cover
Contact Name
Elisawati
Contact Email
elisawati06@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
elisawati06@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota dumai,
Riau
INDONESIA
Informatika : Jurnal Informatika, Manajemen dan Komputer
ISSN : 19790694     EISSN : 25803042     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Informatika adalah merupakan wadah publikasi bagi peneliti, Dosen, Mahasiswa dalam mengembangkan penelitiannya dalam bidang kecerdasan buatan, kriptografi, pengolahan citra, data mining, system pendukung keputusan, mobile computing, system operasi, multimedia, system pakar, GIS, jaringan Komputer dan topik lain yang berhubungan dengan teknologi komputer.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 15, No 1 (2023): MEI, 2023" : 7 Documents clear
PERAMALAN PENJUALAN GAS OKSIGEN MENGGUNAKAN ALGORITMA DOUBLE EXPONENTIAL SMOOTHING Cut Lira Kabaatun Nisa; Alwis Nazir; Siska Kurnia Gusti; Lestari Handayani; Suwanto Sanjaya
I N F O R M A T I K A Vol 15, No 1 (2023): MEI, 2023
Publisher : STMIK DUMAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36723/juri.v15i1.521

Abstract

Perusahaan yang baik perlu melakukan pengembangan terhadap usaha yang dimiliki demi kepuasan relasi, salah satu usaha perusahaan dalam melakukan pengembangan dalam bisnis adalah melakukan peramalan, peramalan penjualan bertujuan dalam menentukan keputusan untuk masa yang akan datang. Produk gas oksigen merupakan salah satu jenis produk gas yang diproduksi dan di distribusikan dalam bentuk tabung, lonjakan kebutuhan gas oksigen pada masa pandemic covid-19 mengakibatkan angka kebutuhan gas oksigen meningkat sehingga kebutuhan akan produk tersebut tidak dapat terkendali dan mengakibatkan permintaan yang tidak dapat terpenuhi. Peramalan ini bertujuan untuk membantu perusahaan menentukan strategi dalam meramalkan kebutuhan stok oksigen lima bulan mendatang yaitu Januari 2023 sampai Mei 2023 menggunakan teknik peramalan yang dapat menganalisa perhitungan dengan pendekatan kuantitatif, metode peramalan yang digunakan adalah Double Exponential Smoothing Holt dengan menggunakan perhitungan nilai MAPE  (Mean Percentage Error) untuk menghitung kesalahan peramalan, data yang diteliti merupakan data bulan Januari 2019 hingga Desember 2022 menggunakan alpha = 0,9 dan beta = 0,1 menghasilkan nilai error 2,516% untuk  peramalan penjualan lima bulan mendatang.
ANALISIS METODE ARAS DALAM PEMILIHAN GURU TERBAIK PADA SMK MUHAMMADIYAH DURI Teuku Radillah; Muhammad Iqbal; Khelvin Ovela Putra; Irman Efendi
I N F O R M A T I K A Vol 15, No 1 (2023): MEI, 2023
Publisher : STMIK DUMAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36723/juri.v15i1.540

Abstract

Pemilihan guru terbaik adalah proses penyeleksian untuk menentukan guru yang memiliki kualitas, kompetensi, dan keterampilan terbaik dalam profesi pendidikan. Tujuan utama dari pemilihan guru terbaik adalah untuk memastikan bahwa siswa menerima pendidikan yang berkualitas dan efektif. Untuk itu SMK muhammadiyah yang merupakan salah satu  Sekolah menegah Kejuruan swasta yang berada di Kota Duri juga menerapkan pemilihan guru tersebut dengan mengumpulkan data – data guru yang masuk nominasi guru terbaik dengan perhitungan secara manual, dan untuk menghasilkan hasil pemilihan yang efektif, dibutuhkan suatu aplikasi yang dapat melakukan analisis perhitungan bobot kriteria guru terbaik dengan menggunakan metode  Additive Ratio Assessment (ARAS). Aplikasi pemilihan guru terbaik menggunakan metode ARAS ini akan melakukan pengurutan nialai tertinggi secara ascanding secara otomatis berdasarkan nilai peringkat tertinggi, yaitu 0,890951 dari 8 alternatif (guru) yang menjadi nominasi pemilihan guru terbaik, sehingga dari perhitungan nilai peringkat tersebut dapat membantu memberikan rekomendasi secara efektif dalam proses pemilihan guru terbaik pada SMK Muhammadiyah Duri. Kata kunci : Guru terbaik, ARAS, SMK Muhammadiyah Duri Selection of the best teacher is a selection process to determine teachers who have the best quality, competence and skills in the education profession. The main objective of selecting the best teachers is to ensure that students receive a quality and effective education. For this reason, Muhammadiyah Vocational School which is one of the Private Vocational High Schools in Duri City also implements the selection of teachers by collecting teacher data that is included in the best teacher unemployment by manual calculation, and to produce effective election results, it takes a an application that can carry out an analysis of calculating the weight of the best teacher criteria using the Additive Ratio Assessment (ARAS) method. The best teacher selection application using the ARAS method will automatically sort the highest grades based on the highest rating value, namely 0.144939 of the 8 alternatives (teachers) who are unemployed. the process of selecting the best teacher at SMK Muhammadiyah Duri.Keywords: The best teacher, ARAS, SMK Muhammadiyah Duri 
KLASIFIKASI SITUASI BENCANA ALAM BANJIR MENGGUNAKAN SUPPORT VECTOR MACHINE BERDASARKAN DATA TWITTER Ramses Caniago; Muhammad Habibi
I N F O R M A T I K A Vol 15, No 1 (2023): MEI, 2023
Publisher : STMIK DUMAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36723/juri.v15i1.333

Abstract

Bencana alam banjir sering terjadi di Indonesia karena banyaknya pulau dan iklim tropisnya. Setiap harinya tweet masyarakat mengenai banjir di Twitter bertambah banyak dan dapat mencapai ribuan hanya dalam beberapa hari saja. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat suatu model klasifikasi untuk melakukan klasifikasi situasi bencana alam banjir berdasarkan data Twitter. Penelitian ini menggunakan algoritma Support Vector Machine (SVM) yang merupakan salah satu metode dari data mining untuk melakukan klasifikasi. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini, diantaranya, pengumpulan data, pelabelan manual membagi data ke dalam tiga jenis situasi yaitu ringan, sedang, dan berat. Pembobotan menggunakan TF-IDF dan dilakukan proses training untuk menghasilkan sebuah model. Hasil pengujian model dengan confusion matrix dan K-fold cross validation menghasilkan nilai akurasi sebesar 90,61% dan nilai F1-score sebesar 90,64%. Hasil klasifikasi tweet terkait data banjir menunjukkan bahwa sebanyak 67,40% tweet masuk ke dalam kategori ringan, 19,79% tweet kategori sedang, dan 12,81% tweet kategori berat. Kata kunci : Banjir, Data Mining, Klasifikasi, SVM , TwitterDue to its numerous islands and warm environment, Indonesia frequently experiences flood natural disasters. Tweets about floods on Twitter grow every day and can reach thousands in a matter of days. This study's objective is to develop a classification model for categorizing flood-related natural catastrophe events using data from Twitter. The Support Vector Machine (SVM) algorithm, a data mining technique for categorizing, is used in this work. Data gathering, manual labeling, and segmenting the data into three categories—mild, moderate, and severe—were all steps taken in this study. A training process is carried out to create a model before weighting is applied. The accuracy value and F1-score obtained by evaluating the model using the confusion matrix and K-fold cross-validation are 90.61% and 90.64%, respectively. 67.40% of the tweets classified as having flood-related data fell into the light category, followed by 19.79% of tweets classified as medium tweets, and 12.81% of tweets classified as heavy tweets.Keywords: Classification, Data Mining, Flood, SVM, Twitter
DECISION SUPPORT SYSTEM FOR SELECTION OF UKT SUBSIDY RECIPIENTS USING THE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) METHOD (CASE STUDY :AMIK TRI DHARMA PEKANBARU) Suwarti Suwarti; Zulkifl Zulkifl; Syahrul Syahrul; Denok Wulandari
I N F O R M A T I K A Vol 15, No 1 (2023): MEI, 2023
Publisher : STMIK DUMAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36723/juri.v15i1.528

Abstract

Dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat, teknologi mempunyai peranan penting dalam membantu menyelesaikan pekerjaan manusia, AMIK Tri Dharma Pekanbaru mendapatkan program bantuan pendidikan melalui subsidi UKT yang diberikan untuk mahasiswa yang terdampak pandemi covid-19, dalam menentukan siapa yang berhak mendapatkan subsidi UKT, dibutuhkan suatu sistem pendukung keputusan yang baik untuk membantu tim penyeleksi dalam proses seleksi penerima subsidi UKT karena jumlah pendaftar calon penerima subsidi UKT tersebut cukup banyak, sistem pendukung keputusan diperlukan untuk membantu proses seleksi agar lebih mudah, cepat, serta mengurangi kesalahan dalam menentukan penerima bantuan subsidi UKT tersebut, sistem yang penulis bangun adalah web framework codeigniter. Hasil yang diberikan sistem ini lebih akurat karena berdasarkan hasil perkalian dan penjumlahan matrik ternormalisasi dengan bobot, sistem ini dapat mempermudah dan mempercepat perhitungan karena pengguna tidak perlu lagi melakukan perhitungan literasi secara manual dengan menentukan nilai minimum dan maksimum pengguna hanya perlu menginput data kategori, kriteria, sub kriteria dan alternatif kemudian sistem akan memberikan hasil perhitungan dengan metode SAW secara otomatis. Kata kunci : Simple Additive Weighting, Sistem Pendukung Keputusan, Subsidi UKT, WEBThis study aims to design a decision support system for selecting UKT subsidy recipients using the Simple additive weighting method, a decision support system is needed to assist the selection process to make it easier, faster, and reduce errors in determining the UKT subsidy recipients, the system the author built is a web framework codeigniter. The results given by this system are more accurate because based on the results of multiplication and addition of normalized matrices with weights, this system can simplify and speed up calculations because users no longer need to perform literacy calculations manually by determining minimum and maximum values. Users only need to input category data, criteria, sub criteria and alternatives then the system will provide the results of calculations with the SAW method automatically.Keywords: Simple Additive Weighting, Decision Support System, UKT Subsidy, WEB.
IMPLEMENTASI METODE DESIGN THINKING PADA PERANCANGAN USER EXPERIENCE APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA Rania Putri Savira; Andhika Giri Persada
I N F O R M A T I K A Vol 15, No 1 (2023): MEI, 2023
Publisher : STMIK DUMAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36723/juri.v15i1.526

Abstract

Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib dipelajari di sekolah dasar (SD). Akan tetapi, pembelajaran Bahasa Indonesia di SD tidak selalu berjalan dengan lancar dikarenakan adanya permasalahan yang dialami oleh guru dan siswa dengan latar belakang yang berbeda. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara pada guru dan siswa kelas V SDN Sardonoharjo 1, permasalahan yang kerap terjadi pada pembelajaran Bahasa Indonesia adalah siswa menganggap Bahasa Indonesia adalah mata pelajaran yang membosankan, rendahnya minat dan motivasi belajar, serta kurangnya penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk merancang user experience aplikasi pembelajaran Bahasa Indonesia ”Teman Bahasa” menggunakan metode design thinking yang disesuaikan dengan kebutuhan dan permasalahan pengguna. Untuk menguji keberhasilan aplikasi, maka dilakukan usability testing. Hasil pengukuran effectiveness pada siswa sebesar 96.25% dan guru sebesar 91.7%, efficiency pada siswa sebesar 0.03 goals/sec dan guru 0.02 goals/sec, serta satisfaction mendapatkan kategori “EXCELLENT” dengan grade scale A.Kata kunci : User experience, Aplikasi pembelajaran Bahasa Indonesia, Design thinkingIndonesian is one of the subjects that must be learned in elementary school. However, learning Indonesian in elementary schools doesn’t always run smoothly due to problems experienced by teachers and students with different backgrounds. Based on the results of observations and interviews with teachers and fifth grade students at SDN Sardonoharjo 1, the problem that often occurs in learning Indonesian is that students think Indonesian is a boring subject, low interest and motivation in learning, and lack of use of learning media. This study aims to design the user experience of the Indonesian learning application “Teman Bahasa” using a design thinking method that’s customized to the needs and problems of users. To test the success of the application, usability testing is carried out. The results of measuring effectiveness for students are 96.25% and teacher is 91.7%, efficiency for students are 0.03 goals/sec and teacher is 0.02 goals/sec, and satisfaction is in the "EXCELLENT" category with an A grade scale.Keywords : User experience, Indonesian learning application, Design thinking
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PELAPORAN KOMPUTER LABORATORIUM AMIK TRI DHARMA PEKANBARU willyansah willyansah; Al Malikul Ikhwanda Putra; Firman Tawakal
I N F O R M A T I K A Vol 15, No 1 (2023): MEI, 2023
Publisher : STMIK DUMAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36723/juri.v15i1.539

Abstract

Monitoring merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memantau, mengawasi, dan mengamati hal-hal tertentu pada suatu tempat. AMIK Tri Dharma Pekanbaru memiliki dua buah laboratorium yaitu laboratorium software dan robotika yang masing-masing memilik 30 buah komputer. Ada 1 orang petugas yang mengawasi dan melakukan perawatan untuk kedua laboratorium tersebut. Akan tetapi dari sekian banyak komputer harus terus di lakukan pemeriksaan rutin agar proses belajar selalu berjalan dengan baik dan lancar. Dengan jumlah petugas yang minim mengakibatkan terganggunya proses belajar apabila ada kerusakan di salah satu komputer di labor. Untuk itulah diperlukan sistem informasi monitoring laboratorium yang berguna nantinya memberikan laporan keadaan kerusakan komputer oleh user komputer yang mana disini adalah mahasiswa kampus AMIK Tri Dharma Pekanbaru. Sistem informasi ini nantinya akan menampilkan laporan-laporan dari mahasiswa terkait keadaan komputer, baik terkait software maupun hardware itu sendiriKata kunci: Sistem Informasi, Laboratorium, PHP, MySQL  
SITUS WEB SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN KONSERVASI: STUDI KASUS TAMAN NASIONAL SEBANGAU ardiyansyah purnama; Misyanto Misyanto
I N F O R M A T I K A Vol 15, No 1 (2023): MEI, 2023
Publisher : STMIK DUMAI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36723/juri.v15i1.485

Abstract

Pemahaman konservasi dapat ditingkatkan dengan menggunakan media pendidikan. Saat ini media pendidikan tidak hanya dapat kita jumpai dalam bentuk cetak tetapi juga dalam bentuk digital, contohnya World Wide Web atau web. Salah satu lembaga yang menggunakan website tersebut adalah taman nasional yang memiliki fungsi pendidikan konservasi. Pemilihan website Taman Nasional Sebangau (TNS) sebagai studi kasus dalam penelitian ini didasarkan pada visinya untuk menjadi pusat pendidikan konservasi kelas dunia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan website TNS sebagai media edukasi konservasi. Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi web, dan analisis isi. Ada 16 publikasi menyampaikan pengetahuan, 6 publikasi menyampaikan sikap, dan 1 publikasi menyampaikan materi keterampilan. Website TNS sebagai media pendidikan konservasi sudah cukup memenuhi ranah pengetahuan, namun masih perlu perbaikan untuk ranah sikap dan keterampilan.Kata kunci: Pendidikan konservasi, TNS, Media, Website.Understanding conservation can be improved by using educational media. Nowadays, educational media can be found not only in printed form but also in digital form, for example, the World Wide Web or web. One of the institutions that use the website is a national park which has the function of conservation education. The selection of the Sebangau National Park (TNS) website as the case study in this research was based on its vision to be a world-class conservation education center. This study aimed to analyze the TNS website's suitability as a conservation education media. The methods used were interviews, web observation, and content analysis. There were 16 publications conveying knowledge, 6 publications conveying attitude, and 1 publication conveying skill subjects. The TNS website as media for conservation education had already sufficient in fulfilling the knowledge domain, but still, needs an improvement for attitude and skills domains Key word: Conservation education, TNS, Media, Website.

Page 1 of 1 | Total Record : 7