cover
Contact Name
JURNAL SOSIAL HUMANIORA
Contact Email
jsh.lppm@unida.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jsh.lppm@unida.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Sosial Humaniora
ISSN : 20874928     EISSN : 25500236     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal Sosial Humaniora (JSH) mendorong pengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang sosial humaniora melalui penerbitan karya ilmiah berbasis hasil penelitian (orisinal).
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 2 (2016)" : 6 Documents clear
ANALISIS RASIO KEMANDIRIAN, RASIO EFEKTIVITAS PAD, DAN RASIO EFISIENSI PAD PADA LAPORAN REALISASI ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH (APBD) KABUPATEN SUKABUMI Deuis Kartika; Ade Budi Setiawan; Indra Cahya Kusuma
Jurnal Sosial Humaniora Vol. 7 No. 2 (2016)
Publisher : Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (721.374 KB) | DOI: 10.30997/jsh.v7i2.493

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan Kabupaten Sukabumi dengan menganalisis rasio kemandirian, rasio efektivitas, dan rasio efisiensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada Laporan Realisasi APBD Kabupaten Sukabumi. Data yang digunakan adalah Laporan Realisasi Anggaran tahun anggaran 2009-2013. Analisis data menggunakan metode statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasio kemandirian Kabupaten Sukabumi dari tahun anggaran 2009-2013 rata-rata hanya sebesar 8,15% yang tergolong sangat rendah dengan menunjukkan pola hubungan instruktif. Rasio efektivitas PAD Kabupaten Sukabumi tahun anggaran 2009-2013 rata-rata tingkat pencapaiannya sebesar 105,67% dari anggaran yang ditetapkan yang tergolong sangat efektif. Kinerja keuangan Kabupaten Sukabumi tahun anggaran 2009-2013 berdasarkan rasio efisiensi PAD tergolong sangat efisien dengan rata-rata setiap tahunnya sebesar 5,02%.
STUDI KRITIS KONSEP DAN APLIKASI PEMBINAAN MENTAL TNI AD Asmil Ilyas
Jurnal Sosial Humaniora Vol. 7 No. 2 (2016)
Publisher : Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (657.38 KB) | DOI: 10.30997/jsh.v7i2.489

Abstract

Pembinaan mental TNI AD adalah kegiatan dalam lingkungan TNI AD yang mengemban tugas dan kewajiban untuk membangun mental prajurit, PNS, TNI AD beserta keluarga besarnya. Tujuannya supaya terwujud keunggulan moral, soliditas dan profesionalisme prajurit TNI AD. Untuk mengembangkan pembinaan mental, TNI AD sudah berusaha dan membuat berbagai model dalam rangka mengembangkan sistem yang lebih baik. Namun, masih banyak oknum TNI AD (Kodam Jaya) yang melakukan tindakan yang kurang sesuai dengan moral agama dan negara. Asumsi penyebab utamanya adalah pendidikan dan bina mental rohani Islam masih kurang sesuai dengan keadaan dan akar permasalahan yang ada di TNI AD. Hal tersebut terjadi karena jika seseorang memahami dengan baik dan benar mengenai Islam, maka ia akan dapat berlaku lebih sopan, jauh dari perbuatan munkar, dan menjauhi bentuk kekerasan sampai tindak menyalahgunakan semua amanat yang dia sandang. Tujuan penelitian ialah untuk menganalisis masalah-masalah mendasar yang menjadi penyebab kurang efektifnya pembinaan mental di TNI AD, khususnya Kodam Jaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi dari konsep yang tidak efektif disebabkan oleh (1) kurang adanya keterlibatan langsung dari pimpinan dari Kodam Jaya, padahal TNI AD memiliki sifat loyalitas yang tinggi terhadap pemimpin; (2) materi yang diberikan tidak didasarkan pada kenyataan kasus moral TNI AD, khususnya Kodam Jaya; (3) pematerinya tidak mengikuti kurikulum yang sudah ditentukan dan diteliti sesuai dengan kebutuhan; (4) sistem pelajaran hanya mengikuti aturan umum, tidak terstruktur dalam hal waktu, tempat, dan pesertanya.
STRATEGI INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PROSES PEMBELAJARAN BERBASIS IT (INFORMATION TECHNOLOGY) UNTUK PESERTA DIDIK Omon Abdurakhman; Rasmitadila Rasmitadila
Jurnal Sosial Humaniora Vol. 7 No. 2 (2016)
Publisher : Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (548.141 KB) | DOI: 10.30997/jsh.v7i2.490

Abstract

Kenyataan yang terjadi dalam kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan aplikasi informasi dan teknologi (IT) berbasis jaringan, para peserta didik yang melakukan penelurusan berita tanpa memiliki bekal yang cukup seperti etika, logika, dan estetika akan menimbulkan dampak negatif terhadap karakter peserta didik. Pembentukan karakter peserta didik dapat dilakukan secara preventif di Sekolah Menengah Kejuruan. Pada masa tersebut, peserta didik memasuki dunia baru dalam pendidikan yang berdampak terhadap perkembangan karakter individu sebagai bagian dari masyarakat. Penelitian ini difokuskan dalam pengintegrasian pendidikan karakter pada mata pelajaran yang menggunakan sarana komputer, khususnya IT melalui pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK). Dengan memperhatikan etika salah satu faktor yang mempengaruhi produktivitas penggunaan IT diharapkan siswa yang mengikuti program ini mendapatkan bekal yang progresif dalam menggapai masa depannya. Model penelitian tindakan kelas (PTK) adalah model yang dapat digunakan secara aplikatif dan sederhana dalam pembentukan peserta didik secara behavioristik sehingga dengan PTK hasil penelitian dapat diukur secara nyata dan applicable.
POLA PENDANAAN WAKAF DI BOGOR Tuti Kurnia
Jurnal Sosial Humaniora Vol. 7 No. 2 (2016)
Publisher : Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (541.57 KB) | DOI: 10.30997/jsh.v7i2.491

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pendanaan wakaf di Bogor.  Metode penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Jumlah sampel sebanyak 20 lembaga pengelola wakaf yang tersebar di wilayah kota dan Kabupaten Bogor. Metode analisis menggunakan analisis statistik deskriptif dengan cross tab analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pendanaan wakaf di Bogor masih didominasi dengan pendanaan yang bersumber dari donatur tetap, sementara pendapatan dari hasil wakaf yang membiayai operasional wakaf hanya 15 persen. Sumber dana lainnya berasal dari bantuan pemerintah, bantuan luar negeri, dan bantuan dari perusahaan atau instansi nonpemerintah.
KEMAMPUAN PENILAIAN OTENTIK GURU SEKOLAH DASAR Hasan Bisri; Muhammad Ichsan
Jurnal Sosial Humaniora Vol. 7 No. 2 (2016)
Publisher : Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (533.442 KB) | DOI: 10.30997/jsh.v7i2.492

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi perubahan paradigma dalam sistem penilaian pendidikan yang menggunakan model penilaian otentik. Penilaian otentik pada satu sisi bermanfaat untuk melihat perkembangan kemajuan siswa dalam belajar, namun pada sisi lain guru kesulitan untuk melaksanakannya. Oleh sebab itu, diperlukan upaya penelitian yang dapat memberikan informasi yang menyeluruh dan berdampak bagi pelaksanaan penilaian otentik di sekolah dasar. Penelitian bertujuan untuk (1) menyediakan data hasil analisis tingkat pemahaman dan kemampuan guru tentang penilaian otentik; (2) menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan penilaian otentik oleh guru; (3) menyediakan prosedur dan instrumen penilaian otentik teknik tes maupun nontes yang dapat digunakan oleh guru. Penelitian menggunakan pendekatan campuran kualitatif dan kuantitatif jenis survei deskriptif. Analisis dan interpretasi data dilakukan dengan teknik umum penelitian kualitatif empat tahap. Proses interpretasi setelah tahap pemeriksaan keabsahan data dilakukan secara analisis induktif. Hasil penelitian memperlihatkan: 1) ketepatan guru menyusun instrumen tes dengan rata-rata 34,8% dan tidak ada yang tepat dalam penyusunan instrumen nontes, kisi-kisi instrumen tes formatif hanya memuat 39,8% dari komponen yang seharusnya, sekitar 50,8% guru mengalami kesulitan membuat soal berbasis konteks; 2) jumlah guru yang membuat kisi-kisi hanya 28,3%. Penilaian performansi pengetahuan, praktik, dan sikap belum dirumuskan ke dalam perilaku-perilaku spesifik; 3) penilaiannya juga belum memperlihatkan konteks yang diharapkan dari pengetahuan, praktik, dan sikap yang dinilai; 4) Prosedur penilaian performansi secara umum terdiri dari: a) penentuan tujuan penilaian, b) penentuan objek yang dinilai dan konteks, c) perumusan indikator, d) pembuatan rubrik, e) observasi, dan f) penskoran.
PENGELOLAAN KELAS RENDAH DI SD AMALIAH CIAWI BOGOR Rusi Rusmiati Aliyyah; Omon Abdurakhman
Jurnal Sosial Humaniora Vol. 7 No. 2 (2016)
Publisher : Universitas Djuanda Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30997/jsh.v7i2.488

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui strategi pengelolaan kelas rendah pada perencanaan, pengelolaan dan pengawasan SD Amaliah Ciawi Bogor. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Pengujian keabsahan data dilakukan melalui cara memperpanjang waktu penelitian, mencari siklus kesamaan data, ketekunan penelitian, triangulasi, diskusi, mencari kecukupan referensi dan membuat uraian rinci.Kesimpulan penelitian tahap perencanaan dimulai dari membuat RPP, program tahunan, dan program semester. Pengelolaan kelas dilakukan melalui upaya pengaturan siswa dan fasilitas kelas yang baik, faktor kondisi fisik ruang kelas, sosio-emosional siswa dan kemahiran guru dalam pengorganisasian kelas menjadi kunci terciptanya keberhasilan tujuan pembelajaran yang menyenangkan. Sementara pengawasan dilakukan melalui monitoring atau supervisi kelas yang dilakukan setiap hari oleh guru kelas kepada semua siswa, untuk kemudian diberikan reward and punishment.

Page 1 of 1 | Total Record : 6