cover
Contact Name
Yohanes Indrayono
Contact Email
redaksijimfe@unpak.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
redaksijimfe@unpak.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi)
Published by Universitas Pakuan
ISSN : 25021400     EISSN : 25025678     DOI : 10.34203/jimfe
Core Subject : Economy,
Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi (JIMFE) aims to publish scientific articles in management which can give contribution to the education and development of the science. JIMFE welcomes empirical, theoretical, and case-based studies articles which are relevant to all management aspects including.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 3, No 1 (2011): Vol 3, No 1 (2011)" : 7 Documents clear
PERLAKUAN AKUNTANSI ATAS PENDAPATAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERHITUNGAN PAJAK PENGHASILAN BADAN STUDI KASUS PADA PT.X Iryani, Lia Dahlia
JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi) Vol 3, No 1 (2011): Vol 3, No 1 (2011)
Publisher : Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstraksi PT.X merupakan suatu perusahaan asuransi yang bergerak di bidang pertanggungan jiwa atas pemberian jaminan kepada seseorang atau keluarga yang disebabkan oleh kematian, kecelakaan atau sakit, termasuk juga jaminan hari tua/masa depan dan pendidikan. Permasalahan yang terjadi pada PT.X adalah ketidaksesuaian perhitungan pajak penghasilan badan tahun 2007 yang dihitung perusahaan. Untuk kepentingan pembahasan masalah tersebut, maka penulis membuat operasionalisasi variabel dengan variabel pertama yaitu penyajian laporan Laba Rugi menurut akuntansi, sub variabel laporan laba rugi dengan indikator jumlah pendapatan premi yang diakui perusahaan dan jumlah laba yang diakui perusahaan. Variabel kedua yaitu perlakuan perpajakan, sub variabel laporan laba rugi fiskal dengan indikator pendapatan yang diakui menurut perpajakan dan biaya yang dapat dibiayakan dan biaya yang tidak dapat dibiayakan, variabel kedua perhitungan pajak penghasilan badan dengan indikator yang menjadi pengurang dan penambah penghasilan kena pajak dan tarif pajak penghasilan badan yang dikenakan terhadap perusahaan. Berdasarkan permasalahan yang terjadi, penulis mengajukan dugaan sementara (hipotesis penelitian), yaitu: perlakuan akuntansi atas pendapatan perusahaan asuransi jiwa berpengaruh terhadap perhitungan pajak penghasilan badan pada PT.X. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif eksploratif dengan menggunakan metode penelitian 45nálisis kualitatif. Untuk memperoleh data dan informasi yang diperlukan, maka penulis melakukan penelitian pada PT.X Bogor dengan melakukan wawancara dan mengambil data berupa laporan keuangan tahun 2006-2007. Setelah dilakukan rekonsiliasi (koreksi) fiskal berdasarkan UU PPH No. 17 tahun 2000, terlihat bahwa perhitungan pajak penghasilan badan menjadi lebih besar dari perhitungan pajak penghasilan badan yang dihitung PT.X. Dengan tarif perhitungan sebagai berikut: 10% x Rp. 50.000.00 = Rp. 5.000.000; 15% x Rp. 50.000.000 = Rp.7.500.000; 30% x Rp. 115.692.700.000 = Rp. 34.707.810.0. Sehingga perhitungan pajak penghasilan badan PT.X seharusnya sebesar Rp. 34.720.310.000.
KAJIAN TERHADAP POLA HUBUNGAN ANTARA PROFITABILITAS DENGAN TINGKAT PENGGUNAAN HUTANG PADA INDUSTRI MANUFAKTUR Mulya, Yudhia
JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi) Vol 3, No 1 (2011): Vol 3, No 1 (2011)
Publisher : Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACTChoosing the appropriate level of debt and equity is an on-going process as long as there are continuous changing of market conditions, tax rules and competitions. This study examines the pattern of relationship between profitability and usage of debt for companies listed at Jakarta Stock Exchange. This is a cross-sectional study, which used 122 firms selected from manufacturing industry in period of December 2005. Return on assets is used to measure profitability and with correlation analysis, this study tried to find the relationship between profitability and debt ratio as a measure of usage of debt. Pearson coefficient correlation indicate that there is an inverse relationship between profitability and usage of debt wherein the lower the profitability, the higher the usage of debt, or vice versa, but the relationship is weak. Keywords: insolvent, profitability, debt ratio, pecking order theory
PENGARUH NILAI FUNDAMENTAL PADA HARGA SAHAM DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE KRISIS FINANSIAL 2008-2009 Indrayono, Yohanes
JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi) Vol 3, No 1 (2011): Vol 3, No 1 (2011)
Publisher : Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

-
ANALISIS KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN YANG TERMASUK DALAM KELOMPOK INDEKS LQ 45 DENGAN MENGGUNAKAN EVA PADA BURSA EFEK JAKARTA (Studi Kasus Pada Bursa Efek Jakarta) Noviar, Yan
JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi) Vol 3, No 1 (2011): Vol 3, No 1 (2011)
Publisher : Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract This Research is entitled “The Analysis of the Financial Performance Companies which Included in group make an index to LQ 45 by using EVA at Jakarta Stock Exchange in the Year of 2006”. As for target of this research to know the difference between the mean Economic Value Added ( EVA) of the public companies is merged into go to group of LQ 45 which have large asset and LQ 45 which have small asset. The research method used is case study of the public companies which is merged into go to group of LQ 45which are listed in Jakarta Stock Exchange. The definition of the large asset and the small asset is the amount of mean the sample of companies at index group LQ 45. While companies taken as sample is companies which enlist in two period of the announcement of BEJ or one full year of (2006) and data used in this research is data of secondary in Web JSX. From the result of hypothesis test, known the four of concluded, first not there are difference which is significant between mean EVA of the companies is merged into go to group of LQ 45 which have large asset and mean of EVA of the companies is merged into go to group of LQ 45 which have small asset. Result of test of t, known the value of t obtained for different test EVA equal to 0.86 smaller than t of tables of equal to 1.960.
ANALISIS LOYALITAS KONSUMEN TERHADAP RETAIL STORE DI BOGOR Hartati, Lesti; Dharmmest, Basu Swastha
JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi) Vol 3, No 1 (2011): Vol 3, No 1 (2011)
Publisher : Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRACT This research was designed to achieve the objective of measuring the influence of consumer expectation and retail marketing mix on store loyalty and store image which are mediated by customer satisfaction. Four hypotheses describing the influence of those variables have been tested using regression analysis. Primary data were collected using a questionnaires from sample respondents of Giant Hypermarket consumers in Bogor. The instrument has been tested to measure construct validity and reliability, confirmatory factor analysis and Cronbach Alpha methods were used. This research also tested the role of consumer satisfaction as a mediating variable between consumer expectation and retail marketing mix on the one hand and store loyalty and store image on the other hand. The results show that consumer satisfaction is justified as a full mediator and partial mediator. Implications and limitations are also presented. Key words: customer expectation, retail marketing mix application, customer satisfaction, store loyalty, store image, retail consumer.
ANALISIS FUNDAMENTAL TERHADAP HARGA SAHAM DALAM MENARIK INVESTOR PADA PT. BAKRIE TELECOM, Tbk. Herdiyana, Herdiyana; Sinaga, Rosianna
JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi) Vol 3, No 1 (2011): Vol 3, No 1 (2011)
Publisher : Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Salah satu analisis yang dapat digunakan oleh investor untuk mengetahui bagaimana kinerja suatu perusahaan adalah analisis fundamental. Analisis fundamental adalah salah satu teknik analisis yang dipergunakan agar dapat memilih saham yang memberikan return yang baik sehingga investor dapat memperoleh nilai tambah dalam investasinya tanpa mengalami kerugian. Indikator yang dilihat oleh investor dalam laporan keuangan suatu perusahaan antara lain nilai saham, nilai penjualan, laba dan laba per lembar perusahaan yang akan dijadikan wahana investasinya. Indikator-indikator tersebut mencerminkan kinerja suatu perusahaan. Hasil penelitian berdasarkan analisis rasio saham dengan menggunakan pengukuran Earning Per Share (EPS), Price Earning Ratio (PER) dan Price Book Value (PBV), kondisi perusahaan cenderung mengalami penurunan, hanya pada tahun 2007 saja yang nilainya paling baik. Kondisi perusahaan berdasarkan analisis profitabilitas dan rasio saham tersebut ternyata sejalan dengan hasil perhitungan EVA, dimana dinilai EVA dari tahun 2006, 2008 dan 2009 negatif, hanya tahun 2007 yang positif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa PT Bakrie Telecom Tbk memiliki kinerja perusahaan yang relatif kurang baik. Hasil analisis dengan CAPM menunjukkan risiko dari tahun 2006 – 2009 setiap tahunnya selalu meningkat. Sedangkan return atau tingkat pengembalian perusahaan setiap tahunnya cenderung mengalami penurunan, bahkan pada tahun 2008 nilainya negatif. Dengan demikian kinerja saham perusahaan relatif kurang baik. K ata kunci: Analisis fundamental dan harga saham.
PENGARUH DIKLAT DAN KEMAMPUAN NEGOSIASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA TENAGA PENJUAL (AGEN) Pada Perusahaan AJB Bumiputera 1912 KC Bogor Sudirman Taurusyanti, Dewi
JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi) Vol 3, No 1 (2011): Vol 3, No 1 (2011)
Publisher : Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Pada perusahaan asuransi tenaga penjual (agen sales) merupakan ujung tombak keberhasilan perusahaan, dimana produktivitas kerja yang dihasilkan setiap agen sales merupakan produktivitas perusahan secara keseluruhan. Produktivitas kerja tenaga penjual pada perusahaan asuransi salah satunya dapat dilihat dari banyaknya jumlah surat permintaan (polis) yang diperoleh, besarnya uang pertanggungan dan premi pertama yang dihasilkan. Untuk meningkatkan produktivitas kerja tenaga penjual (agen), perusahaan harus meningkatkan kualitas Diklat untuk tenaga penjual (agen) dan dapat mengembangkan kemampuan negosiasi setiap agennya. Kata Kunci : Diklat, Kemampuan negosiasi (prinsip negosiasi, sifat negosiator, teknik negosiasi), produktivitas kerja, tenaga penjual (agen).

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2011 2011


Filter By Issues
All Issue Vol 9, No 1 (2023): Vol 9, No. 1 (2023) Vol 8, No 2 (2022): Vol 8, No. 2 (2022) Vol 8, No 1 (2022): Vol 8, No. 1 (2022) Vol 7, No 2 (2021): Vol 7, No. 2 (2021) Vol 7, No 1 (2021): Vol 7, No. 1 (2021) Vol 6, No 2 (2020): Vol 6, No 2 (2020) Vol 6, No 1 (2020): Vol 6, No 1 (2020) Vol 5, No 2 (2019): Vol 5, No 2 (2019) Vol 5, No 1 (2019): Vol 5, No 1 (2019) Vol 4, No 2 (2018): Vol 4, No 2 (2018) Vol 4, No 1 (2018): Vol 4, No 1 (2018) Vol 2, No 1 (2016): Vol 2, No 1 (2016) Edisi 2 Vol 2, No 1 (2016): Vol 2, No 1 (2016) Edisi 1 Vol 6, No 2 (2014): Vol 6, No 2 (2014) Vol 6, No 1 (2014): Vol 6, No 1 (2014) Vol 5, No 2 (2013): Vol 5, No 2 (2013) Vol 4, No 1 (2018): Vol. 4 No. 1 Tahun 2018 Vol 3, No 2 (2017): Vol 3, No 2 (2017) Vol 1, No 2 (2015): Vol 1, No 2 (2015) Vol 1, No 1 (2009): Vol 1, No 1 (2009) Vol 2, No 1 (2010): Vol , No 1 (2010) Vol 3, No 2 (2017): Vol 3, No 2 (2017): Volume 3 No. 2 Tahun 2017 Vol 3, No 1 (2017): Volume 3 No. 1 Tahun 2017 Vol 3, No 1 (2017): Vol 3, No 1 (2017) Vol 2, No 1 (2016): VOL 2, NO 1 2016 EDISI 2 Vol 2, No 1 (2016): VOL 2, NO 1 2016 EDISI 1 Vol 2, No 2 (2016): VOLUME 2 NO 2 TAHUN 2016 Vol 2, No 2 (2016): Vol 2, No 2 (2016) Vol 1, No 2 (2015): Vol. 1 No.2 2015 Vol 1, No 1 (2015): Vol 1 No 1 Tahun 2015 Vol 1, No 1 (2015): Vol 1, No 1 (2015) Vol 6, No 2 (2014): vol 6, no 2 (2014) Vol 6, No 1 (2014): Vol 6, No 1 (2014) Vol 5, No 2 (2013): Vol.5 No.2 2013 Vol 5, No 1 (2013): Vol 5, No 1 (2013) Vol 5, No 1 (2013): Vol 5, No 1 (2013) Vol 4, No 2 (2012): Vol 4, No 2 (2012) Vol 4, No 2 (2012): Vol 4, No 2 (2012) Vol 4, No 1 (2012): Vol 4, No 1 (2012) Vol 4, No 1 (2012): Vol 4, No 1 (2012) Vol 3, No 2 (2011): Vol 3, No 2 (2011) Vol 3, No 2 (2011): Vol 3, No 2 (2011) Vol 3, No 1 (2011): Vol 3, No 1 (2011) Vol 3, No 1 (2011): Vol 3, No 1 (2011) Vol 2, No 1 (2010): Vol.2 No.1 2010 Vol 1, No 1 (2009): Vol. 1 No.1 2009 More Issue