cover
Contact Name
PUTU ESA GUSTAFELLASER
Contact Email
esa.gustafellaser@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
esa.gustafellaser@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Public Inspiration : Jurnal Administrasi Publik
Published by Universitas Warmadewa
ISSN : 25812378     EISSN : 25805975     DOI : -
PUBLIC INSPIRATION: Jurnal Administrasi Publik is a journal research published by Postgraduate program of Public Administration, Universitas Warmadewa. This Journal is a group of research including; Social science, Psychology, Politic, Anthropology, Information technology, Culture, and Law. This Journal is published twice a year in June and December.
Arjuna Subject : -
Articles 113 Documents
MANAJEMEN KONFLIK PADA MASYARAKAT DI ERA GLOBAL i ketut, Ardaha
PUBLIC INSPIRATION Vol 2, No 2 (2017): Desember 2017
Publisher : Universitas Warmadewa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tahun 2018 adalah tahun politik. Diperlukan kesiapan untuk mengatasi berbagai permasalahan social budaya, ekonomi dan politik yang cenderung menguat menjelang hingga selesainya tahun politik ini. Di satu pihak proses demokratisasi hendaknya dibiarkan berjalan sesuai dinamika zamannya, namun di pihak yang lainnya upaya cerdas dalam mengantisipasinya perlu dipikirkan dengan baik, sehingga diperlukan upaya manajemen konflik yang memiliki wawasan kebangsaan berdasarkan pengalaman kesejarahan masa lalu. Tulisan ini membahas bagaimana riak-riak yang terjadi di masa lalu, yang dapat dipergunakan sebagai bekal dalam menghadapi masa sekarang menuju pembangunan demokrasi masyarakat yang dewasa cerdas. Dengan ini tentu pembangunan demokrastisasi masyarakat Indonesia diharapkan berjalan dengan baik, sehingga tidak mengganggu kestabilan kehidupan masyarakat luar terlebih-lebih akan mengarah pada proses disintegrasi. Kata kunci:tahun politik, pilkada, konflik dan manajemen konflik
PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN TERPADU TERHADAP KINERJA KARYAWAN KANTOR PUSAT UNIVERSITAS WARMADEWA Wijaya, I Made
PUBLIC INSPIRATION Vol 1, No 1 (2016): Desember 2016
Publisher : Universitas Warmadewa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh kepemimpinan dan sistem informasi manajemen terpadu terhadap kinerja karyawan kantor pusat Universitas Warmadewa. Kepemimpinan di Universitas Warmadewa memiliki ciri khas yang mengedepankan nilai local genius dengan menerapkan konsep Sapta Bayu sebagai Spirit Sri Kesari Warmadewa. Untuk menciptakan kinerja karyawan yang baik dilakukan dengan pemanfaatan teknologi informasi melalui sistem informasi manajemen terpadu sebagai sarana untuk memberikan pelayanan dan meningkatkan kinerja karyawan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui signifikansi pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja karyawan kantor pusat Universitas Warmadewa, (2) untuk mengetahui pengaruh penggunaan sistem informasi manajemen terpadu terhadap kinerja karyawan kantor pusat Universitas Warmadewa, (3) untuk mngetahui pengaruh kepemimpinan dan sistem informasi manajemen terpadu secara bersama-sama terhadap kinerja karyawan kantor pusat Universitas Warmadewa. Jumlah sampel sebanyak 46 orang dengan metode pengumpulan data melalui menyebarkan kuisioner, menggali dari dokumen-dokumen dan wawancara. Teknik analisa data pada uji prasyatat analisa data mempergunakananalisa korelasi Parson Product Moment (r). Pengujian normalitas data mempergunakan analisa Chi-Kuadrat dengan taraf signifikansi 5%, dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa, kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, sistem informasi manajemen terpadu berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan kantor pusat Universitas Warmadewa, kepemimpinan dan sistem informasi manajemen terpadu secara bersama-sama juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan kantor pusat Universitas Warmadewa. Implikasi kepemimpinan dan sistem informasi manajemen terpadu merupakan faktor yang sangat penting yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan kantor pusat Universitas Warmadewa.Kata kuncinya: Kepemimpinan, Sistem Informasi Manajemen Terpadu, Kinerja Karyawan.
PELAYANAN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN DI JAWA BARAT Widiastuti, Ika
PUBLIC INSPIRATION Vol 2, No 2 (2017): Desember 2017
Publisher : Universitas Warmadewa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peningkatan kualitas pelayanan publik pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Jawa Barat sangatlah penting agar dapat meningkatkan kepuasan terhadap masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang aman, bermutu, sistem serta harga yang terjangkau. Cita-cita awal pelaksanaan BPJS Kesehatan adalah agar masyarakat bisa terlayani dengan baik di puskesmas namun masih terdapat permasalahan yang harus dibenahi. Tujuan penulisan adalah 1) untuk mengetahui dan membahas pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Jawa Barat, 2) mengumpulkan informasi serta mengembangkan konsep pelayanan BPJS kesehatan di Jawa Barat. Metode penulisan ini adalah kajian kepustakaan dengan pendekatan deskriptif dan eksploratif. Dapat disimpulkan bahwa 1) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang selanjutnya disingkat BPJS adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial. BPJS terdiri dari BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. BPJS Kesehatan adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan. 2) terdapat permasalahan yang harus dibenahi baik berupa sistem, prosedur, SDM (tenaga medis), maupun sarana prasarana serta belum menerapkan prinsip responsivitas terhadap kebutuhan masyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik bidang kesehatan di Jawa Barat, 3) pelayanan bidang kesehatan belum memenuhi standar pelayanan publik yang baik, akses masyarakat untuk mendapatkan manfaat pelayanan sangat terbatas, masyarakat belum bisa mendapatkan pelayanan disemua fasilitas kesehatan. Kata kunci: pelayanan, BPJS, kesehatan
MODEL KEPEMIMPINAN DAN PERILAKU ORGANISASI PERSATUAN PERAWAT NASIONAL INDONESIA (PPNI) BALI TAHUN 1975-2016 Arwidiana, Dewa
PUBLIC INSPIRATION Vol 2, No 1 (2017): Juli 2017
Publisher : Universitas Warmadewa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The PPNI Bali organization established in 1975 should have enough time to implement the relevant organizational leadership model to be self-sufficient and have the legality of nursing care practices and professional recognition from the government. The purpose of this research is to understand the leadership model implemented in PPNI organization of Bali Province from 1975 - 2016 according to the period of leadership. This research was conducted in the working area of PPNI Bali organization with nine management of PPNI districts / cities in Bali with research object chairman, management and observer of PPNI Bali organization. The type of data used in this study are primary and secondary data, data obtained through observation, in-depth interview and documentation study. The results obtained that the leadership model of each periodization varies according to the concentration of conditions and situations that accompany during his leadership. Periodization 1975-2000 with directive leadership model, period of 2001-2005 leadership model participation and periodization 2006-2016 achievement-oriented leadership model. Each periodization with its leadership model describes the development and behavior of organizations that also vary.
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM RUMAH BERSUBSIDI DI KECAMATAN BANJAR KABUPATEN BULELENG Gd Parmadi, A.A. Ngr Agung
PUBLIC INSPIRATION Vol 3, No 1 (2018): Juli 2018
Publisher : Universitas Warmadewa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kebijakan publik melalui program rumah bersubsidi, pemerintah berharap mampu mengejar kebutuhan perumahan yang terus naik. Berdasarkan hal di atas, penulis dapat merumuskan masalah penelitian ini yaitu : Bagaimanakah implementasi kebijakan program rumah bersubsidi di Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng dan Faktor-faktor apakah yang menyebabkan implementasi kebijakan program rumah bersubsidi di Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng. Dalam penelitian pelaksanaan rumah bersubsidi dianalisis dengan menggunakan teori Donald Van Meter dan Van Horn (Suharsono, 2005:99) dengan enam variabel yang mempengaruhi kinerja implementasi yaitu : 1) Standar dan sasaran kebijakan, 2) Sumber daya, 3) Komunikasi antar organisasi dan penguatan aktivitas, 4) Karakteristik agen pelaksana, 5) Lingkungan ekonomi, sosial dan politik 6) Sikap para pelaksana.. Pendekatan penelitian yang penulis gunakan deskriptif kualitatif, mempergunakan informan kunci (key informan). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan antara lain belum adanya standar dan sasaran, kurangnya kemampuan sumber daya, komunikasi dan pemahaman rumah bersubsidi kurang dipahami, perbedaan karakteristik dan sikap para pelaksana dalam proses memperoleh subsidi.
KUALITAS PELAYANAN PENERBITAN IZIN UNTUK MEWUJUDKAN GOOD GAVERNANCE DI BADAN PELAYANAN PERIZINAN TERPADU KABUPATEN BADUNG Sumada, I Made
PUBLIC INSPIRATION Vol 2, No 2 (2017): Desember 2017
Publisher : Universitas Warmadewa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Pelayanan publik yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat merupakan tugas yang sangat. Pelayanan yang di berikan kepada masyarakat di bidang penerbitnan izin selama tiga tahun berturut-turut, oleh Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Badung belum maksimal. Berdasarkan hal di atas, penulis dapat merumuskan masalah penelitian ini yaitu : Bagaimana kualitas pelayanan publik di Badan Pelayanan PerizinanTerpadu (BPPT) Kabupaten Badung. Dalam pelaksanaan pelayanan izin di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Badung dianalisis dengan menggunakan teori Kotler (dalam Supranto,1997 : 231) berdasarkan dimensi kualitas pelayanan, yaitu bukti fisik (tangibles), keandalan (Reliability), keresponsifan (Responsiveness), keyakinan (Confidence), dan empati (Emphaty). Pendekatan penelitian yang penulis gunakan deskriptif kualitatif, mempergunakan informan kunci (key informan). Dari hasil penelitian yang penulis lakukan bahwa belum maksimalnya pelayanan yang di lakukan oleh BPPT Kabupaten Badung di sebabkan oleh sering errornya system, dan masih ditemukan penempatan SDM yang kurang sesuai dengan keahliannya.
PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI DAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN TERPADU TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS WARMADEWA Arisuniarti, Desak Made
PUBLIC INSPIRATION Vol 1, No 1 (2016): Desember 2016
Publisher : Universitas Warmadewa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Information Technology and SIM-T is a powerful tool to help the performance of employees within an institution that needs to be done research on it. This Research has 3 main objectives which are 1) identify the influence of information Technology in Warmadewa University, 2) to identify the influence of SIM-T to performance of Warmadewa University staff, 3) to identify the influence of TI & SIM-T implementation to the whole employee performance in Warmadewa University. The research has been conducted in Warmadewa University which involved the employees who able to operate computer and who understanding IT properly. Additionally, there were 3 objects involved which consisted of IT, SIM-T & employee performance. Primary data by quetionaire method has been compaited from 56 respondent which generated from slovin method & purposive sampling. The analysis showed that there were positive effects and significant results between IT and employee performance, SIM-T implementation to employee in Warmadewa University.Key Word: Information Technology, Integrated Management Information System dan Employee performance.
REFORMASI ADMINISTRASI DAN BIROKRASI PEMERINTAHAN DAERAH DALAM MENIGKATKAN KUALITAS LAYANAN PUBLIK DI DAERAH Sandiasa, Gede
PUBLIC INSPIRATION Vol 3, No 1 (2018): Juli 2018
Publisher : Universitas Warmadewa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan pelaksanaan reformasi administrasi dan birokrasi pemerintahan daerah adalah untuk meningkatkan kualitas layanan publik di daerah, untuk menjadikan kinerja organisasi pemerintah daerah yang lebih efektif, menyentuh kebutuhan masyarakat di daerah, memaksimalkan pengelolaan sumberdaya pembangunan berbasis kepentingan masyarakat. Reformasi administrasi dan birokrasi pemerintah daerah dapat diwujudkan dalam tiga hal, yaitu pertama adalah a) penguatan pada regulasi dan kebijakan pemerintah; b) penerapan e-government dan e-governance dan c) kerjasama antar pemerintah “collaborative Governance”, bertujuan pertama, memperkuat pemerintahan di daerah, meredifinisi hubungan pusat dan daerah, daerah dengan daerah lainnya dalam territorial bond. Kedua, reformasi mendorong partisipasi dan kepercayaan publik kepada pemerintah daerah melalui system kerja yang trasfaran, efektif, efisien, responsif dan di dukung oleh akuntabilitas yang tinggi. Rekomendasi, diperlukan sinergitas antar pemerintah yang bertumpu pada kepentingan nasional dan kepentingan masyarakat, menyusun regulasi dan kebijakan yang bersifat fleksibel, adaptif, kreatif dan dapat mendorong peningkatan kapasitas daerah dalam mengelola potensi daerah, serta mampu bersaing pada era kekinian dan di masa mendatang.
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN TELEVISI SWASTA SIARAN JARINGAN DI BALI OLEH KOMISI PENYIARAN INDONESIA DAERAH BALI emmamoedy@gmail.com Sari Moedy, Emma Ratna
PUBLIC INSPIRATION Vol 2, No 1 (2017): Juli 2017
Publisher : Universitas Warmadewa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Frequencies are public property in accordance with the mandate of Act No. 32 of 2002 on broadcasting that it contains the principles of broadcasting is based on the diversity of content and diversity of ownership. Television broadcast network is a realization of the principle of the commitment of 10% local content and legal entities owned by the television network members. Empirical facts network broadcasting system failure with the dominance of the content of the center and centralization at the central network. The purpose of this study was to determine the factors that affect KPID Bali at the implementation of private television broadcasting network in Bali and find out how the implementation of policies of private television broadcasting network in Bali. The study used descriptive qualitative approach. Data collection through interviews with informants purposively, and observation. Processing and analysis of data using triangulation using the model of implementation of the public policy of George Edward III. The results of this study indicate that only reached 6-7% local content and the presence of a legal entity for a network not directly make network has full authority. Implementation of a networked private television broadcasting policy is ineffective because communication is by cases, budget constraints, lack of commitment to carry local broadcast in a networked broadcast system in Bali as well as the high costs required for setting up local broadcasts. Member of network does not have full authority although it has had its own legal entity because it is still dominated by the network in the center. Punishment has not been able to ensure a deterrent effect because the authority KPID Bali only limited administrative sanctions for those who violate the regulation. Anugrah KPID Award rewards in the form can not be implemented on a regular basis because of the SOP licensing and supervision of broadcast content in accordance with regulation KPID Bali. Fragmentation in the implementation of networks broadcasting in Bali involving the Communication and Information Ministry and the Provincial Government of Bali. Television programs run on economical reasons not usefulness to the public under the existing regulations.
SUMBER DAYA MANUSIA BERMARTABAT: DARI TEKNOKRATIK KE KARAKTER Suacana, I Wayan Gede
PUBLIC INSPIRATION Vol 1, No 1 (2016): Desember 2016
Publisher : Universitas Warmadewa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Orthodoxy is the present state that we must prepare to face the challenges of the age symbolized by the new mysticism, the number "2020". Economic challenges most noticeable each country according to proponents of technocratic is to increase the added value potential (which can be donated by citizens respectively) to the global economy, by improving skills and their abilities and improving infrastructure facilities that can link the skills and expertise it with (the needs of ) the world market. The main component in this effort is to increase the ability to produce goods and services that are solid knowledge and information. In other words, the mastery of science and information technology (IT) is a necessity. Proponents of humanist-spiritualist want to equip it with the formation of good character in the process of human resource development. This strategy wants more "humanizing" human development by making themselves as the center (not industrial), with its main source of creativity and personal commitment (not capital).Key words: human resources, development, character

Page 1 of 12 | Total Record : 113