cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal IKA
ISSN : 18295282     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ikatan Keluarga Alumni is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational development.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 19, No 2 (2021): September" : 5 Documents clear
Prospective Teachers’ Ability to Self Reflect Their Teaching Simulation in Micro Teaching Class in ELE Undiksha Antari, P.R.Y.; Artini, L.P.; Dewi, N.L.P.E.S.
Jurnal IKA Vol 19, No 2 (2021): September
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v19i2.31824

Abstract

This study aimed to: 1) describe how the students learn to reflect their teaching simulation in microteaching class.2) describe what the students think about the benefit of learning to reflect teaching simulations in microteaching class. This study was conducted in ELE Undiksha Singaraja,especially sixth grade students because by doing self-reflection, students who will be an English teacher can improve their teaching. It is very important the sixth semester of ELE students in Undiksha Singaraja to be aware of strengths and weaknesses of own teaching for knowing the parts of teaching that need to be maintained and improved. This study was descriptive qualitative. This study used self-reflective journal as  an instrument which was descriptively analyzed. The result showed 1) The students reflect their teaching based on exploring their weaknesses after doing teaching simulation in the classroom such as lack in classroom management and technical problem during teaching 2) Students got the benefit of learning based on the input from the audience, after watching the recorded simulation and based on their self-observation start from how they prepare until the end of the simulation.Keywords: Self-Reflection, Reflective Teaching, Self-Reflective Journal
Struktur dan Kebahasaan Program Semilir Gempol 38 dan Relevansinya sebagai Media Pembelajaran Teks Editorial Santini, N.M.A.P.; Sriasih, S.A.P; Tantri, A.A.S.
Jurnal IKA Vol 19, No 2 (2021): September
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v19i2.35590

Abstract

Tujuan penelitian deskriptif kualitatif ini adalah; (1) mendeskripsikan struktur dan kebahasaan program Semilir Gempol 38 Radio Guntur Singaraja, (2) mendeskripsikan relevansi program Semilir Gempol 38 sebagai media pembelajaran teks editorial SMA kelas XII. Rancangan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskripif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah program Semilir Gempol 38 edisi 12 Oktober - 9 November 2020. Objek penelitian ini adalah struktur dan kebahasaan program Semilir Gempol 38 serta relevansinya sebagai media pembelajaran teks editorial SMA kelas XII. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) program Semilir Gempol 38 menggunakan struktur judul, pengenalan isu, argumentasi, dan penegasan; (2) program Semilir Gempol 38 memiliki kebahasaan yaitu; ungkapan retoris, kata-kata populer, kata ganti penunjuk, konjungsi kausalitas, dan konjungsi pertentangan; (3) program Semilir Gempol 38 memiliki relevansi sebagai media pembelajaran teks editorial SMA kelas XII. Hal ini dibuktikan dengan keterkaitan program Semilir Gempol 38 dengan kompetensi dasar serta indikator pembelajaran teks editorial SMA kelas XII.Kata Kunci: Kebahasaan; Struktur; Teks Editorial
Penggunaan PowToon dalam Pembelajaran Teks Persuasi Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Seririt Yasa, I.N.; Sriasih, S.A.P.; Larasati, P.
Jurnal IKA Vol 19, No 2 (2021): September
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v19i2.35591

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) mendeskripsikan implementasi penggunaan PowToon dalam pembelajaran teks persuasi, 2) mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam pembelajaran teks persuasi, 3) mendeskripsikan faktor-faktor yang menghambat dan mendukung penggunaan PowToon dalam pembelajaran teks persuasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini mengumpulkan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penggunaan PowToon dalam pembelajaran teks persuasi di kelas VIII dilakukan dengan tiga kegiatan pembelajaran, yaitu kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran teks persuasi dengan PowToon di kelas VIII dikategorikan baik dengan rata-rata 81,22. Faktor yang menjadi penghambat, yakni dari segi guru dan siswa. Faktor pendukung, yakni dari segi sarana dan prasarana. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan PowToon dalam pembelajara teks persuasi siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Seririt efektif digunakan untuk mencapai keberhasilan proses pembelajaran, walaupun dalam pelaksanaannya terdapat faktor yang mendukung serta menghambat.Kata kunci: Pembelajaran, Powtoon, Teks Persuasi 
An Analysis of Grammatical Errors Made by The Tenth Grade Students of SMAN 1 Cluring in Writing Recount Texts Alisya, D.L.; Suarnajaya, I.W.; Ramendra, D.P.
Jurnal IKA Vol 19, No 2 (2021): September
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v19i2.37460

Abstract

This study aimed to find out the types of grammatical errors made by the tenth grade students of SMA N 1 Cluring and classify the causes of the students’ errors that influenced their errors in writing recount texts. Descriptive qualitative research was used in this study to explore the data which focused on students’ grammatical errors in writing recount texts. The result of this study shows that there were 399 grammatical errors and consisting of 12 types of errors, namely omission of article, omission of preposition, omission of marker, omission of conjunction, simple addition, regularization error, alternating form, misordering, word choice, spelling, punctuation, and capitalization found in the students’ recount texts. The type of grammatical error mostly made by the students was alternating form which was 309 (77.44%) in total number. The most frequent source of errors which mostly influenced the students’ errors in their writings was intralingual transfer which had 325 (81.45%) of the total number of errors. However, the students still had problems in using grammatically correct sentences in paragraph, especially in writing recount texts. Furthermore, knowing the students’ grammatical errors in writing recount texts can be used as a basis for conducting remedial teaching. Keywords: Error Analysis; Grammatical Error; Recount Text.
Penggunaan Kartu “Game Class” Sebagai Upaya Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIIA1 SMPN 1 Singaraja Tahun Pelajaran 2018/2019 Dewi, C.I.A.A.
Jurnal IKA Vol 19, No 2 (2021): September
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v19i2.37778

Abstract

Penelitian ini bertolak dari adanya masalah yang teridentifikasi pada pembelajaran IPA di SMP Negeri 1 Singaraja, yaitu rendahnya minat belajar siswa sehingga berdampak pada kurang optimalnya hasil belajar siswa,  maka untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media kartu “game class” dengan tujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini dilakukan dengan mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA1 SMP Negeri 1 Singaraja semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 30 orang. Sejumlah data dikumpulkan dengan tes dan kuisioner. Data yang terkumpul dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan kartu “game class” pada materi klasifikasi mahluk hidup dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari hasil kuesioner untuk minat siswa mengalami peningkatan pada pra-siklus ke siklus I sebesar 7,7%, dari siklus I ke siklus II sebesar 9,6% dengan kualifikasi baik. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari rata-rata skor ranah sikap diperoleh skor 19 pada pra-siklus,  dan siklus I sebesar 20, siklus II sebesar 21, jadi mengalami peningkatan sebesar 5%. Sedangkan hasil tes kognitif dengan rata- rata nilai siswa pada pra-siklus sebesar 74,33 dan 79,67 pada siklus I, pada siklus II sebesar 90,17  (Jadi dari pra-siklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar  7,18% dan ke siklus II sebesar 13,18%).  Pada siklus I dan siklus II mencapai nilai yang  melampau KKM  ( nilai KKM ≥ 75). Peningkatan keterampilan proses sains siswa setelah mengikuti pelajaran IPA dengan media kartu “game class” dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata nilai siswa sebesar 10,53% (dari 19 pada pra-siklus dan  siklus I menjadi 21 pada siklus II).Kata kunci: Media; Kartu;”Game Class”.

Page 1 of 1 | Total Record : 5