cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal IKA
ISSN : 18295282     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ikatan Keluarga Alumni is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational development.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 16 No. 1 (2018)" : 6 Documents clear
PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SUKADANA Nengah Kelirik
Jurnal IKA Vol. 16 No. 1 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v16i1.19821

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 1 Sukadana melalui penerapan metode diskusi kelompok. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Sukadana pada tahun pelajaran 2013/2014. Data dikumpulkan dengan tes yang diadakan pada setiap akhir siklus. Data dianalisis secara deskriptif untuk menjelaskan peningkatan hasil belajar  sebelum dan setelah penerapan metode diskusi kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa pada refleksi awal sebesar 68,39 meningkat 1,3 pada siklus I menjadi 69,68 kemudian meningkat sebesar 11,61 menjadi 81,29 pada siklus II. Daya serap meningkat 1,3% dari 68,39% pada refleksi awal menjadi 69,68% pada siklus I dan mengalami peningkatan sebesar 11,61% menjadi 81,29% pada siklus II. Ketuntasan belajar secara klasikal juga meningkat 9,7% dari refleksi awal sebesar 54,84% menjadi 64,52% dan sebesar 35,48% sehingga menjadi 100% pada siklus II.  Penerapan metode diskusi kelompok telah berhasil meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 1 Sukadana.
STRATEGI PEMBELAJARAN PEMANFAATAN BANK SAMPAH GALANG PANJI SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMPN 4 SINGARAJA Tini Agustini; I Made Tegeh
Jurnal IKA Vol. 16 No. 1 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v16i1.19822

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi pembelajaran pemanfaatan Bank Sampah Galang Panji sebagai media  pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 4 Singaraja. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Lokasi penelitian adalah SMPN 4 Singaraja, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali. Adapun informan kunci penelitian ini adalah guru dan siswa SMPN 4 Singaraja. Dalam penelitian ini sampel penelitian ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan kuesioner,. Data dianalisis secara kualitatif dengan mengikuti  beberapa tahapan seperti reduksi data, menyajikan, menafsirkan, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengimplementasian Bank Sampah Galang Panji sebagai media pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di SMPN 4 Singaraja dilakukan secara terintegrasi.Terdapat enam strategi yang dapat dilakukan untuk pengimplemenntasian bank sampah sebagai media pendidikan karakter.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKANPRESTASI BELAJAR IPA Nyoman Warta
Jurnal IKA Vol. 16 No. 1 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v16i1.19823

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas IX-B SMP Negeri 4 Banjar melalui penerapkan model pembelajaran kooperatif  STAD (Student Team Achievement Divison). Penelitian ini dirancang dalam dua siklus. Rancangan tiap-tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu; perencanaan, tindakan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX-B SMP Negeri 4 Banjar semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016 berjumlah 27 orang. Pada pembelajaran prasiklus siswa yang mencapai ketuntasan 66,67% dan siswa yang tidak tuntas 33,33%. Data prestasi belajar IPA melalui tes prestasi belajar IPA pilihan ganda dan isian. Data prestasi belajar IPA dianalisis secara deskriptif dan dinarasikan secara kualitatif. Hasil penelitian pada siklus-1 adalah: (1) nilai terendah 60,00 dan nilai tertinggi 90,00, (2) rata-rata kelas76,30, dan (3) siswa yang tuntas 81,48% (belum memenuhi ketuntasan klasikal ≥ 85% berdasarkan KKM 70,00. Hasil penelitian pada siklus-2: (1) nilai terendah 60,00 dan nilai tertinggi 95,00, (2) rata-rata kelas77,78, dan (3) siswa yang tuntas 88,89% (memenuhi ketuntasan klasikal ≥ 85% berdasarkan KKM 70,00).  Berdasarkan analisis hasil penelitian dari siklus-1 ke siklus-2 dapat disimpulkan bahwa, penerapan model pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas IX-B SMP Negeri 4 Banjar semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016.
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS GAME EDUKASI MATERI KESEHATAN PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN REKREASI Yeye Rohayati; I.K Budaya Astra; I Gede Suwiwa
Jurnal IKA Vol. 16 No. 1 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v16i1.19824

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis game edukasi materi kesehatan NAPZA mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan kelas X. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Prosedur pengembangan bahan ajar menggunakan model ADDIE meliputi lima tahap yaitu: tahap analisis (analyze), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Langkah validasi bahan ajar mengadopsi model evaluasi formatif Dick dan Carrey yang terdiri dari 4 tahap yaitu: uji coba ahli, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi bahan ajar ditinjau dari aspek isi adalah sangat baik dengan persentase 90%, aspek media pembelajaran adalah baik dengan persentase 86%, dan aspek desain pembelajaran  adalah sangat baik dengan persentase 96%. Hasil uji perorangan adalah sangat sangat baik dengan persentase 92,7%, hasil uji kelompok kecil adalah sangat baik  dengan persentase 90,01%, dan hasil uji coba lapangan sangat baik dengan  persentase  91,8%. Hasil penelitian menunjukkan bahwamultimedia interaktif berbasis game edukasi materi kesehatan NAPZA layak digunakan oleh siswa di sekolah. Penelitian ini diharapkan dapat dieksperimenkan untuk mengetahui keefektifannya dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DRAMA PADA SISWA KELAS XI IPS MA SYAMSUL HUDA TEGALLINGGAH Kiki Aulia Rizki
Jurnal IKA Vol. 16 No. 1 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v16i1.19825

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan (1) mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa dalam menulis teks drama  melaluidrama melalui penerapan model pembelajaran kontruktivisme kelas XI IPS MA Syamsul Huda Tegallinggah, dan (2) mendeskripsikan respons siswa kelas XI IPS MA Syamsul Huda Tegallinggah terhadap penerapan model pembelajaran kontruktivisme. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI IPS MA Syamsul Huda Tegallinggah. Objek penelitian ini adalah peningkatan hasil, dan respons siswa dalam penerapan model pembelajaran Kontruktivisme dalam pembelajaran menulis teks drama. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, dan anggket atau kuesioner. Data yang didapatkan dianalisis dengan teknik deskriptif-kualitatif dan deskriptif-kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) penerapan model pembelajaran kontruktivisme dapat meningkatkan keterampilan menulis teks drama siswa. Hal ini dapat dilihat dalam perbandingan skor rata-rata klasikal, yakni pada pratindakan skor rata-rata klasikal 68.33 (cukup), siklus I memperoleh skor rata-rata klasikal 76,39 (baik), sedangkan pada siklus II nilai rata-rata klasikal siswa menjadi 85,65 (baik); (3) siswa memberikan respons sangat positif terhadap penerapan model pembelajaran kontruktivisme dalam pembelajaran menulis teks drama. Dari hasil yang telah dicapai, bahwa model pembelajaran kontruktivisme perlu dipertimbangkan sebagai upaya untuk mengoptimalkan proses dan hasil belajar bahasa dan sastra.
DAMPAK OLAHRAGA WISATA BAGI MASYARAKAT I Ketut Sudiana
Jurnal IKA Vol. 16 No. 1 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v16i1.19826

Abstract

Olahraga wisata merupakan salah satu jenis kegiatan wisata yang perkembangannya cukup pesat di Indonesia karena memiliki pegunungan, lautan, sungai dan danau yang begitu luas. Oleh karena masing-masing daerah memiliki karakteristik  geografis yang berbeda  maka pengembangan olahraga wisata sangat memungkinkan untuk dijadikan sebuah alternatif olahraga rekreasi bagi pencinta olahraga seperti olahraga gunung (mendaki, berkemah, jelajah hutan, bersepeda, atau trekking, dan sebagainya), olahraga air (diving, canoing, snorkeling, surfing, dan sebagainya)Hubungan olahraga dan pariwisata tidak dapat dipisahkan karena keduanya dapat memberikan keuntungan satu sama lain. Bisa saja peristiwa olahraga diselenggarakan di daerah wisata dengan tujuan untuk memberikan hiburan tambahan bagi wisatawan, ataupun sebaliknya hanya dimanfaatkan khusus guna menarik wisatawan lokal maupun wisatawan asing (Danasaputra, 2009). Dengan demikian olahraga pun akhirnya dapat memicu bisnis baru seperti tempat hiburan rekreasi, restoran, perhotelan, pengembangan usaha kecil (aksesoris-aksesoris daerah setempat menjadi lebih berkembang), makanan dan minuman khas daerah setempat menjadi lebih dikenal, dan pada akhirnya dapat menciptakan lapangan kerja.Sebagai produk dari industri olahraga, olahraga pariwisata memerlukan pengelolaan  lebih lanjut agar mampu menarik minat wisatawan asing maupun lokal sebagai konsumennya.Pengembangan olahraga pariwisata berpotensi besar sebagai daya tarik dan sarana promosi daerah setempat. Masyarakat yang datang untuk menyaksikan suatu event atau kejuaraan dapat sekaligus berwisata sementara masyarakat yang menonton kejuraan tersebut melalui tontonan televisi akan menjadi tertarik untuk mengunjungi daerah tersebut. Demikian pula akan berdampak positif bagi daerah dan masyarakat serta usaha kecil dan menengah di daerah penyelenggaraan.Penyelenggaraan olahraga pariwisata di suatu tempat secara langsung dapat pula memberikan keuntungan bagi masyarakat sekitar karena dapat membuka kesempatan berusaha seperti penyediaan makanan, minuman, usaha transportasi baik tradisional maupun konvensional.

Page 1 of 1 | Total Record : 6