cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal IKA
ISSN : 18295282     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ikatan Keluarga Alumni is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational development.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 17 No. 1 (2019)" : 7 Documents clear
MENGKONSTRUKSI NINE POINT CIRCLE DAN HUBUNGAN NINE POINT CIRCLE DENGAN CIRCUM CIRCLE SEGITIGA I.P Hendra Wijaya; I.P Pasek Suryawan
Jurnal IKA Vol. 17 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v17i1.19836

Abstract

Pada makalah ini dibahas mengenai cara dalam mengkonstruksi nine point circle dan hubungan antara nine point circle dengan circumcircle segitiga yang ditinjau dari jari-jari dan jarak titik pusatnya ke orthocentre. Diketahui bahwa melalui tiga buah titik yang tidak segaris selalu dapat dikonstruksi sebuah lingkaran, yang dapat juga disebut sebagai circumcircle dari segitiga yang titik-titik sudutnya  merupakan tiga buah titik yang tidak segaris tersebut. Namun melalui empat buah titik yang tidak segaris sangatlah jarang dapat dikonstruksi lingkaran, kecuali keempat titik tersebut dapat membentuk segiempat tali busur. Mengingat untuk mengkonstruksi lingkaran yang melalui empat titik yang tidak segaris sangatlah susah, tidak terbayang bagaimana sulitnya untuk  mengkonstruksi lingkaran yang melalui sembilan titik yang tidak segaris. Walaupun sangat sulit untuk menemukannya, tetapi ada kondisi khusus dari titik-titik tersebut sehingga kesembilan titik tersebut dapat dilalui oleh sebuah lingkaran, dan lingkaran yang terbentuk disebut dengan “nine point circle”. Untuk dapat mengkonstruksi nine point circle dengan baik dan cepat, diperlukan tahapan-tahapan khusus yang nantinya menjadi panduan dalam  mengkonstruksi lingkaran dari sembilan titik yang tidak segaris. Selain itu, jika nine point circle dibandingkan dengan circumcircle segitiga, maka didapatkan hubungan: (1) jari-jari nine point circlesama dengan setengah jari-jari circumcircle segitiga tersebut; (2) jarak titik pusat nine point circle ke orthocentre sama dengan setengah jarak titik pusat circumcircle ke orthocentre. Untuk kajian lebih lanjut terkait hubungan antara nine point circle dengan circumcircle dari segitiga dapat dilanjutkan oleh pembaca.
MENGATASI PERMASALAHAN DAN PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI KONSELING EKLEKTIF DENGAN PERILAKU ATTENDING PADA SISWA VIII B2 SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2018/2019 SMP NEGERI 6 SINGARAJA Made Sukri
Jurnal IKA Vol. 17 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v17i1.19837

Abstract

Tujuan penelitian tindakan bimbingan konseling ini adalah (1) untuk mendiskripsikan peranan konseling dengan teknik Konseling Eklektif dengan Perilaku Attending dapat mengatasi permasalahan belajar siswa dalam mata pelajaran IPA, dan (2) untuk mendiskripsikanperanan konseling dengan teknik Konseling Eklektif dengan Perilaku Attending dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPA. Subyek penelitian tindakan bimbingan konseling ini adalah siswa kelas VIII B2  SMP Negeri 6 Singaraja Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019.  Obyek penelitian ini adalah masalah belajar IPA yang dihadapi siswa dan prestasi belajar IPA. Pemecahan masalah dalam penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK) ini menggunakan dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Teknik pengumpulan data: masalah belajar IPA dengan kuisioner, prestasi belajar IPA dengan tes belajar IPA. Hasil penelitian menunjukkan (1) melaluiteknik Konseling Eklektif dengan Perilaku Attending dapat mengatasi permasalahan belajar siswa dalam mata pelajaran IPA; (2) melaluiteknik Konseling Eklektif dengan Perilaku Attending dapat meningkatkan prestasi/hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA.
PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP Ni Ketut Patri
Jurnal IKA Vol. 17 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v17i1.19838

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa dalam pembelajaran IPS dengan metode problem solving. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan metode tes yang dilengkapi dengan instrumen berupa tes (soal) uraian. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan deskriptif statistik.Hasil pelaksanaan tindakan pada penelitian ini menunjukkan bahwapenerapanmetode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Pada refleksi awal nilai rata-rata siswa sebesar 69,85. Hasil evaluasi pada siklus I menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa sebesar 74,42 dengan ketuntasan klasikal 66,67%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa sebesar82,11 dengan ketuntasan klasikal 87,21%. Dari hasil tersebut ada perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah penerapan metode problem solving. Dengan demikian, penerapan pembelajaran dengan metode problem solving dapat meningkatkan hasil belajar IPS.
PENERAPAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN MENULIS HASIL KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS IX SMP Ni Nyoman Suwandiari
Jurnal IKA Vol. 17 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v17i1.19839

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh  rendahnya aktivitas dan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa melalui penerapan quantum learning dalam pembelajaran. Aktivitas belajar siswa diambil dengan menggunakan pedoman observasi. Data karangan deskripsi diperoleh dari kemampuan siswa membuat karangan deskripsi yang diberikan ada akhir siklus. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan rumus statistik. Hasil pelaksanaan tindakan pada penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan Quantum Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Pada siklus I rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 70 dengan kualifikasi cukup aktif. Siklus II rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 86 dengan kualifikasi aktif (2) Penerapan Quantum Learning dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa. Pada siklus I rata-rata kemampuan menulis karangan deskripsi siswa adalah 60 dengan kualifikasi cukup. Siklus II rata-rata kemampuan menulis karangan deskripsi siswa adalah 79 dengan kualifikasi baik. Dengan demikian Penerapan Quantum Learning dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan menulis karangan deskripsi.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IXE SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 2 KUBU TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Ni Luh Suyantini
Jurnal IKA Vol. 17 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v17i1.19840

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA siswa kelas IXE semester ganjil SMP Negeri 2 Kubu setelah diterapkannya model pembelajaran quantum teaching. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IXE SMP Negeri 2 Kubu yang terdiri dari 40 orang siswa, 20 siswa laki-laki dan 20 orang siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap Siklus terdiri dari 3 kali pertemuan yang di dalamnya terdiri atas perencanaan, tindakan, pemantauan, serta refleksi. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes tulis pada setiap akhir siklus. Data yang telah dikumpulkan tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal iniditunjukkan dari nilai rata-rata hasil tes siklus I sebesar 67,88 dengan tingkat ketuntasan belajar 52,5% dan nilai rata-rata siklus II sebesar 82,25 dengan tingkat ketuntasan belajar 90%
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) BERBASIS ERGONOMI UNTUK MENIGKATKAN PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS X MIA1 DI SMA LABORATORIUM UNDIKSHA Nyoman Wijana; Made Sukri
Jurnal IKA Vol. 17 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v17i1.19841

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif  tipe STAD berbasis ergonomi untuk meningkatkan  hasil belajar siswa kelas X  Mia1 SMA LAB Undiksha. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Mia1 SMA laboratorium Undiksha sebanyak satu kelas dengan jumlah siswa sebanyak 22 siswa. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif  tipe STAD berbasis ergonomi dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2 dengan topik pembelajaran yaitu bakteria. Hasil penelitian menunjukkan (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif  tipe STAD berbasis ergonomi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Mia1  SMA LAB Undiksha, (2) Pada siklus I ada 8 (36,36%) siswa yang nilainya belum mencapai KKM, sedangkan 14 (63,64%) siswa telah mencapai KKM. Nilai rerata pada siklus I adalah 73,79. Ketuntasan klasikalnya baru mencapai 63,64% dari 75% yang ditarget. Pada siklus II ada 2 (9,09%) siswa yang masih nilainya belum mencapai KKM, sedangkan 20 (90,91%) siswa telah mencapai KKM. Rerata nilai kelasnya sudah melebihi KKM yaitu sebesar 79,36. Ketuntasan klasikalnya adalah sebesar 90,91%.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK Ni Putu Sri Ayu Martini
Jurnal IKA Vol. 17 No. 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ika.v17i1.19842

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas VII-C SMP Negeri 1 Banjar semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dengan tahapan pelaksanaan sebagai berikut; (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan penilaian, dan (4) refleksi.Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-C SMP Negeri 1 Banjar semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 berjumlah tiga puluh dua orang terdiri dari enam belas laki-laki dan enam belas perempuan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar pada aspek pengetahuan adalah tes hasil belajar dan pada aspek keterampilan menggunakan lembar penilaian unjuk kerja. Data hasil penelitian berupa hasil belajar dianalisis secara kualitatif dan dinarasikan secara deskriptif. Hasil analisis data penelitian siklus-1 untuk aspek pengetahuan yaitu: nilai terendah 44,00 dan nilai tertinggi 84,00, dan rata-rata kelas 67,63, peserta didik yang tuntas 68,75% dan yang tidak tuntas 31,25%. Untuk aspek keterampilan yaitu : nilai terendah 41,67 dan nilai tertinggi 83,33, dan rata-rata kelas 64,58, peserta didik yang tuntas 62,50% dan yang tidak tuntas 37,50%. Hasil analisis data penelitian siklus-2 untuk aspek pengetahuan yaitu: nilai terendah 52,00 dan nilai tertinggi 92,00, dan rata-rata kelas 69,63, peserta didik yang tuntas 90,62% dan yang tidak tuntas 9,38%. Untuk aspek keterampilan yaitu: nilai terendah 50,00 dan nilai tertinggi 91,67, dan rata-rata kelas 69,73, peserta didik yang tuntas 87,50% dan yang tidak tuntas 12,50%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut disimpulkan bahwa, penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas VII-C SMP Negri 1 Banjar semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019.

Page 1 of 1 | Total Record : 7