cover
Contact Name
Muhammad Agreindra Helmiawan
Contact Email
agreindra@stmik-sumedang.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
lppm@stmik-sumedang.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. sumedang,
Jawa barat
INDONESIA
Infoman's
ISSN : 19783310     EISSN : 26153467     DOI : -
Core Subject : Science,
Infoman's Journal is a scientific journal published by the STMIK Sumedang. This journal contains scientific papers from Academics, Researchers, and Practitioners about research on informatics.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 4 No 1 (2010): Infoman's" : 5 Documents clear
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KONTRAK BERBASIS OBJEK DI BAGIAN PERENCANAAN DAN ADMINISTRASI KONTRAK PT. PLN J&P (PERSERO) – UNIT PRODUKSI CITARUM Surya, Budi Widarsa
Infoman's Vol 4 No 1 (2010): Infoman's
Publisher : STMIK Sumedang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33481/infomans.v4i1.144

Abstract

Fungsi teknologi informasi (TI) akan semakin terasa manakala TI menjadi suatu solusi, ataupun menjadi alat pembantu yang dapat meringankan beban kerja manusia, dikala otak dan pikiran yang mempunyai keterbatasan sudah tidak dapat lagi mengerjakan pekerjaan yang banyak, monoton, butuh kecepatan, maupun butuh kecermatan berhitung. Mesin seperti halnya computer, dianggap dapat menanggulangi keterbatasan-keterbatasan tersebut. Disinilah nilai tambahnya, yang mengakibatkan TI menjadi tren untuk mempermudah dan mempercepat suatu pekerjaan. Penelitian ini membahas tentang Perancangan Sistem Informasi Administrasi Kontrak berbasis Objek di Bagian Perencanaan dan Administrasi Kontrak PT. PLN J&P (Persero) – Unit Produksi Citarum. Struktur penulisannya merupakan hasil modifikasi template Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak (gl01) milik Institut Teknologi Bandung (ITB), diharapkan akan lebih memperjelas struktur penulisan penelitian ini. Sistem informasi administrasi kontrak, mencatat keterhubungan antar surat masuk dan surat keluar sehingga didapat keterhubungan atau kesinambungan pekerjaan dari awal sampai dengan akhir, yaitu yang diawali dengan surat penawaran kerja sampai dengan keluarnya surat perintah kerja. Surat lain yang tidak terdapat keterhubungan tidak akan diproses untuk lebih lanjut, jadi hanya sebatas pencatatan saja. Namun pada administrasi kontrak, selain mencatat keterhubungan antar surat, didapati pula perhitungan pendapatan suatu pekerjaan sehingga fungsi monitoring dan evaluasi dapat terealisasi. Perancangan sistem dilakukan dengan pendekatan objek, meskipun pada implementasi masih menggunakan bahasa yang belum berbasis objek murni. Dalam persuratan, arsip fisik tidak dapat dihilangkan atau harus tetap ada karena merupakan bukti otentik yang sah. Jadi fungsi digitalisasi hanya sebatas kemudahan, kecepatan, dan ketepatan atau kecermatan, dan kesemuanya tidak terlepas dari kecekatan user dalam mengarsipkan manual dan digital
SISTEM PENCARIAN KRITERIA PENERIMA BEASISWA MENGGUNAKAN BASIS DATA FUZZY (Studi Kasus pada STMIK Sumedang) Herdiana, Dody; Suryadi, Mulya
Infoman's Vol 4 No 1 (2010): Infoman's
Publisher : STMIK Sumedang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33481/infomans.v4i1.146

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah sistem fuzzy yang bertujuan melakukan manipulasi data-data dalam pencarian kandidat mahasiswa yang layak mendapatkan beasiswa berdasarkan data-data yang dapat diberikan secara linguistik. Data-data direpresentasikan dengan menggunakan himpunan fuzzy linear turun, linear naik dan segitiga. Proses pencarian data-data didasarkan pada konsep basis data fuzzy model Tahani, dengan menggunakan pendekatan query fuzzy. Sistem ini dibangun menggunakan teori himpunan fuzzy dengan pendekatan terstruktur. Hasil penelitian ini, dapat digunakan dalam mencari kandidat mahasiswa penerima beasiswa sekaligus mendapatkan informasi mengenai perkembangan akademik dan keadaan sosial mahasiswa tersebut.
PENGARUH KEMAMPUAN PERSONAL DINAS PERINDUSTRIAN, PERDAGANGAN KOPERASI DAN PENANAMAN MODAL TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PENERBITAN IJIN BADAN HUKUM KOPERASI DI SUKABUMI Laksana, Fajar
Infoman's Vol 4 No 1 (2010): Infoman's
Publisher : STMIK Sumedang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33481/infomans.v4i1.147

Abstract

Masalah yang ditanyakan dalam penelitian ini yaitu : 1).Bagaimanakah pengaruh sikap pegawai (employee attitudes) terhadap kualitas pelayanan penerbitan ijin koperasi di Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi dan Penanaman Modal Sukabumi ? 2).Bagaimanakah pengaruh perilaku pegawai (employee behavior) terhadap kualitas pelayanan penerbitan ijin pendirian koperasi di Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi dan Penanaman Modal Sukabumi ?. 3).Bagaimanakah pengaruh keahlian pegawai (employee expertise) terhadap kualitas pelayanan penerbitan ijin koperasi di Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi dan Penanaman Modal Sukabumi ?. Dari masalah tersebut kemudian dirumuskan hipotesis yaitu ; 1). Terdapat pengaruh yang signifikan dari sikap pegawai terhadap kualitas pelayanan pemberian ijin koperasi .2).Terdapat pengaruh yang signifikan dari perilaku pegawai terhadap kualitas pelayanan pemberian ijin koperasi. 3).Terdapat pengaruh yang signifikan dari keahlian pegawai terhadap kualitas pelayanan pemberian ijin koperasi. Untuk menjawan masalah dan menguji hipotesis penelitian maka dilakukan penelitian dengan menggunakan metode survei, dan populasinya yaitu masyarakat yang mengajukan ijin badan hokum koperasi sebanyak 40 orang, karena sangat kecil populasinya kurang dari 100, maka tidak diambil sample. Dan semua populasi sebagai responden penelitian kemudian di survei untuk dapat menjawab masalah penelitian dan menguji hipotesis yang telah dirumuskan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasilnya yaitu ; 1). Terbukti bahwa Sikap Pegawai (Attitude) mempunyai pengaruh yang kuat terhadap Kualitas Pelayanan pada Dinas Koperasi Kota Sukabumi, hal ini ditunjukkan dari hasil analisa regresi dimana nilai koefesien regresi sebesar 0.435172498. 2). Terbukti bahwa Perilaku Pegawai (Behaviour) mempunyai pengaruh yang kuat terhadap Kualitas Pelayanan pada Dinas Koperasi Kota Sukabumi, hal ini ditunjukkan dari hasil analisa regresi dimana nilai koefesien regresi sebesar 0.368808623. 3).Terbukti bahwa Keahlian Pegawai (Expertise) mempunyai pengaruh yang kuat terhadap Kualitas Pelayanan pada Dinas Koperasi Kota Sukabumi, hal ini ditunjukkan dari hasil analisa regresi dimana nilai koefesien regresi sebesar 0.450330593.
PENGUKURAN KINERJA SISTEM INFORMASI AKADEMIK DENGAN MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA COBIT 4.1 Komala, Iyat Ratna
Infoman's Vol 4 No 1 (2010): Infoman's
Publisher : STMIK Sumedang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33481/infomans.v4i1.148

Abstract

Saat ini pengukuran kinerja sangat diperlukan untuk institusi yang sudah menggunakan teknologi informasi, hal ini dimaksudkan untuk menilai sejauh mana efektifitas dan efisiensi TI agar mendukung tujuan institusi. COBIT merupakan salah satu kerangka kerja yang digunakan untuk menilai, mengukur dan mengendalikan kinerja institusi dalam pengelolaan SI / TI. Penulis mengunakan COBIT versi 4.1 (Control Objective for Information and Related Technology) pada domain Planning organization. COBIT ini dibuat dan distandarisasikan oleh IT Governance, yaitu suatu institusi yang membuat model tata kelola TI. Ada 3 pedoman manajemen yang digunakan oleh Penulis yaitu CSF(Critical Success Factors), KPI (Key Performance Indicators) dan KGI (Key Goal Indicators). Hasil dari kajian yang dilakukan adalah membuat pengukuran kinerja Sistem informasi akademik (SIA) berupa analisa, pemetaan level maturity dan rekomendasi bagi STMIK Sumedang, yang diharapkan dapat menjadi suatu model pengelolaan untuk institusi lain.
KEBERPERANAN KOMPENSASI DAN MOTIF BERPRESTASI DALAM PENINGKATAN KINERJA DOSEN (Studi Analitik Terhadap Dosen di Perguruan Tinggi Ilmu pendidikan ) Mulyana, Yusep
Infoman's Vol 4 No 1 (2010): Infoman's
Publisher : STMIK Sumedang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33481/infomans.v4i1.151

Abstract

Lecturer duty have very strategic role and function in supporting the of reaching purpose of higher education, because of lecturer participation related to development of quality assurance in each management of higher education, therefore, development of High Teacher require management functioning send lecturer reach optimal performance, with quality either from the profession and also rank career facet.Firstly, Based on research finding is recommended some thingses, for example compensation which given require to be evaluated to can be adapted growth of increase of price of requirement of the family and lecturer, to increase compensation side achievement motif which received also require to give opportunity to lecturer for developing the creativity and ability in executing the management study and construction from various party sides, thereby enable reached by better lecturer performance. (lecturer participation related to development of quality assurance in each management of higher education)

Page 1 of 1 | Total Record : 5