cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal IKA
ISSN : 18295282     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ikatan Keluarga Alumni is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational development.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 15 No. 1 (2017)" : 7 Documents clear
PENGARUH PERBEDAAN SISTEM BUDIDAYA TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN UDANG VANAME (LITOPENAEUS VANNAMEI) Ni Nyoman Dian Martini
Jurnal IKA Vol. 15 No. 1 (2017)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v15i1.20175

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pertumbuhan udang vaname (Litopenaeus vannamei) dengan sistem budidaya yang berbeda (plankton dan bioflok). Metode yang digunakan adalah eksplorasi parameter pertumbuhan dan kualitas air pada tambak intensif L. vannamei. Data parameter pertumbuhan meliputi nilai sintasan (SR), bobot akhir, dan laju pertumbuhan spesifik (SGR). Penelitian ini berlangsung di lokasi tambak CV. Adi Sarana Permai di Desa Patas, Kecamatan Gerokgak, Buleleng. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sintasan dan laju pertumbuhan L. vannamei pada sistem bioflok memperlihatkan nilai yang lebih baik bila dibandingkan dengan sistem plankton karena sistem bioflok menyediakan sumber protein tambahan berupa pakan alami bioflok selain pakan pelet. Selain itu, parameter kualitas air terutama suhu menunjukkan kondisi yang lebih optimal untuk mendukung laju pertumbuhan udang sehingga sistem bioflok merupakan sistem yang terbaik untuk budidaya L. vannamei
PENGARUH SUBSTITUSI JEROAN IKAN TUNA TERFERMENTASI DENGAN TEPUNG IKAN DALAM FORMULASI PAKAN TERHADAP PERTUMBUHAN BENIH IKAN PATIN (PANGASIUS SP.) Alexsader Korinus Marantika
Jurnal IKA Vol. 15 No. 1 (2017)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v15i1.20178

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dosis terbaik substitusi tepung fermentasi jeroan ikan tuna dengan tepung ikan, terhadap pertumbuhan dan pemanfaatan pakan. Parameter yang diamati antara lain, kelulushidupan, rasio konversi pakan dan rasio efisiensi protein terhadap benih ikan patin (Pangasius sp.). Metode analisis data menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan uji masing-masing parameter dilanjutkan dengan Uji sidik ragam (anova), jika data signifikan maka dilanjutkan dengan Uji BNT dan Polinomial Orthogonal untuk melihat perbedaan antar perlakuan dan perlakuan terbaik. Kandungan protein pakan percobaan adalah 30% protein kasar. Pakan percobaan terdiri dari substitusi protein tepung fermentasi jeroan ikan tuna dengan tepung ikan sebesar, pakan A=(0%), B=(10%), C=(20%), dan D=(30%). Jumlah ikan patin yang ditebar per akuarium ukuran (50x30x30 cm) sebanyak 20 ekor, dengan berat rata-rata 3,12±0,03g. Frekuensi pemberian pakan harian adalah 5% sebanyak 3 kali, pukul 08.00, 13.00, dan 19.00, lama pemeliharaan 40 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya penambahan fermentasi protein tepung jeroan ikan tuna sampai pada dosis 20% g pakan menyebabkan peningkatan tingkat kelulushidupan sampai 100%, menurunkan rasio konversi pakan yang terendah 1,54. dan rasio terbaik efisiensi protein adalah 2,47 g
KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING BERWAWASAN KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS IX SMP Ni Ketut Sukasni
Jurnal IKA Vol. 15 No. 1 (2017)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v15i1.20180

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas hasil belajar dan mendeskripsikan respon siswa setelah diterapkan model pembelajaran tipe jigsaw yang dikolaborasikan dengan pengembangan penemuan terbimbing berwawasan konstruktivisme. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX D SMP Negeri 3 Semarapura semester I tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 26 orang siswa. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi, tes hasil belajar dan angket. Data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis menunjukkan : (1) terjadi peningkatan nilai rata-rata aktivitas belajar siswa dari siklus I dengan skor nilai rata-rata 3,47 yang berada pada kategori cukup, meningkat menjadi 4,41 yang berada pada kategori tinggi pada siklus II, (2) terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 78 pada siklus I dengan ketuntasan klasikal 73,08 %, meningkat menjadi 89 dengan ketuntasan klasikal 96,15 % pada siklus II, (3) Respon siswa terhadap model pembelajaran yang diterapkan diperoleh skor nilai rata-rata kelas 62,97 dengan kategori sangat positif
PERENCANAAN PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SMP WIDYA SAKTI DENPASAR Ida Ayu Dewi
Jurnal IKA Vol. 15 No. 1 (2017)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v15i1.20181

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: perencanaan pembelajaran apresiasi sastra berbasis kearifan lokal di SMP Widya Sakti Denpasar. Untuk mencapai tujuan tersebut, dirancang penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pencatatan dokumentasi dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran apresiasi sastra berbasis kearifan lokal secara umum sudah mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal. Pada RPP kelas VII dan VIII pengintegrasian tampak pada materi, langkah inti, dan media pembelajaran. Pada RPP kelas IX pengintegrasian nilai-nilai kearifan lokal tampak pada bagian rumusan kompetensi dasar, indikator pembelajaran, tujuan, materi, kegiatan inti, pemilihan media, dan penilaian hasil pembelajaran. (2) Pada langkah inti perencanaan pembelajaran apresiasi sastra berbasis kearifan lokal sudah diintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal dalam semua tahapan pembelajaran. (3) Komponen evaluasi pada perencanaan pembelajaran apresiasi sastra berbasis kearifan lokal, sudah sejalan dengan tujuan pembelajaran yang dirumuskan.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA BERORIENTASI TRI KAYA PARISUDHA (STUDI REFLEKTIF MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN CATUR ASRAMA PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 ASTINA SINGARAJA I Gusti Ayu Putu Sri Darmawati
Jurnal IKA Vol. 15 No. 1 (2017)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v15i1.20183

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar PKn siswa berorientasi ranah Tri Kaya Parisudha melalui penerapan strategi pembelajaran kooperatif Catur Asrama. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) pada siswa kelas VI SD N 1 Astina. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam dua kali siklus tindakan pembelajaran PKn menggunakan strategi pembelajaran kooperatif siklus Catur Asrama dan penilaian secara autentik pada siswa kelas VI SD N 1 Astina ada peningkatan hasil belajar PKn siswa yang signifikan berorientasi ranah Tri Kaya Parisudha. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah perlu dikembangkan dan dikaji terus potensi penerapan strategi pembelajaran secara kooperatif siklus catur asrama guna meningkatkan hasil belajar PKn siswa pada khususnya dan pembelajaran di kelas pada umumnya
PENERAPAN TEHNIK BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS VI SDN 1 PEGUYANGAN SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Luh Widyastuti
Jurnal IKA Vol. 15 No. 1 (2017)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v15i1.20185

Abstract

Berangkat dari latar belakang rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia di kelas VI, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama siswa dan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui penerapan tehnik bermain. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga siklus dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN 1 Peguyangan yang berjumlah 40 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes dan lembar observasi dengan pengumpulan data kuantitatif yang diolah menjadi data kualitatif. Tentang data hasil belajar siswa, dilihat dari rata – rata siklus I ke siklus II telah terjadi peningkatan, begitu juga di siklus III. Bila dibandingkan dengan kreteria PAP, maka hasil belajar telah mengalami peningkatan dari katagori rendah saat pada siklus I menjadi berada pada katagori sedang pada siklus II maupun siklus III. Sedangkan hasil kerjasama pada siklus I ke siklus II terjadi peningkatan. Dari siklus II ke siklus III menunjukkan keajegan (tetap). Apabila dibandingkan dengan PAP maka terlihat dari siklus I berada pada katagori sedang meningkat pada katagori tinggi di siklus II dan III. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan tehnik bermain dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia di kelas VI SDN 1 Peguyangan
PENGARUH PENGEMBANGAN BUDAYA KEWARGANEGARAAN (CIVIC CULTURE) DAN PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN TERHADAP SIKAP NASIONALISME SISWA DI SMA NEGERI SE KOTA DENPASAR I Gede Budiawan; H. Bunyamin Maftuh
Jurnal IKA Vol. 15 No. 1 (2017)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v15i1.20188

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh pengembangan budaya kewarganegaraan dan pendidikan kepramukaan terhadap sikap nasionalisme siswa di SMA Negeri se Kota Denpasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran (1) besarnya pengaruh civic culture terhadap sikap nasionalisme siswa SMA Negeri se Kota Denpasar, (2) besarnya pengaruh pendidikan kepramukaan terhadap sikap nasionalisme siswa SMA Negeri se Kota Denpasar, (3) besarnya pengaruh civic culture dan pendidikan kepramukaan secara bersama-sama terhadap sikap nasionalisme siswa SMA Negeri se Kota Denpasar. Alasan melakukan penelitian ini adalah kurangnya rasa persatuan di kalangan para remaja khususnya pelajar SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode kuesioner dan studi dokumentasi. Lokasi penelitian adalah SMA Negeri se-Kota Denpasar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SMA Negeri se-Kota Denpasar yang menyelanggarakan pendidikan kepramukaan. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik stratified random sampling. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan teknik korelasi, regresi linear berganda, dan analisis jalur dengan bantuan SPSS 18.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Civic culture memiliki pengaruh terhadap sikap nasionalisme siswa SMA Negeri se Kota Denpasar secara langsung sebesar 22,09%, (2) Pendidikan kepramukaan memiliki pengaruh terhadap sikap nasionalisme siswa SMA Negeri se Kota Denpasar secara langsung sebesar 16,65%, (3) Civic culture dan pendidikan kepramukaan secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap sikap nasionalisme siswa SMA Negeri se Kota Denpasar secara langsung sebesar 63,30%.

Page 1 of 1 | Total Record : 7