cover
Contact Name
rio era deka
Contact Email
riopascaunisma@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
riopascaunisma@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU)
ISSN : 25416030     EISSN : 26216957     DOI : http://dx.doi.org/10.33474/manajemen.v5i1
Core Subject : Science,
Journal of Scientific JIMMU Program master of Management UNISMA. JIMMU will be published twice in March and September. With the uniqueness of two times to enable the translation that can be done both quantitative and qualitative. making research into Indonesia's economy 4.0. The JIMMU topics include to Economic, Financial Management, Marketing Management, Operations Management, Human Resource Management, Strategic Management, International Business, Business Ethics, E-Business, Entrepreneurship, Business Community Service.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 2 (2020)" : 8 Documents clear
DAMPAK MEDIASI KEPUASAN PELANGGAN PADA PENGARUH NILAI UTILITARIAN DAN NILAI HEDONIS TERHADAP WORD OF MOUTH (Studi Pada Onlineshop NINA Fashion) Nina Kholifah
Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU) Vol. 5 No. 2 (2020)
Publisher : MAGISTER MANAJEMEN UNISMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33474/jimmu.v5i2.8849

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak mediasi kepuasan pelanggan pada pengaruh nilai utilitarian dan nilai hedonis terhadap word of mouth (Studi Pada Onlineshop NINA FASHION). Penelitian ini dilakukan pada pengguna facebook (akun Nina Fashion ) yang melakukan transaksi online (facebook commerce).Metode penelitian ini adalah merupakan penelitian sosial dengan paradigma kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksplanatori (explanatory research). Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang pernah membeli produk Nina fashion dengan minimal satu kali transaksi pembelian atau lebih, yang berjumlah 350 orang, dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 78 orang, dengan alat analisis yang digunakan adalah Structure Equation Model (SEM).             Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Pengaruh variabel Nilai Utilitarian (X1), Nilai Hedonis (X2)  terhadap variabel Kepuasan Pelanggan (Z), berpengaruh  positif dan signifikan dengan nilai estimasi sebesar 20,4% dan 61,4%. Pengaruh variabel Nilai Utilitarian (X1), Nilai Hedonis (X2)  terhadap variabel Word of Mouth (Y) berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai estimasi sebesar 22,2% dan 38,2%. Pengaruh variabel Kepuasan Pelanggan (Z) terhadap variabel Word of Mouth (Y) berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai estimasi sebesar 36,1%. Pengaruh tidak langsung Nilai Utilitarian (X1)  terhadap variabel Word of Mouth (Y) melalui variabel Kepuasan Pelanggan (Z) tidak signifikan dan positif dengan nilai estimasi sebesar 7,4%. Pengaruh tidak langsung Nilai Hedonis (X2)  terhadap variabel Word of Mouth (Y) melalui variabel Kepuasan Pelanggan (Z) signifikan dan positif dengan nilai estimasi sebesar 22,2%.Kata Kunci: Online Shop, Utilitarian, Hedonis, Trust, WOM This research method is a social research with a quantitative paradigm. This type of research is explanatory (explanatory research). The population in this study were all consumers who had bought Nina fashion products with a minimum of one or more purchase transactions, totaling 350 people, and the sample used in this study were 78 people, with the analytical tool used was the Structure Equation Model (SEM) .The results of this study revealed that the influence of Utilitarian Value (X1), Hedonist (X2) variables on Customer Satisfaction (Z), had a positive and significant effect with estimated values of 20.4% and 61.4%. The influence of Utilitarian Value (X1), Hedonic Value (X2) variables on the Word of Mouth (Y) variable has a positive and significant effect with estimated values of 22.2% and 38.2%. The influence of the variable Customer Satisfaction (Z) on the variable Word of Mouth (Y) has a positive and significant effect with an estimated value of 36.1%. The indirect effect of Utilitarian Value (X1) on the variable Word of Mouth (Y) through the Customer Satisfaction variable (Z) is not significant and positive with an estimated value of 7.4%. The indirect effect of the Hedonic Value (X2) on the Word of Mouth (Y) variable through the Customer Satisfaction variable (Z) is significant and positive with an estimated value of 22.2%.Keywords: Online Shop, Utilitarian, Hedonis, Trust, WOM
PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM MEMEDIASI PERSEPSI, INFORMASI, DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUTUSAN BERBELANJA SECARA ONLINE PADA SHOPEE (Studi Pada Mahasantri UNISMA ) Ahmad Rozieqy
Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU) Vol. 5 No. 2 (2020)
Publisher : MAGISTER MANAJEMEN UNISMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33474/jimmu.v5i2.8850

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penggunaan media sosial dalam memediasi pengaruh persepsi, informasi, dan motivasi terhadap keputusan pembelian Mahasantri UNISMA secara online pada Shopee. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah non probability sampling yaitu teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (Path Analysis) dan sobel test dengan menggunakan SPSS versi 19. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa persepsi dan informasi berpengaruh langsung terhadap keputusan pembelian Mahasantri UNISMA secara online, sedangkan motivasi tidak berpengaruh langsung terhadap keputusan pembelian Mahasantri UNISMA secara online. Variabel persepsi dan informasi tidak berpengaruh terhadap penggunaan media sosial, sedangkan motivasi berpengaruh terhadap penggunaan media sosial. Adapun penggunaan media sosial tidak mampu memediasi pengaruh persepsi, informasi dan motivasi terhadap keputusan pembelian Mahasantri UNISMA secara online.Kata Kunci: Persepsi, Informasi, Motivasi, Penggunaan Media Sosial, Keputusan Pembelian, dan Mahasantri.  This study aims to know and analyze the effect of social media on Santri of UNISMA’s perception, information and motivation to use online shop at Shopee. The method used in sampling is non probability samplingnamety purposive sampling technique. The data analysis technique used is path analysis and multiple test using SPSS version 19.Based on the results, the finding shows that student’s perception and information affect the student’s decision to purchase by online shop, while student’s motivation does not affect the student’s decision to purchase by online shop. In addition, student’s perception and information do not affect the use of social media, while student’s motivation does. In the other words, the use of social media can not mediate the effect of student’s perception, information and motivation to make decision in purchasing by online shop. Keywords: Perception, Information, Motivation, Use of Social Media, Purchasing Decisions, and Santri of UNISMA
PENGARUH BRAND LOVE TERHADAP WORD OF MOUTH SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MUDA Aluf Diniy Diyanatul Islam
Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU) Vol. 5 No. 2 (2020)
Publisher : MAGISTER MANAJEMEN UNISMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33474/jimmu.v5i2.8851

Abstract

 Tujuan penelitian ini adalah: untuk menguji brand  love terhadap keputusan pembelian dengan word of mouth sebagai variabel mediasi. Populasi penelitian ini adalah wanita muda yang merupakan masyarakat Sumberejo Banyuputih Situbondo. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan random sampling, jumlah sampel yang digunakan sebanyak 86 orang. Alat analisis yang digunakan adalah Path Analysis.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara brand love terhadap word of mouth, word of mouth terhadap keputusan pembelian, brand love  terhadap keputusan pembelian, namun variabel word of mouth tidak memediasi brand love terhadap keputusan pembelian.Kata Kunci: wanita muda, brand love, word of mouth dan keputusan pembelian.  The purpose of this study was Brand Love for Purchasing Decision and to test Brand Love for Purchasing Decision by Word of Mouth as a mediating variable. The population of this research is  young woman who are the people of Sumberejo Banyuputih Situbondo. The sampling technique in this study used random sampling, the number of samples used was 86 people. The analysis tool used is the path analysis.  The results showed that in general there was an influence between Brand Love on Word of Mouth, Word of Mouth on Purchasing Decision. But there is no significant effect between Brand Love on Purchasing Decision mediated by Word of Mouth.Keywords: wanita muda, brand love, word of mouth dan keputusan pembelian.
PENGARUH SERVICE QUALITY DAN E-CRM TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MELALUI KEPUASAN KONSUMEN (Studi Empirik PT Infinity Financial Service) Bayu Prismantoro
Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU) Vol. 5 No. 2 (2020)
Publisher : MAGISTER MANAJEMEN UNISMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33474/jimmu.v5i2.8899

Abstract

 Tujuan penelitian ini adalah Menganalisis pengaruh service quality dan e-CRM terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen pada PT INFINITY FINANCIAL SERVICE. Jenis penelian ini adalah explanatory research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah atau konsumen PT INFINITY FINANCIAL SERVICE. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling dan didapatkan sampel sebanyak 120 responden. Hasil penelitian menyatakan bahwa pengaruh tidak langsung antara variabel Service Quality  terhadap Loyalitas Konsumen melalui variabel Kepuasan Konsumen diperoleh dari hasil pengaruh langsung antara variabel Service Quality terhadap Kepuasan Konsumen dan pengaruh langsung antara variabel Kepuasan Konsumen terhadap variabel Loyalitas Konsumen sehingga pengaruh tidak langsung. Hal ini dapat diartikan bahwa ada pengaruh tidak langsung variabel Service Quality dan e-CRM terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Konsumen, serta semakin tinggi Kepuasan Konsumen maka Loyalitas Konsumen akan semakin meningkat.Kata Kunci: service quality, e-CRM, kepuasan konsumen, loyalitas konsumen The purpose of this study was to determine the effect of service quality and e-CRM on customer loyalty through customer satisfaction at PT INFINITY FINANCIAL SERVICE. This type of research is explanatory research using a quantitative approach. The population in this study are customers or consumers of PT INFINITY FINANCIAL SERVICE. The sampling technique was done by purposive sampling and obtained a sample of 120 respondents. Research results d. The indirect effect between Service Quality variables on Consumer Loyalty through the Consumer Satisfaction variable is obtained from the results of the direct influence between Service Quality variables on Consumer Satisfaction and the direct influence between the Consumer Satisfaction variables on Consumer Loyalty variables so that the indirect effect. This can be interpreted that there is an indirect effect of Service Quality and e-CRM variables on Consumer Loyalty through Consumer Satisfaction, and the higher the Customer Satisfaction, the Consumer Loyalty will increase.Keywords: service quality, e-CRM, customer satisfaction, customer loyalty
PENGARUH STRES KERJA TERHADAP DISIPLIN KERJA DAN DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus PT. Infomedia Nusantara Agent Tier 1 Komplain Call Center 147 Malang) Mifthaul Hanan
Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU) Vol. 5 No. 2 (2020)
Publisher : MAGISTER MANAJEMEN UNISMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33474/jimmu.v5i2.8900

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh stres kerja terhadap disiplin kerja, stres kerja terhadap kinerja karyawan, disiplin kerja terhadap kinerja karyawan dan disiplin kerja yang memediasi stres kerja terhadap kinerja karyawan. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah probability sampling yaitu teknik simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan WarpPls 6.0.Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa stres kerja berpengaruh positif signifikan terhadap disiplin kerja, stres kerja berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja karyawan, disiplin kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan dan disiplin kerja signifikan dalam memediasi pengaruh stres kerja terhadap kinerja karyawan.Kata Kunci: Stres Kerja, Disiplin Kerja, Kinerja Karyawan This study aims to determine and analyze the effect of work stress on work discipline, work stress on employee performance, work discipline on employee performance and work discipline that mediates work stress on employee performance. The method used in sampling is probability sampling, which is a simple random sampling technique. The data analysis technique used is Structural Equation Modeling (SEM) using WarpPls 6.0.Based on the results of data analysis shows that work stress has a significant positive effect on work discipline, work stress has a significant negative effect on employee performance, work discipline has a significant positive effect on employee performance and work discipline is significant in mediating the effect of work stress on employee performance.Keywords: Job Stress, Work Discipline, Employee Performance
DAMPAK MODERASI PROMOSI MEDSOS PADA PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DAN BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN KULIAH Zairozie Tamim
Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU) Vol. 5 No. 2 (2020)
Publisher : MAGISTER MANAJEMEN UNISMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33474/jimmu.v5i2.8901

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh customer relationship management dan brand trust terhadap keputusan kuliah program magister Pascasarjana UNISMA melalui moderasi promosi MEDSOS. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah non probability sampling yaitu teknik proporsional sampling yang merupakan  teknik penentuan sampel dengan proporsi yang rata sesuai populasi tertentu. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan skala likert, analisis jalur (Path Analysis) dan juga melalui uji t dengan menggunkanan program SPSS. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa CRM dan brand trust berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan kuliah di program magister Pascasarjana UNISMA. Hal ini berarti semakin tinggi tingkat strategi CRM dan brand trust maka akan semakin tinggi tingkat keputusan kuliah. Sedangkan penggunaan promosi MEDSOS dapat menjadi mediator CRM, hal ini berarti semakin baik strategi CRM yang diterapkan dengan pemanfaatan media sosial  maka semakin tinggi pula tingkat keputusan kuliah. Akan tetapi, promosi MEDSOS tidak bisa menjadi mediator pada brand trust terhadap keputusan, hal ini berarti bahwa promosi MEDSOS tidak berpengaruh pada kepercayaan untuk menentukan keputusan kuliah di program magister Pascasarjana UNISMA.Kata Kunci: Promosi MEDSOS, Customer Relationship Management, Brand Trust, Keputusan Kuliah. This research aims to find out and analyze the influence of customer relationship management and brand Trust on the decision of the graduate program of Master of UNISMA through promotion moderation MEDSOS. The method used in sampling is non probability sampling which is a proportional sampling technique which is a sample determination technique with a flat proportion according to the specific population. Analytical techniques used are quantitative descriptive by using Likert scale, Path analysis and also through Test T with the right SPSS program.Based on the results of data analysis shows that the CRM and brand trusts have a significant effect on the course decisions in the Masters program of UNISMA graduate. This means the higher the level of CRM strategy and brand trust the higher the level of college decision. While the use of MEDSOS promotion can be a mediator of CRM, this means the better CRM strategy applied with the utilization of social media, the higher the level of college decision. However, MEDSOS promotion can not be a mediator on the brand trust, this means that the promotion of MEDSOS has no effect on the trust to determine the decision of the lecture in the master program of UNISMA graduate.Keywords: MEDSOS Promotion, Customer Relationship Management, Brand Trust, Purchasing Decisions.
PENGARUH REWARD DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KINERJA DIMEDIASI VARIABEL MOTIVASI (Studi Empiris Karyawan Bank BTPN Probolinggo) Ana Nailul Hikmah
Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU) Vol. 5 No. 2 (2020)
Publisher : MAGISTER MANAJEMEN UNISMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33474/jimmu.v5i2.8903

Abstract

 Reward dan Efikasi Diri karyawan sangat penting dalam menjalankan job disk perusahaan. Karena melalui reward dan adanya Efikasi Diri karyawan yang didukung dengan adanya motivasi dari perusahaan akan menambah semangat kerja karyawan sehingga karyawan dapat lebih meningkatkatkan kualitas kinerja. Namun fakta dilapangan menunjukkan adanya kurang semangat dalam bekerja hal ini dapat menurunkan kinerja pada karyawan.Tujuan penelitian ini adalah : untuk menguji pengaruh variabel reward dan efikasi diri terhadap kinerja karyawan Bank BTPN Probolinggo yang dimediasi dengan variabel motivasi. Metode pengumpulan data melalui angket yang dibagikan kepada karyawan Bank BTPN Probolinggo. Sampel yang diambil sebanyak 43 responden dengan teknik sampel jenuh. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah path analysis. data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan alat bantu SPSS 24. Variabel dalam penelitian ini menggunakan tiga variabel yaitu variabel independen, variabel dependen dan variabel mediasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum ada pengaruh langsung antara reward dan efikasi diri terhadap motivasi, reward terhadap kinerja dan motivasi terhadap kinerja. Akan tetapi tidak ada pengaruh langsung yang signifikan antara efikasi diri terhadap kinerja. Efikasi diri berpengaruh signifikan terhadap kinerja dengan melalui mediasi motivasi.Kata Kunci: Reward, Efikasi Diri, Motivasi dan Kinerja Employees' rewards and Self-efficacy are very important in running a company's job disk. Because through rewards and the existence of employee self-efficacy that is supported by the motivation of the company will increase employee morale so that employees can further improve the quality of performance. But the facts in the field show that there is a lack of enthusiasm in working this can reduce performance on employees.            The purpose of this study is: to examine the effect of reward and self-efficacy variables on the performance of BTPN Probolinggo Bank employees mediated by motivational variables. The method of data collection is through a questionnaire that is distributed to BTPN Probolinggo Bank employees. Samples taken as many as 43 respondents with saturated sample technique. The analysis technique used in this study is path analysis. The data obtained were then processed using SPSS 24 tools. The variables in this study used three variables, namely the independent variable, the dependent variable and the mediating variable.            The results of this study indicate that in general there is a direct influence between reward and self-efficacy on motivation, reward on performance and motivation on performance. However, there is no significant direct effect between self-efficacy on performance. Self-efficacy has a significant effect on performance through motivation mediation.Keywords: Reward, Self Efficacy, Motivation and Performance
ORGANIZATIONAL TRUST DAN ORGANIZATIONAL CULTURE TERHADAP EMPLOYEE ENGAGEMENT MELALUI SATISFACTION Ivar Nabilatul Akbar
Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU) Vol. 5 No. 2 (2020)
Publisher : MAGISTER MANAJEMEN UNISMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33474/jimmu.v5i2.8904

Abstract

 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Kepercayaan Organisasi dan Budaya Organisasi terhadap Keterlibatan Karyawan melalui Kepuasan. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah non-probability sampling yaitu dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Jalur dengan menggunakan SPSS versi 16. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa Kepercayaan Organisasi berpengaruh langsung terhadap Keterlibatan Karyawan, sedangkan Budaya Organisasi tidak berpengaruh langsung terhadap Keterlibatan Karyawan. Variabel Kepuasan dapat memediasi Kepercayaan dan Budaya Organisasi Employee Engagement. Kepuasan tidak berpengaruh terhadap Employee Engagement. Kata Kunci: Kepercayaan Organisasi, Budaya Organisasi, Keterlibatan dan Kepuasan Karyawan The purpose of this study was to determine and analyze the effect of Organizational Trust and Organizational Culture on Employee Engagement through Satisfaction. The method used in sampling is non-probability sampling, namely purposive sampling technique. The data analysis technique used is Path Analysis using SPSS version 16. Based on the results of data analysis shows that Organizational Trust has a direct effect on Employee Engagement, while Organizational Culture has no direct effect on Employee Engagement. Satisfaction variable is able to mediate Trust and Organizational Culture of Employee Engagement The Satisfaction has no effect on Employee Engagement.Keywords: Organizational Trust, Organizational Culture, Employee Engagement and Satisfaction

Page 1 of 1 | Total Record : 8