan Pelanggan.
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN JUNGLELAND ADVENTURE THEME PARK BOGOR DALAM UPAYA MENARIK PENGUNJUNG Indrapraja, R.M; Ratnamulyani, Ike Atikah; Fitriah, Maria
JURNAL KOMUNIKATIO Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Komunikatio
Publisher : FISIP Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (641.246 KB) | DOI: 10.30997/jk.v1i1.137

Abstract

Penelitian ini memusatkan perhatian pada strategi periklanan, strategi promosi penjualan dan strategi Public Relation Jungleland Adventure Theme Park dalam upaya menarik pengunjung. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui strategi periklanan yang diterapkan oleh Jungleland dalam menarik pengunjung, (2) Untuk mengetahui strategi promosi penjualan yang diterapkan oleh Jungleland Adventure Theme Park dalam menarik pengunjung, dan (3) Untuk mengetahui strategi hubungan masyarakat dan publisitas yang diterapkan oleh Jungleland Adventure Theme Park dalam menarik pengunjung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan melakukan tehnik pengambilan data melalui wawancara dan observasi secara langsung. Tehnik analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan mereduksi data, menyajikan data dan mengambil kesimpulan dari data yang di peroleh. Strategi periklanan yang dilakukan Jungleland Adventure Theme Park menggunakan media above the line dalam bentuk penayangan iklan di media massa yaitu Radio maupun Televisi dan media below the line seperti billboard, brosur, baliho, poster. Strategi sales promotion yang dilakukan Jungleland Adventure Theme Park adalah Promo HEMAT (Heboh Jumat), buy 1 Get 1 Free untuk pembelian minuman Sosro, Buy 1 Get 3 yaitu kesempatan mendapatkan kupon potongan harga untuk wahana di Jungle series (The Jungle waterpark, Jungleland Adventure theme Park dan Junglefest). Strategi Public relation yang dilakukan Jungleland Adventure Theme Park adalah dengan membuat Press Release pada media surat kabar seperti Radar Bogor maupun website Jungleland ; special event yang selalu mengadakan acara yang menarik seperti Cosplay Party; kegiatan sosiaCSR seperti Sumbangan anak yatim dan cek kesehatan; kegiatan media Gathering; menampung Kritik dan saran. Kata Kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran , Bauran Pemasaran, Daya Tarik Objek Wisata.
PROSES ENKULTURASI DALAM BUDAYA ENTAS-ENTAS, PRASWALA GARA, DAN PUJAN KAPAT (SISTEM SOSIAL LOKAL:ANTAR ETNIS KABUPATEN PROBOLINGGO) Alamsyah, Ali
JURNAL KOMUNIKATIO Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Komunikatio
Publisher : FISIP Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (564.107 KB) | DOI: 10.30997/jk.v1i1.120

Abstract

Masyarakat Tengger memiliki budaya yang menarik dan unik yang masih terjaga dengan baik. Meskipun faktor eksternal yang kuat mempengaruhi ( intensitas tinggi kegiatan pariwisata ) beberapa tradisi yang masih dilestarikan dengan baik , beberapa di antaranya entas - entas , Praswala Gara , dan Pujan Kapat . Tradisi-tradisi ini berlaku bersama dengan proses komunikasi dan ini menjadi aspek yang menarik untuk belajar. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni 2014. Metode yang digunakan adalah studi kasus kuallitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upacara adat di masyarakat Tengger umumnya dibagi menjadi orang-orang mengenai ruang lingkup keluarga dan ruang lingkup desa . Pola komunikasi dipraktekkan di kalangan masyarakat Tengger adalah salah satu vertikal , di mana pemimpin atau kelompok terhormat memiliki posisi penting dan ditaati oleh -Nya orang / bawahan , yang merupakan refleksi dari paternalistik budaya masih dipraktekkan . Pola semacam ini komunikasi dapat dilihat dalam beberapa proses belajar-mengajar yang dilakukan baik di forum formal dan nonformal dan ritual mengenai kelompok , sunctions , dan alokasi posisi.Kata Kunci : Komunikasi, Masyarakat Tengger, Pendidikan

Page 1 of 1 | Total Record : 5