cover
Contact Name
Fiki Alghadari
Contact Email
lppm@stkipkusumanegara.ac.id
Phone
+6281949266491
Journal Mail Official
lppm@stkipkusumanegara.ac.id
Editorial Address
Lambaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STKIP Kusuma Negara Jakarta Jalan Raya Bogor KM.24 Cijantung, Jakarta Timur, 13770 Telp: (021) 87791773 E-mail: lppm@stkipkusumanegara.ac.id
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara
Published by STKIP Kusuma Negara
ISSN : 20857144     EISSN : 26230380     DOI : 10.37640/jip
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara is a multi-disciplinary national academic publication with internet access followed by peers qualified to disseminate state of the art knowledge in education, teaching development, instructional projects and inventions, learning methodologies, and new technologies in the field of education. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara is a scientific journal containing and disseminating research findings, in-depth study, and innovative ideas in the field of education. Teacher and lecturer innovation in educational sector development can make a positive contribution to schools and educational institutions. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara is published periodically (twice a year in January and July) by Research and Community Services in STKIP Kusuma Negara, with a total of 10 articles published every time (20 articles annually). The scope of this journal is: 1) English Education; 2) Civic Education; 3) Mathematics Education; 4) Science Education; 5) Early Childhood Education; 6) Primary Education; 7) Physical Education; 8) Any Education subject areas.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 12 No 1 (2020): Sinergi antar Elemen Pendidikan" : 10 Documents clear
Peranan Kepala Sekolah dalam Menumbuhkan Sikap Demokrasi Guru di SDN Mekarjaya 31 Depok Ismail Akbar Brahma
Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Vol 12 No 1 (2020): Sinergi antar Elemen Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37640/jip.v12i1.169

Abstract

Peran kepala sekolah sebagai pimpinan tentunya memiliki pengaruh yang besar dalam menumbuhkan sikap demokrasi di sekolah. Dampaknya adalah terhadap sikap guru pada peserta didik dan lingkungan sekitar dan tentunya sangat dibutuhkan sebagai tenaga profesi kependidikan. Oleh karena itu, studi ini dilakukan untuk tujuan mengetahui peranan kepala sekolah dalam menumbuhkan sikap demokrasi guru. Penelitian ini dilakukan di SDN Mekarjaya Depok dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Teknik analisis datanya dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini antara lain:  1) peran kepala sekolah dapat dijadikan teladan bagi para guru dalam menumbuhkan sikap demokrasi, hal ini dapat dilihat dari gaya kempemimpinan demokrasi yang dilihat dari tindakan kepala sekolah dalam memahami segala perbedaan yang ada antar guru, karyawan dan warga sekolah, selalu berdialog dalam menyelesaikan permasalahan dan menjaga hubungan yang baik antar guru; 2) sikap demokrasi  guru dapat ditunjukkan dari sikap guru pada saat mengajar di dalam kelas, mengambil keputusan serta menjaga hubungan kerjasama yang baik dengan orang tua murid, serta menghargai hak asasi individu.
Kompetensi Profesional bagi Seorang Guru dalam Manajemen Kelas Sudjoko S
Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Vol 12 No 1 (2020): Sinergi antar Elemen Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37640/jip.v12i1.202

Abstract

For a profesional teacher should master a class-management, especially, knows about the management functions. There are as follows; planning, directing, acting, organizing and controlling. Planning consists of curriculum, educational callender, learning schedule, semester program, and lesson plan, and they are mastered by a profesional teacher. Learning directing should succeed and pass a scoring target, mastering all of materials, learning methods, strategy and learning approaches. After finishing all of learning and teaching processes, then it is to evaluate and analysis to make a good program on the other time. The objective of this research is how to improve compentence teacher in classes management by using discussing method in this research. The research method uses of the classroom action research; it concists of two cycles, and each cycle uses four steps. They are planing, acting, actuating and reflecting.
Studi Perbandingan Proses Penerimaan Mahasiswa Baru di Universitas Hasyim Asyari Tebuireng Jombang antara Teknik Komunikasi Online dengan Komunikasi Interpersonal Tahun Akademik 2019/2020 Siti Fatimah; Redi Panuju
Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Vol 12 No 1 (2020): Sinergi antar Elemen Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37640/jip.v12i1.217

Abstract

Penelitian ini mengambil judul Studi Banding Proses Penerimaan Mahasiswa Baru di Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang Antara Komunikasi Online dan Komunikasi Interpersonal Tahun Akademik 2019/2020. Peneliti bermaksud untuk mengetahui implementasi dan perbandingan antara teknik komunikasi online dan komunikasi interpersonal terhadap layanan penerimaan siswa baru. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif termasuk analisis deskriptif dengan purposive sampling. Subjek penelitian adalah pendaftar mahasiswa baru Universitas Hasyim Asyari pada tahun akademik 2019/2020 dari 1.345 pelamar untuk Angkatan I, II, III dan IV. Para peneliti mengambil 30 informan untuk melakukan wawancara. 10 informan dari pelamar melalui komunikasi online, 10 dari pelamar melalui komunikasi interpersonal dan 10 dari petugas layanan dan komite Penerimaan Mahasiswa Baru. Hasil dari penelitian menunjukkan pelayanan penerimaan mahasiswa baru melalui pendaftaran komunikasi online mengalami kendala (miskomunikasi) dalam melakukan pendaftaran sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk menunggu konfirmasi dari petugas pelayanan. Sedangkan penaftaran melalui komunikasi interpersonal tidak terdapat kendala , proses pendaftaran cepat dan informasi yang didapatkan lebih jelas karena bertatapmuka secara langsung dengan petugas pelayanan. Meski terdapat kendala pada pendafataran melalui online universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang harus tetap meningkatkan sistem pelayanan Penerimaan Mahasiswa Baru.
Kompetensi Taruna dalam Melaksanakan Pembelajaran Online: Studi Kasus di Politeknik Ilmu Pemasyarakatan Risyal Hardiyanto Hidayat
Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Vol 12 No 1 (2020): Sinergi antar Elemen Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37640/jip.v12i1.269

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan pelaksaanaan pembelajaran online yang ditinjau dari kompetensi taruna Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) angkatan 52 prodi manajemen pemasyarakatan kelas B. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan populasi seluruh taruna Poltekip angkatan 52 prodi manajemen pemasyarakatan kelas B. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan studi pustaka. Pengujian validitas dilakukan dengan menggunakan koefisien korelasi product moment dari pearson yang pelaksanaannya menggunakan fasilitas komputer program SPSS for Windows versi 21. Uji reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan pendekatan satu kali pengukuran (Single Trial Administration) dengan menggunakan rumus koefesien Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan kompetensi taruna, sangat berkompeten dalam melaksanakan pembelajaran online, dilihat dari indikator-indikatornya yaitu knowladge, skill dan attitude.
Think Pair Share Technique to Promote Students' Reading Comprehension Retno Dwigustini; Jenika Widiya
Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Vol 12 No 1 (2020): Sinergi antar Elemen Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37640/jip.v12i1.270

Abstract

The objective of the research is to promote students’ reading comprehension through Think Pair Share technique. The present research employed qualitative approach with Classroom Action Research (CAR) method. The participants involved were one class of seventh graders consisting of 22 students. The research was conducted in three cycles. Observation, test and interview were used to collect the data. The result revealed that 1) students’ score of reading comprehension  increases after the implementation of Think Pair Share technique (in cycle I, only 36% students passed the passing grade, in cycle II 73% of them passed the passing grade, and in cycle III, 100% students passed the passing grade; and 2) students’ motivation and learning excitement improve. The findings lead to a conclusion that this technique can promote students’ reading comprehension. It is then recommended for English teachers to keep using this technique as a solution to assist them in teaching reading comprehension and to motivate their students to be more active in learning.
Penerapan Model Inkuiri Sosial terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar Dini Widya Astuti
Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Vol 12 No 1 (2020): Sinergi antar Elemen Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37640/jip.v12i1.271

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui adakah perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan penerapan model Inkuiri sosial pada mata pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri Pakulonan 01 Kota Tangerang Selatan. Metode Penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen, dengan desain penelitian yang digunakan berbentuk Nonequivalent Control Grup Design. Sampel yang diteliti adalah peserta didik kelas IVA sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 orang peserta didik dan  kelas IVB sebagai kelas kontrol yang berjumlah  25 peserta. Teknik analisis pada penelitian ini adalah Uji beda dua rata-rata dengan Uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung sebesar 4,5814 dan ttabel 2,0106. Dengan demikian memenuhi kriteria pengujian thitung > ttabel pada taraf signifikan 5%. Kesimpulannya terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan penerapan model inkuiri sosial peserta didik kelas IV Sekolah dasar pada mata pelajaran IPS, pada materi: (1) kegiatan ekonomi produksi, distribusi dan konsumsi; (2) jenis-jenis pekerjaan yang berhubungan dengan corak kehidupan masyarakat sekitar; dan (3) jenis-jenis pekerjaan menghasilkan barang dan jasa.
The Effectiveness of the Application of the Kumon-Based English Learning Model to Improve Student Reading Ability Oktariyani O; Oktariyana O
Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Vol 12 No 1 (2020): Sinergi antar Elemen Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37640/jip.v12i1.274

Abstract

The purpose of this study was to determine the effectiveness of the application of Kumon-based English reading learning models compared with conventional methods of English reading skills of PGSD students and Management classes at Trilogy University 2018/2019 school year. This study uses a post-test-only control group design. The focus under study is the process and learning outcomes of students' reading comprehension (cognitive) results. This research uses documentation, observation, and test data collection techniques and analyzed with percentage descriptive techniques, and statistical tests. The ability of experimental class students viewed from the overall learning process is more capable (73.3%) compared to the control class (70%). Based on the percentage of students' post-test results, the control class obtained a percentage of (86.9%) in the excellent category, while in the control class the percentage of post-test scores was (68.33%) in the sufficient category. Thus the Kumon-based learning model is effective in improving students' reading ability in English both in terms of process and results compared to conventional methods.
Analisis Soal Ulangan Harian Matematika Kelas IX SMP Negeri 1 Toboali Eka Rachma Kurniasi; Yopa Y; Frisyeila Karennisa
Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Vol 12 No 1 (2020): Sinergi antar Elemen Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37640/jip.v12i1.276

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan matematis dan kualitas butir soal ulangan harian soal matematika kelas IX SMP Negeri 1 Toboali tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 36 siswa kelas IX SMP Negeri 1 Toboali tahun ajaran 2019/2020. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar wawancara, soal ulangan harian matematika yang berbentuk essai, lembar validasi ahli. Butir soal dianalisis kualitas butir soal menggunakan Microsoft Office Excel 2016. Hasil yang didapat soal ulangan harian berdasarkan kemampuan matematis terdiri atas pemahaman konsep, komunikasi matematis, penalaran matematis, dan pemecahan masalah matematis. Adapun kualitas butir soal adalah: 1) berdasarkan kriteria tingkat kesukaran diperoleh soal pemahaman konsep berada ditingkat mudah, soal komunikasi matematis berada ditingkat sedang, soal penalaran matematis berada ditingkat sedang, dan soal pemecahan masalah matematis berada ditingkat sukar; 2) berdasarkan kriteria daya pembeda diperoleh soal pemahaman konsep dan komunikasi matematis berdaya beda cukup, soal penalaran matematis berdaya beda baik, dan soal pemecahan masalah matematis berdaya beda sangat baik.
Krisis Asia, Kapitalisme dan Negara Kesejahteraan (Tinjauan Analisis Kapitalisme Korea Selatan) Herinto Sidik Iriansyah
Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Vol 12 No 1 (2020): Sinergi antar Elemen Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37640/jip.v12i1.277

Abstract

Krisis keuangan Asia dimulai pada tahun 1997 dengan ditandai jatuhnya nilai mata uang Thailand (Bath), pada awalnya krisis mata uang kemudian diikuti dengan krisis keuangan pada lembaga-lembaga keuangan non bank yang harus ditutup karena bangkrut. Krisis ekonomi tersebut diikuti dan menjalar ke Korea Selatan, Malaysia, Indonesia, Filipina, Singapura dan negara-negara Asia lainnya. Lembaga-lembaga Internasional bereaksi membantu krisis Asia yang pada awalnya The International Monetary Fund (IMF) setelah diminta bantuan oleh negara-negara Asia memberikan bantuan. Banyak analisis yang diberikan para pakar keuangan, ekonomi dan politik, salah satunya adalah Weiss dan Hobson yang bersangkutan menganalisis bahwa krisis ekonomi Asia penampakan Dua Wajah yakni; wajah eksternal yang berada di wilayah Deep Crisis dan wajah external berada di wilayah ordinary crysis, sedangkan krisis tersebut terjadi dari peran aktor-aktor internasional baik state maupun non state actor. Pendekatan kebijakan sosial yang diterapkan melakukan langkah-langkah welfare state, dengan program-program kesejahteraan yang dijalankan oleh Korea Selatan meliputi reformasi dibidang tenaga kerja, pasar dan keuangan, BUMN dan kebijakan sosial yang aktif untuk memberikan jaminan sosial bagi pengangguran atau bagi mereka yang menjadi miskin di masa reformasi ekonomi nasional. Weiss dan Hobson menyimpulkan bahwa kapitalisme terpimpin (state guided capitalism) merupakan salah satu penyebab terjadinya krisis Asia.
Internalisasi Nilai Disiplin melalui “Perencanaan” Orang Tua dalam Membentuk Karakter Baik Remaja Antonius A. Saetban
Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Vol 12 No 1 (2020): Sinergi antar Elemen Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37640/jip.v12i1.285

Abstract

Internalisasi sebagai proses penanaman nilai kedalam jiwa seseorang sehingga nilai tersebut tercermin pada sikap dan prilaku yang ditampakan dalam kehidupan sehari-hari. Pandangan hidup, cara hidup, dan tujuan hidup orang tua akan berdampak bagi remaja. Orang tua dituntut untuk tidak hanya sekedar memberikan ceramah melalui kata-kata, tetapi perlu merencanakan nilai disiplin yang baik dengan cara memberikan contoh kongkrit kepada remaja. Karena itu, dilakukan penelitian kualitatif ini untuk melihat bentuk kedisiplinan dari masing-masing orang tua yang berbeda latar belakang dari pekerjaan dan status sosial. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara tertulis dan observasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif untuk mengidentifikasi perencanaan orang tua dalam menginternalisasi nilai disiplin. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak ada perbedaan yang cukup mendasar dalam hal perencanaan orang tua untuk menginternalisasikan nilai disiplin dalam menbentuk karakter baik remaja. Ketiga keluarga memberi perhatian serius sebagai wujud tanggung jawab orang tuadalam mendidik, mengawasi dan mengarahkan remaja.

Page 1 of 1 | Total Record : 10