cover
Contact Name
Ade Indra Saputra
Contact Email
admin@literasikitaindonesia.com
Phone
+6285227281672
Journal Mail Official
admin@literasikitaindonesia.com
Editorial Address
-
Location
Kab. muaro jambi,
Jambi
INDONESIA
Jurnal Literasiologi
ISSN : 27455440     EISSN : 26563320     DOI : https://doi.org/10.47783/literasiologi
Core Subject : Education, Social,
Mempublikasikan hasil diskusi literasi, penelitian literasi tentang ke-Indonesian; pendidikan, sosial dan budaya yang ada di Indonesia, atau pendidikan, sosial budaya Indonesia yang ada di dunia Internasional, suatu hal yang sangat menarik untuk memperkenalkan Indonesia ke seluruh dunia, dengan tradisi dan kehidupan pendidikan, sosial yang ramah dan damai walaupun hidup dengan keberagaman, kemajemukan semua dibingkai dengan persatuan dan kesatuan “bhineka tunggal ika” yang tertulis dan terpublish.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Literasiologi" : 11 Documents clear
Dasar-Dasar Perilaku Individual Dalam Perilaku Organisasi Di Era Digital Kudussamah Kudussamah
Jurnal Literasiologi Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (110.756 KB) | DOI: 10.47783/literasiologi.v4i1.128

Abstract

Perilaku seseorang biasanya diwarnai oleh hakikat tujuan yang ingin dicapai, meskipun yang bersangkutan tidak selalu sadar adanya kaitan antara perilaku dan tujuan tersebut. Perwujudan perilaku seseorang adalah tindakan-tindakan yang dilakukannya. Karena tujuan yang ingin dicapai seseorang atau organisasi beraneka ragam, maka tindakan-tindakan yang dilakukan pun beraneka ragam pula dan tidak mustahil bahwa seseorang atau organisasi melakukan melakukan beberapa tindakan sekaligus. Perilaku adalah berkaitan dengan interaksi seseorang dengan orang lain atau seseorang yang lainnya. Perilaku disini menekankan adanya interaksi antara satu dengan yang lainnya. Interaksi tersebut saling menguntung dan memberikan makna tersendiri bagi seseorang atau organisasi. Seseorang yang selalu berinteaksi itulah yang menjadi salah satu indikator makhluk sosial.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Iman Kepada Hari Akhir Dengan Metode Numbered Head Together Di kelas VI SD Dendang Nardawati Nardawati
Jurnal Literasiologi Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (205.239 KB) | DOI: 10.47783/literasiologi.v4i1.129

Abstract

Tugas dan tanggung jawab utama dari seorang guru adalah menciptakan pembelajaran yang efektif, efisien, kreatif, dinamis, dan menyenangkan. Hal ini berimplikasi pada adanya kesadaran dan keterlibatan aktif antara dua subyek pembelajaran yaitu guru sebagai penginisiatif awal, pembimbing dan fasilitator dengan peserta didik sebagai orang yang mengalami dan terlibat aktif untuk memperoleh perubahan diri dalam pembelajaran itu sendiri. Untuk mengoptimalkan pencapaian hasil belajar maka diperlukan sebuah interaksi edukatf dalam proses pembelajaran. Upaya untuk meningkatkan masalah tersebut, guru berinisiatif untuk merubah metode pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran di kelas. Tentunya telah disesuaikan dengan materi pelajaran yang akan dibahas dalam pekan tersebut. Metode yang akan digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah metode Numbered Head Together, yang merupakan metode pembelajaran yang lebih memfokuskan pada kegiatan siswa dalam mencari, mengolah, dan menginformasikan hasil belajar yang telah dilakukan dengan mempresentasikan di depan kelas.
Implementasi Metode Sosiodrama Dengan Bermain Peran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Materi Adab Makan dan Minum Nuraida Nuraida
Jurnal Literasiologi Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.484 KB) | DOI: 10.47783/literasiologi.v4i1.130

Abstract

Dalam upaya mewujudkan pengajaran yang mendidik, perlu pula dikemukakan bahwa setiap keputusan dan tindakan guru dalam rangka kegiatan belajar mengajar akan membawa berbagai dampak atau efek kepada siswa, baik efek intruksional maupun langsung dari bahan ajaran yang menjadi isi pesan dari belajar mengajar. Pemilihan kegiatan belajar mengajar yang tepat, baik ditinjau dari efek intruksional maupun efek pengiring, akan memberikan pengalaman belajar siswa yang efisien dan efektif untuk mewujudkan pembangunan manusia Indonesia seutuhnya. Hal ini dapat dilaksanakan dilaksanakan secara konsisten apabila guru memilki wawasan kependidikan yang mantap dan menguaai pendekatan Cara Belajar Siswa Aktif penerapan ini akan memberikan peranan dan tanggung jawab yang seimbang antara guru dan siswa di dalam kegiatan belajar mengajar.
Peran Orang Tua dalam Membina Ibadah Dan Akhlak Anak Makmur Makmur
Jurnal Literasiologi Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (456.13 KB) | DOI: 10.47783/literasiologi.v4i1.131

Abstract

Setiap orang tua ingin mendidik anak agar menjadi orang baik, mempunyai kepribadian yang kuat dan sikap mental yang sehat dan akhlak yang terpuji. Semuanya itu dapat diusahakan melalui proses pendidikan, baik pendidikan formal maupun yang informal. Untuk dapat menanamkan nilai-nilai ibadah dan akhlak terhadap anak, maka diperlukan pendidik yang juga berperan sebagai penanggung jawab.
 Seperti dikemukakan oleh Daradjat: “Ada tiga komponen yang bertanggung jawab dalam memberikan bantuan atau bimbingan terhadap anak, yaitu: orang tua, guru dan masyarakat”. Orang tua adalah pembina pribadi pertama dalam hidup anak. Mengenai tanggung jawab orang tua terhadap keluarga, Allah SWT mengemukakan dalam Al-Quran surat At-Tahrim ayat 6.
Pelaksanaan metode pengajaran variatif Pada pembelajaran Al Quran MAN 1 Tanjung jabung timur Kabupaten tanjab timur Nuraiha Nuraiha
Jurnal Literasiologi Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.085 KB) | DOI: 10.47783/literasiologi.v4i1.132

Abstract

Pendidikan Islam dalam konteks dinamika sosial kultur masyarakat merupakan bidang kajian yang sangat luas. Tetapi, di sini pendidikan diletakkan dalam konteks yang bersifat makro, yaitu pendidikan Islam tidak mungkin mengisolir diri dari perkembangan dan perubahan masyarakat dan memiliki kemampuan proyektif dalam menangkap kecenderungan-kecenderungan yang akan terjadi di masa depan. Persoalan yang muncul kemudian, bagaimana seharusnya pendidikan Islam memposisikan dan memerankan dirinya dalam setiap perubahan yang sedang dan akan terjadi. Berkaitan dengan problema tersebut di atas, serta melihat kondisi real perubahan sosial yang diakibatkan oleh kemajuan iptek, budaya, pendidikan, dan media massa.
Kemajuan tersebut secara sistematis sangat berpengaruh pada ide, norma, perilaku, hubungan sosial dan kelembagaan. Alat pendidikan Islam yaitu segala sesuatu yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan Islam dengan demikian maka alat ini mencakup apa saja yang dapat digunakan termasuk di dalamnya metode pendidikan Islam. Metode dan alat pedidikan Islam yaitu cara dan segala apa sajayang dapat digunakan untuk menuntun atau membimbing anak dalam masa pertumbuhannyaagar kelak menjadi manusia yang berkepribadian muslim yang diridhoi oleh Allah SWT. Oleh karena itu metodedan alat pendidikan ini harus searah dengn Al-Quran dan As-sunnah atau dengan kata lain tidak bertentangan dengan Al-Quran dan As-sunnah.
Pemberdayaan Ekonomi Umat Dalam Mengentaskan Kemiskinan Melalui Zakat Mal Abdussomad Abdussomad
Jurnal Literasiologi Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (319.626 KB) | DOI: 10.47783/literasiologi.v4i1.133

Abstract

Untuk mencapai cita-cita keadilan sosial, zakat harus dikelola dengan baik dan menggunakan sistem yang akuntabel. Sayang, pengelolaan zakat masih berkutat dalam bentuk-bentuk konsumtif-karikatif yang tidak menimbulkan dampak sosial berarti. Zakat hanya diberikan langsung oleh muzakki kepada mustahik sehingga zakat tidak menjadi sistem sosial yang mampu melakukan transformasi sosial. Bahkan pembagian zakat justru sering menimbulkan malapetaka kemanusiaan. Karena itu, pada praktiknya dana zakat yang begitu fantastis masih tidak mampu berperan secara optimal untuk memberantas kemiskinan. Maka pertanyaannya, bagaimana mengoptimalkan zakat mal sebagai pemberdayaan ekonomi umat untuk mengentaskan kemiskinan
PEMBELAJARAN PROGRESIF (Inovasi Baru bagi Masyarakat Multikultural) Aziz Aziz
Jurnal Literasiologi Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.448 KB) | DOI: 10.47783/literasiologi.v4i1.134

Abstract

Sejalan dengan pesan progresif wahyu dan kesadaran sosial, konsep iqra’ setali dengan kebutuhan kebebasan berpikir yang fundamental untuk merekonstruksi tradisi manusia dalam sebuah bangsa menuju civic cultur (berbudaya sipil). Maka, idea of progress, yaitu ide yang membela gagasan kemajuan yang merupakan salah satu syarat prinsipil dalam wacana mutakhir, adalah penting untuk membangun mentalitas pendidikan khususnya pembelajaran. Melalui landasan berpikir dan mentalitas yang berbasis wahyu, maka konsepsi apapun akan mencerminkan nuansa potensial yang tidak utopia, namun dapat diterima dengan akal sehat dan kebudayaan yang bersandarkan pada ide ketuhanan secara esensial, bukan formal. Hal ini dikarenakan al-Qur’an adalah teks yang terbentuk dari hasil proses dialog antara Allah sebagai sumber, dan proses sosial sebagai penerima dan calon pengguna.
Pemberantasan Korupsi dan Kaitannya Dengan Al-Qur’an Darmawi Darmawi
Jurnal Literasiologi Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (321.002 KB) | DOI: 10.47783/literasiologi.v4i1.135

Abstract

Budaya korupsi telah menggurita di seluruh aspek kehidupan manusia. Korupsi termasuk dosa besar paling berbahaya yang dapat menimbulkan kehancuran ekonomi, politik dan sosial. Korupsi merupakan salah satu wujud dari perbuatan tangan manusia yang menyebabkan kerusakan di muka bumi (QS. Ar-Rum/30:41). Korupsi menjadi bukti nyata lemahnya komitmen beragama dan merajalelanya kerusakan moral serta penyelewengan perilaku dalam suatu masyarakat. Para ulama telah menyatakan pendapat bahwa jangan sekali-kali menunda dan mengulur waktu, apalagi menyepelekan penjatuhan hukuman yang seberat-beratnya kepada koruptor yang merupakan para penjahat dan perusak, jika kita masih menginginkan masyarakat kita bangkit dan stabil, dan rezeki kita diberkahi oleh Allah SWT. Vonis hukuman bagi para koruptor ini termasuk dalam kategori ta’zir (hukuman kedisiplinan dengan tujuan membuat pelaku jera) yang berat.
Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Asmawati Asmawati
Jurnal Literasiologi Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (535.717 KB) | DOI: 10.47783/literasiologi.v4i1.136

Abstract

Guru merupakan orang yang paling penting statusnya dan bertanggung jawab atas semua proses pembelajaran, terutama mengelola dan menguasai kelas. Karena guru memegang tugas yang amat penting yaitu mengatur dan mengelola kelas, serta membina siswa dengan baik sehingga suasana di kelas menjadi kondusif. Guru dapat menguasai kelas dalam memberikan pelajaran kepada siswa dengan hasil yang baik. Meningkatkan manajemen kelas yang konsusif adalah uatu usaha yang dilakukan oleh penanggung jawab kegiatan pembelajaran atau membantu dengan maksud agar dicapai kondisi optimal sehingga dapat terlaksana kegiatan belajar seperti yang diharapkan.
Pengabdian Masyarakat pada Masa Pandemi Pembuatan Buku Dan Karikatur Sekolah Covid – 19 Dalam Memberikan Panduan Belajar Online Selama Pandemi Dan Membantu Ekonomi Masyarakat Melalui Penjualan Buku Serta Karikatur Sumarto Sumarto
Jurnal Literasiologi Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Literasiologi
Publisher : Yayasan Literasi Kita Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1248.995 KB) | DOI: 10.47783/literasiologi.v4i1.137

Abstract

Pengabdian masyarakat pada masa pandemi melalui pembuatan buku dan Karikatur Sekolah Covid – 19 Dalam Memberikan Panduan Belajar Online Selama Pandemi Dan Membantu Ekonomi Masyarakat Melalui Penjualan Buku Serta Karikatur merupakan salah satu bentuk usaha yang dilakukan oleh penulis. Pada masa pandemi banyak dihadapkan dengan berbagai tantangan, terutama tantangan ketika harus bekerja di rumah saja, bagaimana bekerja di rumah saja memberikan hasil kreatif yang baik terutama di bidang inovasi untuk pengabdian kepada masyarakat. Pada posisi pandemi masyarakat dihadapkan dengan banyak problematika bidan ekonomi dan pendidikan, hingga banyak yang tidak belajar karena tidak memiliki kemampuan untuk belajar secara daring, banyak yang kehilangan pekerjaan, sehingga atas problematika tersebut penulis melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan menggunakan metodologi ABCD yaitu Asset Based Communities Development. Penulis berupaya mengidentifikasi dan mengklasifikasi yang menjadi potensi di Desa Tasik Malaya, Curup Utara Kabupten Rejang Lebong. Dengan hasil kegiatan pengabdian masyarakat yaitu adanya buku dan Karikatur Sekolah Covid – 19 Dalam Memberikan Panduan Belajar Online bagi masyarakat. Penjualan buku dan karikatur untuk memberikan bantuan kepada masyarakat dalam hal meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.

Page 1 of 2 | Total Record : 11