cover
Contact Name
Rustam
Contact Email
rustamdcc89@gmail.com
Phone
+6282280679989
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Negara No. 03 Kotabumi Lampung Utara
Location
Kab. lampung utara,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Informasi dan Komputer
ISSN : 23378344     EISSN : 26231247     DOI : https://doi.org/10.35959
Jurnal Informasi dan Komputer (JIK) Adalah jurnal peer-review yang dikelola oleh Jurnal Informasi dan Komputer STMIK Dian Cipta Cendikia Kotabumi. Jurnal Informasi dan Komputer (JIK) diterbitkan secara berkala (dua kali setahun) pada bulan April dan Oktober.Jurnal Informasi dan Komputer (JIK) tersedia gratis (akses terbuka) untuk semua pembaca. Artikel di JIK termasuk perkembangan dan penelitian dalam Pendidikan Ilmu Komputer (studi teoritis, eksperimen, dan penerapannya). Lebih detail tentang Fokus dan Ruang Lingkup, silakan periksa tautan ini.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 1 (2019): Jurnal Sistem Informasi dan Komputer yang terbit pada tahun 2019 pada bulan 4  (A" : 11 Documents clear
PEMANFAATAN METODE TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCE BY SIMILIARITY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS) UNTUK MENENTUKAN PELANGGAN TERBAIK M Abu Jihad
Jurnal informasi dan komputer Vol 7 No 1 (2019): Jurnal Sistem Informasi dan Komputer yang terbit pada tahun 2019 pada bulan 4  (A
Publisher : STMIK Dian Cipta Cendikia Kotabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (550.9 KB) | DOI: 10.35959/jik.v7i1.117

Abstract

Persaingan di dunia industri semakin ketat seiring dengan meningkatnya pertumbuhan industri. Persaingan ini mengakibatkan setiap perusahaan harus lebih jeli dalam melakukan pemilihan pelanggan terbaik penerima reward untuk meningkatkan loyalitas pelanggan sehingga semua tujuan yang ingin dicapai dapat terlaksana dengan baik. Penilaian untuk tiap pelanggan tentunya didasarkan pada kriteria atau kontribusi masing-masing pelanggan, karena itu tiap pelanggan memiliki nilai yang berbeda bagi perusahaan tergantung pada kriteria atau kontribusi yang diberikan pelanggan tersebut bagi perusahaan. PT. Indomarco Adhi Prima Kotabumi merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pendistribusian barang-barang pemenuhan kebutuhan ke gerai-gerai yang terkait, bukanlah hal yang mudah tentunya untuk melakukan penilaian pelanggan bagi perusahaan, dalam penentuan pendukung keputusan memilih pelanggan terbaik PT. Indomarco Adhi Prima kurang tepat dan optimal sehingga menjadi masalah dalam memilih pelanggan terbaik yang tepat sasaran. Berdasarkan analisis permasalahan diatas, maka diperlukan suatu sistem yang dapat membantu PT. Indomarco Adhi Prima Kotabumi dalam mengambil keputusan pemilihan pelanggan terbaik dengan waktu yang tepat tanpa mengurangi kualitas dari keputusan yang dihasilkan. Sistem ini yang kemudian bisa disebut Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dalam hal ini penulis menggunakan metode TOPSIS dan diharapkan dapat membantu PT. Indomarco Adhi Prima Kotabumi dalam melakukan penentuan pelanggan terbaik sehingga dapat menghasilkan informasi yang dapat berguna bagi perusahan dalam hal penilaian dan pemilihan pelanggan terbaik.
PREDIKSI TINGKAT KELULUSAN TEPAT WAKTU DENGAN METODE NAÏVE BAYES DAN K-NEAREST NEIGHBOR Sidik Rahmatullah; Ema Utami
Jurnal informasi dan komputer Vol 7 No 1 (2019): Jurnal Sistem Informasi dan Komputer yang terbit pada tahun 2019 pada bulan 4  (A
Publisher : STMIK Dian Cipta Cendikia Kotabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (556.377 KB) | DOI: 10.35959/jik.v7i1.118

Abstract

Lulusan adalah status yang dicapai mahasiswa setelah menyelesaikan proses pendidikan sesuai dengan persyaratan kelulusan yang ditetapkan oleh program studi. Sebagai salah satu keluaran langsung dari proses pendidikan yang dilakukan oleh program studi, lulusan yang bermutu memiliki ciri penguasaan kompetensi akademik termasuk hard skills dan soft skills sebagaimana dinyatakan dalam sasaran mutu serta dibuktikan dengan kinerja lulusan di masyarakat sesuai dengan profesi dan bidang ilmu. Program studi yang bermutu memiliki sistem pengelolaan lulusan yang baik sehingga mampu menjadikannya sebagai human capital bagi progam studi yang bersangkutan. Penelitian ini menggunakan metode data mining yang digunakan untuk memprediksi tingkat kelulusan mahasiswa menggunakan dua metode yaitu Naive Bayes dan K-Nearest Neighbor. Hasil dari penelitian ini dapat memprediksi mahasiswa tepat lulus atau terlambat. Uji coba dilakukan dengan menggunakan data lulusan mahasiswa S1 Sistem informasi STMIK Dian Cipta Cendikia Kotabumi sebanyak 600 data untuk training dan 180 data untuk testing. Hasil uji coba menunjukkan bahwa dengan menggunakan Naive Bayes menghasilkan akurasi sebesar 85%, sedangkan menggunakan algoritma K-nearest neighbor menghasilkan akurasi sebesar 68.89 %.
ANALISIS USABILITY APLIKASI PENGISIAN KRS ONLINE STMIK XYZ PALEMBANG MENGGUNAKAN USE QUESTIONNAIRE Dien Novita; Lisa Amelia
Jurnal informasi dan komputer Vol 7 No 1 (2019): Jurnal Sistem Informasi dan Komputer yang terbit pada tahun 2019 pada bulan 4  (A
Publisher : STMIK Dian Cipta Cendikia Kotabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (475.981 KB) | DOI: 10.35959/jik.v7i1.119

Abstract

Aplikasi pengisian KRS online di STMIK XYZ Palembang ini baru diterapkan, sehingga perlu dilakukan analisis agar mendapatkan masukan untuk lebih meningkatkan kualitas dari aplikasi. Analisis dalam penelitian ini adalah analisis usability dan melihat hubungan antara variabel bebas yaitu variabel usefulness, ease of use, dan ease of learning terhadap variabel terikat, yaitu satisfaction secara simultan maupun parsial. Pengukuran usability mangadopsi USE questionnaire, menggunakan SPSS dalam mengolah data yang melibatkan 87 responden dari 3 program studi di STMIK XYZ Palembang. Hasil analisis menunjukkan nilai persentase kelayakan sebesar 85,89% artinya hasil pengukuran usability aplikasi KRS secara online memiliki nilai sangat layak. Selain itu juga, dibuktikan dari pengujian hipotesis bahwa ada pengaruh yang signifikan antara variabel usefulness, ease of use, dan ease of learning terhadap satisfaction secara simultan. Secara parsial, variabel usefulness dan ease of use berpengaruh signifikan terhadap satisfaction, sedangkan variabel ease of learning tidak berpengaruh terhadap satisfaction. Faktor dominan yang mempengaruhi kepuasan user dalam menggunakan aplikasi pengisian KRS online adalah ease of use (kemudahan penggunaan) dengan nilai rata-rata 46,4. Hasil penelitian, merekomendasikan perlunya meningkatkan minat user untuk mempelajari dan memberikan koreksi atas kekurangan aplikasi tersebut agar menjadi lebih baik lagi.
IMPLEMENTASI SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT TULANG PADA MANUSIA MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING Ferly Ardhy; Romadon Romadon; Neli Oktaliasari
Jurnal informasi dan komputer Vol 7 No 1 (2019): Jurnal Sistem Informasi dan Komputer yang terbit pada tahun 2019 pada bulan 4  (A
Publisher : STMIK Dian Cipta Cendikia Kotabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (623.592 KB) | DOI: 10.35959/jik.v7i1.120

Abstract

Bone disease is a condition that damages the skeleton and makes bones weak and vulnerable to fractures. The high disease is caused by ignorance and lack of knowledge about the disease. Therefore, an expert system was created to diagnose bone disease in humans. The method used in making this expert system is the forward chaining method, forward chaining method using the PHP programming language and MySQL database. The results of this study are the application of expert systems to diagnose human bone disease using a forward chaining method that can be accessed by the public at large to diagnose early symptoms of bone disease without limited distance and time used.
WEIGHT PRODUCT DALAM IMPLEMENTASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN BANTUAN BEDAH RUMAH Dwi Marisa Efendi; Novita Novita
Jurnal informasi dan komputer Vol 7 No 1 (2019): Jurnal Sistem Informasi dan Komputer yang terbit pada tahun 2019 pada bulan 4  (A
Publisher : STMIK Dian Cipta Cendikia Kotabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (452.564 KB) | DOI: 10.35959/jik.v7i1.121

Abstract

North Lampung is a district in Lampung province. The government issued an aid program, he program is that every region is given the opportunity to manage aid funds, one of which is in the form of home surgery , This good government program is thirsty supported by the level of data accuracy, efficiency of the time of the recipient's management. Therefore in order to get good results. Then in this study using the weight product method in the implementation of decision support systems for home surgery recipients.
ANALISA PENGARUH DIMENSI KUALITAS WEBSITE TERHADAP KEPUASAN DAN IMPLIKASINYA PADA LOYALITAS PELANGGAN (studi kasus pada www.Biznetnetworks.com) Asep Afandi; Supriyanto Supriyanto; Daniel Rangga Wijaya
Jurnal informasi dan komputer Vol 7 No 1 (2019): Jurnal Sistem Informasi dan Komputer yang terbit pada tahun 2019 pada bulan 4  (A
Publisher : STMIK Dian Cipta Cendikia Kotabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (915.241 KB) | DOI: 10.35959/jik.v7i1.122

Abstract

Perkembangan teknologi mengubah budaya pemasaran. Internet mendukung berbagai kegiatan bisnis secara global termasuk strategi penjualan global dari sebuah produk tidak terbatas pada waktu dan tempat. Calon pembeli hanya cukup dengan meng-klik sebuah halaman website untuk mendapatkan informasi tentang bandwich koneksi internet baik untuk perusahaan, perumahan dan perorangan. Penelitian ini akan mengukur seberapa besar pengaruh website www.Biznetnetworks.com sebagai alat bantu informasi profil perusahaan dan pemasaran produk jasa koneksi internet oleh perusahaan Biznet. Dengan mengetahui seberapa besar pengaruh e-Servqual terhadap tingkat kepuasan dan besar pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas mereka. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa 5 variabel e-Servqual yang mempengaruhi variabel Kepuasan pengguna website, dengan korelasi tinggi pada tiap variabel terhadap Kepuasan Pada Dimensi 1 (D1) dengan Kepuasan (K) berkorelasi dengan nilai 0,651. Pada Dimensi 2 (D2) dengan Kepuasan (K) dengan nilai 0,634. Pada Dimensi 3 (D3) dengan Kepuasan pada nilai 0,708. Pada Dimensi 4 (D4) dengan variable Kepuasan (K) pada nilai 0,777. Dan variabel Dimensi 5 (D5) dengan Kepuasan (K) pada nilai 0,767. Nilai signifikansi yang ditampilkan menunjukkan bahwa hubungan diantara kedua variabel perhitungan pada tiap dimensi memiliki signifikansi yang hampir kesemuanya cukup baik, sehingga regresi ini layak untuk dilakukan. Dan pengaruh 5 variabel dimensi tersebut berpengaruh pada variabel kepuasan sebesar 72,. Pada ANOVA, nilai F menunjukkan angka 6,210 dan Significance F memperlihatkan signifikansi yang berada diatas batas 0,05; yaitu 1,054. Maka, regresi ini tidak layak dilakukan. Kemudian, pada perhitungan pengaruh variabel Kepuasan terhadap variabel Loyalitas pelanggan maka akan didapatkan Pada gambar tabel ANOVA, nilai F adalah 114,8086 dengan signifikansi sebesar 5,44. Ini berarti regresi yang dilakukan layak untuk dipakai. Hasil penelitian yang didapatkan dapat dijadikan tolak ukur pengambilan keputusan terhadap ke-efektifan penggunaan website sebagai media pemasaran produk dan optimalisasi penggunaannya.
EVALUASI PENGGUNAAN EDMODO TERHADAP MOTIVASI DAN KOMPETENSI BAGI MAHASISWA Alhibarsyah Alhibarsyah
Jurnal informasi dan komputer Vol 7 No 1 (2019): Jurnal Sistem Informasi dan Komputer yang terbit pada tahun 2019 pada bulan 4  (A
Publisher : STMIK Dian Cipta Cendikia Kotabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (394.166 KB) | DOI: 10.35959/jik.v7i1.123

Abstract

Keterlibatan e-learning dalam dunia pendidikan sekarang ini, bukan lagi dianggap sebagai hal yang baru, akan tetapi sudah menjelma menjadi salah satu kebutuhan yang harus dimiliki dan dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh perguruan tinggi. Hal ini harus dilakukan apabila perguruan tinggi tersebut ingin meningkatkan kualitas perguruan tinggi kepada para stakeholder, dan meningkatkan keunggulan bersaing (competitive advanced) dengan perguruan tinggi lainnya. Sudah menjadi kenyataan bahwa perguruan tinggi yang memiliki reputasi, menerapkan e-learning dalam berbagai kegiatan dalam proses perkuliahan, baik dalam pemberian materi kuliah, tugas-tugas dan diskusi, agar peran e-learning dapat berjalan dengan maksimal maka perlu adanya perencanaan yang baik, implementasi yang sesuai dengan rencana yang sudah disusun, dan evaluasi yang dilakukan secara terus-menerus, atau harus selaras dan mendukung visi, misi, dan tujuan perguruan tinggi, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan kompetensi perkuliahan bagi mahasiswa. Dengan adanya e-learning edmodo di harapkan dapat meningkatkan kompetensi pada mahasiswa dari segi kombinasi dari keterampilan (skill), pengetahuan (knowledge), dan perilaku yang dapat diamati dan diterapkan secara kritis untuk suksesnya sebuah sistem pembelajaran dengan alat bantu internet serta kontribusi pribadi terhadap sistem pembelajaran tersebut serta meningkatkan motivasi yang mendorong atau menjadi sebab seseorang melakukan suatu kegiatan atau perbuatan yang berlangsung secara sadar. Salah satu pendukung e-learning yang digunakan saat ini yaitu edmodo karena edmodo merupakan suatu jejaring sosial berbentuk pembelajaran yang banyak membantu dosen dan mahasiswa dalam proses perkuliahan dan perkuliahan tanpa batasan menggunakan teknologi maklumat. Laman web Edmodo berfungsi sama seperti laman sosial yang lain seperti “Facebook” dan “Twitter” tetapi Edmodo lebih menekankan aspek pembelajaran secara maya. Edmodo dirancang untuk membuat mahasiswa bersemangat belajar di lingkungan yang lebih akrab. Dalam Edmodo, dosen dapat melanjutkan diskusi kelas online, memberikan penilaian serta pemahaman mahasiswa dan lencana penghargaan kepada mahasiswa secara individual berdasarkan kinerja atau perilaku. Salah satu alat yang digunakan untuk mengevaluasi tingkat motivasi dan kompetensi penggunaan e-learning edmodo adalah COBIT (Control Objectives for Information and Related Technology) yang di tekan pada domian Deliver and Support (DS) domain ini menitikberatkan pada teknis-teknis yang mendukung terhadap proses penggunaan edmodo dan Monitor and Evaluate (ME) Domain ini dikonsentrasikan pada monitoring dan evaluasi penggunaan edmodo. COBIT suatu model standar yang menyediakan dokumentasi best practice pengelolaan e-learning yang dapat membantu pihak akademik khususnya dosen dan mahasiswa untuk menjembatani proses perkuliahan. Dalam penelitian ini akan dibagikan kuesioner kepada dosen dan mahasiswa. Data ini akan diolah untuk melihat tingkat kematangan atau maturity level dari masing-masing control objective yang ada pada domain Deliver and Support serta domain Monitor and Evaluate. Apabila terjadi gap antara current maturity dan expected maturity, maka akan dibuat rekomendasi prosedur apa saja yang harus diikuti untuk menutup gap tersebut, sehingga expected maturity dapat tercapai. Hasil pengujian terhadap hipotesis menunjukkan bahwa hasil akhir dari perhitungan maturity level yang dihitung tingkat motivasi dan kompetensi (maturity level) dalam penelitian ini, adalah semua proses-proses penggunaan edmodo dalam 2 (dua) domain COBIT, yaitu Deliver and Support (DS) dan Monitor and Evaluate (ME). sehingga hasil akhir yang diperoleh pada penelitian ini adalah bahwa e-learning edmodo sangat berpengaruh terhadap motivasi dan komptensi perkuliahan bagi mahasiswa. Variabel motivasi yang dipengaruhi variabel kompetensi berpengaruh terhadap edmodo. Pengaruh variabel edmodo berinteraksi dengan variabel motivasi berpengaruh terhadap variabel kompetensi.
RANCANG BANGUN APLIKASI SMS GATEWAY PADA SMK TRISAKTI DI BANDAR LAMPUNG Pitrawati Pitrawati; Marta Graccelia Pasaribu
Jurnal informasi dan komputer Vol 7 No 1 (2019): Jurnal Sistem Informasi dan Komputer yang terbit pada tahun 2019 pada bulan 4  (A
Publisher : STMIK Dian Cipta Cendikia Kotabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (888.225 KB) | DOI: 10.35959/jik.v7i1.124

Abstract

Teknologi yang berkembang saat ini semakin pesat terutama untuk kepentingan organisasi usaha. Perkembangannya bahkan sudah mencapai dunia pendidikan. Salah satu teknologi yang sedang berkembang saat ini adalah SMS Gateway, SMS Gateway sangat dibutuhkan karena SMS Gateway dapat menyajikan berbagai informasi yang berkaitan dengan perkembangan siswa. Tahapan pengembangan aplikasi SMS gateway menggunakan metode Extreme Programming dimana alat perancangan yang digunakan adalah usecase, activity diagram dan class diagram. Software pengembangan yang digunakan adalah lunak PHP (Hypertext Preprocessor), Xampp dan MySQL Hasil dari penelitian ini adalah terciptanya sebuah sistem penerapan informasi berbasis SMS Gateway untuk memberikan kemudahan siswa-siswi dan orangtua murid untuk mengetahui informasi sekolah dengan lebih cepat dan lengkap, memberikan informasi sekolah lebih efektif dan efisen serta meningkatkan layanan informasi kepada orang tua murid
IMPLEMENTASI E-GOVERNMENT BERBASIS SERVICE ORIENTED ARCHITECTURE (SOA) PADA KANTOR KECAMATAN NATAR LAMPUNG SELATAN Sukatmi Sukatmi; Afriyanto Afriyanto
Jurnal informasi dan komputer Vol 7 No 1 (2019): Jurnal Sistem Informasi dan Komputer yang terbit pada tahun 2019 pada bulan 4  (A
Publisher : STMIK Dian Cipta Cendikia Kotabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (569.243 KB) | DOI: 10.35959/jik.v7i1.126

Abstract

E-government is short for from plan to implement the electronic the government .E-government is one of form or model of a system of government based on the power of digital technology, in which all in administrative work, the service for people, supervision and control section of the source of its power belonging to an organization concerned, financial, of taxes had not yet, levies which may be collected, white collar workers and rontje participated in this festival was brought under control in one system. E-government an outgrowth new as in order an increase of services the public allowing them to the main effort to lower the utilization of technology information and communication so that public services to village heads to be more transparent, accountable, effective and efficient. Offices of head of subdistricts natar is one of government institutions that is in south sample is taken at Lampung the Lampung provincial .As an institution of governance which had been has a duty and the obligation of serving the needs of the people is required to be able to always improve the quality of these services . One of the efforts to do is build e-government. through community service hence the need to do research in order to produce a e-government based Service Oriented Architecture (SOA) to the district office Natar Lampung South. Method of development systems used is Extreme Programming with the design of the Unified Modeling Gig Language (UML) and using the alchemy of PHP programming language, CSS and java. programing The end result of this research is e-government program having many access facilities for the office Natar Lampung South, so the society should not do went directly to the office in the search information and some services that needed.
RANCANG BANGUN APLIKASI RESEP MASAKAN BERBASIS ANDROID Supriyanto Supriyanto
Jurnal informasi dan komputer Vol 7 No 1 (2019): Jurnal Sistem Informasi dan Komputer yang terbit pada tahun 2019 pada bulan 4  (A
Publisher : STMIK Dian Cipta Cendikia Kotabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (484.202 KB) | DOI: 10.35959/jik.v7i1.128

Abstract

The development of technology and information is increasingly fast now, especially for information. As a product of the development of science and technology, computers are often used both as research tools and as data processing and system development tools. The System Development Method used by researchers in this study is the method of developing the Prototype system with the use case concept. Use case is a description of a system behavior in response to an action / request from outside the system The researcher designed a mobile / android based recipe information system. the search process for recipes is no longer using recipe books or the like because they already use an application in an android smartphone

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 11 No 02 (2023): Jurnal Informasi dan Komputer yang terbit pada tahun 2023 pada bulan 10 (Oktobe Vol 11 No 01 (2023): Jurnal Informasi dan Komputer yang terbit pada tahun 2023 pada bulan 04 (April) Vol 10 No 2 (2022): Jurnal Sistem Informasi dan Komputer yang terbit pada tahun 2022 pada bulan 10 ( Vol 10 No 1 (2022): Jurnal Sistem Informasi dan Komputer yang terbit pada tahun 2022 pada bulan 04 ( Vol 9 No 2 (2021): Jurnal Sistem Informasi dan Komputer yang terbit pada tahun 2021 pada bulan 10 (O Vol 9 No 1 (2021): Jurnal Sistem Informasi dan Komputer yang terbit pada tahun 2021 pada bulan 04 (A Vol 8 No 2 (2020): Jurnal Sistem Informasi dan Komputer yang terbit pada tahun 2020 pada bulan 10 (O Vol 8 No 1 (2020): Jurnal Sistem Informasi dan Komputer Yang Terbit Pada Tahun 2020 Pada Bulan 4 (Ap Vol 7 No 2 (2019): Jurnal Sistem Informasi dan Komputer yang terbit pada tahun 2019 pada bulan 10 (O Vol 7 No 1 (2019): Jurnal Sistem Informasi dan Komputer yang terbit pada tahun 2019 pada bulan 4  (A Vol 6 No 2 (2018): Jurnal Sistem Informasi dan Komputer Vol 6 No 1 (2018): Jurnal Sistem Informasi dan Komputer Vol 5 No 1 (2017): Jurnal Sistem Informasi dan Komputer Vol 4 No 2 (2017): Jurnal Sistem Informasi dan Komputer Vol 4 No 1 (2016): Jurnal Sistem Informasi dan Komputer Vol 1 No 2 (2015): Jurnal Sistem Informasi dan Komputer Vol 1 No 1 (2015): Jurnal Sistem Informasi dan Komputer Vol 1 No 2 (2014): Jurnal Sistem Informasi dan Komputer Vol 1 No 1 (2014): Jurnal Sistem Informasi dan Komputer More Issue