cover
Contact Name
Akhmad Rizkhi Ridhani
Contact Email
rizkhi.ridhani@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
annur.uniskamab@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
JURNAL MAHASISWA BK AN-NUR : BERBEDA, BERMAKNA, MULIA
ISSN : 24609722     EISSN : 26228297     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2020)" : 5 Documents clear
ANALISIS GAYA BELAJAR VISUAL, AUDITORIAL, DAN KINESTETIK SISWA BERPRESTASI DI SD NEGERI AJIBARANG WETAN Fitrian Rahmat Nur Azis; Pamujo Pamujo; Pratik Hari Yuwono
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia Vol 6, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (227.244 KB) | DOI: 10.31602/jmbkan.v6i1.2658

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya belajar siswa berprestasi di SD Negeri Ajibarang Wetan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif studi kasus. Partisipan penelitian ini adalah siswa berprestasi kelas VI yang berjumlah 3 siswa, guru kelas VI, dan orang tua siswa berprestasi. Siswa berprestasi yang dimaksud merupakan siswa yang selalu meraih prestasi akademik di posisi 3 besar tiap tahunnya. Selain itu, pernah memenangkan beberapa lomba akademik, seperti OSN Matematika dan LCC PAI. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar siswa berprestasi yang menunjukkan karakter visual di antaranya siswa memiliki tulisan yang rapi dan teratur. Siswa membubuhi beberapa gambar untuk lebih memahami materi dalam catatan. Selain itu siswa sangat antusias jika pembelajaran terdapat gambar karena lebih mudah dipahami. Siswa juga sangat reaktif terhadap suara. Kelemahan siswa di antaranya tidak mampu melakukan dialog secara langsung dengan baik, oleh karena itu tidak dapat mengikuti diskusi dengan baik. Gaya belajar siswa berprestasi yang menunjukkan karakter auditorial di antaranya siswa lebih suka dibacakan materi oleh guru dibanding membaca materi sendiri. Selain itu, di antara siswa berprestasi selalu menggerakkan bibir saat membaca materi. Sementara itu, gaya belajar siswa berprestasi yang menunjukkan karakter kinestetik yakni siswa aktif mengikuti pembelajaran praktik di kelas. Selain itu, salah satu siswa selalu berbicara dengan posisi dekat dengan lawan bicara. Hal ini berdasarkan hasil observasi yang menunjukkan bahwa siswa bertanya dengan mendekat kepada guru.
KONSELING LOGOTERAPI UNTUK MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI PADA ANAK BROKEN HOME Sri Ayatina Hayati; Aminah Aminah
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia Vol 6, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (44.303 KB) | DOI: 10.31602/jmbkan.v6i1.2498

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas konseling kelompok dengan logoterapi dalam meningkatkan penerimaan diri pada anak yang mengalami broken home. Penelitian ini mencakup mengenai penerimaan dan memberikan perasaan positif, untuk menjalin komunikasi dipertahankan, mendengarkan dengan pikiran terbuka untuk masalah, tulus, menerima terbatas di sana, dukungan dan cinta, cinta tanpa syarat. Hasil observasi dan studi awal yang dilakukan oleh peneliti di MTs Al- Ikhwan Banjarmasin pada bulan November 2019, menunjukkan bahwa beberapa anak ada yang merasa putus asa dalam belajar karena orang tuanya bercerai. Mereka cenderung lebih suka menutup diri di rumah dan membatasi hubungan. Metode yang digunakan adalah dengan menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan desain eksperimen one group pre-test post-test. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan teknik logoterapi efektif dalam meneningkatkan penerimaan diri anak yang mengalami broken home. Hasil statistik deskriptif dari kedua sampel yang diteliti yakni nilai pre-test dan pos- test memperoleh hasil mean pre-test sebesar 10,25 dan post-test sebesar 41,00. Jumlah responden yang digunakan sebagai sampel penelitian adalah sebanyak 7 orang siswa. Karena nilai rata-rata hasil pre-test 10,25 < post-test 41,00, maka itu artinya secara deskriptif ada perbedaan rata-rata hasil penerimaan diri antara pre-test dan post-test.
EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN ETIKA BERMEDIA SOSIAL SISWA KELAS VII D DI SMP NEGERI 4 ALALAK Norma Sari; Sultani Sultani; Nurmiati Nurmiati
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia Vol 6, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (578.186 KB) | DOI: 10.31602/jmbkan.v6i1.2499

Abstract

Etika bermedia sosial merupakan aturan dalam penggunaan media sosial agar lebih menggunakan bahasa yang sopan dan layak pada saat berinteraksi melalui media sosial yang tidak melanggar aturan yang berlaku di masyarakat, tidak menyebarkan berita hoax, ujaran kebencian, SARA dan lain-lain. Tujuan utama dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan etiika bermedia sosial siswa  di SMP Negeri 4 Alalak. Adapun hasil pre-test ditemukan 1 siswa berada pada kategori tinggi dengan presentase 12,5% dan 7 siswa pada kategori rendah dengan presentase 87,5%. Sedangkan hasil post-test setelah diberikan layanan 8 siswa mengalami peningkatan, 2 siswa berada pada kategori sangat tinggi dengan presentase 25% dan 6 siswa pada kategori tinggi dengan presentase 75%. Dari perhitungan uji wilcoxon pada data keseluruhan diperoleh nilai Z = -2,524 dan p value (Asymp. Sig. 2-tailed) = 0.012. Sehingga, melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama secara signifikan dapat meningkatkan etika bermedia sosial siswa kelas VII D di SMP Negeri 4 Alalak.
Meningkatkan Motivasi Belajar Dengan Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management di SMP Negeri 4 Murung Pudak rosa siti roseha nuraini; Kasypul Anwar; Aminah Aminah
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia Vol 6, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (473.335 KB) | DOI: 10.31602/jmbkan.v6i1.2495

Abstract

ABSTRAKMelalui penelitian ini dengan harapan agar dapat mengetahui seberapa besar situasi motivasi malas belajar siswa sebelum mendapatkan layanan konseling kelompok teknik self-management. Seberapa besar pengaruh layanan konseling kelompok teknik self-management dalam meningkatkan motivasi malas belajar siswa di SMP Negeri 4 Murung Pudak. Metode penelitian ini, yaitu menggunakan desain peneliti pre experimental design dalam desain one group pre test and post test. Proses analisis data yaitu menganalisis data yang sudah terkumpul dengan menggunakan perhitungan analisis statistik non parametrik uji wilcoxon dan analisis deskriptif persentase.Dalam penelitian ini populasi yaitu keseluruh siswa pada kelas VIII di SMP Negeri 4 Murung Pudak yang berjumlah 20 siswa. Subjek pada penelitian ini tertuju pada siswa di kelas VIII SMP Negeri 4 Murung Pudak. Teknik sampling purposive, penelitian menggunakan teknik angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus yakni uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test, maka nilai Z yang didapat sebesar -3.920 dengan p value (Asymp). Sig 2 tailed) sebesar 0,000 di mana kurang dari batas kritis penelitian 0,05 sehingga dapat ditarik keputusan dari hipotesis yakni dengan rumus H1 diterima atau yang artinya adanya perbedaan yang bermakna diantara kelompok pada hasil sebelum dan sesudah pemberian layanan konseling kelompok teknik self-management.
PERAN CHAT GRUP UNTUK MENGOPTIMALKAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING KELOMPOK ONLINE DI ABAD 21 Rudi Hariyadi; Fauziatin Fauziatin; Khairunisa Khairunisa
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia Vol 6, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31602/jmbkan.v6i1.1677

Abstract

ABSTRAK Penggunaan berbagai Aplikasi Teknologi Informasi dan Komunikasi semakin luas disegala bidang, salah satunya adalah bidang bimbingan dan konseling, yang dimana Bimbingan dan Konseling ini sudah dilakukan secara online. Perkembangan utama pada Teknologi Informasi dan Komunikasi ini meliputi peningkatan akses, peningkatan interaksi dan semakin meratanya sumber daya TIK pada berbagai macam organisasi maupun pada layanan Bimbingan dan Konseling secara online. Peran Teknologi Informasi dalam Bimbingan dan Konseling secara individu maupun secara kelompok dapat dilihat pada tiga cara yaitu sebagai alat, sebagai alternatif layanan BK secara online dan sebagai agen perubahan. Penggunan Chat grup pada bimbingan dan konseling kelompok online ini dapat menggunakan beberapa aplikasi yang ikut berperan dalam pelayanan Bimbingan dan Konseling kelompok di abad 21 ini misalnya seperti WhatsApp, Line, Chat Rooms yang dimana setiap aplikasi tersebut berperan penting dalam kegiatan bimbingan dan konseling kelompok secara online. Kata Kunci: Chat grup BK Kelompok OnlineABSTRACT The use of various information and communication technology application is increasingly widespread in all fields, one of which is the field of guidace and counseling, where guidance and counseling has been done online. The main developments in information and access, increasing interaction and increasing the spread of ICT resources in various types of organizations and online counseling and guidance services. The role of information technology in individual and group guidance and counseling can be seen in three ways, namely as a tool, as an alternative guidance and counseling service, and as an agent of change. The use of group chats on online group guidance and counseling can use several applicationsn that play a role in the group’s guidance and counseling services in the 21st century such as WhatsApp, Line, Chat Rooms, where each application plays an important role in group guidance and counseling on line. Keywords: group chat for online group

Page 1 of 1 | Total Record : 5