cover
Contact Name
Mohammad Fauziddin
Contact Email
mfauziddin@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
admin@aulad.org
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Aulad : Journal on Early Childhood
ISSN : 26554798     EISSN : 2655433X     DOI : -
Aulad : Journal on Early Childhood is a periodically scientific journal published by Program Studi PG-PAUD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau, Indonesia. The journal focuses its scope on the issues on Early Childhood. We invite scientists, scholars, researchers, as well as profesionnals to publish their researches in our Journal. This Journal is published every April, August and December annually. Scientific paper submitted to this journal should follow the following guidelines As our commitment to the advancement of science and technology, the Jurnal Obsesi follows the open access policy that allows the published articles freely available online without any subscription.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 3 (2023): In Progress" : 7 Documents clear
Pengetahuan, Sikap, dan Persepsi tentang Pendidikan Seks pada Pendidik Anak Usia Dini Melati Puspitajati Adikusuma; Ega Asnatasia Maharani
Aulad: Journal on Early Childhood Vol. 6 No. 3 (2023): In Progress
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/aulad.v6i3.511

Abstract

Kasus kekerasan seksual terus meningkat, korbannya berusia anak-anak, akibat kurangnya pendidikan seks pada anak usia dini. Pemahaman dan kesediaan para pendidik diperlukan sebagai upaya pencegahan terjadinya tindak kekerasan seksual. Tujuan penelitian mengetahui tingkat pengetahuan, sikap, dan persepsi pendidik tentang pendidikan seks anak usia dini. Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian cross-sectional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu cluster random sampling dengan sampel 93 guru TK. Hasil menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan guru TK tergolong cukup bahkan baik sebesar 60%, sikap guru TK yang tidak mendukung sebesar 67%, dan persepsi guru TK yang  cenderung netral karena sebagian besar guru meyakini bahwa pendidikan seks penting dan bermanfaat mencegah dan menjaga siswa nya dari tindak kekerasan seksual yang berdampak serius, tetapi ada hambatan yang dirasakan guru dalam pelaksanaannya. Tindak lanjut yang dilakukan yaitu membangun komunikasi antar guru dengan orang tua agar membentuk paham dan kepercayaan yang sama akan pendidikan seks anak usia dini.
Motorik Kasar, Motorik Halus, dan IMT pada Anak Usia 4-5 Tahun Rohayanti Rohayanti; Febru Puji Astuti; Lilis Madyawati
Aulad: Journal on Early Childhood Vol. 6 No. 3 (2023): In Progress
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/aulad.v6i3.516

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang hubungan antara motorik kasar, motorik halus dan IMT. Jenis penelitian ini adalah korelasional. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner motorik kasar dan motorik halus Ages & Stages Questioner (ASQ). Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 50 anak usia 4-5 tahun. Teknik analisis data Spearman’s rho. Hasil yang diperoleh dari analisis data yang telah dilakukan adalah 1) kemampuan motorik kasar anak sebanyak 85% pada anak perempuan dan 83% anak laki-laki masuk pada kriteria sesuai dengan tahapan perkembangan anak, dan sisanya perlu diberi stimulasi agar perkembangan mencapai tahapannya dan perlu dilakukan pemantauan, 2) kemampuan motorik halus anak sebanyak 4% masuk pada kriteria perlu dilakukan penilaian ulang oleh professional dan sebanyak 96% kemampuan motorik halus anak sudah sesuai dengan tahap perkembangannya, 3) tidak ada hubungan antara IMT, motorik kasar dan motorik halus, namun ada hubungan antara motorik kasar dengan motorik halus anak usia 4-5 tahun.
Bagaimana Proses Pengenalan Membaca Awal yang Sesuai untuk Anak Usia Dini? Fauziah Danita; Asdi wirman
Aulad: Journal on Early Childhood Vol. 6 No. 3 (2023): In Progress
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/aulad.v6i3.518

Abstract

Membaca awal yaitu keterampilan membaca huruf, suku kata, dan kalimat yang dituangkan berupa tulisan ke dalam bentuk lisan. Anak yang bisa membaca permulaan ini memiliki kepercayaan diri yang tinggi jika dibandingkan dengan anak yang tidak bisa membaca dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan membaca awal dan keberhasilan membaca awal anak usia dini. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan yaitu pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini subjeknya yaitu guru dan kepala sekolah. Data dianalisis menggunakan reduksi data, menjabarkan data, dan mengambil kesimpulan. Penelitian ini menemukan (1) Pengenalan membaca awal menggunakan metode yaitu (a) metode bercerita, Tanya jawab, bernyanyi, dan pemberian tugas; (b) media kartu huruf. 2) Keberhasilan pengenalan membaca awal yaitu anak bisa menulis dan membaca buku. Anak yang sudah mulai berkembang dengan baik sebanyak 10 anak. Implikasinya yaitu dibutuhkan metode dan media yang memudahkan anak dalam membaca permulaan.
Validitas Video Interaktif dengan Pendekatan Etnopedagogik Berbasis Saintifik untuk Siswa Sekolah Dasar Erna Retna Safitri; Makmum Raharjo; Harlin Harlin
Aulad: Journal on Early Childhood Vol. 6 No. 3 (2023): In Progress
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/aulad.v6i3.527

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis tingkat validitas video interaktif dengan pendekatan etnopedagogik berbasis saintifik dalam meningkatkan pemahaman siswa Sekolah Dasar pada Mata Pelajaran Matematika. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan research and development Adapun model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Dalam penelitian ini tahapan pengembangan diawali dengan tahapan analisis dan desain. Tahap berikutnya adalah tahapan pengembangan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket. Teknik analisis data dilakukan untuk untuk menentukan validitas video interaktif yang dikembangkan. Validator memberi tanggapan secara secara kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil uji validitas mengggunakan uji Gregory diperoleh koefisien validitas yaitu 0,90. Hal ini menunjukkan bahwa setiap aspek dari video interaktif ini valid dan dalam kategori sangat tinggi. Dapat disimpulkan bahwa video interaktif sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa Sekolah Dasar dalam mata pelajaran matematika sub tema jaring-jaring kubus
Implementasi Model Hijaiyah Isyarat dalam Pembelajaran Tafidzul Qur’an bagi Anak Tunarungu Maskur Abidin Jundi; Nur Hidayah; Alfian Eko Rochmawan
Aulad: Journal on Early Childhood Vol. 6 No. 3 (2023): In Progress
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/aulad.v6i3.531

Abstract

Anak berkebutuhan khusus dapat menghafal Al-Qur'an jika metodenya sesuai dan mendukung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model hijaiyah isyarat dalam pembelajaran tahfidzul Qur’an di Pondok Pesantren Darul Ashom, Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penggumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Model Hijaiyah Isyarat dalam Pembelajaran Tahfidzul Qur'an berhasil, dengan empat tahapan penting. Faktor pendukung meliputi fasilitas, teknologi, dan kompetensi guru, serta keterlibatan orang tua dalam penggunaan aplikasi hijaiyah isyarat. Namun, ada kendala seperti keterbatasan pemahaman bahasa isyarat hijaiyah dan kesulitan mencari sumber daya manusia yang terampil dalam model ini. Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa model hijaiyah isyarat dapat menjadi alternatif yang efektif dalam pendidikan tahfidzul Qur'an, tetapi perlu perhatian khusus dalam meningkatkan pemahaman bahasa isyarat dan pengembangan SDM yang terampil dalam model ini untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran
Stimulasi Kreativitas Melalui Kegiatan Bermain dengan Media Tanah Liat Anak Usia 5-6 Tahun lukawati; Khusnul Laely; Indiati Indiati
Aulad: Journal on Early Childhood Vol. 6 No. 3 (2023): In Progress
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/aulad.v6i3.519

Abstract

Kreativitas merupakan kemampuan yang sangat penting dimiliki oleh seseorang. Hal ini dapat dikaitkan dengan kebutuhan kemampuan seseorang diabad 21 yang salah satunya adalah kreativitas, sehingga kreativitas ini memiliki peran yang sangat penting untuk kehidupan manusia di masa mendatang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kegiatan bermain berbantuan tanah liat terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Sampel penelitian sebanyak 20 anak yang berusia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dengan indikator kreativitas anak yang mengacu pada Prentice (2000) yang menyebutkan bahwa kriteria kreativitas anak usia dini diantaranya adalah daya cipta, fleksibilitas, eksplorasi, imajinasi, dan orisinalitas. Teknik analisis data menggunakan Wilcoxon dengan bantuan aplikasi SPSS 22. Temuan yang didapatkan dari hasil penelitian bahwa ada pengaruh antara kegiatan bermain dengan bantuan tanah liat terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun. Implikasinya guru perlu diberikan dilatih mengidentifikasi, mengembangkan dan memfasilitasi kreativitas anak-anak.  
Persepsi Guru terhadap Perubahan Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Merdeka Ririn Agustina; Dea Mustika
Aulad: Journal on Early Childhood Vol. 6 No. 3 (2023): In Progress
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/aulad.v6i3.540

Abstract

Pentingnya penelitian ini dikarenakan adanya perubahan kurikulum dari K-13 ke Kurikulum Mandiri yang membuat guru merasa bingung dengan transisi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji persepsi guru terhadap perubahan kurikulum 2013 ke kurikulum mandiri. Sumber data primer yang diperoleh peneliti melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti mewawancarai beberapa guru dan kepala sekolah di SDN 11 Pelalawan Pekanbaru, dimana guru mengetahui permasalahan yang terjadi yaitu merasakan kesulitan dan kebingungan atas peralihan kurikulum. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi teknis dan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan teknik Miles & Huberman yang meliputi tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi guru terhadap perubahan kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka sangat bervariasi namun sebagian guru telah berupaya memahami dan mempelajari serta menerapkan kurikulum mandiri.

Page 1 of 1 | Total Record : 7