cover
Contact Name
Rochmat Aldy Purnomo
Contact Email
purnomo@umpo.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
isoquant@umpo.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. ponorogo,
Jawa timur
INDONESIA
ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
ISSN : 25987496     EISSN : 25990578     DOI : -
Core Subject : Economy,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2018): Oktober" : 10 Documents clear
ANALISIS ELEMEN-ELEMEN FRAUD PENTAGON SEBAGAI DETERMINAN FRAUDULENT FINANCIAL REPORTING (Studi Pada Perusahaan Property dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016) Amira Bayagub; Khusnatul Zulfa Wafirotin; Ardyan Firdausi Mustoffa
ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2018): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (658.551 KB) | DOI: 10.24269/iso.v2i2.184

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh externalnpressure, institusionalnownership, financialnstability, kualitas auditorneksternal, change innauditor, perubahanndireksi dan frequentnnumber of CEO’snpicture terhadap fraudulentnfinancial reportingnpada perusahaan property dannreal estate yang terdaftar dinBursa EfeknIndonesia periode 2014-2016. Datanyang digunakan darinpenelitian ininadalah data sekundernyang bersumber darinlaporan keuangan dan laporanntahunan perusahaan yangndiakses melalui website resmi IDX (www.idx.com). Metode analisis data yang digunakan adalah analisisnregresi berganda menggunakan SPSS versi 2.0. Teknik pengambilan sampelndalam penelitian ininadalah purposivensampling dan diperoleh sampel sebanyak 41 dari 58 perusahaan propertyndan real estate periode 2014-2016. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa externalnpressure berpengaruh terhadapnfraudulent financialnreporting. Hipotesis kedua institusionalnownership tidak berpengaruh terhadap fraudulent financialnreporting. Hipotesis ketiga financialnstability tidak berpengaruh terhadap fraudulent financialnreporting. Hipotesis keempat kualitas auditorneksternal tidak berpengaruh terhadap fraudulentnfinancial reporting. Hipotesis kelima change innauditor tidak berpengaruh terhadap fraudulent financialnreporting. Hipotesis keenam perubahanndireksi berpengaruh terhadap fraudulentnfinancial reporting. Hipotesis ketujuh frequentnnumber of CEO’snpicture tidak berpengaruh terhadapnfraudulent financialnreporting. Pengujian secara simultan menunjukkan externalnpressure, institusionalnownership, financialnstability, kualitas auditor eksternal, change innauditor, perubahanndireksi, dan frequentnnumber of CEO’snpicture berpengaruh terhadap fraudulentnfinancial reporting  . 
PENGARUHVPENYAJIANVLAPORANVKEUANGANVDANVAKSESIBILITAS LAPORANVKEUANGANVTERHADAPVAKUNTABILITASVPENGELOLAAN KEUANGAN KABUPATENVPONOROGO Septa Purwaningrum; arif hartono; Ika Farida Ulfah
ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2018): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (523.793 KB) | DOI: 10.24269/iso.v2i2.192

Abstract

FenomenaVyangVdapatVdiamatiVdalamVperkembanganVsektorVpublikVdewasaVini adalah semakin menguatnya tuntutan pelaksanaan akuntabilitas public oleh organisasi sector publik,  terkait dengan perlunya dilakukan transparansi dan pemberian informasi kepadaVpublikVdalamVrangkaVpemenuhanVhak-hakVpublik. VAkuntabilitasVpublik men-cakupVpenyajianVlaporanVkeuanganVdanVlaporanVyangVsecaraVlangsungVtersediaVdan dapatVdiaksesVolehVpihak-pihakVyangVmenggunakanVinformasiVkeuangan. VPenelitianVini bertujuanVuntukVmengujiVpengaruhVpenyajianVlaporanVkeuanganVdan aksesibilitas laporan keuanganVterhadapVakuntabilitasVpengelolaanVkeuanganVKabupatenVPonorogoVbaik secara parsialVdanVsimultan. VDataVyangVdigunakanVadalahVdataVprimerVdenganVmenyebar kuesioner. VJenisVpenelitianViniVadalahVpenelitianVkuantitatif. VPenelitian ini menggunakan metodeVanalisisVregresiVlinierVbergandaVdenganValatVujiVanalisisVSPSS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan pada SKPD Se Kab. Ponorogo,  sampelVdalamVpenelitianViniVsebanyakV125 karyawan. VTeknikVpengambilan sampelVmenggunakanVmetodeVpurposiveVsampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyajian laporan keuangan (X1) berpengaruh positif signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah. Aksesibilitas laporan keuangan (X2) berpengaruh signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan. Penyajian laporan keuangan dan aksesibilitas laporan keuangan secara simultan atau secara bersama-sama berpengaruh terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan.
PENGARUH PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL, WORD OF MOUTH, DAN DAYA TARIK WISTA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN OBYEK WISATA GUNUNG BERUK KARANGPATIHAN BALONG Anis Setiyorini; Umi farida; Naning Kristiyana
ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2018): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (397.129 KB) | DOI: 10.24269/iso.v2i2.185

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi melalui media sosial , word of mouth, dan daya tarik wisata terhadap keputusan berkunjung wisatawan obyek wisata Gunung Beruk Karangpatihan balong. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wisatawan yang berkunjung pada bulan April 2018. Ukuran sampel yaitu sebanyak 100 responden, teknik penarikan sampel adalah dengan simple random sampling. Jenis data yang digunakan bersumber dari data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisoner, wawancara, dan observasi.Teknik yang digunakan untuk menganalisa adalah teknik analisa regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa promosi melalui media sosial (X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung, word of mouth (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung, dan daya tarik wisata (X3) berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung. 
ANALYSIS OF PRICING STRATEGY AND PRODUCT INNOVATION IN INCREASING SALES (CASE STUDY ON DYMAS KULIT MAGETAN) Luluk Nadiroh; Titi Rapini; Umi Farida
ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2018): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (385.8 KB) | DOI: 10.24269/iso.v2i2.193

Abstract

Perusahaan Dymas Kulit merupakan perusahaan yang membuat usaha kerajinan kulit seperti halnya sepatu dan sandal. Perusahaan ini berlokasi di Jl. Imam Bonjol Magetan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Pengumpulan data dengan menggumpulkan data aktual yang relevan atau dua sumber data primer ataupun sekunder yang melalui observasi dan wawancara diperusahaan Dymas Kulit. Hasil penelitian menujukkan bahwa Strategi yang digunakan perusahaan Dymas Kulit dalam menetapkan Strategi Harga ada tiga yaitu: Strategi Harga Rendah, Strategi Harga Diskon, Strategi Harga Cuci Gudang.Strategi Inovasi produk yang digunakan perusahaan Dymas Kulit ada dua yaitu: Inovasi bertahap, Inovasi produk. Hambatan-hambatan perusahaan melakukan inovasi itudiantaranya:1. Biaya yang digunakan untuk berinovasi sangat tinggi, 2. Kurangnya ide yang kreatif, 3. Karyawan yang inovatiftidakmemadai. Target pasar yang dibidik oleh Dymas Kulit yaitu Mayarakat menengah kebawah seperti Pegawai Perempuan, Pelajar dan masyarakat umum lainnya
PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, LEVERAGE, TIPE INDUSTRI, DAN UKURAN DEWAN KOMISARIS TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2016) Fera Susilowati; Khusnatul Zulfa Wafirotin; Arif Hartono
ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2018): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1033.085 KB) | DOI: 10.24269/iso.v2i2.186

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, tipe industri, dan ukuran dewan komisaris terhadap corporate social responsibility disclosure pada perusahaan sektor industry barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2016. Data yang digunakan dari penelitian ini adalah data sekunder yang bersumber dari laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan yang diakses melalui website resmi IDX (www.idx.com). Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda menggunakan SPSS versi 2.0. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 21 dari 37 perusahaan sektor industri barang konsumsi periode 2013-2016. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap corporate social responsibility disclosure. Hal ini berarti besar kecilnya ukuran perusahaan tidak mempengaruhi pengungkapan CSR perusahaan. Hipotesis ke dua profitabilitas tidak berpengaruh terhadap corporate social resposibility disclosure. Hal ini disebabkan tinggi rendahnya profitabilitas yang diperoleh perusahaan tidak mempengaruhi tinggi rendahnya pengungkapan CSR. hipotesis ketiga leverage berpengaruh negatif terhadap corporate social responsibility disclosure, dikarenakan pengungkapan CSR merupakan bukti kepedulian perusahaan terhadap lingkungan tanpa bergantung pada tinggi rendahnya hutang perusahaan. Hipotesis ke empat tipe industri berpengaruh positif terhadap corporate social responsibility, dikarenakan perusahaan dengan tipe high profile lebih banyak mendapatkan sorotan dari masyarakat. Pengungkapan CSR dilakukan sebagai tanggungjawab perusahaan kepada masyarakat. Hipotesis ke lima ukuran dewan komisaris berpengaruh positif terhadap corporate social responsibility disclosure, karena dari hasil data yang diteliti semakin banyak jumlah anggota dewan komisaris maka semakin mudah untuk mengawasi kinerja dewan direksi dalam hal pelaporan informasi perusahaan baik informasi keuangan maupun informasi aktivitas sosial perusahaan. Pengujian secara simultan menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage, tipe industri dan ukuran dewan komisaris berpengaruh positif terhadap corporate social responsibility disclosure.
PENGARUH EXPERIENTAL MARKETING,KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN WARDAH PADA MAHASISWI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO Aprilia Widya Kurniawati; Hadi Sumarsono; Umi Farida
ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2018): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (718.495 KB) | DOI: 10.24269/iso.v2i2.194

Abstract

Manusia pada hakikatnya memiliki banyak kebutuhan untuk menjaga kelangsungan hidupya, salah satunya kosmetik yang merupakan kebutuhan wanita, hal tersebut akan menciptakan potensi pasar yang sangat besar di industri kosmetik, konsumen dalam melakukan pembelian produk biasanya melihat kualitas produk, dan citra mereknya. PT Paragon Technologi and Innovation adalah salah satu perusahaan yang memproduksi kosmetik. Dilihat dari data top brand penjualan kosmetik wardah selalu mengalami pertumbuhan setiap tahunnya, pertumbuhan pada tahun 2014 13,0%, tahun 2015 14,9% dan tahun 2016 naik 15,5% dapat diketahui kenaikan pada tahun 2014 ke tahun 2015 lebih tinggi dibandingkan kenaikan pada tahun 2015 ke 2016. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh  Experiental Marketing,kualitas produk, citra merek terhadap Loyalitas Konsumen Wardah pada Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Ponorogo tahun akademik ganjil  2017/2018 yang menggunakan produk kecantikan Wardah yang berjumlah 3112. Sampel dihitung menggunakan rumus Simple rondom sampling sebanyak 130 responden. Metode analisis data penelitian ini menggunakan Regresi Linier Berganda dengan tingkat signifikan sebesar 5%.”Hasil penelitian menunjukkan bahwa experiental marketing dan kualitas produk berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen tetapi citra merek tidak berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Simpulan dari penelitian ini adalah konsumen dalam membeli sebuah produk tidak hanya melihat citra merek  karena menurut mereka tidak semua konsumen beranggapan wardah mempunyai reputasi yang bai,dan juga desain  yang menarik sehingga konsumen menilai bahwa membeli produk wardah tidak bedasarkan citra merek, dan experiental marketing dan kualitas produk merupakan salah satu penentu loyalitas konsumen karena fitur experiental marketing yaang baik, dan kualitas produk “yang bagus akan menciptakan loyalitas konsumen, jadi semakin tinggi experiental marketing dan kualitas produk yang dimiliki  maka akan meningkatkan loyalitas konsumen.
PENGARUH PROFITABILITAS DAN LIKUIDITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013-2016 lisa Murniati; Titi Rapini; Hadi Sumarsono
ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2018): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (446.446 KB) | DOI: 10.24269/iso.v2i2.187

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas dan likuiditas terhadap nilai perusahaan dengan corporate social responsibility.Data yang digunakan dari penelitian ini adalah data sekunder yang bersumber dari laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan yang diakses melalui website www.idx.co.id. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier dan uji analisis jalur.Dalam menganalisis data peneliti menggunakan SPSS versi 19.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 55 perusahaan manufaktur tahun 2013-2016.Tahapan pengujian dalam penelitian ini meliputi statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan uji analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Dari uji analisis regresi linier:  a) Profitabilitas mempunyai pengaruh terhadap corporate social responsibility. b) Likuiditas tidak berpengaruh terhadap corporate social responsibility. c) Profitabilitas mempunyai pengaruh terhadap nilai perusahaan. d) Likuiditas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. e) Corporate social responsibility tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. 2. Dari uji analisis jalur: Corporate social responsibility tidak dapat mempengaruhi hubungan antara variabel profitabilitas terhadap nilai perusahaan dan hubungan antara likuiditas terhadap nilai perusahaan.
ANALISIS PENGARUH DAYA TARIK, KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BERKUNJUNG ULANG PENGUNJUNG YANG BERKUNJUNG DI MOJOSEMI FOREST PARK KABUPATEN MAGETAN DENGAN KEPUASAN PENGUNJUNG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING sulastri sulastri; Titi Rapini; Naning Kristiyana
ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2018): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/iso.v2i2.196

Abstract

Penelitianaini bertujuan untuk menganalisis pengaruh daya  tarik wisata, kualitas pelayanan kepuasan pengunjung terhadap minat berkunjung ulang pengunjung di Mojosemi Forest Park Kabupaten Magetan dengan kepuasan pengunjung sebagai variabel intervening Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan SPSS untuk menguji hipotesis. Populasi popenelitiaN adalah pengunjung.,mMojosemi Forest Park di Magetan yang pernah berkunjung. Sampel sebanyak 94 responden. Teknik pengambilan data dengan menggunakan wawancara kuisioner dan observasi. Metode analisis data dari  penelitian ini menggunakan analisis ..path, dan uji t. Hasil analisis path penelitian menyimpulkan bahwa pengaruh langsung lebih besar. Menyatakan bahwa daya tarik memediasi antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung. Hal ini menunjukkan bahwa daya tarik berpengaruh positif antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung yang berkunjung ke Mojosemi Forest Park di Magetan
PENTINGNYA PENERAPAN MODEL SERVICE QUALITY (SERVQUAL) DALAM PERBAIKAN KUALITAS LAYANAN JASA PENGIRIMAN BARANG PADA KANTOR POS PONOROGO Nikita Irani Prima; Sujiono sujiono; Hadi Sumarsono
ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2018): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (668.23 KB) | DOI: 10.24269/iso.v2i2.190

Abstract

Persaingan antar industri jasa semakin ketat terutama di era digital sekarang ini. Kantor Pos Ponorogo sebagai salah satu perusahaan BUMN dalam bidang jasa logistik pengiriman barang harus bisa menjaga dan meningkatkan kualitas layanannya agar dapat mengatasi persaingan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan usulan yang lebih subyektif dengan cara melakukan pengukuran indikator masalah pelayanan jasa pengiriman barang menggunakan model servqual dan menganalisis aktivitas perusahaan yang harus diperbaiki dalam pelayanan jasa pengiriman barang di kantor pos Ponorogo dengan teori rantai nilai (value chain). Berdasarkan hasil pengukuran menggunakan model servqual dan analisis aktivitas menggunakan teori value chain perusahaan dapat meningkatkan daya saing dengan mengurangi masalah dalam hal pelayanan dan aktivitas perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan nilai rata-rata servqual gap 5 paling besar yaitu -1,88 pada dimensi reliability yang artinya tidak sesuai dengan harapan pelanggan sedangkan dari analisis menggunakan teori value chain dapat diketahui bahwa aktivitas primer pada indikator service di kantor Pos Ponorogo memerlukan perbaikan.
PENEKANAN ANGGARAN, KAPASITAS INDIVIDU DAN GROUP COHESIVENESS TERHADAP KECENDERUNGAN MENCIPTAKAN BUDGATARY SLACK PADA ORGANISASI SEKTOR PUBLIK (Studi Empiris Pada Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Wonogiri) Selly Oberty Dany; Dwiati Marsiwi; Ika Farida Ulfah
ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 2, No 2 (2018): Oktober
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (654.88 KB) | DOI: 10.24269/iso.v2i2.191

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penekanan anggaran, kapasitas individu dan group cohesiveness terhadap kecenderungan menciptakan budgetary slack pada organisasi sektor publik. Penelitian ini dilakukan pada Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Wonogiri. Populasi dalam penelitian ini adalah OPD Kabupaten Wonogiri. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner yang disebar di 28 OPD kabupaten Wonogiri. Tiap-tiap OPD adalah 4 responden dengan total 112 eksampler. Penentuan sampel yang dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Sampel yang dipilih yaitu pihak-pihak yang ikut berpartisipasi dalam penyusunan program kegiatan anggaran yang meliputi seluruh OPD, kecuali Kecamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis pertama penekanan anggaran, berpengaruh positif dan signifikan terhadap budgetary slack. Hipotesis kedua kapasitas individu berpengaruh positif dan signifikan terhadap positif dan signifikan terhadap budgetary slack. Hipotesis ketiga group cohesiveness berengaruh positif dan signifikan terhadap budgetary slack. Hipotesis keempat secara simultan menunjukkan bahwa ketiga variabel yaitu, penekanan anggaran, kapasitas individu, dan group cohesiveness berpengaruh signifikan terhadap budgetary slack.

Page 1 of 1 | Total Record : 10