cover
Contact Name
Asep Saepulrohman
Contact Email
komputasi@unpak.ac.id
Phone
+62251-8363419
Journal Mail Official
komputasi@unpak.ac.id
Editorial Address
Jalan Raya Pakuan PO. BOX 452, Bogor, Indonesia
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika
Published by Universitas Pakuan
ISSN : 16937554     EISSN : 26543990     DOI : 10.33751
Scientific Journal of Computer and Mathematical Science (Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika) is initiated and organized by Department of Computer Science, Faculty of Mathematics and Science, Pakuan University (Unpak), Bogor, Indonesia to accommodate the writing of research results for the academics and institutions other. Komputasi journal was originally launched in 1992, and published online since 2007 with ISSN version p-ISSN: 1693-7554 and version of the daring of e-ISSN: 2654-3990 in 2018 (SK No. 0005.26543990/JI.3.1/SK.ISSN/2018.10-15 October 2018 (starting Vol. 16, No. 1, January 2019). The journal is a publication media for original manuscripsts related information technology development and science written in Bahasa Indonesia which is published twice times a year (January and July).
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 16, No 1 (2019): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika" : 6 Documents clear
PENCARIAN JALUR TERDEKAT MENUJU RUMAH SAKIT DI KOTA BOGOR DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA A* Erniyati ,; Mulyati ,
KOMPUTASI Vol 16, No 1 (2019): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika
Publisher : Ilmu Komputer, FMIPA, Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (335.918 KB) | DOI: 10.33751/komputasi.v16i1.1729

Abstract

Pencarian jalur terpendek (shortesh path) merupakan salah satu solusi dalam pencarian suatu lokasi yang terdekat jika terdapat beberapa jalur yang dapat dilaluinya.  Seperti halnya dalam pencarian rumah sakit di kota Bogor. Kota Bogor merupakan kota yang cukup luas dan memiliki jalur yang cukup banyak. Untuk mencapai rumah sakit yang dituju dibutuhkan informasi jalur terdekat guna meminimalisir biaya dan waktu yang lebih efisien. Ada beberapa algoritma yang bisa digunakan untuk pencarian jalur terdekat diantaranya yaitu algoritma A* (star), algoritma ini membuang langkah-langkah yang tidak perlu dengan pertimbangan bahwa langkah-langkah yang dibuang sudah pasti merupakan langkah yang tidak akan mencapai solusi yang diinginkan. Sistem ini selanjutnya dihubungkan dengan perangkat mobile yang berbasis android. Dengan menerapkan Algoritma A* (star) diharapkan dapat membantu dalam mencari dan menentukan lintasan terpendek sehingga didapat suatu jalur yang optimal untuk mencapai rumah sakit di Kota Bogor[TA1]  [TA1]Belum terlihat tutjuan tahapan penelitian secara jelas
INTEGRASI SIMULASI DALAM AUGMENTED REALITY PADA SISTEM PERNAPASAN MANUSIA Selo Aji; Eneng Tita Tosida; Aries Maesya
KOMPUTASI Vol 16, No 1 (2019): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika
Publisher : Ilmu Komputer, FMIPA, Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (685.874 KB) | DOI: 10.33751/komputasi.v16i1.1592

Abstract

Sistem pernapasan adalah proses mengambil oksigen, melepaskan CO2 dan menggunakan energi yang dihasilkan. Sistem pernapasan terdiri dari rongga hidung, faring, laring, trakea, cabang bronkial, dan paru-paru. Sistem pernapsan pada manusia dapat dipelajari secara langsung dan tidak langsung. Namun, sumber belajar ini kurang menarik dan kurang interaktif. Oleh karena itu teknologi Augmented reality (AR) adalah solusi yang tepat untuk mengatasi masalah ini. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi menggunakan teknologi augmented reality Tracking Markerkess Based dengan mengintegrasikan simulasi pernaapasan dengan animasi 3d. Sehingga memanfaatkan fitur kamera pada perangkat smartphone untuk mendeteksi permukaan datar, simuali animasi 3D akan muncul. Augmented reality adalah penggabungan suatu objek yang ada di dunia nyata (virtual) ke duania nyata dalam bentuk 2D atau 3D yang dapat dilihat dan didengar secara real time. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Markerless Based Tracking. Aplikasi integrase simulai dalam system pernapasan manusia augmented reality dapat digunakan oelh siswa, mahasiswa, generasi milenial dan masyarakat umum, sehingga memanfaatkan fitur kamera pada perangkat smartphone untuk mendeteksi permukaan data, simulasi animasi 3D akan muncul. Aplikasi ini akan berjalan pada platform mobile Android 7.0 (Nougeat) dan mendukung ArCore dengan kapasitas aplikasi 36,4MB.
PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN PROSES BISNIS PERUSAHAAN FARMASI Julia Ratnawulan Skawanti
KOMPUTASI Vol 16, No 1 (2019): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika
Publisher : Ilmu Komputer, FMIPA, Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (303.316 KB) | DOI: 10.33751/komputasi.v16i1.1593

Abstract

Kompetisi yang ketat di dunia usaha saat ini, menuntut perusahaan untuk melakukan terobosan dan inovasi baru serta menggunakan seluruh sarana dan teknologi yang tersedia agar dapat mempertahankan pasar dan konsumen yang dimiliki. Sistem informasi menjadi bagian penting dari perusahan sebagai penunjang kinerjanya. Perusahaan yang bergerak dibidang farmasi selalu berusaha untuk meningkatkan kemampuan bersaing. Penelitian dilakukan untuk membuat perencanaan strategi sistem dan teknologi informasi yang dapat mendukung proses bisnis perusahaan. Metode penelitian dilakukan dengan cara wawancara, kuesioner, observasi dan studi pustaka. Analisis strategi menggunakan metode analisis PEST, SWOT, BSC, Value Chain dan CSF. Adapun perencanaan strategi menggunakan Tahapan Kerangka Kerja PSSI versi Ward and Peppard. Hasil yang dicapai adalah kerangka perencanaan strategi yang terintegrasi sehingga memudahkan mengelola sumberdaya untuk menghasilkan informasi yang akurat dan dapat digunakan secara bersama oleh semua pihak. Kesimpulan penelitian adalah membangun sistem informasi berbasis komputer yang dapat memdukung proses bisnis.
Pemantauan Kesehatan Gizi Ibu Hamil Dilihat dari Pertambahan Berat Badan dan Pengukuran Lingkar Lengan Atas (LILA) Berbasis E-Digital Yuli Wahyuni; Akbar Sugih Miftahul Huda
KOMPUTASI Vol 16, No 1 (2019): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika
Publisher : Ilmu Komputer, FMIPA, Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (452.646 KB) | DOI: 10.33751/komputasi.v16i1.1594

Abstract

Pengukuran LILA pada kelompok wanita usia subur (WUS) baik ibu hamil merupakan salah satu cara deteksi dini yang mudah dan dapat dilaksanakan oleh masyarakat awam, untuk mengetahui kelompok beresiko KEK. KEK merupakan keadaan dimana ibu penderita kekurangan makanan yang berlangsung menahun (kronis) yang mengakibatkan timbulnya gangguan kesehatan pada ibu. Selama ini sistem pencatatan ibu hamil di posyandu masih menggunakan sistem manual yaitu data ibu hamil yang diperoleh masih menggunakan kalkulator untuk mengetahui kondisi kategori ibu hamil selain itu data yang digunakan untuk mengarsif data masih menggunakan buku dan Microsoft excel hal ini sangat menyulitkan petugas posyandu apabila mau mencari data ibu hamil dan kesulitan dalam melakukan laporan karena data tidak disimpan dengan baik. Data seperti ini sangat rawan kehilangan data dan kerusakan data apabila suatu waktu dibutuhkan lagi. Penelitian ini telah berhasil dilakukan yang dapat menyimpan data pada cloud berupa data-data ibu hamil berupa tambahan data pasien, edit data, hapus data dan pencarian data selain itu pada tampilan website dapat menampilkan halaman login, dashboard, data interpretasi, halaman data pasien, halaman perhitungan data pasien, halaman edit data pasien. 
PENERAPAN FUZZY LOGIC UNTUK MENINGKATKAN DERAJAT KEBENARAN DETEKSI PADA ALAT BANTU BUTA WARNA BERBASIS SENSOR OPTIK Johan Iskandar; Dian Kartika Utami
KOMPUTASI Vol 16, No 1 (2019): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika
Publisher : Ilmu Komputer, FMIPA, Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (476.623 KB) | DOI: 10.33751/komputasi.v16i1.1590

Abstract

Prototipe deteksi warna berbasis Arduino dan sensor warna TCS3200 telah berhasil dikembangkan. Prototipe ini dibangun dengan menerapkan logika fuzzy untuk meningkatkan akurasi pembacaan warna berdasarkan tingkat keanggotaan (μ (x)). Metode yang digunakan adalah mengubah ruang warna RGB (merah, hijau, biru) menjadi ruang warna HSV (Hue, Saturation, Value). Dari ruang warna HSV, nilai Hue diambil sebagai variabel independen dalam membuat kurva segmentasi warna dan μ (x). Bentuk keluaran dari prototipe adalah suara dengan informasi warna yang terdeteksi. Untuk mendapatkan jarak optimal dari deteksi warna, sensor ditempatkan pada jarak 1 cm, 2, cm dan 3 cm dari objek. Dari hasil pengujian, akurasi yang diperoleh pada jarak 1 cm adalah 100%, jarak 2 adalah 94.7% dan 89.4% pada jarak 3 cm. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa jarak ideal untuk mengukur prototipe adalah 1 cm.
SISTEM PEMERIKSA KEAMANAN INFORMASI MENGGUNAKAN NATIONAL INSTITUTE OF STANDARDS AND TECHNOLOGY (NIST) CYBERSECURITY FRAMEWORK Victor Ilyas Sugara; Hadi Syahrial; Muhammad Syafrullah
KOMPUTASI Vol 16, No 1 (2019): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika
Publisher : Ilmu Komputer, FMIPA, Universitas Pakuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (523.331 KB) | DOI: 10.33751/komputasi.v16i1.1591

Abstract

Masalah kemanan informasi dapat mempengaruhi operasional di suatu perusahaan/organisasi. Resiko yang timbul dapat berakibat proses bisnis tidak optimal, kerugian finansial, berkurangnya kepercayaan pelanggan, menurunnya reputasi dan yang paling buruk adalah hancurnya bisnis perusahaan. Untuk itu diperlukan suatu cara untuk memonitor keamanan informasi di perusahaan ini secara periodik. Metode yang bisa digunakan sebagai best practise  adalah National Institute of Standards and Technology (NIST) Cybersecurity Framework. Framework ini menyediakan mekanisme penilaian yang memungkinkan organisasi/perusahaan menentukan kemampuan cybersecurity saat ini, menetapkan sasaran individual, dan membuat rencana untuk memperbaiki dan memelihara program cybersecurity. Dari penelitian ini didapatkan hasil pengujian untuk fungsi Mengenali (Identify) sebesar 16.67%, Melindungi (Protect) sebesar 32.86%, Mendeteksi (Detect) sebesar 25%, Menanggapi (Respond) sebesar 23.33% dan Memulihkan (Recover) sebesar 58.33%. Namun untuk keseluruhan nilai NIST Security Framework yang didapat hanya 27.55%.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 20, No 2 (2023): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika Vol 20, No 1 (2023): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika Vol 19, No 2 (2022): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika Vol 19, No 1 (2022): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika Vol 18, No 2 (2021): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika Vol 18, No 1 (2021): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika Vol 17, No 2 (2020): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika Vol 17, No 1 (2020): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika Vol 16, No 2 (2019): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika Vol 16, No 1 (2019): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika Vol 15, No 2 (2018): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika Vol 15, No 1 (2018): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika Vol 14, No 2 (2017): JURNAL KOMPUTASI Vol 14, No 2 (2017): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika Vol 14, No 1 (2017): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika Vol 14, No 1 (2017): JURNAL KOMPUTASI Vol 13, No 2 (2016): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika Vol 13, No 2 (2016): JURNAL KOMPUTASI Vol 12, No 2 (2015): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika Vol 12, No 2 (2015): KOMPUTASI Vol 9, No 1 (2012): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika Vol 9, No 1 (2012): Komputasi Vol 8, No 1 (2011): KOMPUTASI Vol 8, No 1 (2011): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika Vol 7, No 1 (2010): Vol. 7, No. 1, Juli 2010 Vol 6, No 11 (2009): Vol. 6, No. 11, Januari 2009 Vol 5, No 1 (2008): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika Vol 4, No 8 (2007): Vol. 4, No. 8, Juli 2007 Vol 4, No 7 (2007): Komputasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Matematika Vol 3, No 6 (2006): Vol. 3, No. 6, Juli 2006 More Issue