cover
Contact Name
Rochmat Aldy Purnomo
Contact Email
purnomo@umpo.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
isoquant@umpo.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. ponorogo,
Jawa timur
INDONESIA
ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
ISSN : 25987496     EISSN : 25990578     DOI : -
Core Subject : Economy,
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2017): Oktober" : 8 Documents clear
ANALISIS PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL, CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN INVENTORY TURNOVER TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2012-2015) Diyah, Rini Eka; Zulfa, Khusnatul; Hartono, Arif
ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 1, No 1 (2017): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/iso.v1i1.44

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh intellectual capital, corporate social responsibility dan inventory turnover terhadap kinerja keuangan perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data yang digunakan merupakan data sekunder berupa laporan keuangan dan laporan tahunan yang diperoleh melalui situs resmi Bursa Efek Indonesia. Populasi penelitian yaitu perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2015. Sampel yang diperoleh berdasarkan teknik purposive sampling sebanyak 22 perusahaan. Penelitian ini menggunakan aplikasi statistik SPSS versi 16.0. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa intellectaul capital berpengaruh signifikan negatif terhadap kinerja keuangan perusahaan sedangkan corporate social responsibility dan inventory turnover tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan. Secara simultan menunjukkan bahwa intellectual capital, corporate social responsibility dan inventory turnover terhadap kinerja keuangan perusahaan.
ANALISIS PENGARUH STRES KERJA DAN KONFLIK KERJA TERHADAP SEMANGAT KERJA PEGAWAI DENGAN KEPEMIMPINAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM KABUPATEN PONOROGO Siti Julaika; Umi Farida; Purwanto .
ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 1, No 1 (2017): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/iso.v1i1.45

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya penurunan semangat kerja pada Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Stres Kerja dan Konflik Kerja terhadap Semangat Kerja Pegawai dengan Kepemimpinan Sebagai Variabel Moderasi pada Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Ponorogo.Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan metode kuesioner terhadap 99 responden yaitu seluruh pegawai pada Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Ponorogo. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa regresi linear sederhada dan Moderated Regression Analysis (MRA) yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian.Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1).Variabel Stres Kerja mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Semangat Kerja, 2).Variabel Konflik Kerja mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Semangat Kerja, 3).Variabel Stres Kerja yang dimoderasi oleh kepemimpinan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Semangat Kerja, 4).Variabel Konflik Kerja yang dimoderasi oleh Kepemimpinan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Semangat Kerja.
ANALISIS PERBANDINGAN BRAND EQUITY PRODUK JILBAB ANTARA MEREK RABBANI DENGAN MEREK ZOYA PADA MAHASISWI FAKULTAS EKONOMI DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO Nafiah Nur Jamilah; Titi Rapini; Hadi Sumarsono
ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 1, No 1 (2017): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/iso.v1i1.46

Abstract

Perkembangan zaman saat ini, persaingan di pasaran semakin meningkat. Oleh sebab itu peran pemasaran di pasar semakin meningkat pula dan peran brand menjadi semakin penting. Dengan begitu, brand bukanlah sekedar identitas suatu produk namun brand diciptakan produsen untuk memiliki ikatan emosional yang istimewa untuk diberikan kepada konsumen. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adanya perbedaan ekuitas merek (brand equity) beserta elemen-elemennya antara produk jilbab merek Rabbani dengan merek Zoya. Sampel dalam penelitian ini menggunakan metode non-probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Dalam penelitian ini pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner yang didistribusikan kepada 97 responden. Pada penelitian ini metode analisis data yang digunakan yaitu uji beda paired sample t-test. Berdasarkan hasil analisis yang diuji menunjukkan bahwa dari tiga variabel terdapat dua dimensi yaitu brand awareness dan perceived quality yang menyatakan terdapat perbedaan pada produk jilbab antara merek Rabbani dengan merek Zoya dan satu dimensi menyatakan tidak terdapat perbedaan yaitu brand association.
PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI Ria Kristianawati; Khusnatul Zulfa Wafirotin
ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 1, No 1 (2017): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/iso.v1i1.47

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji :  1)  Pengaruh kecerdasan intelektual terhadap tingkat pemahaman akuntansi,  2) Pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi, 3) Pengaruh kecerdasan spiritual terhadap tingkat pemahaman akuntansi, 4) Pengaruh perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan Akuntansi S-1 angkatan 2012 dan 2013. Pemilihan sampel dengan menggunakan metode Total Sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer. Teknik pengumpulan data dengan menyebar kuesioner kepada mahasiswa jurusan Akuntansi S-1 angkatan 2012 dan 2013. Metode analisis data menggunakan uji statistik deskriptif, uji kualitas data, regresi linier berganda, pengujian hipotesis.Metode statistik yang digunakan adalah regresi linier berganda. Uji kualitas data yang digunakan pada penelitian ini uji validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan koefisien determinasi  uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan intelektual berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi, kecerdasan emosional tidak berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi, kecerdasan spiritual tidak berpengauh terhadap tingkat pemahaman akuntansi, perilaku belajar berpengaruh terhadap tingkat pemahama akuntansi.
ANALISIS PENGUMUMAN DIVIDEN TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Tercatat di BEI Tahun 2011-2015) Laila Dwi Cahyaningrum; Sujiono .; Edi Santoso
ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 1, No 1 (2017): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/iso.v1i1.42

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan return saham atas pengumuman dividen pada saat sebelum dan sesudah ex-dividend date pada perusahaan manufaktur yang tercatat di BEI tahun 2011-2015. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui adanya reaksi return saham atas pengumuman dividen pada periode jendela. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah event study, dimana dilakukan pengamatan terhadap abnormal return selama periode jendela, yaitu 5 hari sebelum hingga 5 hari sesudah peristiwa. Dalam penelitian ini, data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Sampel dalam penelitian ini sebanyak 25 peristiwa dari 5 perusahaan yang mengumumkan dividen pada tahun 2011-2015. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu metode purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi, data perusahaan manufaktur yang membagikan dividen pada tahun 2011-2015, tanggal pengumuman dividen, dividen per lembar saham, dan juga data abnormal return.   Teknik yang digunakan untuk menguji hipotesis pertama adalah uji  paired sample ttest, sedangkan untuk hipotesis kedua menggunakan uji one sample t-test. Model yang digunakan dalam menghitung abnormal return adalah Capital Asset Pricing Model (CAPM). Berdasarkan hasil analisis paired sample t-test dan one sample t-test  menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan return saham yang signifikan atas pengumuman dividen sebelum dan sesudah ex-dividend date pada perusahaan manufaktur tahun 2011-2015, (2) Reaksi return saham yang signifikan pada periode jendela terjadi pada hari ke-4 sebelum peristiwa dan hari ke-2 sesudah peristiwa, (3) Adanya abnormal return menunjukkan bahwa pasar modal Indonesia belum efisien bentuk kuat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengumuman pembagian dividen mengandung information content.
PENGARUH MANAJEMEN LABA AKRUAL DENGAN PENDEKATAN REVENUE DISCRETIONARY MODEL TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI JII) Rinda Dwi Herlyna; Titi Rapini; Hadi Sumarsono
ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 1, No 1 (2017): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/iso.v1i1.48

Abstract

Manajemen laba akrual merupakan intervensi manajemen dengan sengaja dalam proses penentuan laba, biasanya untuk memenuhi tujuan pribadi. Penelitian ini dikembangkan oleh Stubben (2010) dengan dua model pengukuran untuk mendeteksi manajemen laba akrual. Model pengukuran tersebut adalah revenue discretionary model yang terdiri dari revenue model dan conditional revenue model. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis manajemen laba akrual dengan pendekatan pendapatan diskresioner pada kinerja perusahaan yang diukur dengan return on asset. Obyek penelitian ini yaitu perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa syariah Jakarta Islamic Indeks (JII). Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif statistik. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa dengan menggunakan revenue model mampu mengindikasikan 44,4% perusahaan manufaktur terindikasi melakukan manajemen laba akrual. Dan dengan conditional revenue model mampu mengindikasikan 66,7% perusahaan manufaktur di JII terindikasi manajemen laba. Dan memilik pengaruh sebesar 75,590 terhadap ROA.
ANALISIS PENGARUH FREE CASH FLOW, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, KEBIJAKAN DIVIDEN, STRUKTUR AKTIVA DAN PROFITABLITAS TERHADAP KEBIJAKAN HUTANG (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2013-2016) Nurmalia Tri Utami; Ardyan Firdausi Mustofa; Dwiati Marsiwi
ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 1, No 1 (2017): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/iso.v1i1.43

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh free cash flow (FCF), kepemilikan manajerial (MOWN), kebijakan dividen (DPR), struktur aktiva (STA) dan profitablitas (ROA) terhadap kebijakan hutang (DAR) perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2013-2016. Data yang digunakan adalah data sekunder yang bersumber dari laporan keuangan tahunan perusahaan melalui website www.idx.co.id.Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda pada SPSS 18. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 15 perusahaan manufaktur periode 2013-2016. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Uji asumsi klasik terdiri dari uji normalitas, uji autokorelasi, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastitas. Sedangkan untuk uji hipotesis terdiri dari uji t (parsial) dan uji f (simultan).Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Free Cash Flow (FCF), Kebijakan Dividen (DPR), Struktur Aktiva (STA), dan Profitabilitas (ROA) secara parsial tidak berpengaruh terhadap kebijakan hutang. Hal ini sesuai dengan kondisi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Sesuai data yang diperoleh perubahan FCF, DPR, STA, dan ROA yang tidak diikuti dengan pergerakan Kebijakan Hutang (DAR). Kepemilikan Manajerial (MOWN) secara parsial berpengaruh negatif terhadap Kebijakan Hutang (DAR). Hal ini sesuai dengan kondisi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Sesuai data yang diperoleh pergerakan kepemilikan manajerial yang stabil diikuti dengan pergerakan kebijakan hutang yang juga stabil. Pada uji simultan Free Cash Flow, Kepemilikan Manajerial, Kebijakan Dividen, Struktur Aktiva, dan Profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap kebijakan hutang pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2013-2016.
ANALISIS PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING DAN SERVICE QUALITY TERHADAP LOYALITAS NASABAH PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO), Tbk. UNIT MLARAK KANTOR CABANG PONOROGO Riska Amalinda Anugrawati; Setyo Aji; Umi Farida
ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 1, No 1 (2017): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/iso.v1i1.49

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena jumlah oustanding simpanan di BRI Unit Mlarak yang cenderung menurun setiap tahunnya. Wilayah Kecamatan Mlarak yang luas serta unit terdekat dengan berbagai Pondok Modern seharusnya bisa meningkatkan angka simpanan di BRI Unit Mlarak. Selain itu jumlah rekening pasif yang kian meningkat juga membuktikan kurangnya tingkat loyalitas pada nasabah BRI Unit Mlarak Kantor Cabang Ponorogo. Penelitian memiliki tujuan yakni mengetahui pengaruh customer relationship marketing dan service quality terhadap loyalitas nasabah BRI Unit Mlarak Kantor Cabang Ponorogo. Berdasarkan hasil penelitian dibuktikan dari nilai thitung  variabel X1 sebesar 2,218  nilai ttabel (uji dua arah yakni sebesar 1,9847 yang menyimpulkan variabel X1 berperngaruh terhadap variabel Y. Hasil penelitian variabel X2 membuktikan nilai thitungsebesar 3,805 nilai ttabel sebesar 1,98472, hal ini membuktikan bahwa variabel X2 berpengaruh terhadap variabel Y. Hasil uji f membuktikan secara serempak variabel X1 dan X2 berpengaruh terhadap variabel Y, diketahui dari nilai fhitung sebesar 13,505 nilai ftabel sebesar 3,09. Serta diketahui persamaan Y = 3,397 + 0,179X1 + 0,340X2 + e . Variabel yang dominan adalah service quality dengan nilai koefisien paling besar.

Page 1 of 1 | Total Record : 8